Diperbaharui pada Kamis, 3 Desember 2020 | 16:13

Review Samsung Galaxy A21s: Memori Lebih Lega

Oleh Nur Abdillah

Review Samsung Galaxy A21s
Baru-baru ini Samsung melakukan sedikit penyegaran pada salah satu smartphone andalan mereka, yaitu Galaxy A21s. Meski tidak signifikan, namun peningkatan memori di perangkat ini cukup berarti.

Seperti diketahui, saat ini kebutuhan memori yang besar sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Karena aplikasi dan game yang ada saat ini memiliki ukuran file yang besar, sehingga bisa menguras penyimpanan perangkat.

Sebelumnya, Samsung Galaxy A21s hadir dengan RAM 3 GB dan RAM 6 GB dengan ROM 64GB, namun kini sudah ditingkatkan menjadi 128 GB, belum termasuk ketersediaan slot microSD hingga 512 GB. 

Samsung menyebut Galaxy A21s ini cocok untuk pengguna yang ingin membuat konten menarik di sosial media, dan juga akan membantu bisnis online. Ada 3 fitur yang ditonjolkan yaitu layar lapang, kamera 48 MP, memori besar dan baterai tahan lama.

Untuk membuktikannya, Pricebook akan mencoba melihat kemampuan dari Galaxy A21s ini. Berikut adalah hasil review Samsung Galaxy A21s dalam varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Desain Baru

Review Samsung Galaxy A21s
Satu perubahan yang cukup mudah dilihat adalah desainnya. Dibanding versi Galaxy A21s sebelumnya, kali ini Samsung melakukan penyegaran pada area belakang. Samsung memberi sentuhan baru dengan aksen kotak berukuran besar.

Didalam kotak terdapat garis-garis tipis yang disusun berbeda. Dua disusun horizontal dan dua miring. Teknik ini memberi efek khusus yang terlihat seperti ada semacam gradasi warna, padahal menggunakan warna yang sama, silver.

Menurut kami, Samsung memang sudah paham sekali bagaimana membuat sebuah perangkat terlihat menarik. Permukaannya juga tidak licin karena dikemas dengan bahan mate bukan glossy. Selain lebih nyaman digenggam juga tidak meninggalkan jejak sidik jari. 

Tampilan depannya juga tak kalah menarik dengan konsep layar Infinity O. Sehingga terlihat sangat kekinian dan bisa memberi pandangan yang lebih luas.

Disekeliling bodinya bisa ditemukan beragam port yang cukup lengkap. Ada port USB type C, jack audio 3.55mm, speaker, dan slot SIM card/microSD.

Khusus untuk SIM card, tersedia 3 slot yang bisa diisi 2 kartu SIM dan 1 slot memori eksternal microSD. Jadi kita bisa memasang 2 kartu tanpa harus mengorbankan slot microSD.

Layar Lapang

Review Samsung Galaxy A21s
Samsung Galaxy A21s terbaru memiliki layar 6,5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600p) serta aspek rasio 20:9. Hanya saja, layar ini masih berjenis PLS bukan Super AMOLED yang umumnya banyak digunakan hp Samsung.

Ketika kami coba sandingkan langsung, warna yang dihasilkan layar PLS memang tidak sebaik layar AMOLED, terutama dari sisi warna. Dimana warna layar PLS tidak sepekat layar AMOLED. Kami juga menemukan kekurangan lain, yaitu tidak ada pengaturan warna layar seperti vivid dan natural.

Meski demikian, untuk penggunaan sehari-hari layar ini masih cukup oke kok untuk digunakan. Layarnya masih sanggup menghasilkan gambar yang jernih. Apalgi sudah mengusung konsep Infinity O Display dengan sebuah lubang pada layar yang berisi kamera depan.

Bezel kanan dan kirinya juga menggunakan bezel yang cukup tipis, membuat layar Galaxy A21s terlihat jauh lebih lapang. Sangat nyaman untuk mengedit foto. Cocok untuk Anda yang punya usaha, karena bisa edit-edit foto produk yang akan dijual online agar terlihat menarik. 

Selain itu juga nyaman sebagai hiburan, seperti menonton Youtuber, streaming film di Netflix, iFlix dan lainnya. 

Empat Kamera

Review Samsung Galaxy A21s
Samsung Galaxy A21s hadir dengan setup empat kamera belakang. Pengaturannya lengkap mulai dari kamera utama, ultra wide, makro hingga lensa depth untuk foto bokeh.

Sama seperti setingan kamera lain, kita bisa menggeser menu untuk memilih mode pemotretan yang diinginkan. Pilihannya ada Live focus (bokeh), mode pro, panorama, makro, food, hingga perekaman video. Tapi sayang, tidak ada pilihan untuk foto malam atau night mode.

Sekarang kita bahas satu per satu. Untuk kamera utama menggunakan sensor Samsung ISOCELL GM2 S5KGM2 dengan kapasitas resolusi mencapai 48 MP yang didukung aperture f/2.0. 

Resolusi ini memang bukan yang terbesar, namun masih bisa menghasilkan foto yang cukup detail. Mulai dari ketajaman, akurasi warna hingga kontras masih cukup memadai.

Keberadaan Auto HDR juga membantu hasil foto lebih baik. Dimana gambar yang dihasilkan bisa ditingkatkan warna dan kecerahannya.
Jika Anda punya usaha kuliner, manfaatkan juga mode food yang bisa memberikan hasil foto dengan hasil yang cukup baik. 

Berikut hasil fotonya :

hasil foto galaxy a21s
hasil foto galaxy a21s
Kamera kedua di Galaxy A21s berjenis ultrawide yang memiliki kapasitas resolusi sebesar 8 MP dengan aperture f/2.2.  Meski resolusinya lebih kecil dari kamera utama, namun hasil fotonya tidak kalah baik.

Cukup detail, warna yang dihasilkan baik serta dynamic ranger yang memadai. Dari sisi ketajaman memang kurang, tapi untuk kontras dan lainnya bisa diandalkan. Sebab, tidak sedikit hp lain yang kualitas kamera ultrawide nya tidak lebih baik dari Galaxy A21s.

Kamera ini pas untuk memotret gedung-gedung atau kendaraan. Jika Anda berkutat di usaha otomotif, bisa nih manfaatkan kamera ultrawide di A21s.

Untuk hasil fotonya sebagai berikut : 

hasil foto galaxy a21s
Kamera ketiga merupakan sensor depth yang bisa menghasilkan foto bokeh. Resolusinya memang cuma 2 MP tapi efek buram yang dihasilkan cukup baik.

Begitu pula untuk foto keempat yang berjenis makro yang memiliki jarak lensa ke objek hanya 4 cm. Sama seperti kamera makro lain, lensa ini berjenis fix, artinya untuk mencapai titik fokus kita harus memajukan atau memundurkan perangkat.

Berikut hasil foto makro nya :

hasil foto galaxy a21s
hasil foto galaxy a21s
Hanya saja, untuk menghasilkan foto yang bagus di kamera marko ini bukan perkara yang mudah. Tapi jika sudah mendapatkan fokus yang tepat, kita akan melihat objek yang berukuran kecil dengan cukup detail.

Performa

review samsung galaxy a21s
Lanjut ke performa. Samsung Galaxy A21s ditenagai Exynos 850, salah satu  chipset entry-level dari Samsung. Konfigurasinya terdiri dari octa-core Cortex-A55 dengan kecepatan 2.0 GHz. Grafisnya Mali-G52 MP1.

Untuk performa chipset memang bukanlah yang terbaik. Karena Samsung menyatakan hp ini memang lebih ditujukan untuk para pelaku usaha kecil menengah yang butuh perangkat sebagai rekan kereja mereka.

Jadi secara kinerja memang masih dirasa kurang ideal. Tapi hp ini masih bisa kok untuk main game seperti Asphalt 9 atau PUBG dengan setingan mentok pada grafis smooth dan frame rate ultra.

Dari hasil benchmark, Antutu 8 diperoleh skor 114.616, PCMark mendapat skor 5492, dan Geekbench 183 (single) dan 1087 (multi). 

Chipset ini didukung dengan opsi RAM yang bervariasi. Namun untuk varian terbaru memiliki RAM 6 GB dan ROM 128 GB atau yang paling tinggi dari yang ada sebelumnya.

Samsung memang meningkatkan kapasitas memori di Galaxy A21s agar pengguna bisa menyimpan file-file (terutama foto dokumentasi) dalam jumlah banyak tanpa khawatir memori penuh. Apalagi tersedia opsi penambahan kapasitas penyimpanan melalui slot microSD.

Baterai 5000 mAh

Review Samsung Galaxy A21s
Baterai memang menjadi salah satu unggulan dari Galaxy A21s. Karena didalamnya sudah tertanam baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Baterai ini pun di dukung teknologi fast charging 15W. 

Daya tahan baterainya cukup lama. Untuk menghabiskan baterai yang tersisa 10 persen, kami harus menunggu selama 1 jam 15 menit dengan memutar video Youtube dengan resolusi HD pada setingan kecerahan 50 persen menggunakan wifi.

Dan dalam sekali charging, untuk penggunaan normal baterainya bisa bertahan hingga sore dengan aktifitas normal plus sedikit gaming dan streaming. Rincian penggunaannya sebagai berikut :

  • Memutar film (bukan streaming) 1 jam baterainya turun 5 persen dengan kecerahan layar 50 persen.
  • Menonton video Youtube resolusi HD 1 jam baterai terkuras sekitar 8 persen (menggunakan wifi).
  • Main game PUBG selama satu jam baterai berkurang sekitar 11-12 persen.

Sementara pengisian ulang baterai dari 0 - 100 persen bisa dilakukan dalam waktu sekitar 2 jam 10 menit. Untuk kualitas baterai Samsung Galaxy A21s cukup mengesankan.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A21s sepertinya cocok untuk pengguna yang tidak mementingkan performa. Karena kinerja dari chipset Exynos 850 yang tertanam di dalam mesin hp ini tidak bisa memberi kemampuan yang lebih baik.

Tapi Galaxy A21s memiliki keunggulan pada layar, kamera dan baterainya. Layarnya cukup lebar dengan notch yang kecil, sehingga nyaman untuk multimedia atau edit-edit foto. 

Kameranya juga cukup oke untuk ukuran dikelasnya, dengan komposisi yang pas bisa menghasilkan foto yang memikat. Yang tak kalah menarik, hp ini punya baterai yang bisa bertahan lama.

Nah, untuk Anda yang sedang memulai usaha, rasanya Galaxy A21s ini cocok menjadi dan mencari perangkat yang bisa menjadi ‘partner’ mencari nafkah.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 10
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 720 x 1600 Pixel
RAM 6 GB
ROM 128 GB
Detail Prosesor Exynos 850
Kecepatan CPU 2 GHz
Resolusi Kamera 48 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 13 MP
NFC Tidak
USB Type-C
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar