Diperbaharui pada Selasa, 24 November 2020 | 17:25

Review realme Narzo 20: Puas Gaming dengan Baterai Besar

Oleh Nur Abdillah

Review realme Narzo 20
Beberapa bulan lalu, realme menggebrak pasar dengan meluncurkan Narzo. Pasalnya, spesifikasi yang tertanam di dalam Narzo terbilang cukup apik untuk ukuran hp dikelas harga 2 jutaan.

Inginmengulang sukses, kini realme kembali memboyong Narzo series terbaru. Tidak hanya satu, tapi ada dua Narzo yaitu Narzo 20 dan Narzo 20 Pro. Keduanya dibekali dengan spesifikasi dan fitur yang berbeda, termasuk dalam hal harga.

Pricebook pun berkesempatan untuk mencoba kemampuan yang dimiliki duo Narzo tersebut. Anda bisa lihat video review Narzo 20 Pro di channel Youtube Pricebook.

Karena disini kami akan menguji performa dari si Narzo 20. Yuuk kita lihat hasilnya.

Desain 'V' yang Menarik

Review realme Narzo 20
Bicara desain banyak hal yang berbeda antara realme Narzo pertama dengan Narzo 20. Tidak seperti Narzo yang mengusung desain layar punch hole, di Narzo 20 memilih menggunakan minidrop display.

Begitu pula pada bagian belakang, terutama di bagian kamera. Dimana kamera pada Narzo 20 disusun membentuk huruf L dan berada di dalam kompartemen sendiri yang berbentuk kotak. Seperti yang di gunakan pada realme C11 hingga realme C15.

Yang menarik, desain belakang realme narzo 20 memberikan efek cahaya membentuk huruf V. realme mengklaim menggunakan teknik tekstur khusus yang terinspirasi oleh isyarat Victory (kemenangan).

Efek cahaya V ini akan berpadu dengan warna disematkan pada perangkat. Ada dua varian warna yang dihadirkan yaitu Blue Blade (unit yang sedang direview) dan Silver Sword.

Bagian menarik lainnya, realme membuat logo dengan nama Narzo. Padahal di Narzo perdana logo yang digunakan adalah nama realme.

Layar HD+

Review realme Narzo 20
Salah satu hal menarik saat seri Narzo pertama kali hadir adalah layarnya. Dimana layar Narzo sudah dibekali dengan refresh rate 90Hz. Tapi sayangnya, layar 90Hz ini tidak ada di Narzo 20 atau masih standar di 60Hz dengan resolusi HD+.

Bisa dimaklumi, karena harga realme Narzo 20 memang lebih terjangkau dibanding Narzo sebelumnya. Meski demikian, layar Narzo 20 berukuran lebar dengan bentang 6.5 inci dan sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3.

Mengusung konsep minidrop display, layar narzo 20 ini sudah mengurangi poni layar sebesar 30,9%. Sehingga memungkinkan rasio layar lebih besar hingga 88,7% untuk mengurangi gangguan visual.

Membuatnya sangat nyaman untuk nonton Youtube, lihat video Tiktok atau juga main game, karena tampilannya lebih luas. Touchscreen nya pun cukup responsif dan berjalan dengan smooth.

Kamera 48 MP

Review realme Narzo 20
Hampir semua hp realme dibekali dengan kualitas kamera yang bagus dikelasnya masing-masing. Sebagian besar juga sudah memiliki resolusi yang tinggi, tidak terkecuali dengan kamera realme narzo 20.

Hp ini hadir dengan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP, ultra-wide-angle 119 derajat 8 MP dan lensa makro 2 MP.

Untuk kamera utama yang memiliki resolusi 48 MP didukung bukaan besar yaitu f/1.8 dan lensa 6P. Artinya sensor ini bisa mengambil cahaya lebih banyak yang berguna saat memotret di kondisi kurang cahaya.

Jadi untuk memotret di kondisi cahaya terang, kamera realme Narzo 20 harusnya tidak akan menemukan masalah berarti. Untuk kamera kedua, realme memasang lensa ultra wide dengan resolusi 8 MP.

Lensa ini punya aperture f/2.25 dengan sudut pandang mencapai 119 derajat. Diisini kita bisa memotret obejk dengan tampilan yang lebih luas.

Cocok untuk memotret pemandangan, gedung atau foto grup dengan banyak orang tanpa harus mundur. Menggunakan kamera ini cukup mudah, di menu ‘Photo’ default cukup klik titik di bagian kiri.

Berikut hasil foto kamera realme Narzo 20 :

hasil foto kamera realme Narzo 20
hasil foto kamera realme Narzo 20
hasil foto kamera realme Narzo 20Foto Makro

hasil foto kamera realme Narzo 20Night Mode

Lanjut ke kamera ketiga yang berjenis lensa makro. Kamera ini bisa digunakan untuk memotret objek sedekat mungkin dengan jarak 4cm saja. Kita bisa foto objek yang berukuran kecil untuk mendapatkan hasil yang memikat.

Tapi menu ultra makro ini posisinya ‘tersembunyi’ alias ada di dalam sub menu. Saat membuka kamera, geser menu ke kanan lalu klik ‘More’ kemudian pilih ‘Ultra mode’

Untuk fitur kamera lainnya, realme tetap membekali dengan Night mode, Chromeboost, Pro dan perekaman video Slow mo. Yang gemar foto selfie, Narzo 20 menawarkan sebuah kamera depan dengan resolusi 8 MP.

Dukungan fiturnya cukup lengkap seperti AI beautification, mode HDR, mode portrait, dan fitur Panoselfie yang bisa membantu Anda mengambil foto selfie dengan sudut lebih luas.

Performa Gaming

Review realme Narzo 20
Saat diperkenalkan beberapa waktu lalu, realme narzo 20 diposiskan sebagai hp untuk main game dengan harga yang terjangkau. Performanya sendiri mengandalkan pada kemampuan prosesor Helio G85 yang memiliki clock speed hingga 2.0 GHz.

Benarkah NArzo 20 asik buat gaming? Sebelum membahasnya, terlebih dahulu kami akan menginformasikan hasil benchmark yang diperoleh dari hp realme terbaru ini.

Berikut hasilnya :

Benchmark Skor
Antutu 202351
PCMark 8914
Geekbench 352 (single) dan 1290 (multi)
3DMark Slingshot Extreme 1400

Sekarang kita lanjut pada kemampuan game. Narzo 20 sanggup memainkan Genshin Impact, game yang bisa menjadi standar game yang memiliki grafis tinggi.

Tapi jangan memaksakan hp ini menggunakan setingan tinggi, karena akan tidak nyaman. Jadi sebaiknya atur setingan grafis di posisi low agar kita bisa memainkan game yang cukup menguras baterai ini.

Lanjut ke PUBG, disini kita bisa seting grafis maksimal di HD dengan frame rate high atau grafis balanced dengan frame rate ultra. Hanya saja, di dua setingan ini masih terdapat lag di beberapa scene.

Dan ketika diturunkan ke grafis low dengan grafis smooth dan frame rate high permainan bisa berjoalan lancar tanpa kendala.

Lalu game Mobile Legend masih bisa diseting dengan frame rate high dengan grafis high. Tapi untuk pengalaman gaming yang lebih nyaman baiknya seting di medium saja.

Baterai Kapasitas 6000mAh

Review realme Narzo 20
Baterai menjadi fitur penting di realme narzo 20. Pasalnya hp ini sudah dilengkapi dengan baterai besar mencapai 6000 mAh. Kapasitas 6000 mAh ini terbilang cukup besar yang bisa memberi daya hingga seharian atau mungkin 2 hari, sesuai penggunaan tentunya.

Menurut pengujian realme Lab, realme narzo 20 dapat bertahan selama 45 hari dalam mode siaga, 43 jam telepon hingga nonton Youtube 25 jam dalam satu kali pengisian.

Tapi dari hasil pemakaian yang kami lakukan, untuk bermain game Genshin Impact selama 1 jam baterainya turun hingga 12 persen. Lalu game PUBG satu jam turun 11 persen dan Asphalt 9 satu jam baterainya berkurang 9 persen.

Serta nonton Youtube dengan resolusi HD berdurasi 1 jam dengan kecerahan 50 persen dan menggunakan wifi baterainya turun sebesar 5 persen saja.

Untuk mengisi ulang baterainya, realme sudah membekali Narzo 20 dengan 18W Quick Charge. Dimana dalam pengisian selama 30 menit baterainya terisi 20 persen, lalu 1 jam terisi 34.

Dan untuk mengisi penuh dari posisi 0 hingga 100 persen butuh waktu hingga 3 jam 40 menit.

Kesimpulan

Secara spesifikasi, Narzo 20 memang masih dibawah seri Narzo lain. Tapi menurut kami ini wajar, karena harganya juga lebih murah. Jadi pengguna bisa memiliki salah satu Narzo series dengan harga yang lebih terjangkau.

Bicara performa juga masih bisa diandalkan kok, baik untuk penggunaan harian maupun gaming. Apalagi dengan kapasitas baterainya yang besar, menjalankan aktivitas tidak perlu khawatir baterai cepat habis.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 10
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 1600 x 720 Pixel
Detail Prosesor Helio G85
RAM 4 GB
ROM 64 GB
Resolusi Kamera 48 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8, 2 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
USB Type-C, USB OTG
Kapasitas Baterai 6000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar