Diperbaharui pada Kamis, 15 Oktober 2020 | 15:15

Keunggulan RAM 8 GB LPDDR5 di Samsung Galaxy Note20 series

Oleh Nur Abdillah

Keunggulan RAM 8 GB LPDDR5 di Samsung Galaxy Note20 series
Semakin berkembangnya teknologi, sebuah smartphone kini dituntut memiliki performa yang lebih baik lagi. Itu sebabnya, Samsung menghadirkan Galaxy Note20 series dengan kemampuan mumpuni untuk meningkatkan produktivitas penggunanya.

Beragam fitur canggih bisa Anda temukan dalam perangkat ini. Sebut saja layar dengan refresh rate 120Hz, kamera yang bisa merekam video dengan kualitas 8K hingga mode Pro Video. Semua fitur tersebut tentunya membutuhkan dukungan hardware yang bertenaga.

Tidak perlu khawatir, karena Samsung Galaxy Note20 series sudah dibekali dengan prosesor Exynos 990 yang powerful. Tidak itu saja, Samsung Galaxy Note20 series juga sudah menggunakan memori terbaik. Kapasitas RAM nya saja cukup besar yaitu 8 GB dengan ruang penyimpanan luas hingga 128 GB.

Tidak hanya berkapasitas besar saja, tapi RAM di smartphone ini juga memiliki proses transfer data yang cepat. Karena Samsung Galaxy Note20 series sudah menggunakan RAM berjenis LPDDR5 yang menawarkan performa yang jauh lebih meningkat.

Dimana kecepatan LPDDR5 mengalami peningkatan hingga 50 persen dari generasi sebelumnya, LPDDR4X. Dimana kecepatan LPDDR5 sendiri berada dikisaran hingga 6,400 Mbps.

Dari sisi lain, LPDDR5 juga menjanjikan lebih hemat hingga 20 persen dalam hal konsumsi daya. Belum termasuk beberapa teknologi lain yang sudah tersemat di LPDDR5.

Nah, apa saja kelebihan penggunaan memori RAM LPDDR5 di Samsung Galaxy Note20 series? Berikut ulasannya.

Multitasking Tanpa Hambatan

Keunggulan RAM 8 GB LPDDR5 di Samsung Galaxy Note20 series
RAM 8 GB LPDDR5 di Samsung Galaxy Note20 series sudah sangat baik dalam mendukung performa untuk menjalankan banyak aktivitas dalam waktu yang bersamaan, atau biasa disebut dengan multitasking.

Anda bisa membuka banyak website melalui browser lalu menonton tutorial di Youtube sambil membuka aplikasi Samsung Notes untuk mencatat langkah-langkahnya secara bersamaan. Atau bahkan diselingi dengan bermain game.

Sebagai contoh, saat bermain game Fortnite misalnya. Game yang dikenal sebuah game berat ini membutuhkan kisaran memori RAM sebesar ratusan megabyte hingga 2 GB. Dengan RAM sebesar 8 GB, Anda masih dapat melakukan lebih dari satu pekerjaan tanpa khawatir performa menurun.

Mulai dari menghubungkan Wireless DeX, sampai terhubung dengan online meeting pekerjaan, menjadi lancar berkat prosesor Exynos990 yang didukung RAM LPDDR5 sebesar 8 GB yang digunakan oleh Galaxy Note20 series. Sehingga Anda masih tetap produktif setiap saat.

Transfer Data Lebih Cepat

Keunggulan RAM 8 GB LPDDR5 di Samsung Galaxy Note20 series
Kapasitas RAM yang besar memang menjadi faktor penting, tapi jangan kesampingkan kecepatannya dalam transfer data. LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6,400 Mb/s atau 50% lebih cepat apabila dibandingkan dengan kecepatan LPDDR4X yang berada di 4266 Mb/s.

Dan yang menarik, kecepatan yang lebih cepat pada RAM LPDDR5 bahkan menggunakan daya 30% lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X.

Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi terhadap  performa yang akan berpengaruh kepada kemampuan sebuah perangkat untuk melakukan multi-tasking, serta pengimplementasian fitur-fitur pintar pada perangkat.

Apalagi smartphone ini memiliki beragam fitur canggih untuk kenyamanan Anda. Dan penggunaan RAM LPDDR5 ini sangat membantu dalam meningkatkan kinerja dari Samsung Galaxy Note20 series. 

Like us!

Komentar