Diperbaharui pada Rabu, 14 Oktober 2020 | 14:17

Review realme C17: 2 Jutaan Dapat Memori 256 GB dan Layar 90Hz

Oleh Nur Abdillah

Review realme C17
realme tidak henti-hentinya meluncurkan produk terbaru. Dalam hitungan bulan saja sudah ada beberapa hp realme terbaru yang hadir di pasar Indonesia. Yang terbaru adalah realme 7 Pro dan realme C17.

Keduanya dirilis bersamaan dengan menyasar pada segmen pasar yang berbeda. Tapi disini, Pricebook hanya akan mengulas satu diantaranya, yaitu realme C17.

Hp ini menjadi varian terbaru untuk lini realme C series, setelah sebelumnya ada realme C15, C12 dan C11. realme C17 sendiri menawarkan beberapa peningkatan untuk membedakannya dari seri sebelumnya. 

Menyasar pada entry-level, realme C17 hadir dengan slogan "Memori Cadas, Layar Super". Pasalnya, realme C17 kini di dukung dengan memori internal besar hingga 256 GB.

Ukuran memori yang sangat jarang ditemukan di segmen harga 2 jutaan. Sedangkan layarnya sudah dilengkapi dengan resfresh rate 90Hz. Cukup menarik, tapi bagaimana kemampuannya?

Yuuk simak hasil review realme C17 di bawah ini.

Unboxing realme C17

Review realme C17
Sebelum menguji kemampuan dari realme C17 ini, tidak ada salah kita intip apa saja isi box dari hp ini. Dalam paket penjualannya, realme C17 masih tetap mengusung ciri khas dengan kotak berwarna kuning cerah.

Saat dibuka ada sebuah kotak yang berisi softcase transparan bersama buku-buku panduan serta kartu garansi. Dibawah kotak tersebut terdapat unit realme C17 warna Navy Blue (unit yang diterima Pricebook) yang terbungkus rapi di dalam sebuah plastik.

Oiya, realme juga menyediakan opsi warna Lake Green. Anda bisa pilih sesuai dengan selera.

Berikutnya ada kabel data/charging lengkap dengan kepala charger. Untuk kabel data realme C17 sendiri berjenis USB type-C yang memiliki kecepatan dalam transfer data maupun mengisi ulang baterai.

Sedangkan kepala chargernya memiliki ukuran yang agak besar dengan bentuk yang unik. Sehingga mudah untuk membedakannya dengan kepala charger dari brand lain.

Charger ini dibekali teknologi Quick Charge dengan output daya sebesar 18W.

Desain realme C17

Review realme C17
Salah satu ciri dari hp realme itu selalu memiliki desain yang berbeda meski itu berasal dari lini seri yang sama. Termasuk untuk realme C17 yang berada di lini C series.

Bila dibandingkan realme C15 yang rilis sebelumnya, desain realme C17 bisa dibilang berubah signifikan. Kali ini realme C17 mengusung konsep punch hole dengan sebuah lubang pada pojok kiri layar yang berisi kamera depan.

Tampilannya lebih kekinian dan juga terlihat lebih fresh. Cocok untuk Anda yang bosan dengan notch waterdrop yang banyak digunakan hp-hp sebelumnya. 

Saat melongok bagian cover belakang, realme C17 ini terkesan ‘bersih’ tanda adanya aksen apapun (sebelumnya realme C15 menggunakan aksen garis yang memisahkan bagian bawah dan atas bodi).

Kali ini realme C17 menggunakan finishing yang mengkilap (glossy) dengan efek dual visual. Dimana bagian belakangnya memiliki pantulan cahaya yang menarik ketika terkena sinar.

Efek ini masih tetap terlihat meskipun perangkat menggunakan softcase untuk melindungi bodinya. Sementara untuk penempatan tombol dan port tidak berubah.

Tombol power dan volume di sisi kanan, slot SIM di sisi kiri serta port charging, speaker dan jack audio diletakkan di bagian bawah.

Untuk slot SIM, realme C17 menyediakan 3 slot yang bisa digunakan dengan pilihan penggunaan 3 kartu SIM tanpa microSD serta 2 kartu SIM dengan microSD.

Oiya, realme juga membuat realme C17 tahan akan percikan air dan menyegel bagian penting karet silikon, sehingga sangat cocok digunakan sehari-hari.

Layar realme C17

Review realme C17
Ini bagian yang menarik, karena layar menjadi salah satu fitur yang diunggulkan dari realme C17. Layarnya memiliki bentang seluas 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan realme membekalinya dengan refresh rate yang tinggi.

Yaa, layar realme C17 memiliki refresh rate 90Hz Ultra Smooth Display. Peningkatan yang cukup berarti bila dibandingkan seri sebelumnya dan menjadi realme C series pertama yang sudah menggunakan layar dengan refresh rate 90Hz.

Itu artinya realme memiliki rangkaian hp dengan refresh rate tinggi hampir di semua lini. Sebelumnya ada realme Narzo, realme X50 Pro serta realme 6 dan 6 Pro (90Hz) serta realme X3 Superzoom (120Hz).

Kelebihan dari resfresh rate yang lebih tinggi seperti 90Hz atau diatasnya (standar 60Hz) akan membuat gerakan gambar lebih smooth. Akan lebih terasa perbedaannya saat bermain game.

Hanya saja, layar 90Hz di realme C17 ini tidak di dukung resolusi tinggi, karena resolusinya hanya HD+. Sehingga beda antara penggunaan layar di 60Hz dan 90Hz di hp ini tidak terlalu terasa.

Meski demikian, kita masih bisa mengatur pilihan layarnya, mau di refresh rate 90Hz atau standar di 60Hz. Untuk lebih mudahnya bisa seting di auto, sehingga sistem akan mendeteksi jika ada aplikasi yang butuh menggunakan layar 90Hz. 

Kamera realme C17

Review realme C17
Lanjut ke sektor kamera. realme C17 masih dibekali empat kamera belakang, namun secara umum tidak perubahan dari seri sebelumnya. Keempat kameranya hadir dengan konfigurasi 13 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.

Kamera utama dengan lensa 13 MP berjenis wide dan memiliki aperture f/2.2 serta fitur PDAF. Lalu kamera 8 MP adalah lensa ultrawide dengan sudut pandang 119 derajat dan memiliki aperutre f/2.2.

Sedangkan untuk kapasitas 2 MP merupakan kamera macro (aperture f/2.4) dan kamera bokeh (f/2.4). Memang bukan konfigurasi yang terbaik, tapi masih bisa menghasilkan foto bagus untuk mengabadikan momen pribadi.

Di kondisi pencahayaan melimpah seperti siang hari, hasil fotonya memang bisa diandalkan. Terlihat jernih dan cukup detail. Anda masih bisa pede jika hasilnya di share ke Instagram atau Facebook.

Anda juga bisa mengaktifkan fitur Chroma Boost yang bisa meningkatkan kualitas cahaya dan warna. Untuk menggunakannya sentuh saja ikon kotak di bagian atas (samping menut HDR).

Pastikan muncul notifikasi jika fitur Chroma Boost sudah On. Hasilnya memang terlihat berbeda, dimana foto dengan Chroma Boost terlihat lebih terang dan warnanya lebih keluar.

Cocok untuk foto-foto makanan, bunga atau objek yang memiliki banyak warna.

Untuk hasil fotonya bisa lihat dibawah ini :

hasil foto realme c17
hasil foto realme c17

makro realme c17Foto makro di realme C17

Performa realme C17

Review realme C17
Realme C17 ditenagai prosesor Snapdragon 460 dengan kecepatan maksimal mencapai 1,8 Ghz. Prosesor ini berpadu dengan Adreno 610 sebagai mesin pengolah grafisnya.

Memang bukan chipset yang aduhai untuk memainkan game-game berat. Tapi bukan berarti tidak bisa digunakan untuk gaming. Karena hp ini masih bisa memainkan PUBG atau CODM dengan lancar meski di setingan standar.

Di game PUBG setingan maksimal adalah Smooth > High atau Balanced > Medium. Tapi di pertengahan game performanya mulai terasa menurun. Jadi sebaiknya main di Smooth Medium atau Low.

Untuk hasil benchmark bisa dilihat di bawah ini :

Benchmark Skor
Antutu v8 148.417
Geekbench 256 (single), 1232 (multi)
PCMark 5747

Memori realme C17

memori realme c17
realme mengusung slogan “Memori Cadas, Layar Super” untuk realme C17. Memori cadas dimaksudkan untuk konfigurasi memori yang tertanam di hp ini.

Yup, realme C17 memang dibekali dengan RAM 6 GB serta kapasitas memori internal yang lapang sebesar 256 GB. Cukup menarik, mengingat tidak ada hp harga 2 jutaan yang dibekali dengan penyimpanan sebesar itu.

Dengan kapasitas 256 GB Anda bisa menyimpan file besar sekalipun dalam jumlah yang banyak. Cocok untuk Anda yang gemar merekam video, karena tidak harus khawatir kehabisan memori.

Pasalnya hasil perekaman video umumnya memiliki ukuran file yang besar sehingga sangat mengurasi memori hp. Sebagai gambaran, perekaman video FullHD selama 10 menit saja menghasilkan ukuran file sebesar 1,6 GB.

Jadi setidaknya Anda bisa menyimpan ratusan file video FullHD berdurasi 10 menit didalam memori realme C17. Tidak hanya video, aplikasi-aplikasi yang ada sekarang juga memiliki ukuran file yang cukup besar, terutama game yang sudah memiliki ukuran GB.

Belum termasuk bila ada update terbaru yang akan membuat ukuran file yang tersimpan semakin besar. Jadi penggunaan kepasitas penyimpanan yang besar di realme C17 ini bisa menjadi pilihan menarik.

Baterai realme C17

Review realme C17
realme C series memang mengunggulkan baterai yang besar, mulai dari 5000 - 6000 mAh. Bahkan realme C15 sudah dibekali dengan baterai hingga 6000 mAh.

Namun sayangnya, realme menurunkan kapasitas baterai di realme C17 menjadi 5000 mAh saja. Mungkin ini salah satu cara agar mereka bisa menekan harga realme C17 tetap bisa terjangkau.

Terlepas dari hal tersebut, baterai realme C17 ini masih cukup awet kok untuk penggunaan harian. Penggunaan normal tanpa gaming (browsing, chating, sosmed, foto-foto) dari pagi hingga jam 10 malam baterainya masih tersisa 35 persen.

Sedangkan untuk aktivitas gaming, bermain game PUBG selama satu jam baterainya berkurang antara 10-11 persen.

Lalu menonton video Youtube dengan resolusi HD serta setingan layar 90Hz dengan brigntness 50 persen, dalam waktu satu jam baterainya turun sebesar 7-8 persen. Sementara di setingan layar 60Hz, baterainya berkurang 6-7 persen.

Lanjut ke pengisian baterainya. Realme C17 sudah didukung dengan teknologi fast charging 18W. Dalam prakteknya, pengisian ulang di realme C17 memang cukup cepat di awal.

Dalam waktu 1 jam baterainya sudah terisi hingga 35 persen. Sehingga untuk terisi penuh dari 0-100 persen butuh waktu lebih dari 2 jam, tepatnya 2 jam 45 menit. 

Kesimpulan

Tanpa mengenyampingkan fitur lainnya, keberadaan memori yang sangat lapang di realme C17 memang cukup menarik. Sangat jarang (atau mungkin tidak ada) hp dengan harga 2 jutaan yang dibekali ruang penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Seiring dengan kebutuhan konten dengan resolusi tinggi, memori menjadi hal yang cukup penting di saat sekarang. Sehingga kita bisa menyimpan file berukuran besar dalam jumlah banyak tanpa harus khawatir memori penuh.

Jika tertarik, harga realme C17 sendiri di banderol Rp 2.799.000, dimana pada saat flash sale yang akan diadakan pada tanggal 14 Oktober pukul 15:00 WIB dan flash sale kedua pada tanggal 16 Oktober pukul 13:00 WIB di Shopee dijual dengan harga spesial Rp 2.699.000.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 10
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 1600 x 720 Pixel
Detail Prosesor SM4250 Snapdragon 460
RAM 6 GB
ROM 256 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8, 2, 2 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
NFC Tidak
USB Type-C, USB OTG
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar