Diperbaharui pada Kamis, 17 September 2020 | 15:32

Review realme 7i: Asik Buat Foto, Seru Buat Gaming 

Review realme 7i
Sangat agresif. Itu yang dirasakan ketika berbicara tentang realme. Setelah meluncurkan tiga hp realme C series terbaru, kini mereka hadir lagi dengan seri terbaru ke Indonesia.

Kali ini realme memboyong realme 7 series yang terdiri dari realme 7 dan realme 7i. Hadir dengan spesifikasi yang berbeda, namun keduanya sama-sama mengunggulkan pada layar, kamera dan baterai.

Nah, baru-baru ini Pricebook kedatangan salah satu dari dua hp realme terbaru tersebut, yaitu realme 7i. Kami Jika penasaran dengan performanya, yuuk langsung simak pengalaman kami menggunakan realme 7i.

Desain realme 7i

Review realme 7i
Desain merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian utama realme. Itu sebabnya di semua hp realme hadir dengan desain yang berbeda satu sama lain. 

Termasuk di realme 7i yang kali ini mengusung konsep desain warna gradasi dengan sekat yang memotong sensor sidik jari yang terinspirasi dari ruang kaca di alam.

Terdapat garis pemisah ikonik dengan arah diagonal, membagi realme 7i menjadi dua bagian. Dua bagian tersebut menggunakan proses yang sama sekali berbeda.

Pantulan cahaya tinggi di bagian atas dan tekstur matte di bagian bawah membentuk kontras yang sangat tajam, tetapi kombinasi keseluruhan sangat harmonis dan seimbang, menghasilkan efek estetika yang menarik.

Empat kamera belakang pun dikemas dengan bentuk persegi kekinian. Dibawahnya terdapat sensor sidik jari yang saat dicoba memiliki tingkat respon yang cepat. realme 7k sendiri hadir dalam dua pilihan warna yang menarik yaitu Aurora Green dan Polar Blue.

Layar 90Hz

review realme 7i
Salah satu peningkatan realme 7i dari generasi sebelumnya ada di layar. Dimana layar realme 7i memiliki refresh rate 90Hz Ultra Smooth dan kecepatan pengambilan sampel 120Hz.

Dengan demikian, pengguna memiliki opsi hp dengan layar 90Hz lain dari realme, setelah sebelumnya ada realme Narzo. Dengan refresh rate besar keuntungan yang didapat adalah tampilan visual yang jauh lebih baik.

Dimana memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi jika dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional. Di realme 7i dengan bentang seluas 6,5 inci, kecepatan 90 frame perdetik, visual layar menjadi lebih mulus.

Sangat terasa ketika digunakan untuk menonton video maupun bermain game. Untuk menikmati layar 90Hz ini, kamu bisa masuk ke pengaturan layar dan bisa memiliki opsi yang ada.

Tapi disarankan memilih Auto Select untuk lebih menghemat baterai. Hanya saja, resolusi layar ini masih sebatas HD+ 1600 x 720 pixel. Menurut kami, andaikan resolusinya ditingkatkan menjadi FullHD+ tentu akan menghasilkan visual yang jauh lebih apik.

Kamera 64MP

review realme 7i
Lanjut ke kamera yang memang paling dihighlight oleh realme. Nah di realme 7i ini terpasang empat kamera belakang dengan konfigurasi 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP. Sekarang kita jelas kan satu persatu. 

Sensor dengan resolusi 64 MP merupakan kamera utama yang memiliki aperture f/1.8 serta di dukung fitur PDAF. Namun ada yang berbeda dari setingan kamera di realme 7i.

Pengaturan kamera 64 MP memiliki sub menu sendiri. Awalnya memang cukup membingungkan, karena untuk peralihan antar kamera biasanya ada di menu image size di bagian atas layar. Tapi lama-lama terbiasa juga.

Untuk kualitas secara keseluruhan cukup baik, terutama di kondisi cahaya yang cukup. Gambar beigtu tajam dan detil. Masih sangat memadai ketika ada frame yang harus di crop, karena gambarnya masih terlihat jelas.

Hasil foto kamera 64 MP realme 7i :

foto realme 7i
foto realme 7i
Kamera kedua di realme 7i memiliki resolusi 8 MP dan sudah berjenis ultra wide. Dengan sudut lebar yang mencapai hingga 119 derajat, kita bisa memotret objek lebih banyak yang lebih luas dari kamera biasa. 

Namun kualitas reproduksi warnanya memang tidak sebaik kamera utama 64 MP. Hal ini bisa dimaklumi karena resolusinya masih sebatas 8 MP, tapi foto yang dihasilkan cukup baik.

Kamera ultra wide ini juga memiliki fitur 5x Zoom yang bisa digunakan untuk memotret objek yang jauh. 

Hasil foto ultra wide 8 MP :

foto realme 7i
Konfigurasi kamera ketiga merupakan lensa ultra Makro. Bagi yang belum tau, kamera makro ini memungkinkan kitua untuk memotret objek yang berukuran kecil sehingga terlihat lebih besar dari aslinya.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan jarak objek dengan kamera berada dikisaran 4 cm. Untuk ukuran kamera dengan resolusi 2 MP, hasilnya terbilang cukup lumayan.

Hasil foto ultra makro realme 7i :

foto realme 7i
Kamera terakhir berjenis lensa Portrait yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto bokeh. Meski resolusi kameranya sebatas 2 MP, namun masih bisa diandalkan kok.

Hasil foto bokeh di realme 7i :

foto realme 7i
Beralih ke kamera depan. realme 7i memasang kamera depan sebesar 16 MP yang bisa digunakan untuk kamu yang gemar selfie. Yang menarik, kamera selfie ini sudah menggunakan sensor Sony IMX471 dengan aperture f/2.1 dan lensa 5P.

Berdasarkan pengalaman, kualitas sensor Sony memang sangat bisa diandalkan utnuk menghasilkan foto yang bagus. Apalagi sudah di dukung Ai beauty mode dan lainnya. Kamera depan juga mendukung HDR dan Stabilisasi EIS.

Hasil foto selfie realme 7i :

foto realme 7i 
Performa Snapdragon 662

Beda dari realme 7 yang memakai chipset Mediatek, di realme 7i justru menggunakan chipset dari Qualcomm. Kali ini yang dipilih realme adalah Snapdragon 662. 

Di lini prosesor Qualcomm, Snapdragon seri 600 memang berada di kelas menengah. Secara teknis, Snapdragon 662 dibuat dengan menggunakan proses 11nm, dilengkapi dengan struktur Kryo 260 di CPU dan Adreno 610 GPU. 

Jadi secara performa harusnya masih bisa memberikan tenaga yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, termasuk bermain game. 

Dari beberapa game yang dimainkan berjalan lancar. Bermain  Asphalt 9 berjalan lancar di setingan high, kemudian PUBG pada setingan HD. Sedangkan di game Life After pada setingan HD.

Dari kapasitas memori, realme 7i juga sudah didukung dengan memori besar. Dari sisi RAM sudah dibekali kapasitas 8 GB berjenis LPDDR4x dan penyimpanan internal sebesar 128 GB berjenis UFS 2.1.

Cukup menarik, karena RAM 8 GB ini terbilang cukup besar. Selain bisa mendukung kinerja prosesor juga memungkinkan kamu melakukan multitasking dengan lancar.

Dari pengujian benchmark, skor yang didapat termasuk tinggi, berikut hasilnya :

Benchmark Skor
Antutu 8 181.608
Geekbench 5 314 (single), 1383 (multi)
3DMark 1170 (Extreme), 1111 (Vulkan)
PCMark 5987

Baterai 5000 mAh

review realme 7i
Baterai termasuk salah satu komponen yang difokuskan pada realme 7i. Itu sebabnya, realme menanam baterai 5000 mAh di hp terbaru ini. 

Untuk pemakaian standar sehari-hari seperti browsing, WhatsApp, memotret, streaming Youtube tanpa bermain game, baterainya mampu bertahan dua hari.

Bahkan berdasarkan pengujian realme Lab, realme 7i dapat bertahan selama 34 hari dalam mode siaga. Sedangkan hasil benchmark Battery Life didapati baterai realmi 7i mampu bertahan selama 18 jam.

Untuk pemakaian berdasarkan aktivitas, memutar musik selama satu jam yang terhubung ke headset Bluetooth, baterainya turun sebesar 7 persen. Lalu streaming Youtube dengan resolusi HD 720, dalam satu jam baterai realmi 7i berkurang 7-8 persen.

Saat digunakan untuk gaming, bermain game Asphalt 9 selama 1 jam pada setingan high,  baterainya hanya berkurang 8-9 persen. Lalu PUBG sejam turun 10-11 persen.

Lanjut ke proses pengisian ulang. realmi 7i sudah dibekali dengan teknologi fast charging 18W. Dengan kapasitas 5000 mAh, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 35 menit untuk mengisi ulang penuh dari 0 – 100 persen.

Dimana dalam waktu 30 menit baterainya terisi 35 persen dan pengisian selama satu jam bisa terisi hingga 55 persen. Yang menarik, realme 7i juga punya fitur reverse charge yang bisa mengisi baterai perangkat lain menggunakan OTG khusus.

Harga realme 7i

harga realme 7i
Realme 7i yang pertama kali rilis resmi secara global di Indonesia ini hanya hadir dengan satu varian saja yaitu kapasitas RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Jadi tidak ada opsi RAM lain.

Harga realme 7i di Indonesia sendiri dibanderol Rp 3.199.000. Ada dua opsi warna yang bisa dipilih yaitu Aurora Green dan Polar Blue.

realme 7i bisa didapatkan melalui flash sale pada 18 September pukul 10:00 WIB situs realme, Lazada, Akulaku dengan harga khusus Rp 3.099.000 dan special gifts senilai lebih dari Rp 200.000.

Kesimpulan

realme memang pintar membuat produk yang sesuai dengan target utama mereka yaitu anak muda. Mengunggulkan desain yang simpel namun menarik memang dirasa bisa menarik minat kaum muda. 

Anak muda yang suka bermain game akan dimanjakan dengan layar resfresh rate 90Hz untuk tampilan visual yang lebih baik. Termasuk dukungan prosesor Snapdragon 662 dan RAM 8 GB yang bisa digunakan untuk memainkan game-game HD.

Belum lagi penggunaan baterai besar hingga 5000 mAh membuat aktivitas tidak dihalangi daya yang tidak cepat habis. Satu hal lagi tentu saja kamera 64 MP yang bisa memberikan hasil foto terbaik untuk setiap momen.

Dengan harga Rp 3 jutaan, semua fitur yang ditawarkan realme 7i memiliki kemampuan mumpuni. Asik buat foto dan juga seru buat main game.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 10
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 1600 x 720 Pixel
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Detail Prosesor Snapdragon 662
Kecepatan CPU 2 GHz
Resolusi Kamera Belakang 64 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8, 2, 2 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
USB Type-C, USB OTG, Lightning 2.0
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.