Diperbaharui pada Rabu, 9 September 2020 | 10:36

Pertama di Indonesia, Enaknya Pakai Paket by.U 1.5 Mbps!

Oleh Restu Aji Siswanto

by.u 1.5 mbpsFoto: by.U

Pengguna by.U mungkin menyadari kalau paket internet 1 Mbps sempat menghilang. Bahkan Pricebook sempat membahas hal ini dalam video testimoni dari pengguna by.U di beberapa kota. 

Wajar bila ada permintaan untuk mengembalikan paket ini, karena memang promo paket internet 1 Mbps menjadi salah satu daya Tarik yang dimiliki provider by.U. Kuota 1 Mbps memiliki kecepatan internet yang tidak akan diturunkan, dan dapat digunakan secara penuh selama 24 jam tanpa batasan kuota dan waktu.

Kembalinya Kuota 1 Mbps by.U

paket 1.5 mbps by.uFoto: by.U

Dengan adanya permintaan untuk mengembalikan kuota 1 Mbps, akhirnya pihak by.U pun mendengarkan keinginan penggunanya dan memberikan paket ‘Yang Bikin Aman’ dengan 3 opsi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, dan paket ‘Yang Bikin Makin Aman’ dengan kecepatan 1.5 Mbps.

Selain itu, ada paket baru yang juga ditawarkan oleh by.U. Paket yang diberi nama ‘Yang Bikin Makin Aman Sebulan’ ini menawarkan kuota internet 1.5 Mbps dengan masa aktif 30 hari. Kalian bisa membeli paket ini dengan harga promo Rp 140.000.

Berikut ini daftar harga paket 1 Mbps dan 1.5 Mbps yang ditawarkan oleh by.U.

Nama Paket  Benefit  Harga 
Yang Bikin Aman 1 Jam Speed: 1 Mbps
Masa aktif: 1 jam
Rp 1000
Yang Bikin Aman 3 Jam Speed: 1 Mbps
Masa aktif: 3 jam
Rp 2500
Yang Bikin Aman 6 Jam Speed: 1 Mbps
Masa aktif: 6 jam
Rp 4000
Yang Bikin Aman 1 Hari Speed: 1 Mbps
Masa aktif: 24 jam
Rp 10.000
Yang Bikin Makin Aman Speed: 1. Mbps
Masa aktif: 24 jam
Rp 40.000
Yang Bikin Makin Aman Sebulan Speed: 1. Mbps
Masa aktif: 24 jam
Rp 140.000

Review Kuota 1.5 Mbps by.U

Pada artikel ini, Pricebook melakukan serangkaian pengujian menggunakan paket ‘Yang Bikin Makin Aman’. Paket yang dibenderol seharga Rp 40.000 ini memberikan kecepatan 1.5 Mbps dan punya masa aktif selama 7 hari. Satu hal yang perlu kami tegaskan diawal, paket ini tidak direkomendasikan untuk mengunduh file-file berat, ya.

1. Uji Streaming Video

Pengujian pertama yang kami lakukan adalah speed test yang dilakukan di Studio Pricebook di daerah Cipete. Pada saat pengujian, speed download yang kami dapatkan adalah 1.31 Mbps, dan speed upload-nya mencapai angka 1.41 Mbps. Sementara untuk ping-nya berada di angka 17ms.

Selanjutnya, kami melakukan uji coba streaming video Youtube dengan resolusi 360p, 480p, 720p, hingga 1080p untuk melihat sampai sejauh mana performa kecepatannya. Hasilnya, kami dibuat takjub. 

Video yang kami tonton berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Disini, terasa sekali perbedaannya dengan speed 1 Mbps yang kami coba sebelumnya. Menurut kami, penambahan 0.5 Mbps sangat berpengaruh. 

Streaming video belum lengkap kalau belum coba Netflix, maka kami pun langsung melanjutkan pengujian dengan menonton satu film full berdurasi 1 jam 52 menit di Netflix. Selama nonton, yang kami rasakan lancar sekali, tanpa buffering sama sekali. Setelah selesai, kuota yang terpakai sekitar 400 MB.

Selesai dengan Netflix, kami melakukan uji lagi dengan menonton video Live Streaming melalui aplikasi streamer game. Kami mencoba menonton live stream game PUBG dan Mobile Legends selama sejam, dan hasilnya cukup memuaskan.

2. Uji Bermain Game

Pengujian selanjutnya adalah bermain game. Kami memilih untuk download game yang lumayan berat, yaitu COD. Memang ketika proses pengunduhan, terasa lama sekali. Sepertinya memang kuota ini bukan ditujukan untuk kebutuhan ini, seperti yang sudah kamu beritahukan di awal.

Waktu yang dihabiskan untuk mengunduh file sebesar 1.4 GB adalah 54 menit. Bila dibandingkan dengan kuota 1 Mbps, memang terasa sekali perbedaanya. Apalagi ketika kami mencoba melakukan pengujian lain dengan mengunduh film Netflix sebesar 500 MB, waktu yang dibutuhkan ternyata lebih lama lagi.

Opsi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh game-game berat adalah dengan membeli paket kuota harian seharga Rp 4000, Nanti secara otomatis, speed-nya akan Kembali normal seperti speed by.U yang biasanya.

Pengujian terakhir kami gunakan untuk bermain game PUBG. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk melihat berapa PING saat bermain PUBG. Walau sesekali PING kuning muncul, namun secara sejauh pemakaian, speed-nya aman.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kami puas sekali dengan performa speed dari paket ‘Yang Bikin Makin Aman’ dengan kuota 1.5 Mbps. Tidak ada kekhwatiran kuota habis. Apalagi buat kamu yang suka browsing internet. Kalau dihitung-hitung, kamu bisa menghabiskan kuota sampai 113 GB kalau memaksimalkan penggunaannya selama 7 x 24 jam.

Pada pengujian yang kami lakukan, dalam sehari kami sudah menghabiskan sekitar 2.3 GB dengan kuota 1.5 Mbps ini. Dengan harga paket Rp 40.000 yang ditawarkan, tambahan 0.5 Mbps ini menurut kami sangat worth it sekali. Perbedaannya terasa dan kepuasan penggunaannya juga bertambah. Gimana, tertarik untuk mencobanya juga?

Like us!

Komentar