Diperbaharui pada Senin, 7 September 2020 | 16:34

Review Samsung Galaxy Tab S7 yang Bikin Kerja Makin Produktif

samsung galaxy tab s7
Beberapa waktu lalu, Pricebook sudah mencoba berbagai fitur yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Tab S7, kini kami akan memaksimalkan penggunaannya dalam mendukung produktivitas kerja dan hiburan. Apa kah harga yang dibanderol worth it dengan fitur-fitur yang ditawarkan?

Di era new normal ini, bekerja di luar kantor telah menjadi sebuah kebiasaan yang baru, karena itu lah, kehadiran perangkat tablet Samsung seperti Galaxy Tab S7 dapat membantu memaksimalkan produktivitas kerja karena bentuknya yang tipis, ringan, dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7

Dengan spesifikasi yang cukup mumpuni seperti layar besar berukuran 11 inci, daya baterai jumbo 8000 mAh, prosesor Snapdragon 865+ terbaru, dan kamera 13 MP, Samsung Galaxy Tab S7 adalah partner yang cocok untuk melakukan berbagai aktivitas kerja. Berikut ini xx kelebihannya.

1. Peningkatan pada Samsung DeX

samsung dex galaxy tab s7
Tampilan antarmuka One UI terbaru yang dimiliki oleh Galaxy Tab S7 melengkapi Samsung DeX dengan task bar yang kini lebih efisien. Selain itu, fitur zoom layar dan opsi untuk merubah ukuran font juga sangat membantu.

Cara untuk mengaktifkan Samsung DeX sangat mudah, yaitu cukup dengan membuka bar notifikasi dengan menggunakan S Pen, dan Tarik layar ke bawah, maka akan muncul menu DeX yang bisa dipilih. 

Selain dengan cara tersebut, Samsung DeX juga bis adiaktifkan secara nirkabel dan disambungkan ke layar monitor TV untuk keperluan presentasi.

Setelah mencoba sendiri Samsung DeX pada Galaxy Tab S7, kami memang merasakan perbedaannya. Gestur untuk menggeser jendela tampilan ke kanan dan kiri layar memudahkan kami untuk memilih dan menjalankan tool yang ingin dipakai.

Kami mencoba membuka beberapa jendela sekaligus (Multi-Active Window) ketika mengaktifkan Samsung DeX. Jendela pertama kami gunakan untuk membuka browser dan berselancar di dunia maya, sementara jendela kedua kami gunakan untuk membuka aplikasi Youtube.

Layar 11 inci yang cukup luas membuat aktifitas menonton video sambil browsing bisa dilakukan dengan cukup nyaman. Untuk pengguna yang gemar mencari informasi, hal ini sangat membantu, karena kami bisa memantau sekaligus mencari infomasi secara bersamaan.

Selayaknya bekerja dengan laptop, jendela pada DeX juga bisa di minimize dan maximize. Ukuran jendela juga bisa diatur sesuai dengan kemauan kita. Pengaturan ini bisa dilakukan menggunakan gestur dengan meletakkan jari pada pinggir jendela dan menggesernya.

2. Mendukung Multitasking

layar edge galaxy tab s7
Selain dengan Samsung DeX, Multi-Active Window juga bisa diaktifkan di mode tablet. Bahkan kami bisa menjalankan tiga aplikasi berbeda secara bersamaan. Menurut kami, fitur ini sangat penting dan berguna sekali pada perangkat tablet seperti ini, karena dengan layar yang luas, maka pengalaman menggunakannya juga jadi lebih memuaskan.

Selain itu, pada layarnya juga tersedia layar Edge yang umumnya ada pada perangkat smartphone Galaxy. Fungsi utama layar ini adalah untuk mengakses berbagai aplikasi yang paling sering digunakan.

Untuk keperluan memotret, atau melakukan video call baik untuk urusan pribadi maupun profesional seperti meeting video conference dengan tim atau klien, Galaxy Tab S7 dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera ultrawide beresolusi 5 MP.

Kamera depannya memiliki resolusi 8 MP, dengan lensa berukuran 26mm, bukaan lensa f/2.0 dan fixed focus. Seperti pada perangkat Samsung lainnya, kamera ini juga mendukung fitur-fitur seperti Auto HDR, Night Mode, Pro Mode, dan lainnya.

3. Bisa Mencatat sambil Merekam

spesifikasi samsung galaxy tab s7

Hadirnya Samsung Notes terbaru pada perangkat Samsung Galaxy Tab S7 sangat membantu untuk mendukung berbagai aktivitas yang berhubungan dengan mencatat seperti menghadiri kuliah, seminar, hingga rapat di kantor.

Kemudahan ini bisa didapatkan dengan memaksimalkan penggunaan Samsung Notes. Fitur ini mendukung berbagai jenis catatan, serta impor dan anotasi file PDF. Kemampuannya untuk menulis, mengetik, dan menggambar di area yang sama, memang jadi kelebihan utamanya.

Kami mencoba fitur ini dengan merekam sambil menulis. Kedua hal ini bisa kami lakukan secara bersamaan. Dengan ini, kami bisa menambahkan catatan selagi proses perekaman berlangsung, dan otomatis akan disimpan sebagai Audio Bookmark dan Timestamp, dimana kita bisa mengulangnya Kembali, tepat dimana kita ingin mendengarnya.

4. S Pen yang Memiliki Respon Tinggi

s pen samsung galaxy tab s7
Pada paket pembelian Samsung Galaxy Tab S7, kita akan mendapatkan S Pen. Berbeda dengan generasi sebelumnya, S Pen terbaru ini memiliki kemampuan yang telah ditingkatkan. Setelah mencobanya sendiri, kami merasakan perubahan tersebut.

Kami mencoba S Pen untuk menulis dan menggambar pada Galaxt Tab S7, dan memang tingkat responsifnya cukup tinggi. Goresan yang dihasilkan juga cukup presisi dan akurat. Wajar, karena S Pen terbaru ini memiliki refresh rate hingga 120Hz dan latensi 9ms.

S Pen pada Galaxy Tab S7 dibekali dengan baterai berkapasitas 0.35 mAh yang dapat diisi ulang dengan cara menampelkannya pada bodi panel belakang tablet. Magnet yang digunakan cukup kuat, karena senggolan ringan tidak membuat S Pen ini mudah terlepas.

Salah satu fungsi S Pen yang kami sukai adalah kemampuannya untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh. Pena digital ini bisa terhubung dengan Galaxy Tab S7 via Bluetooth, hingga jarak 10 meter. 

Untuk penyuka detil, efek suara goresan pena yang dihasilkan oleh S Pen, bisa memberikan pengalaman menulis yang lebih lengkap. Ini adalah sentuhan kecil yang sangat kami sukai dari fitur S Pen.

5. Perangkat Multimedia yang Lengkap

samsung galaxy tab s7
Samsung Galaxy Tab S7 memiliki layar berjenis LTPS LCD berukuran 11 inci yang kalau dipakai untuk menonton film, cukup memuaskan. Kualitas gambarnya sangat baik, bahkan Ketika kami mencobanya untuk menonton video berkualitas 4K.

Layar LTPS yang mendukung aspect ratio 16:10 ini memberikan kepadatan piksel yang lebih besar, dengan konsumsi daya yang rendah dari LCD standar pada umumnya. Teknologinya memungkinkan terkontrolnya rentang suhu. LTPS sendiri merupakan singkatan dari LCD Low-Temperature PolySilicon.

Selama dipakai menonton, mata kami juga tidak cepat Lelah karena selain gambarnya jernih, memang layarnya sudah tersertifikasi SGS, jadi emisi blue light yang dihasilkan rendah. Ini alasan kenapa kami merasa nyaman memandang layarnya dalam jangka waktu yang lama.

Audio juga menjadi salah satu keunggulan yang kami rasakan. Galaxy Tab S7 memiliki Quadspeaker dari AKG yang dilengkapi dengan fitur Dolby Atmos. Jadi, suara yang dihasilkan juga sangat berkualitas. 

Pengujian audio kami lakukan dengan memutar video pentatonix 8D dari lagu Billie Eilish berjudul Ilumilo, dan kami merasakan efek suara yang dihasilkan, bisa keluar dengan sangat baik. Audio keluar yang dihasilkan cukup renyah, dengan hentakan bass yang cukup tebal.

Semua hal diatas juga karena dukungan prosesor yang mumpuni. Samsung Galaxy Tab S7 dibekali dengan Snapdragon 865+ terbaru yang merupakan peningkatan bila dibandingkan dengan seri terdahulunya. Daya tahan baterai juga cukup awet berkat kapasitas 8000 mAh.

Samsung mengklaim performa CPU-nya peningkat hingga 30%. Begitu pula dengan performa GPU yang juga meningkat hingga 35%. Jadi wajar kalau kualitas gambar dan suara yang dihasilkan juga meningkat. Bahkan Ketika digunakan untuk bermain game dengan tampilan grafis tinggi, kami tidak mengalami lag.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 10.0
Screen Size 12.4 inch
Screen Resolution 1600 x 2560 Pixel
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB
Internal 128 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Secondary Camera 5
USB Type-C
Battery 9800 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Setelah kami mencoba langsung Samsung Galaxy Tab S7, memang terlihat sekali perbedaannya dengan tablet Samsung generasi pendahulunya. Tablet ini dapat mendukung berbagai aktifitas kerja secara maksimal, juga sekaligus bisa menjadi media hiburan yang memenuhi kebutuhan video dan audio.

Jadi apa kah worth it harga Samsung Galaxy Tab S7 dengan fitur-fitur yang ditawarkannya? Menurut kami sebanding sekali. Bagaimana, tertarik?

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.