Diperbaharui pada Senin, 10 Agustus 2020 | 15:25

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver: Warna Baru Fitur Baru

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Samsung Galaxy A71 memang sudah dirilis sejak awal tahun ini bersamaan dengan Samsung Galaxy A51. Tapi beberapa waktu lalu, Samsung menghadirkan penyegaran di seri Galaxy A71, salah satunya warna yang stylish dan lebih kekinian, Haze Crush Silver.

Tidak hanya itu, Galaxy A71 juga kini sudah mengalami penambahan fitur baru yang sangat menarik. Fitur-fitur tersebut mencakup fitur Single Take, setingan Mode Pro yang lebih luas, Music Share hingga Quick Share.

Yang cukup menarik adalah penambahan fitur Single Take pada kameranya. Bukan tanpa sebab, karena fitur ini sejatinya hanya ada di seri flagship Samsung, yaitu Galaxy S20 series. Lalu fitur mode Pro pada kameranya sudah memungkinkan Anda melakukan pemotretan secara manual dengan opsi setingan yang lebih luas.

Untuk itu, kali ini Pricebook akan coba menjabarkannya sekaligus melakukan review Samsung Galaxy A71.

Warna Baru Kekinian

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Sebelumnya Samsung menghadirkan pilihan warna Prism Crush Black dan Blue di Galaxy A71. Kini mereka melakukan penyegaran dengan warna baru yang disebut dengan Haze Crush Silver.

Menurut kami warna baru ini memang jauh terlihat lebih stylish dan kekinian. Tetap mengemas pola prisma, namun warna silver nya terlihat lebih soft. Setiap pola prisma memiliki warna yang identik dengan sedikit permainan gradasi yang apik.

Yang lebih menarik adalah permukaannya tidak licin karena dikemas dengan bahan mate bukan glossy. Selain lebih nyaman digenggam juga tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Anda juga tidak akan melihat sensor fingerprint yang umumnya ada di bagian belakang perangkat. Karena Samsung Galaxy A71 menyematkan fitur ini di layar (fingerprint in display).

Sensor fingerprint ini cukup responsif, pemindaian berlangsung cukup cepat meski terkadang masih menemui sedikit delay karena posisi jari yang posisinya kurang pas. Tapi secara umum semua berjalan dengan baik.

Layar

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Samsung Galaxy A71 dibekali dengan ukuran layar yang besar seluas 6,7 inci dengan resolusi FullHD+ 1080 x 2400 pixel. Desainnya pun lebih modern mengusung konsep Infinity O Display dengan bezel tipis, sehingga tampilannya jauh lebih lapang.

Bicara layar tidak ada yang meragukan kualitas Super AMOLED dari Samsung. Begitu pula di Galaxy A71 baru ini, dimana image yang ditampilkan layarnya sangat baik. Samsung juga menyediakan dua pilihan tampilan layar yaitu Vivid dan Natural.

Pilih vivid jika ingin menikmati tampilan yang kaya warna serta hitam yang lebih dalam. Sedangkan Natural lebih soft dengan saturasi warna yang lebih terlihat lebih apa adanya.

Hal lain yang kami sukai dari layar Galaxy A71 memiliki sudut pandang yang luas. Karena image masih terlihat jelas meski dilihat dari sudut yang miring. Tingkat kecerahan yang dihasilkan juga sangat baik, tidak harus di seting tinggi, dibawah 50% pun masih bisa terlihat jelas.

Kami sangat terpuaskan dengan kualitas layarnya, menonton film di Netflix, Youtube menjadi kebih mengasikkan menggunakan Galaxy A71.

Fitur Keren

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Galaxy A71 berjalan dengan Android 10 dengan antarmuka One UI 2.1 yang menawarkan beragam fitur menarik. Salah satunya adalah Edge screen. Fitur ini sebelumnya hanya tertanam di seri flagship Samsung yang menggunakan layar Edge. Namun kini sudah tersedia di Galaxy A71.

Bagi kami, fitur ini cukup berguna sebagai jalan pintas untuk membuka aplikasi yang sering digunakan. Lebih mirip home screen kedua tapi tidak perlu beralih ke layar berikutnya. Anda bisa memilih aplikasi apa pun untuk dimasukkan ke dalam Edge panel.

Selain itu, Galaxy A71 juga memiliki fitur baru yaitu Music Share. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi musik di speaker Bluetooth yang sama. Karena umumnya, speaker Bluetooth hanya bisa terkoneksi untuk satu perangkat saja.

Jadi dengan Music Share, orang lain bisa memutar musik mereka di speaker yang sama. Tapi syaratnya hanya bisa digunakan untuk sesame hp Samsung dan pastikan juga hp tersebut memiliki fitur Music Share. Karena tidak semua hp Samsung terbaru sudah dibekali fitur ini, hanya dikelas menengah atas saja.

Kamera

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Salah satu fitur kamera terbaru di versi warna Haze Silver ini peningkatan di mode Pro. Di versi sebelumnya, mode Pro ini Anda hanya bisa mengatur ISO (100-800), exposure dan white balance.

Kini Anda bisa mengatur shutter speed (hingga 1/24000), saturasi warna hingga manual focus. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mengeksplorasi kemampuan fotografi. Dengan memaksimalkan fitur Pro mode ini, hasil foto yang didapatkan bisa lebih dari auto.

Selain itu, Samsung juga menambahkan fasilitas pemotretan Single Take. Fitur ini hanya ditemui di seri flagship Samsung, seperti Galaxy S20 series. Fitur ini memungkinkan Anda menghasilkan foto dan video sekaligus hanya dengan sekali menekan tombol shutter.

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Saat Pricebook mencoba, di galeri akan terdapat 5 file yang terdiri dari 2 foto dan 3 video. Untuk foto, mode ini secara otomatis akan memilih satu foto dengan komposisi terbaik serta 1 foto berformat hitam putih.

Sedangkan 3 video yang dihasilkan terdiri dari video normal, video fast forward dan video boomerang. Cukup seru dan sangat memudahkan, karena tidak harus berindah dari mode foto ke mode video.

Samsung Galaxy A71 sendiri dilengkapi dengan empat kamera belakang dengan konfigurasi sensor 64 MP (kamera utama) + 12 MP (ultra wide) + 5 MP (depth) + 5 MP (macro).

Untuk hasil foto dari kameranya pun tidak kalah baik. Sensor utama dengan resolusi 64 MP diakui memiliki hasil foto yang bagus, tajam serta cukup detail. Begitu pula dari sisi kontras dan warnanya, sangat hidup.

Untuk menggunakan kamera 64 MP ini, pastikan pengaturan rasionya di 3:4 (64 MP). Oiya dan satu hal lagi, saat di resolusi ini Anda tidak bisa melakukan zoom.

Berikut hasil fotonya :

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Kamera kedua di Samsung Galaxy A71 berjenis ultrawide. Seting resolusi di rasio 3:4 dan Anda bisa mengambil foto dalam sudut yang lebih luas. Hasilnya memang tidak setajam dan sedetail kamera utama, tapi masih cukup oke mendapatkan foto dengan angle yang berbeda.

Berikut hasil fotonya :

review galaxy a71
Berikutnya adalah kamera 5 MP yang berjenis depth camera untuk menghasilkan foto bokeh. Hasilnya cukup bagus karena bisa mendeteksi dan memisahkan antara objek dengan background blur terlihat rapi. Anda juga masih bisa mengatur efek blur (buram bagian belakang).

Berikut hasil fotonya :

review galaxy a71
Dan kamera keempat dengan resolusi 5 MP menggunakan lensa makro. Bagi yang belum tahu, lensa makro ini sangat berguna untuk memotret objek yang berukuran kecil. Sehingga terlihat lebih besar dan lebih jelas.

Kualitasnya pun tidak kalah bagus. Biar tidak penasaran, berikut hasil foto makro di Samsung Galaxy A71 :

review galaxy a71
Sementara untuk kamera selfie, Galaxy A71 dibekali sensor 32 MP menggunakan sensor Sony. Kualitasnya pun sangat baik karena bisa menghasillan foto selfie dengan warna kulit yang cukup akurat.

Kamera depan ini juga dilengkapi fitur Selfie Live Focus dengan efek bokeh dengan pemisahan subjek dan latar belakang yang cukup baik. Meski demikian, masalah umum yang ada di kamera depan bokeh masih terlihat di area rambut. Tapi itu merupakan masalah minor saja dan tidak terlalu terlihat di layar hp.

Performa

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Samsung Galaxy A71 ditenagai oleh Snapdragon 730G (masih sama dengan versi warna sebelumnya). Meski setingan PUBG belum bisa rata kanan, tapi performanya cukup optimal kok untuk performa. Karena prosesor ini sudah mengalami peningkatan grafis yang lebih tinggi hingga 15% dari pendahulunya.

Apalagi Galaxy A71 juga didukung dengan AI Gaming Booster yang akan memberi performa gaming yang lebih baik. Bagi yang belum tahu, AI Gaming Booster dapat menyesuaikan performa game yang sedang dimainkan.

Baik berfokus pada hemat daya baterai, kinerja performa gaming, atau berimbang antara keduanya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Bagi yang sedang melakukan chatting dengan teman saat sedang bermain game, terdapat bar pop up yang memberikan kesempatan untuk melakukan multitasking kebeberapa menu esensial lainnya seperti browser dan YouTube.

Tidak kalah penting, terdapat setting untuk meminimalisir notifikasi atau gangguan yang menghambat proses bermain. Yang ingin memamerkan skillnya bisa juga merekam video saat bermain game dan bisa langsung di dishare ke sosmed.

Dari pengalamanan kami bermain game macam PUBG, Asphalt 9, COD Mobile dan beberapa game dengan grafis tinggi bisa lancar dimainkan. Sedangkan dari hasil benchmark, berikut skor yang didapatkan Samsung Galaxy A71 :

Benchmark Skor
Antutu v8 239.463
Geekbench 4 533 (single), 1663 (multi)
PCMark 7573
3DMark 2054 (OpenGL), 1879 (Vulkan)

Baterai

Review Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver
Dari baterai, Samsung Galaxy A71 memang tidak dibekali baterai 5000 mAh atau 6000 mAh. Hp ini hanya menanam baterai dengan kapasitas 4500 mAh. Tapi dalam penggunaannya sangat bisa diandalkan.

Untuk penggunaan standar dirumah menggunakan jaringan Wifi seperti WA, sosmed dan tanpa main game, baterai Galaxy A71 sanggup bertahan selama 2 hari. Lalu ketika digunakan untuk aktivitas yang lebih berat dengan tambahan menonton Youtube serta bermain game, baterainya bertahan dari pagi hingga malam.

Saat streaming Youtube menggunakan Wifi, video HD berdurasi satu jam bisa mengurangi baterai sebesar 9 persen. Oiya, ini dilakukan dengan melakukan setingan kecerahan di tingkat paling maksimal, mentok kanan. Sedangkan kecerahan 50% dengan durasi video yang sama baterainya berkurang sebesar 7 persen.

Ketika baterai habis, mengisi ulangnya berlangsun cepat. Karena hp ini sudah menggunakan teknologi fast charging 25W. Dari posisi 0 – 100 persen hanya butuh waktu 1 jam 25 menit saja. Dimana untuk pengisian selama 30 menit baterainya sudah bisa terisi sebesar 48 persen.

Kesimpulan

Tidak ada yang salah dari penyegaran yang dilakukan Samsung di Galaxy A71 ini. Pemilihan warna yang pas memang terlihat lebih segar dan sesuai dengan tren kekinian. Tidak hanya berubah warna, tapi Samsung juga menambahkan beberapa fitur yang kami rasa cukup menarik, terutama di sisi kamera.

Kualitas foto yang berkualitas kini sudah ditingkatkan dengan fitur baru seperti Single Take dan pengaturan di mode Pro. Tidak hanya makin lengkap, tapi juga terasa naik kelas. Dengan harga dikisaran 5 jutaan, Anda bisa merasakan fitur hp flagship.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 10
Ukuran Layar 6.7 inch
Screen Resolution 2400 x 1080 Pixel
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Detail Prosesor Snapdragon 730
Kecepatan CPU 2.2 GHz
Resolusi Kamera Belakang 64 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 12, 5, 5 MP
Resolusi Kamera Depan 32 MP
NFC Ya
USB Type-C, USB OTG, Lightning 2.0
Kapasitas Baterai 4500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.