Diperbaharui pada Selasa, 28 Juli 2020 | 14:30

Review realme C15: Hp Baterai 6000mAh Pilihan Terbaik

Review realme C15
Teknologi smartphone terus berkembang semakin canggih untuk mendukung dan memudahkan segala aktivitas penggunanya. Salah satunya teknologi baterai yang kapasitasnya semakin besar.

Jika sebelumnya ada hp dengan baterai 4000 mAh atau 5000 mAh, sekarang sudah mulai bermunculan hp yang dibekali dengan baterai berkapasitas 6000 mAh. Tapi jumlahnya memang masih bisa dihitung dengan jari.

Tidak perlu khawatir, karena pilihan tersebut bertambah dengan hadirnya realme C15. Meneruskan sukses dari realme C11, perangkat ini sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan

Tidak hanya kapasitas baterainya saja yang semakin besar, tapi juga di dukung fitur 18W Quick Charge. Bahkan menjadi hp pertama dengan baterai 6000 mAh dari lini hp realme.

Menariknya, realme C15 juga tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau dengan fitur dan spesifikasi yang terbaik dikelasnya. 

Untuk melihat sejauhmana kemampuannya, kali ini Pricebook akan coba review performa dari realme C15 dalam varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Yuuk simak ulasannya dibawah ini. 

Desain Geometrik

Review realme C15
Bicara desain, ada yang menarik nih dari realme C series. Jika diperhatikan, realme selalu membawa penyegaran dengan desain yang berbeda di tiap modelnya (terutama bagian cover belakang).

Jika realme C1 punya desain konvensional, di realme C2 hadir dengan desain Diamond Cutting dan berbeda lagi di realme C3 dengan Sunrise Design. Lalu lanjut ke realme C11 yang mengusung desain geometric dengan tambahan aksen pita yang memanjang dari atas ke bawah.

Nah realme C15 tampil dengan desain Geometric Gradient dengan sudut garis yang berbeda. Menurut kami, ini cukup menarik karena tidak monoton atau desainnya itu-itu saja. Jadi tiap tipe memiliki rasa estetika tersendiri.

Desain Geometric Gradient di realme C15 membentuk trapesium yang membagi penutup belakang menjadi 3 area dengan sudut garis yang berbeda. Sehingga bisa menghasilkan warna dengan gradasi berbeda.

Ada dua varian warna yang ditawarkan yaitu marine blue dan seagull silver. Warnanya pun tidak mencolok dan terkesan teduh. Permukaannya juga tidak licin yang bisa megurangi resiko terlepas ketika di pegang. Dan yang paling penting tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Dibagian belakang ini juga terdapat empat kamera dengan modul berbentuk kotak yang mirip dengan realme C11 lengkap Bersama sensor sidik jari.

Layar Luas

realme c15
realme C15 memiliki layar seluas 6,5 inci yang masih mengusung konsep dewdrop. Tapi poni ini dibuat lebih kecil dari dewdrop pada umumnya, realme menyebutnya dengan mini-drop.

Mereka mengklaim poni layar berkurang sebesar 30,9% dibandingkan dengan poni dewdrop normal. Kelebihannya layar dapat menghadirkan rasio layar hingga 88,7% untuk tampilan yang lebih lapang.

Dengan kapasitas resolusi HD+ 720 x 1560 pixel dan aspek rasionya mencapai 20:9 sehingga memiliki sudut pandang lebih luas. Kami pun merasa cukup puas ketika menonton film dari Youtube maupun Netflix.

Selain itu, tidak perlu menyeting brightness ke level yang tinggi, karena dengan tingkat kecerahan 30-40 persen sudah cukup terang untuk penggunaan sehari-hari.

Oiya, layar realme C15 juga sudah menggunakan perlindungan dari Gorilla Glass 3 yang bisa meminimalisir dari resiko tergores.

Empat Kamera

Review realme C15
Salah satu spek yang meningkat di realme C15 ada pada kameranya. Jika realme C11 sebelumnya memiliki 2 kamera belakang, realme langsung mengupgrade dengan memasang empat sensor.

Keempat kamera ini terdiri dari kamera utama 13MP + lensa wide 8 MP + lensa B&W/retro dan lensa bokeh 2 MP. Yuuk kita bahas satu persatu.

Kamera utama realme C15 beresolusi 13 MP yang didukung aperture f/2.2 untuk pencahayaan lebih baik, kemampuan 4x zoom serta fitur PDAF yang berfungsi menangkap fokus lebih cepat.

Di kondisi cahaya normal, foto yang dihasilkan sangat baik, terlihat jernih dan terang. Kamera kedua di realme C15 menggunakan lensa wide 119 derajat beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.25.

Lensa ini memungkinkan untuk mengambil foto dengan sudut yang lebih luas, misalnya memotret pemandangan atau  bangunan. Tidak hanya itu, kelebihan dari kamera wide ini bisa foto dengan banyak objek.

Misalnya ingin foto grup dengan banyak orang, sehingga semua bisa masuk ke dalam satu frame. Berikut hasil foto kamera realme C15 :

Review realme C15
foto nighscape realme c15Hasil foto nightscape

Kamera ketiga realme C15 merupakan lensa B&W dan Retro yang bisa memberikan dua efek artistik khusus. Kedua lensa ini dapat menghasilkan foto dalam warna hitam dan putih.

Memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap. Berikut contoh hasil fotonya :

hasil foto realme c15
Yang keempat merupakan kamera depth yang berfungsi untuk menghasilkan foto bokeh atau mode Portrait. Disini kita bisa berkreasi layaknya menggunakan kamera professional dengan latar belakang buram.

Hasilnya terlihat rapi, berikut contohnya :

foto bokeh realme c15
Di bagian depan, sebuah kamera selfie 8MP dapat mengambil foto dengan jelas dan jernih. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu Anda mengambil foto selfie lebih luas.

Secara keseluruhan memberikan Anda pengalaman kamera terbaik di segmennya.

Performa

review realme c15
realme C15 ditenagai prosesor MediaTek Helio G35, sama dengan yang digunakan realme C11. Jadi, performa C15 ini kurang lebih tidak jauh berbeda dengan adiknya tersebut. Lihat review realme C11 disini.

Main game PUBG dan lainnya pun bisa dimainkan dengan lancar. Bedanya, memori RAM realme C15 jauh lebih meningkat dengan kapasitas 4 GB dan ROM 64 GB. Pastinya jauh lebih apik (realme C11 hanya berbekal RAM 2GB dan ROM 32 GB).

Kerepotan multitasking di realme C11, kini tidak ditemui di realme C15. Membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan berjalan lancar tanpa kendala. Dari hasil benchmark Antutu didapat skor 113.662 dan PCMark dengan skor 5971. 

Baterai 6000 mAh

Baterai realme c15
Seperti yang sudah disebutkan di awal, realme C15 sudah dibekali dengan baterai besar mencapai 6000 mAh, atau meningkat dari realme C11 (5000 mAh). Peningkatannya cukup terasa.

Realme sendiri mengklaim, realme C11 sanggup bertahan hingga 57 hari dalam mode siaga (standby). Meningkat 17 hari dari realme C11 yang memiliki waktu standby 40 hari.

Hebatnya, dengan sisa baterai 5%, kita masih bisa menggunakan WhatsApp atau YouTube selama kurang lebih 2 jam. Daya tahan realme C15 juga makin optimal berkat adanya App Quick Freeze dan Screen Battery Optimization. 

Dimana App Quick Freeze membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai. Jadi penggunaan baterai jauh lebih efisien dan digunakan untuk penggunaan yang tepat.

review realme c15
Saat di uji dalam kondisi normal tanpa fitur Super Power Saving, streaming Youtube selama satu jam dengan kecerahan penuh, baterainya berkurang 10 persen. Lalu di seting yang sama dengan fitur Super Power Saving aktif, streaming Youtube sejam hanya mengurangi daya baterai sebesar 4 persen saja. Jauh lebih efektif dan hemat daya. 

Bahkan dengan sisa baterai 1 persen, kami masih dapat menonton Youtube selama kurang lebih 18 menit.

Bagaimana dengan proses isi ulang baterainya? realme C15 sendiri sudah mendukung 18W Quick Charge. Hanya saja, hp ini masih menggunakan port dan kabel data micro USB bukan Type C.

Untuk pengisian selama 15 menit, baterai realme C15 terisi 15 pesen. Lalu lanjut ke 30 menit naik ke level 24%, dan 42% untuk pengisian selama 1 jam. Untuk terisi penuh rupanya dibutuhkan waktu lebih dari 3 jam.

Cukup wajar, karena baterainya memang cukup besar dan belum menggunakan Type C. Tapi ketika baterai terisi penuh, Anda akan merasakan kemampuan baterai di realme C15 ini.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 10.0
Ukuran Layar 6.5 inch
Screen Resolution 720 x 1560 Pixel
Detail Prosesor Helio G35
RAM 4 GB
ROM 64 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Hadirnya baterai besar hingga 6000 mAh memang menjadi peningkatan yang cukup berarti dari seri sebelumnya. Apalagi sudah didukung fitur 18W Quick Charge.

Tapi sayang, fitur ini masih kurang optimal karena hanya menggunakan port micro USB. Hal ini bisa dimaklumi karena ingin memberikan harga yang terbaik untuk penggunanya. 

Jadi untuk pengguna yang membutuhkan baterai besar, realme C15 bisa menjadi pilihan yang tepat di rentang harga 2 jutaan.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writter

1361 Posts

Punya banyak pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Butuh sedikit waktu untuk beradaptasi dari media cetak ke media online. Dan di Pricebook kini lebih banyak ngotak ngatik artikel SEO.