Diperbaharui pada Jumat, 26 Juni 2020 | 14:01

Samsung Galaxy M11, Hp Sejutaan Spesifikasi 3 juta

harga samsung m11

Samsung hadirkan anggota seri M paling bawah di antara M21 dan M31, yakni Galaxy M11.

Smartphone ini hadir dalam berbagai warna seperti Hitam, Biru, dan Violet. Galaxy M11 adalah smartphone entry level dan fokus baterai lainnya dari Samsung .

Perangkat ini mempertahankan bezel tipis untuk hampir semua sisi telepon, kecuali ruang bawah tanah.

Pasalnya, ia diciptakan untuk kalangan kelas menengah yang ingin mendapatkan fitur lengkap tapi tak melulu harus mendapatkan spesifikasi yang tinggi.

Desain

review m11

Desain bodi yang agak membulat dan ketebalannya yang 9 mm, Samsung Galaxy M11 masih terasa nyaman digenggam dengan satu tangan. Seperti kebanyakan ponsel Samsung lainnya, keempat sisi ponsel dibubuhi aneka tombol dan lubang.

Di sisi kanan terdapat tombol daya dan pengaturan volume, sisi kiri untuk slot kartu SIM dan MicroSD. Bagian atas dipakai untuk lubang audio jack 3,55 mm, speaker. Untuk lubang pengisian daya Type-C berada di bagian bawah.

Di bagian belakang, terdapat tiga kamera yang dikemas secara vertikal, berdampingan dengan LED Flash di sudut kiri atas ponsel. Selain itu, ditemukan pula pemindai sidik jari alias fingerprint berbentuk elips di bagian belakang.

Layar

layar m11

Beranjak ke bagian muka, terbentang layar TFT 6,4 inci beresolusi HD+ (720 x 1.560 piksel) dan membawa aspek rasio 19,5:9.

Meski tidak menggunakan AMOLED, Samsung tetap memposisikan bezel lebih tipis agar terlihat mewah. Ponsel ini juga sudah menerapkan layar punch hole Infinity-O Display yang diletakkan di sudut kiri atas layar ponsel.

Samsung mengganti tombol menu, home, dan back dengan tombol virtual yang bisa muncul dan hilang sesuai dengan tampilan pada layar.

Rasio layar terhadap bodi yang dimiliki oleh smartphone ini terbilang cukup tinggi, yakni 81,6 persen

Kamera

kamera samsung m11

Kamera belakang smartphone terdiri dari 13 MP (wide) + 5 MP (ultrawide) + 2 MP (depth) yang diperkuat dengan keberadaan LED. Respon kamera untuk menangkap gambar cukup responsif untuk kelas menengah ke atas. 

Komposisi warna yang dihasilkan sudah cukup baik, sayangnya saat malam hari noise yang dihasilkan cukup mengganggu.

Dari sisi software, aplikasi kamera bawaan Samsung sudah cukup optimal. Layaknya hp Samsung pada umumnya, M11 memiliki interface kamera yang intuitif dengan beragam fitur seperti HDR, Panorama, Fokus Live, hingga Stiker. Sementara di depan ada kamera 8 MP (wide) untuk memotret selfie.

Hasil Kamera

hasil kamera m11

Hasil Foto diambil siang hari menggunakan setingan otomatis atau normal pada hp Samsung Galaxy M11

hasil photo samsung m11

Kali ini penguji mencoba menggunakan kamera Samsung Galaxy M11 pada tingkatan cahaya rendah untuk memotret kipas dari CPU tim videographi Pricebook saat malam hari dengan kondisi lampu dimatikan.

hasil foto selfie samsung galaxy m11

Foto selfi dalam settingan bokeh.

Dari banyaknya hasil gambar yang dihimpun oleh penguji melalui device M11, kameranya mampu menyuguhkan gambar yang menarik. Terlebih saat keadaan cahaya terang, gambar sangat terlihat tajam.

Bahkan saat kondisi gelap dengan keadaan mini cahaya, M11 masih mampu menghasilkan gambar dengan warna yang ciamik dan tidak terkesan sebagai hp murah dari Samsung.

Prosesor

hasil benchmark samsung galaxy m11

Samsung Galaxy M11 ditenagai oleh prosesor Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 Octa-core. Ditambah dengan kehadiran Adreno 506 sebagai GPU.

Smartphone ini dikemas dalam komposisi RAM 3 GB bersama internal 32 GB. Ditunjang dengan sistem operasi Android 10 dan interface OneUI yang optimal.

Penguji beberapa kali melakukan optimalisasi dengan beberapa aplikasi benchmark, hasilnya pun tidak terlalu mengecewakan untuk hp murah Samsung kali ini. Meskipun begitu, rasa panas pada device memang sering datang mengganggu.

main mobile legend di Samsung Galaxy M11

Saat dicoba untuk bermain ML (Mobile Legend Bang Bang) disini grafisnya memang terkesan bekerja keras, tapi perpaduan antara SnapDragon 450 dan Adreno 506 cukup bisa diadu dengan hp murah seharga serupa dengan M11.

Tanpa lag, terlebih warna dari permainan sangat serasi dan tidak terkesan gelap.

Main Asphalt di Samsung Galaxy M11

Saat bermain Asphalt pun tak banyak halangan yang ditemui menggunakan hp terbaru Samsung ini. Grafis dari gambar sangat cerah dengan detail jalan yang terlihat berpori sangat jelas.

Ini menunjukan meskipun masuk dalam kategori hp murah tahun 2020, Samsung Galaxy M11 tetaplah Samsung yang dirancang dengan berbagai perhitungan untuk kenyamanan penggunanya.

Baterai dan Fitur

fitur samsung galaxy m11

Smartphone ini diisi dengan baterai Li-Po 5000 mAh yang disupport pengisian baterai cepat 15W.

Perangkat ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Bluetooth 4.2, GPS dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, konektor reversibel USB 2.0 Type-C 1.0, dan Radio termasuk sensor seperti sidik jari (dipasang di belakang), akselerometer, dan jarak.

Samsung tak menyematkan aplikasi dan fitur Bixby, mungkin untuk menekan ongkos produksi dan harga jual.

Disisi lain, Samsung memberikan fitur Device care yang memungkinkan pengguna untuk melakukan optimalisasi pada penggunaaan. 

Optimalisasi meliputi daya barerai, media penyimpanan, memori, keamanan, konsumsi kuota data saat melakukan menggunakan akses internet.

Kesimpulan

review samsung galaxy m11

Harga Hp Samsung Galaxy M11 memang hanya berada dikisaran Rp1.9 juta rupiah saja. Namun dari spesifikasi hingga fitur dan kinerja yang diberikan masih Pricebook kategorikan sebagai kelas menengah.

Jika ditanya apakah hp ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai device harian? Penguji mengatakan sangat cukup, namun tetap tidak merekomendasikan sebagai hp untuk gaming yang bersifat berat.

Kriteria Spesifikasi
OS Android
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Dimensi 161.4 x 76.3 x 9 mm
Berat 197 g
Ukuran Layar 6.4 inch
Screen Resolution 720 x 1560 Pixel
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Detail Prosesor Snapdragon 450
GPU Adreno 506
Jumlah Kamera Belakang 3
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.