Review Samsung Galaxy M31: Makin Lengkap dengan Kamera Macro

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 30 Mar 2020 | 15:25

Review Samsung Galaxy M31
Saat ini Samsung memiliki lini smartphone yang terbagi dalam beberapa series dengan fitur unggulan masing-masing. Salah satu diantaranya adalah Samsung Galaxy M series yang mengunggulkan baterai besar. 

Namun bukan berarti spesifikasi lainnya diabaikan. Buktinya di Samsung Galaxy M31 yang baru-baru ini diluncurkan membawa beberapa fitur menarik. Menjadi penerus dari generasi M series sebelumnya yaitu Galaxy M30s, hp Samsung terbaru ini tetap mengusung baterai besar dengan kapasitas 6000 mAh dan telah meningkatkan sejumlah fitur. 

Beberapa fitur yang sudah mengalami peningkatan ada di sektor kamera. Kini Samsung Galaxy M31 hadir dengan empat kamera belakang, dimana satu penambahan menggunakan lensa macro.

Lalu memori juga terjadi perubahan yang mencakup RAM dan penyimpanan internal yang lebih besar. Yang pasti, dengan spesifikasi yang meningkat, tentunya Galaxy M31 menawarkan performa yang lebih baik lagi. Untuk membuktikannya, kali ini kami akan coba review Samsung Galaxy M31.

Perangkat yang kami uji hadir dalam opsi warna merah dengan RAM 6GB dan ROM 128GB.

Desain

Review Samsung Galaxy M31
Dari segi tampilan Samsung Galaxy M31 ini memiliki desain yang sederhana. Dimana bagian depannya didominasi layar dengan sebuah notch kecil diatasnya. Penempatan tombol dan port juga tidak berbeda dengan hp Samsung lain. Tombol volume dan power di sebelah kanan, slot SIM card sisi kiri dan port charging plus jack audio serta speaker di bagian bawah.

OIya, untuk SIM card, Samsung menyediakan 2 slot untuk nano SIM dan 1 slot microSD. Jadi pengguna bisa menggunakan 2 kartu plus microSD sekaligus tanpa harus mengorbankan SIM ataupun memori eksternal. 

Di bagian belakang, fisik Galaxy M31 sekilas mirip dengan Galaxy M30s, dengan kompartemen kamera belakang yang berbentuk persegi. Hanya saja ukurannya sedikit lebih besar karena Galaxy M31 hadir dengan empat kamera belakang. Terlihat juga sensor sidik jari dengan tambahan logo Samsung di bagian bawah.

Sisi belakang ini memang terlihat sederhana dengan warna solid tanpa ada efek khusus. Materialnya pun terbuat dari plastik yang masih meninggalkan bekas sidik jari di permukaannya. Dan sayangnya, Samsung tidak menyiapkan case dalam paket pembeliannya. 

Layar

Review Samsung Galaxy M31
Samsung Galaxy M31 hadir dengan layar berukuran 6,4 inci yang beresolusi FullHD+ 2340 x 1080p. Mengusung panel Super AMOLED dengan notch kecil diatasnya, dimana Samsung menyebut dengan Infinity U Display (notch yang membentuk huruf U).

Kualitas layar ini cukup baik dengan tingkat respon yang juga baik. Tidak ada permasalahan berarti untuk berganti antar home screen. Untuk tampilannya, disediakan 2 opsi preset yaitu Vivid dan Natural. Pilih Vivid jika kamu ingin tampilan layarnya nge-jreng dengan saturasi warna yang lebih solid.

Namun kelemahannya, image yang terlihat di Galaxy M31 dengan opsi Vivid akan berbeda ketika dipindahkan ke laptop atau PC, terutama dari sisi warna dan kecerahan. Jadi untuk rekomendasi lebih baik memilih opsi Natural untuk pengaturan layarnya. Karena warna yang ditampilkan lebih terkesan natural tanpa warna yang terlalu mencolok.

Namun untuk penggunaan di luar ruangan yang terpapar matahari langsung, layar ini memiliki kecerahan yang baik. Tingkat keterbacaannya pun cukup nyaman dan masih bisa terlihat baik, walau ada keterbatasan view. Penggunaan di dalam ruangan baiknya setingan brightness di 25-30 persen karena sudah terlihat cukup jelas. Atau jika tidak mau repot mengatur pencahayaan layarnya, bisa memilih opsi auto brightness.

Kamera

Review Samsung Galaxy M31
Kamera menjadi salah satu fitur yang mengalami peningkatan. Dimana kali ini Samsung membekali Galaxy M31 dengan empat kamera belakang. Tidak hanya itu, resolusinya pun juga telah ditingkatkan, dari 48MP (di Galaxy M30s) menjadi 64MP di kamera utama. Untuk kamera lainnya terdiri dari kamera ultrawide 8MP, lalu kamera macro 5MP dan 5MP depth kamera.

Pertama untuk kamera utama 64MP yang di dukung bukaan f/1.8. Untuk menghasilkan foto dengan kamera 64MP ini, pastikan kamu sudah memilih setingan di rasio 3:4 (64MP). Tapi harap diperhatikan, karena di modus 64MP ini kamu tidak bisa melakukan Zoom dan mengambil foto wide. Ibaratnya ini merupakan lensa fix pada kamera digital, namun masih memungkinkan untuk memilih focus.

Tapi tidak perlu khawatir, untuk mendapatkan objek yang jauh kamu bisa melakukan zoom secara manual pada hasil foto. Karena kelebihan dari kamera dengan resolusi besar memungkinkan image masih terlihat tajam dengan tingkat pembesaran tertentu.  

hasil fotoHasil zoom 100% di photos laptop

Dan secara umum, kualitas foto dari kamera utama di Galaxy M31 ini sangat baik. Gambar terlihat cerah dan tajam serta saturasi warnanya juga masih oke. Hal yang juga cukup memuaskan adalah saat memotret di kondisi low light. Meski masih terdapat noise namun masih dalam tahap yang bisa dimaklumi.

Hasil foto kamera 64MP :

hasil foto 1
hasil foto
hasil foto
Beralih ke kamera ultra wide 8MP. Kamera ini bisa digunakan ketika ingin mengambil foto dalam sudut yang luas. Kualitas fotonya juga cukup bagus meski tidak setajam dan sedetil kamera 64MP. 

Tapi untuk urusan warna dan eksposur tidak kalah dengan kamera utamanya, bahkan sedikit lebih baik. Dimana untuk warna foto terlihat lebih keluar.  Untuk foto low light juga tidak jauh berbeda dengan kamera utama, namun hasilnya akan berbeda ketika hasil fotonya dilakukan zoom. 

Hasil kamera ultra wide 8MP :

hasil foto

Oiya, untuk mengambil foto bokeh bisa memilih modus Live Focus. Dimana Samsung menanam depth camera dengan kapasitas resolusi 5MP. Secara umum hasil foto bokeh di Samsung Galaxy M31 cukup baik.

Tapi yang harus diingat kamu harus memperhatikan titik focus yang diinginkan. Karena terkadang suka ditemui titik focus yang tidak akurat yang membuat efek bokeh pada foto tidak rapi. 

Hasil foto Live Focus 5MP (bokeh) :

hasil foto
Yang terakhir atau kamera keempat menggunakan lensa macro. Kamera ini berguna ketika kamu ingin mengambil foto dalam jarak yang dekat dengan objek yang kecil. Meski resolusinya hanya 5MP, namun jika pengambilan gambar baik hasilnya juga akan terlihat bagus.

Hanya saja, di kamera makro ini tidak ada fasilitas zoom, jadi kamu harus mendekatkan kamera ke objek secara manual. Untuk hasil yang optimal, pastikan jarak kamera dengan objek berada di kisaran 3-5 cm. 

Hasil foto macro 5MP :

hasil foto macro
hasil foto macroKondisi Low Light

Performa

Bagaimana performanya? Samsung Galaxy M31 ditenagai chipset Exynos 9611 (prosesor yang sama dengan Galaxy M30s), vesi upgrade dari Exynos 9610. Kelebihannya tentu punya performa yang lebih baik dan sudah support resolusi kamera yang lebih besar.

Banyak yang membandingkan chipset ini dengan Snapdragon 712, karena keduanya sama-sama menggunakan arsitektur 10nm dan punya 8 inti (octa core). Namun kami tidak membahas perbandingan keduanya dan focus ke performa dari Galaxy M31.

Dengan speed core hingga 2.3 GHz, prosesor ini tidak memiliki masalah berarti untuk penggunaan harian (browsing, chating, sosmed dan lainnya). Hanya saja, ketika membuka banyak aplikasi (multitasking, sesekali terlihat delay ketika beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Mungkin hal ini bisa diperbaiki ketika ada update firmware. 

Meski demikian, bagi yang gemar gaming tidak perlu kahwatir. Karena ketika digunakan untuk gaming, bisa berjalan mulus. Beberapa game popular seperti PUBG, Free Fire hingga game yang butuh grafis tinggi bisa dimainkan dengan lancar. Dari hasil benchmark, berikut adalah hasilnya :

Benchmark Skor
3DMark Open GL ES 3.1 1.591
3DMark Vulkan 1.552
Geekbench 5.1 323 (single), 1.304 (multi)
NenaMark 59,7fps

Baterai

Review Samsung Galaxy M31
Sekarang beralih ke baterai yang menjadi salah satu nilai jual dari Samsung Galaxy M31. Di dalam mesin sudah tertanam baterai besar berkapasitas 6000mAh. Kekuatan baterai ini memang cukup mengagumkan. Untuk penggunaan normal, baterainya dapat bertahan seharian, bahkan masih tersisa di level 25 persen.

Saat bermain game PUBG selama 1 jam, baterainya berkurang 10-11 persen. Lalu game FreeFire sejam baterainya berkurang 8-9 persen. Kemudian menonton video streaming HD berdurasi 1 jam baterainya turun sebesar 5-6 persen.

Untuk mengisi ulang baterainya, Samsung Galaxy M31 sudah di dukung fitur fast charging 15W dan menggunakan USB Type C. Ketika di uji, pengisian baterai ini memang masih tidak terlalu cepat. Karena dari 0 hingga 100 persen dibutuhkan waktu hampir 3 jam. 

Dimana pengisian selama 30 menit baterainya terisi 22 persen, lalu charging sejam baterai tersisi 42 persen. Sedangkan pengisian selama 2 jam baterainya terisi sebesar 76 persen.

Charging Baterai Terisi
30 Menit 22 persen
1 Jam 42 persen
2 Jam 76 persen
2 Jam 55 Menit 100 persen

Kesimpulan

Bagi yang butuh hp baterai besar, Samsung Galaxy M31 bisa menjadi pilihan teratas. Dengan kapasitas baterai 6000mAh, kamu bisa beraktivitas lebih dari seharian. Bahkan bisa dua hari untuk penggunaan normal, tanpa gaming. Cocok untuk menemani aktivitas selama imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah dan bekerja dari rumah terkait adanya virus Corona. 

Tapi tidak hanya sekedar baterai besar, hp Samsung terbaru ini juga memiliki spesifikasi yang bisa diandalkan. Kamera resolusi 64MP bisa menemani hobi kamu memotret, termasuk keberadaan kamera macro yang menambah nilai jualnya.

Jika tertarik, harga Samsung Galaxy M31 dipasarkan Rp 3.699.000 dan sudah tersedia di seluruh toko, baik online maupun offline.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 10.0
Ukuran Layar 6.4 inch
Screen Resolution 1080 x 2340 Pixel
Detail Prosesor Exynos 9611
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.3 GHz
GPU Mali-G72 MP3
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera 64 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 32 MP
USB Type-C

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait