Review Samsung Galaxy M30s: Bisa PUBG 8 Jam Nonstop

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 23 Des 2019 | 19:10

Review Samsung Galaxy M30s
Di jajaran hp Samsung, Galaxy M series (M dan Ms) lebih menargetkan pada penggunaan baterai besar. Jika sebelumnya ada Samsung Galaxy M20 dan Galaxy M30 dengan baterai 500mAh, yang terbaru Samsung juga memboyong Galaxy M30s dengan sejumlah peningkatan. 

Salah satu peningkatan fitur di Galaxy M30s ada pada kapasitas baterai yang lebih besar, mencapai 6000mAh. Perubahan juga ada di sektor kamera yang menghadirkan resolusi lebih tinggi. Termasuk performa yang lebih baik dengan hadirnya fitur Ai Gaming Booster. 

Adanya peningkatan-peningkatan tersebut, tentunya hp Samsung terbaru ini menawarkan daya tahan yang lebih lama dengan kualitas foto yang lebih baik dari pendahulunya. Untuk membuktikannya, berikut hasil pengalaman kami selama menggunakan Samsung Galaxy M30s. 

Desain Tipis

Review Samsung Galaxy M30s
Secara bentuk, Samsung Galaxy M30s tetap mengusung bodi yang ramping dan layar lebar. Tampilan depannya didominasi layar lebar dengan notch yang disebut Infinity-U. Dan bagian ini tidak ada yang berbeda dari seri sebelumnya yaitu Galaxy M30.

Begitu pula untuk penempatan tombol dan port, posisinya juga sama. Dimana tombol power dan volume bisa diakses di sisi kanan dan port SIM card di kiri. Lalu port charging, speaker dan jack audio 3,55mm diletakkan di bagian bawah. 

Sedangkan di bagian belakang, kita akan melihat penempatan 3 kamera lengkap dengan flash LED serta sensor sidik jari. Dibandingkan seri Galaxy M30 yang menempatkan flash LED di bawah kamera, Galaxy M30s justru meletakkan flash disamping kamera utama. Sehingga kompartemen kamera ini terlihat besar dengan bentuk persegi. 

Begitu pula untuk pola gradasi pada bagian cover. Samsung Galaxy M30s menerapkan pewarnaan gradasi dengan pola dari kanan ke kiri. Perangkat yang kami uji memiliki pola gradasi biru ke hijau. Untuk warna lainnya ada hitam serta putih. 

Layar Super AMOLED

Review Samsung Galaxy M30s
Samsung Galaxy M30s menggunakan layar beresolusi FHD+ dalam ukuran 6,4 inci. Layar ini terlihat luas karena ukuran bezelnya berukuran cukup tipis. Sangat terasa lapang saat menonton video maupun untuk bermain game. Apalagi layar ini sudah menggunakan panel Super AMOLED, sehingg mampu menghasilkan gambar yang tajam dan kaya warna. 

Tidak mudah mencari hp di rentang harga 2 jutaan yang sudah menggunakan panel Super AMOLED. Dan ini menjadi daya Tarik tersendiri. Kelebihan dari layar Super AMOLED adalah warna yang hitam pekat, warna cerah, dan keseimbangan yang akurat. 

Seting kecerahan juga tidak harus tinggi, cukup seting di bawah 50 persen sudah bisa melihat layarnya dengan nyaman. Hanya saja, panelnya sedikit mengkilap yang memberi efek pantulan cukup mengganggu. Tapi secara umum layarnya sangat berkelas dikelasnya. 

Kamera 48MP

Review Samsung Galaxy M30s
Kamera menjadi salah satu fitur di Galaxy M30s yang mengalami perubahan cukup signifikan. Meski Galaxy M30 dan Galaxy M30s sama-sama menggunakan tiga kamera belakang, namun jumlah resolusinya jauh meningkat. Sebagai perbandingan, sebelumnya Galaxy M30 punya resolusi 13MP + 5MP + 5MP. Dan Galaxy M30s sudah terpasang kamera 48MP + 8MP + 5MP. 

Untuk kamera utama 48MP memiliki aperture f/2.0. Untuk menghasilkan foto dengan sensor 48MP, pastikan sudah menyetingnya di resolusi tertinggi. Lihat di menu atas pada aplikasi kamera, pilih rasio 3:4 High (48MP). Foto yang dihasilkan sangat baik, di kondisi cahaya melimpah gambar tajam dan jelas. Di zoom hingga 100 persen gambar masih dapat dilihat dengan jelas. 

Hanya saja, proses menyimpan hasil jepretan dengan sensor 48MP membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibanding menggunakan resolusi dibawahnya. Karena foto yang dihasilkan memiliki ukuran file yang cukup besar, berkisar 10MB sampai 15MB dengan resolusi 8000 x 6000p. Tapi hasilnya cukup memuaskan ketika dicetak dalam ukuran yang besar.

Berikut hasil fotonya :

Review Samsung Galaxy M30s
Review Samsung Galaxy M30s
Kamera utama ini akan di sokong lensa ultra wide 123 derajat beresolusi 8MP dengan aperture f/2.2. Meski hanya 8MP namun kemampuannya menangkap objek dalam sudut lebar cukup baik. Meski tidak terlalu tajam, tapi hasil fotonya cukup terang dan dan jelas. Cocok untuk foto gedung-gedung, pemandangan dan lainnya. Untuk menggunakan kamera ultrawide ini cukup geser ikon pohon yang ada di atas menu pemotretan.

Berikut hasil foto dengan kamera ultrawide : 

Review Samsung Galaxy M30s
Satu kamera lainnya adalah Depth Lens 5MP yang digunakan untuk menghasilkan foto bokeh. Hasil foto bokehnya juga bisa diandalkan, asalkan foto yang diambil sesuai dengan instruksi yang muncul di layar, terutama dalam hal jarak.

Karena jika jarak antar kamera dan objek terlalu jauh atau terlalu dekat akan mempengaruhi hasil. Tap objek yang akan menjadi fokus dan jika sudah muncul notifikasi ‘effect ready’ maka foto sudah siap dijepret. Untuk menghasilkan foto bokeh, pilih menu Live Focus dari menu kamera.

Berikut hasil foto bokeh di Galaxy M30s : 

Review Samsung Galaxy M30s
Oiya, kamera Galaxy M30s juga memiliki peningkatan pada perekaman video yang kini sudah mendukung format hingga 4K (2160p). Menariknya, Samsung juga sudah menyematkan fitur Super Steady agar rekaman video tetap.

Untuk mengaktifkan fitur Super Steady bisa men-tap ikon tangan di atas yang sejajar dengan menu setting, flash dan resolusi. Terasa istimewa, karena fitur ini pertama kali digunakan pada lini Galaxy M series.  

Performa

Review Samsung Galaxy M30s
Bicara performa, Samsung Galaxy M30s ditenagai prosesor Exynos 9611 atau sama dengan yang digunakan Samsung Galaxy A50s. Prosesor meningkat dari Galaxy M30 yang menggunakan prosesor Exynos 7904. 

Peningkatan ini tentunya akan sangat terasa, karena memiliki speed hinnga 2,3Ghz + 1,7Ghz. Termasuk ketika digunakan untuk gaming. Semua game populer dengan grafis tinggi bisa dimainkan dengan lancar, seperti Call of Duty (COD), PUBG ataupun Asphalt 9. Apalagi di setingan Extreme hp Samsung terbaru ini masih sanggup memberikan frame rate yang stabil. 

Hal ini juga tidak lepas dari pengaruh fitur Ai Gaming Booster yang dipasang Samsung. Fitur ini akan mengoptimalkan pengalaman gaming di Galaxy M30s. Karena AI Gaming Booster dapat mengenali semua tipe game yang sedang dimainkan dan secara otomatis mengoptimalkan performa sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini akan menganalisis apakah yang dimainkan game berat atau kasual, lalu mengoptimalkan keseimbangan antara baterai, kinerja, dan suhu. 

Tapi yang agak disayangkan, untuk membuka beberapa aplikasi masih terjadi sedikit delay. Padahal kapasitas RAM yang disediakan cukup besar yaitu 4GB dengan memori internal 64GB. Mungkin dalam update software berikutnya masalah ini bisa diatasi. 

Kami juga menyertakan hasil tes benchmark, berikut hasilnya :

Benchmark Skor
Antutu V8  182476
Geekbench 5  349 (single), 1342 (multi)

Baterai Besar 

Baterai menjadi nilai jual dari Samsung Galaxy M30s, karena didalamnya sudah tertanam daya berkapasitas 6000mAh. Menjadi yang terbesar di jajaran hp Samsung, termasuk di Galaxy M dan Ms sendiri.

Untuk menguji daya tahan baterainya, kami telah melakukan serangkaian tes yang tidak biasa dari review-review sebelumnya. Mencakup browsing, gaming, menonton video, hingga menggunakan kamera. Termasuk memainkan game PBUG dari 100 persen hingga habis. Berikut hasilnya :

Tes Durasi Baterai Turun
Game PUBG full 8 jam 25 menit (brightness 50% + wifi)
Browsing (Chrome) 1 jam 4%
Menonton film (non streaming) 1 jam
2 jam
5%
11%
Game PUBG 1 jam
2 jam
5-6%
10 – 12%
Streaming HD Youtube (Wifi) 2 jam
3,5 jam
12%
21%
Game Asphalt 9 1 jam
2 jam
11%
24%
Sosmed (Instagram, FB) 1 jam 6%
Kamera (foto dan video) 1 jam 10%
Memutar Musik 1 jam 6%

Untuk mendukung kinerja baterainya, Samsung juga menyematkan teknologi fast charging 15W dengan sokongan USB Type C untuk proses pengisian yang lebih cepat. Untuk mengisi baterai dari 0 – 100 persen dibutuhkan waktu hampir 3 jam. Rinciannya pengisian selama 1 jam baterai terisi 45 persen dan 2 jam terisi 89 persen. 

Kesimpulan 

Dengan segala peningkatan fitur yang disediakan, rasanya Samsung galaxy M30s ini bisa menjadi pesaing yang kuat di segmen hp 2 jutaan (harga saat ini di kisaran Rp2,8 – 2,9 jutaan).

Sebab hp Samsung terbaru ini memiliki kekuatan di kamera dengan resolusi 48MP, layar Super AMOLED dan memiliki kapasitas baterai besar 6000mAh. Ketiga faktor ini yang bisa menjadi daya tarik bagi konsumen.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 9
Ukuran Layar 6.4 inch
Screen Resolution 2340 x 1080 Pixel
Detail Prosesor 9611
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.3 GHz
GPU Mali-G72
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 48 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 16 MP
USB Type-C
Kapasitas Baterai 6000 mAh

Artikel Terkait

Komentar