Redmi 8A, Review Hp Sejutaan Dengan Baterai 5000mAh

Oleh Imam Ali updated Senin, 23 Des 2019 | 10:50

review xiaomi redmi 8a

Xiaomi Redmi 8A menjadi bukti lanjutan kalau Xiaomi tahu cara membuat smartphone berkelas dengan harga murah. Selain itu, mereka juga sangat konsisten merilis ponsel entry-level dan kelas menengah. Model sebelumnya dari Xiaomi yakni seri Redmi 7A yang sukses menghebohkan pasar di awal tahun, juga merupakan bentuk konsistensi Xiaomi dalam kompetisi di kelas smartphone entry-level.

Lantas seperti apa kehebatan dan keunggulan yang dibawa oleh hp murah Xiaomi Redmi 8A kali ini? Benarkah masih menggunakan prosesor sebelumnya? Berikut hasil review singkat tentang 

Desain Rasa Premium

Masih segar diingatan ketika Redmi 7A hanya membawa sedikit perubahan, kini Xiaomi menghadirkan Redmi 8A dengan model tren desain 2019. Diantaranya adalah, keberadaan waterdrop notch dan juga desain panel belakang yang serba baru.

Secara garis besar, Xiaomi membuat Redmi 8A menjadi ponsel yang terlihat jauh lebih baik daripada harga yang ditawarkan.

Layar Redmi 8A

review redmi 8a

Dimulai dari bagian terdepan, hp dengan layar besar 6,2 inci ini terlihat kokoh dengan layar diapit oleh bezel berukuran standar, bukan tipe hp bezel tipis tapi tidak terlalu mengganggu kenyamanan. Sedikit melengkung di bagian bawah, tapi masih terlihat wajar.

Sudah dilengkapi dengan water drop desain, tapi letaknya agak terlalu menjorok ke dalam layar. Meski demikian, keberadaan notch tetap tidak mengurangi kenyamanan. 

LCD IPS yang digunakan berhasil menarik minat mata penguji mengingat harga xiaomi Redmi 8A murah. Beberapa kali penguji coba menggunakan hp xiaomi terbaru ini di luar ruangan. Hasilnya, tidak ada masalah dengan backlight maupun pengaruh cahaya di luar.

Warna agak redam cenderung mengarah pada kualitas warna yang lembut mengingat resolusi yang ditawarkan 720 x 1520. Termasuk rendah, mungkin ini terjadi akibat penekanan pada harga atau Xiaomi punya alasan lain untuk ini.

Dikombinasikan dengan bezel besar, Redmi 8A bisa menjadi sedikit terasa berat ketimbang pendahulunya Redmi 7A. Penggunaan satu tangan sedikit sulit, bukan berarti tidak bisa. Ponsel ini terlihat gemuk, terlebih dengan desain lengkung serta keberadaan kapasitas baterai besar.

Meski terasa berat, penguji cukup heran karena nyatanya berat Redmi 8A hanya 188g, sudah terhitung dengan ukuran kapasitas baterainya yang besar.

Bodi Belakang Redmi 8A Miliki Pola Bergelombang

review redmi 8a

Kinerja dari tiap-tiap tombolnya sangat baik. Hp ini benar-benar tidak terasa seperti sebuah ponsel entry-level biasa, tingkatannya mungkin sudah ada di entry-level absolut.

Sedikit kecewa ketika mengetahui IR blaster tak lagi ada di seri Redmi 8A terbaru ini. Namun, kekesalan hilang seketika melihat hp ini hadir dengan port USB Type-C, semacam trade-off fitur. Bahkan, Xiaomi melangkah maju dengan menambahkan dukungan untuk pengisian fast charging 18W pada Redmi 8A.

Kamera Redmi 8A

kamera redmi 8a

Kamera Redmi 8A menggunakan sensor 12MP IMX363. Untuk perspektif, sensor ini merupakan jenis yang sama dengan Google Pixel 3a dan Google Pixel 4. Namun, sebuah sensor saja tidak menghasilkan kualitas gambar yang bagus dan, sayangnya, Redmi 8A menemukan kekurangan di departemen ini.

Ada beberapa kekurangan, terkait highlight dari hasil foto hingga HDR yang cenderung minim dukungannya. Bahkan penguji sedikit kesulitan untuk melakukan tracking warna dengan sistem screen touch.

Tapi bagusnya, warna lembut pada hasil foto Redmi 8A bisa sangat dinikmati dengan baik. Tembakan low light pun tidak terlalu buruk, tetapi sekali lagi, Anda dapat melihat sorotan yang meledak di pantulan. 

Ponsel ini menerapkan reduksi noise yang cukup berat, ini yang membuat warna dari setiap gambar terasa lembut. Kamera depan 8MP mengambil foto narsis di setiap selfie lebih menyenangkan. Filter kecantikan yang disuguhkan bisa dibilang apik untuk hp murah sejutaan.

Fitur kamera lain belum terlalu banyak dieksplore oleh penguji mengingat waktu percobaan yang singkat. Masuk ke ranah video, resolusi maksimal 1080p, 30FPS, dan menampilkan pilihan kompresi. Anda dapat mengelola rekaman dengan cukup baik terutama saat terang atau di luar ruangan.

Konektivitas Redmi 8A

review redmi 8a

Jack headphone masih umum pada perangkat keras entry-level dan Redmi 8A pun memilikinya. Selain itu, terdapat port USB Type-C yang diapit oleh grille speaker. Output audio dari jack headphone terasa lantang dan jelas, penguji juga sempat menggunakan beberapa model headphone dengan hasil yang baik.

Namun untuk beberapa tipe earphone dan headphone third-party suara musik sedikit teredam ditambah adanya perbedaan antara rendah dan menengah. Penguji suka dengan apa yang telah dilakukan Xiaomi pada bagian belakang Redmi 8A. Bahan polikarbonat yang digunakan memiliki tekstur seperti gelombang, memberikan grip yang baik saat digenggam.

Pilihan warna gradasinya sangat halus, pergeserannya lembut dari nuansa warna merah hingga ke warna kuning layaknya jingga. Aspek favorit penguji dari tekstur baru cenderung mampu mengurangi dampak lecet seperti seri 7A.

Performa Redmi 8A

redmi 8a

Apakah Redmi 8A dapat memainkan PUBG? Snapdragon 439 yang digunakan di sini serupa dengan yang digunakan Redmi 7A, begitu juga kinerjanya. Selama menggunakan Redmi 8A, penguji tidak menghadapi banyak kendala dalam hal penggunaan secara umum. 

Memang saat membuka aplikasi sedikit membutuhkan waktu lebih lama jika dibandingkan hp Android terbaru kelas mid-end ataupun flasghip. Tetapi untuk kualitas sekelas hp entry-level terbaik, kualitasnya masih lebih baik jika dibanding merek hp murah lainnya.

Kebutuhan multitasking cukup terpenuhi dengan baik mengingat penguji menggunakan model Redmi 8A RAM 2GB mungkin dirasa kurang jika menilik versi Android yang digunakan. Tapi versi RAM 3GB mungkin rasanya akan jauh berbeda.

Dari sisi CPU tidak terlalu banyak masalah. Kendala sangat terasa ketika harus bersinggungan dengan kecakapan grafis. Sangat terlihat ketika mencoba bermain game. Khususnya PUBG, game ini masih jadi trend saat ini di berbagai kalangan, makanya penguji melakukan uji dengan game tersebut.

xiaomi redmi 8a

Penguji memainkan PUBG pada mode normal, karena itu jadi pengaturan default ketika menggunakan Redmi 8A. Secara keseluruhan, grafis yang diusung tidak buruk.

Hp murah Xiaomi ini masih mampu memberikan frame rate yang nyaman untuk bermain di mode normal. Meski tidak dapat beralih ke grafis HD, penguji rasa ini sudah lebih dari cukup untuk kelas hp satu jutaan bisa main PUBG.

Untuk permainan tipe 2D yang lebih sederhana, pengalaman Anda akan baik-baik saja.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Redmi 8A RAM 2GB
Kategori HP Smartphone
Brand Xiaomi
Series -
OS Android
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.95 GHz
Dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm
Berat 188 g
Material Front glass, plastic body
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 1520 x 720 Pixel
Technology GSM / HSPA / LTE
Resolusi Kamera 12 MP
Video [email protected]
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
OS Version 9
Detail Prosesor SDM439 Snapdragon 439
GPU Adreno 505
Jaringan 3G, 4G
Warna Merah, Biru, Hitam
Kapasitas Baterai 5000 mAh
3.5mm Jack Ya
Prosesor Qualcomm

Redmi 8A Gunakan MIUI 10

miui 10

MIUI 10 saat ini kualitasnya sudah di atas Android Pie 9.0. Xiaomi mengawinkan perangkat lunak ini dengan baik pada perangkat Redmi 8A. Sayangnya, penguji merasa terlalu banyak bloadware, ditambah lagi penguji menghitung lebih dari 20 aplikasi pra-instal dari pihak pertama dan preload pihak ketiga.

MIUI pada Redmi 8A adalah terasa mulus saat berselancar, hanya saja ada gangguan dari iklan yang terkadang bikin keki. Selain itu, ada dorongan terus-menerus untuk mengunduh aplikasi yang dipromosikan sejak Anda mengaktifkan ponsel.

Panggilan telepon terdengar nyaring dan jelas pada Redmi 8A di kedua ujungnya, pengalaman berkirim pesan memuaskan dengan sensitifitas touch screen yang apik. Sangat disayangkan, konektivitas WiFi terasa rapuh jangkauan jaraknya.

Bahkan beberapa kali ponsel memutuskan koneksi saat mengunduh file besar dan kuat. Selain itu, tidak ada dukungan untuk WiFi 5Ghz, sehingga Anda akan dibatasi oleh kecepatan transfer.

Redmi 8A, Hp Baterai Besar

Xiaomi menyempurnakan peningkatan pada Redmi 8A dengan menjadikannya Hp baterai besar 5.000 mAh. Menurut pendapat penguji, ini jadi perubahan yang paling relevan dalam Redmi 8A.

Sangat cocok bagi pengguna yang sering bepergian, melakukan banyak panggilan telepon, dan semua kegiatan umum yang mendorong baterai hingga batas kemampuannya. Dalam kasus ini, penguji cukup aman menggunakan Hp ini selama tiga hari pengujian.

Nama Harga di Pasaran Nama Produk Kategori Brand Tahun Rilis Series OS RAM Memori Internal Jumlah Core Kecepatan CPU Dimensi Berat Material Screen Resolution Resolusi Kamera Kapasitas Baterai OS Version Detail Prosesor GPU Kapasitas Baterai 3.5mm Jack Prosesor
Xiaomi Redmi 8A RAM 2GB Rp 1.295.000 Redmi 8A RAM 2GB HP Smartphone Xiaomi 2019 - Android 2 GB 32 GB Octa Core 1.95 GHz 156.5 x 75.4 x 9.4 mm 188 g Front glass, plastic body 1520 x 720 Pixel 12 MP 5000 mAh 9 SDM439 Snapdragon 439 Adreno 505 5000 mAh Ya Qualcomm
Xiaomi Redmi 8A RAM 3GB Rp 1.295.000 Redmi 8A RAM 3GB HP Smartphone Xiaomi 2019 - Android 3 GB 32 GB Octa Core 1.95 GHz 156.5 x 75.4 x 9.4 mm 188 g GSM / HSPA / LTE 1520 x 720 Pixel 12 MP 5000 mAh 9 SDM439 Snapdragon 439 Adreno 505 5000 mAh Ya Qualcomm
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

redmi 8a

Redmi 8A melakukan perombakan yang jauh dibandingkan dengan Redmi 7A, namun ada juga beberapa fitur yang justru dikurangi oleh Xiaomi pada hp murah terbaru mereka. Penguji sangat suka desain baru, dan grippy back yang dimiliki sangat fantastis untuk digunakan, bahkan meski tanpa kasing sekalipun.

Layarnya terlihat cukup bagus dan luas, meskipun penguji berharap agak sedikit lebih cerah. Masa pakai baterai sangat fenomenal dan dengan mudah bertahan dalam dua hari untuk sebagian besar pengguna. 

Seperti namanya, Redmi 8A merupakan perangkat hp murah yang fantastis jika dilihat dari harganya. Ada banyak nilai plus yang bisa dimiliki, dan sekarang ponsel ini dilengkapi dengan standar penyimpanan 32GB, itu menghilangkan keluhan utama yang dimiliki ponsel sebelumnya yakni Redmi 7A. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, Anda mungkin tidak akan salah dengan memilih Redmi 8A.

Artikel Terkait

Komentar