Review Samsung Galaxy A30s: Kamera dan NFC Jadi Pembeda

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 31 Okt 2019 | 14:51

Review Samsung Galaxy A30s
Beberapa waktu lalu, Samsung merilis hp terbaru dari lini Galaxy As series. Salah satu diantaranya adalah Samsung Galaxy A30s yang menawarkan sejumlah peningkatan dari generasi sebelumnya, Galaxy A30. Hp ini melengkapi kehadiran tiga seri lain yaitu Galaxy A10s, Galaxy A20s dan Galaxy A50s.  

Dua seri diantaranya sudah kami uji (review Samsung Galaxy A20s dan review Samsung Galaxy A50s), dan kini giliran Galaxy A30s yang siap dilihat kemampuannya saat digunakan sehari-hari. Setidaknya ada beberapa fitur yang cukup menarik dari A30s dan tidak dimiliki A30, mencakup kamera, performa gaming dan fitur NFC.

Tanpa berlama-lama, berikut hasil pengalaman kami menggunakan Samsung Galaxy A30s selama seminggu.

Desain

Review Samsung Galaxy A30s
Secara tampilan, Samsung Galaxy A30s mengusung konsep layar dengan notch yang disebut Infinity V Display. Berbeda dari seri Galaxy A30 yang menggunakan layar Infinity U. Kami pribadi lebih menyukai tampilan Infinity V karena terlihat lebih dinamis. Meski demikian, perbedaan ini tidak terlalu signifikan karena sama-sama menawarkan tampilan yang luas.

Oiya sekedar informasi, di lini hp Samsung sendiri ada beberapa istilah untuk layar notch ini. Selain Infinity V Display ada juga Infinity U dan Infinitiy O. Cirinya disesuaikan dengan bentuk notchnya, misal Infinity V poni di atas layar menyerupai huruf ‘V’.

Begitu juga dengan Infinity U yang membentuk huruf ‘U’ serta Infinity O yang berbentuk huruf ‘O’ di permukaan layar. Sebenarnya tidak berbeda dengan hp lain, hanya istilah penamaan saja seperti dewdrop, waterdrop dan punch hole.

Terlepas dari hal tersebut, penggunaan Infinity V di Samsung Galaxy A30s ini membuat layarnya terlihat lebih lapang. Apalagi bezel samping kanan dan kiri juga cukup tipis hanya berkisar 7,8mm. Dan secara umum, desain dan bentuk hp ini tidak berbeda dengan Galaxy A30, termasuk dari penempatan port, tombol dan kamera.

Meski demikian, Samsung sedikit memberi pembeda dengan penggunaan pola prisma segitiga pada cover belakang. Pola yang sama juga diterapkan pada cover belakang Samsung Galaxy A50s (lihat review Galaxy A50s disini). Tersedia 3 pilihan warna yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.

Disediakan pula sebuah soft case transparan di dalam box. Selain bisa melindungi bodi perangkat dari resiko kotor atau baret, case transparan ini juga masih memungkinkan kita untuk melihat pola cover belakang. 

Layar dan Fingerprint in Display

Review Samsung Galaxy A30s
Layar menjadi salah satu fitur yang mengalami perubahan dari generasi sebelumnya. Meski sama-sama memakai layar berukuran 6,4 inci namun Samsung menurunkan kapasitas resolusi di Galaxy A30s. JIka Galaxy A30 layarnya sudah FullHD+  1080 x 2340 pixel dengan kerapatan 403 ppi, namun Galaxy A30s hanya dibekali resolusi HD+ 720 x 1560 pixel dengan kerapatan268 ppi.

Hal ini tentu sedikit mempengaruhi kualitas tampilan layar (dari sisi warna dan ketajaman). Tapi tidak perlu khawatir, karena Samsung Galaxy A30s masih menggunakan panel Super AMOLED. Sehingga layarnya masih sanggup menampilkan gambar dengan cukup jernih dan terang. Begitu juga panel sentuhnya sangat responsif terhadap gerakan jari. 

Termasuk ketika menggunakan fitur fingerprint in display yang sudah tersemat didalamnya. Oiya, fitur sidik jari di atas layar ini merupakan peningkatan yang ada di Galaxy A30s. Teknologi ini memungkinkan kita membuka kunci layar langsung di atas permukaan layar.

Dan kemampuan fingerprint in screen di hp ini sangat responsif dan bisa membaca sidik jari dengan cepat. Cukup tempel jari di atas sensor yang muncul di layar dan dalam hitungan kurang dari sedetik kunci layar akan terbuka. Tapi pastikan kita sudah meregistrasikan sidik jari sesuai dengan perintah yang muncul.

Fitur NFC

Review Samsung Galaxy A30s
Hal yang menarik dari Galaxy A30s sudah dibekali fitur NFC, sama seperti Galaxy A50s. Fitur ini sebelumnya tidak ada di Galaxy A30, sehingga menjadi peningkatan yang cukup berarti. Fitur sangat membantu untuk aktivitas yang berkaitan dengan e-money atau uang elektronik.

Seperti melakukan pembayaran, mengecek hingga mengisi saldo emoney. Apalagi saat ini hampir semua transportasi umum mengharuskan penggunaan emoney. Dan adanya fitur NFC di Galaxy A30s memudahkan kita mengecek berapa sisa saldo emoney serta langsung mengisi ulang jika isi saldo habis.

Proses pengecekan saldo emoney di hp ini cukup cepat, berlangsung dalam hitungan kurang dari 1 detik. Tapi pastikan didalamnya sudah terinstal aplikasi untuk mengecek saldo dari Play Store, atau bisa juga menggunakan aplikasi ecommerce.  

Kamera

Review Samsung Galaxy A30s
Salah satu perubahan yang cukup signifikan dari Samsung Galaxy A30s dari Galaxy A30 ada di sektor imaging. Dimana sudah terpasang tiga kamera belakang dengan resolusi yang juga meningkat. Konfigurasi tiga kamera di Galaxy A30s terdiri dari sensor 25MP + 8MP + 2MP.

Untuk kamera utama 25MP ini menggunakan sensor Sony IMX576 dengan aperture f/1.7 dan PDAF. Lalu kamera 8MP merupakan lensa ultrawide dengan aperture f/2.2 dan kamera 2MP yang berjenis depth sensor.

Penggunaan sensor 25MP sebagai kamera utamanya memang memberikan hasil foto yang bisa diandalkan. Image yang dihasilkan terlihat cukup tajam dan detail dengan saturasi warna yang baik. Penguncian focus pada objek pun cukup cepat, hanya butuh sepersekian detik.

Untuk modus pemotretan lumayan komplit, ada panorama, live focus (foto bokeh), food (foto makanan), pro hingga video slow motion. Untuk hasil fotonya bisa dilihat di bawah ini :

hasil foto samsung galaxy a30s
hasil foto samsung galaxy a30s
Lalu kamera 8MP yang menggunakan lensa ultrawide memungkinkan kita untuk memotret objek dalam sudut yang luas. Sangat berguna ketika ingin mengambil foto di dalam ruang yang sempit. Tapi untuk hasil memang tidak setajam kamera utama, karena hanya menggunakan resolusi 8MP. Berikut hasil fotonya :  

hasil foto samsung galaxy a30s
hasil foto samsung galaxy a30s
Sedangkan kamera 2MP yang merupakan depth sensor berfungsi ketika ingin mengambil foto bokeh (blur di bagian belakang). Sensor ini akan aktif ketika kita memilih modus Live Focus.

Untuk kamera depannya masih menggunakan resolusi 16MP dengan aperture f/2.0. Hasilnya pun bisa memberikan foto selfie yang sangat memadai, dan bisa langsung di share ke social media.

Performa

Review Samsung Galaxy A30s
Dari sisi performa, Samsung Galaxy A30s tidak mengalami perubahan dari seri Galaxy A30, yaitu masih menggunakan prosesor octa core Exynos 7904. Prosesor ini juga akan di sokong memori RAM 4GB dengan ROM 64GB. Itu artinya secara kinerja, Galaxy A30s tidak jauh berbeda dengan A30. Hanya ada perbedaan di beberapa fitur saja.

Untuk penggunaan sehari-hari mulai dari browsing, streaming, memotret, chating, mengirim email hingga gaming, hp ini masih cukup oke. Untuk kinerja gaming, Samsung sudah menambahkan fitur Ai Gaming Booster yang diklaim bisa meningatkan performa.

Tidak hanya meningkatkan performa, adanya Game Booster ini juga memungkinkan kita menonaktifkan notifikasi yang masuk agar tidak terganggu saat bermain. Termasuk merekam video game serta menginformasikan data seputar bateri, memori dan beberapa item lainnya.

Mencoba game PUBG cukup lancar meski mengalami penurunan frame rate setelah bermain lebih dari 30 menit. Untuk grafis maksimal hanya bisa berada pada setingan HD dengan frame rate high. 

Dari hasil benchmark, berikut skor yang dihasilkan :

Benchmark Skor
Antutu v7 99474
Antutu v8 122678
Geekbench 272 (single), 1021 (multi)
3Mark 653 (OpenGL ES 3.1), 734 (Vulkan)

Baterai

Review Samsung Galaxy A30s
Samsung Galaxy A30s sudah memakai baterai yang termasuk besar yaitu berkapasitas 4000mAh. Baterai ini pun sudah di dukung teknologi fast charging 15W plus penggunaan port USB Type C yang bisa mempercepat pengisian ulang baterai, termasuk menawarkan transfer data yang lebih cepat.

Untuk ketahanan baterainya sendiri cukup oke untuk penggunaan seharian. Untuk aktivitas yang cukup aktif seperti browsing, chatting, email hingga multimedia baterainya bisa bertahan dari pagi hingga malam. Khusus untuk memutar video dengan durasi 2 jam, baterainya berkurang 12 persen.

Sedangkan mencoba video streaming melalui jaringan wifi, video HD berdurasi 1 jam mengurangi daya baterai sebesar 11 persen. Lalu ketika diajak bermain game PUBG selama 1 jam baterainya terkuras hingga 12 persen. Untuk mengisi ulang baterainya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam (tepatnya 2 jam 5 menit). Dimana untuk pengisian selama 1 jam baterainya sudah terisi 51 persen.

Tes Baterai
Film HD 2 jam Turun 12%
Streaming HD 1 jam Turun 11%
Game PUBG 1 jam Turun 12%
Charging 1 jam Terisi 51%
Charging 2 jam 5 menit Terisi 100%

Kesimpulan

Beberapa fitur yang telah ditingkatkan Samsung pada Galaxy A30s ini cukup membantu meningkatkan daya tarik. Kamera dengan resolusi tinggi serta penambahan fitur NFC setidaknya bisa menarik minat konsumen memiliki hp terbaru ini.

Melalui Galaxy A30s, Samsung coba menghadirkan hp NFC terjangkau untuk pengguna setia mereka. Dengan harga 3 jutaan, Samsung Galaxy A30s akan menjadi hp Samsung termurah yang sudah dibekali fitur NFC.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 9.0 (Pie)
Ukuran Layar 6.2 inch
Screen Resolution 1560 x 720 Pixel
Detail Prosesor 7885
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Mali-G71
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 25 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8, 5 MP
Resolusi Kamera Depan 1 16 MP
USB microUSB
Kapasitas Baterai 4000 mAh

Artikel Terkait

Komentar

Rabu, 22 Jan 2020 | 23:53
Gabung bersama kami dupa88 agen betting online terpercaya, kalah modal pertama di ganti 100%. Hanya dengan modal minimal 25rb saja sudah dapat menikmati di banyak permainan dalam satu account saja, dan dapat berkesempatan meraih kemenangan hingga jutaan rupiah, proses Depo/Wd cepat, Cs melayani 24 Jam segera gabung bersama kami dupa88.net