Review Samsung Galaxy A20s: Lebih Banyak Plus-nya

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 4 Okt 2019 | 19:55

review samsung galaxy a20s
Jika sebelumnya ada Samsung Galaxy A20, kini hadir sang kakak dengan penambahan huruf ‘s’ di belakang, yaitu Samsung Galaxy A20s. Meski cuma menyisipkan satu huruf, namun Samsung menyematkan banyak perubahan di Galaxy A20s ini. Apa saja?

Pertama dari sisi kamera yang kini sudah menggunakan tiga kamera belakang. Lalu layar dengan ukuran lebih besar serta penggunaan chipset yang berbeda. Termasuk adanya penambahan opsi RAM yang lebih bervariasi.

Harga Samsung Galaxy A20s sendiri dibanderol tidak sampai Rp3 juta untuk semua kapasitas RAM. Tidak jauh berbeda dari harga Samsung Galaxy A20 saat pertama kali hadir. Nah, jika tertarik mungkin hasil review Samsung Galaxy A20s yang kami lakukan bisa menjadi acuan sebelum Anda membeli hp Samsung terbaru ini.

Desain

Review Samsung Galaxy A20s
Secara fisik, bentuk desain dari Samsung Galaxy A20s tidak berbeda dari Galaxy A series lainnya. Bodinya tetap ramping dengan ketipisan hanya 8 mm, atau kurang dari 1cm. Bobotnya pun cukup ringan hanya berkisar 183 gram, sedikit lebih berat 14 gram di banding Galaxy A20.

Ini karena pengaruh bodi Galaxy A20s yang memang lebih besar dari generasi sebelumnya. Dimana layar Galaxy A20s berukuran 6,5 inci (Galaxy A20 punya layar 6,4 inci). Tapi tetap tidak mempengaruhi kenyamanannya ketika berada dalam genggaman. Hanya saja, material belakang cukup licin, jadi agak beresiko terlepas ketika dipegang.

Solusinya gunakan case untuk menghindari hal tersebut. Tapi sayangnya dalam paket box yang kami terima tidak ditemukan adanya case bawaan. Tapi tidak perlu khawatir, karena case untuk Samsung Galaxy A20s sudah banyak tersedia di pasaran, baik yang di jual online maupun toko-toko aksesoris.

Untuk penempatan tombol sendiri ada perbedaan sedikit, dimana tombol power dan volume diletakkan dalam posisi yang berlawanan. Padahal di seri lainnya Samsung selalu menempatkan kedua tombol ini dalam posisi yang sama, samping kanan. Tapi ini memberi sedikit keuntungan, karena kita cukup menggunakan satu tangan ketika ingin melakukan tangkapan layar atau screenshot (kombinasi tombol power + volume bawah).

Di belakang terdapat tiga kamera yang disusun vertical bersama dengan flash LED, sensor fingerprint serta logo Samsung. Lalu di bagian bawah ada port USB type C, jack audio 3,5mm serta speaker. Untuk slot SIM card diletakkan di atas tombol power sisi kiri.

Layar

Review Samsung Galaxy A20s
Seperti yang sudah dijelaskan, layar Samsung Galaxy A20s hadir dengan bentang 6,5 inci, resolusi HD+ 720x1560 pixel dengan aspek rasio 19.5:9. Tapi satu hal yang kami sayangkan adalah layar hp ini bukan AMOLED, tapi berjenis PLS (Plane Line Switching). Oiya, layar PLS ini juga besutan Samsung yang kualitasnya menyamai layar IPS (In Plane Switching).

Salah satu yang membedakan layar PLS dengan AMOLED ada pada tampilan warna hitam. Layar AMOLED memiliki latar hitam yang pekat sehingga tampilan warna lain terlihat hidup dan lebih keluar. Sedangkan layar PLS (atau sejenisnya) memang tidak memiliki warna hitam sepekat AMOLED, tapi tetap menghasilkan warna yang memikat.

Begitu pula tampilan layar Samsung Galaxy A20s yang masih enak dilihat, jernih dan saturasi yang baik. Apalagi layarnya yang luas memberikan nilai lebih, termasuk saat digunakan utnuk menonton maupun bermain game.

Kamera

Review Samsung Galaxy A20s
Kamera menjadi salah satu peningkatan yang cukup signifikan Galaxy A20s. Karena hp terbaru yang rilis di bulan September 2019 ini sudah mengusung tiga kamera belakang (Galaxy A20 hanya punya dua kamera).

Tiga kamera ini terdiri dari resolusi 13MP + 8MP dan 5MP. Dimana kamera 13MP menggunakan lensa wide yang di dukung aperture f/1.8 dan fitur PDAF. Lalu kamera 8MP sudah berjenis ultrawide dengan aperture f/2.2, serta kamera 5MP merupakan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh.

Review Samsung Galaxy A20s
Untuk kualitas lensa utamanya sendiri (13MP) masih bisa diandalkan. Di kondisi cahaya normal (outdoor) hasil fotonya terlihat terang dan cukup tajam. Tapi di kondisi terang, cahaya yang masuk ke lensa terlihat over.

Hal ini akan membari pengaruh pada warna foto itu sendiri. Jadi kita harus menyesuaikan pencahayaan yang ada, atau setidaknya mencari posisi yang tepat untuk menghindari cahaya yang berlebih. Selain itu, secara umum kamera utama ini cukup oke.

Review Samsung Galaxy A20s
Seperti hp Samsung terbaru lainnya, Galaxy A20s juga dibekali lensa ultra wide. Keberadaan lensa ultra wide memungkinkan kita mengambil foto dalam frame lebar. Dalam artian bisa memuat objek lebih banyak (lebar) dari lensa standar.

Sangat pas untuk memotret landscape, panorama dan gedung-gedung. Meski hanya memiliki resolusi 8MP namun foto yang dihasilkan lensa ultra wide ini bisa diandalkan.

Review Samsung Galaxy A20s
Sedangkan sensor ketiga bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto bokeh. Lensa ini akan aktif dengan kita menggunakan modus Live Focus pada kamera. Pengambilan foto dalam jarak yang pas akan memberikan hasil foto bokeh yang rapi.

Efek blur di fotonya pun masih bisa diatur dari level keburaman 1 hingga 7. Piliha sesuai kebutuhan foto yang diinginkan. Efek bokeh yang sama juga berlaku untuk kamera depan yang memiliki resolusi 8MP.

Performa

Review Samsung Galaxy A20s
Selain chipset Exynos, beberapa hp Samsung juga dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon, salah satunya di Galaxy A20s. Hp ini menggunakan prosesor Snapdragon 450 yang memiliki kecepatan 1,8Ghz. Memang bukan yang terbaik, tapi sekedar untuk memainkan game online yang populer masih bisa dilakukan meski ada batasan-batasan tertentu. 

Untuk PUBG kita masih bisa memainkan di frame rate medium dengan grafis balanced. Salah satu game online populer ini terasa smooth saat dimainkan, meski kadang masih ditemui sedikit lag dibeberapa scene.

Samsung Galaxy A20s sendiri memiliki 2 opsi varian, yaitu RAM 3GB dan ROM 32GB serta RAM 4GB dan ROM 64GB. Dari pengujian benchmark, didapati skor sebagai berikut :

Benchmark Skor
Antutu 72069
Geekbench 150 (single), 925 (multi)
Nenamark2 59,9 fps

Catatan: Samsung Galaxy A20s yang kami uji merupakan versi RAM 3GB dan ROM 32GB.

Baterai

Review Samsung Galaxy A20s
Daya Samsung Galaxy A20s bersumber dari baterai yang berkapasitas 4000mAh (sama seperti Galaxy A20). Baterai ini terbilang cukup besar untuk menemani aktivitas seharian. Untuk pemakaian standar seperti chatting, browsing hingga aktif di sosmed baterainya tahan seharian (pagi hingga malam) dengan sisa dikisaran 15-20 persen.

Bermain game selama 1 jam baterainya berkurang antara 12-13 persen, lalu streaming video HD dalam durasi 1 jam turun dikisaran 8-9 persen. Baterainya sendiri sudah di dukung teknologi fast charging 15W plus port USB Type C yang memang menjanjikan proses lebih cepat. Untuk pengisian ulang baterai selama satu jam, baterainya terisi sebesar 60 persen. Lalu akan terisi penuh dalam dalam kisaran waktu 2 jam.

Kesimpulan

Dari hasil review Samsung Galaxy A20s di atas, terlihat jika hp Samsung terbaru ini sedikit ‘mengurangi’ kualitas. Salah satunya menurunkan kualitas layar dari AMOLED (di seri Galaxy A20) menjadi PLS. Dan juga penggantian chipset dari Exynos ke Snapdragon tidak terlalu signifikan.

Tapi secara umum, hp ini memiliki lebih banyak nilai plusnya dibanding seri terdahulu, terutama adanya peningkatan di fitur kamera, layar lebih besar hingga desain yang lebih menarik. Apalagi Samsung menambahkan opsi pilihan memori yang bervariasi. Jadi hp ini bisa menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan. Terutama pengguna yang ingin memiliki hp tiga kamera dari Samsung dengan harga 2 jutaan.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan 1 USB Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy A20S RAM 3GB ROM 32GB Rp 1.980.000 6.5 inch SDM450 Snapdragon 450 9 3 GB 32 GB Adreno 506 13 MP 8, 5 MP 8 MP Type-C -
Samsung Galaxy A20S RAM 4GB ROM 64GB Rp 2.209.000 6.5 inch SDM450 Snapdragon 450 9 4 GB 64 GB Adreno 506 13 MP 8, 5 MP 8 MP Type-C -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Lihat juga video unboxing Samsung Galaxy A20s di chanel Youtube Pricebook di bawah ini :

Artikel Terkait

Komentar

octaviavia53 Kamis, 23 Jan 2020 | 00:37
Hobi bermain game ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? dengan bermoda 25K anda mendapat peluang menang hingga puluhan juta rupiah, Buruan gabung bersama kami dupa88. com