Diperbaharui pada Rabu, 25 September 2019 | 18:18

Review Asus Zenbook Flip 13 UX362, Puas Performanya

Review Asus Zenbook 13 ux362

Asus Zenbook Flip 13 UX362  jadi varian terbaru untuk versi laptop Zenbook flip terbaik dari Asus. Zenbook Flip jadi jawaban bagi setiap orang yang ingin isi tasnya ringkas namun tetap dapat bekerja dengan nyaman.

Laptop berdesain ultra-thin ini tentunya akan jadi laptop yang sangat cocok untuk dibawa bepergian, terutama berkat desain flipnya yang bisa dijadikan layaknya sebuah tablet. Harganya sudah pasti lebih mahal dibanding laptop mainstream, tapi bakal berbanding lurus dengan yang ditawarkan.

Desain

Desain Asus zenbook flip 13 ux362

Asus menggunakan perpaduan yang menarik dari berbagai jenis bahan aluminium. Pada bagian cover, Anda akan melihat tekstur melingkar seperti yang umum ditemukan pada laptop Asus terbaru.

Sedangkan bagian bawah laptop flip Asus ini memiliki lapisan matte yang ciamik. Selain itu, ada sentuhan glossy pada bodi laptop. Laptop ini memiliki ketebalan 16,9 mm dengan berat 1,30 kg, dan sukses jadi notebook tipis dan ringan dengan desain flip tentunya.

Pindah ke penutup atau cover, sedikit berat hingga tidak dapat dibuka dengan satu tangan. Tapi dengan adanya hal tersebut, laptop flip Asus terbaru ini jadi lebih aman. Kejutan datang dari karakter kokoh yang ditampilkan pada layar laptop asus flip terbaik ini.

Jangan lupa bahwa kita berbicara tentang perangkat 2-in-1, jadi kami harus menguji kemampuan layar sentuh atau touchscreen yang dimilikinya. Terutama, karena dilengkapi dengan stylus pen pada paket pembeliannya, di produk uji kali ini Pricebook hanya menguji unit tanpa stylus pen, namun tetap mencoba dengan stylus pen universal.

Laptop flip Asus terbaru ini tersedia dengan kamera IR untuk pengenalan wajah yang akan tetap berada di atas layar. Keyboard ZenBook Flip 13 UX362 terbaru ini dapat dilipat hingga 360 derajat.

numpad zenbook flip 13

Keyboard yang dibenamkan sangat nyaman, membrannya sangat lentur dengan sensasi tersendiri di jari ketika mengetik. Bahkan jujur saja, ketimbang menggunakan touchscreen penguji lebih nyaman menggunakan keyboardnya.

Keyboard ini memiliki respons klik yang sangat baik meski terlihat sederhana dengan tambahan backlight. Berbicara tentang backlight, ASUS Zenbook Flip 13 UX362 ini juga dibekali dengan touch pad bernuansa screen pad dengan balutan lampu latar serupa dengan yang terdapat pada keyboard.

Dengan menekankan jari Anda pada ikon khusus, secara otomatis akan mengaktifkan tombol Numeric pada touchpad. Ini jadi sentuhan terbaik Asus untuk menambahkan opsi NumPad pada perangkat Zenbook 13 inci mereka.

Di bagian pelat bawah, Anda dapat melihat cut-out default, dua sekat untuk posisi speaker yang memberikan suara  beresonansi serta beberapa cut-out yang jadi asupan udara, memasok kipas dengan udara dingin.

Ngomong-ngomong, meskipun laptop ini dapat dikonversi menjadi sebuah tablet, laptop ini tetap memiliki engsel ErgoLift dari ASUS yang mengangkat perangkat hingga beberapa milimeter.

Konektivitas

Asus zenbook flip 13 ux362

Konfigurasi perangkat ini sangat terbatas dalam hal I / O atau input output. Di sebelah kiri, hanya ada jack headphone dan power on / off, yang cukup mudah dibedakan. Di sebelah kanan, Anda akan melihat colokan pengisi daya  dan dua konektor USB Type-C 3.1 (Gen 1). Selain itu, jika Anda memilih keluar dari k amera "World Facing", ada port USB tambahan Tipe A-2.0 di sebelah kiri dan konektor HDMI di sebelah kanan.

Layar

ASUS ZenBook Flip 13 UX362 memiliki panel IPS layar sentuh Full HD. Diagonal-nya adalah 13,3 inci (33,78 cm) dengan besaran resolusi - 1920 х 1080p. Selain itu, rasio layar 16: 9 juga membuatnya terlihat tajam dan luas. Kerapatan pikselnya mencapai 166 ppi, dengan rasio tone - 0,153 hingga 0,153 mm.

Seperti yang diharapkan untuk laptop 2 in 1, Asus Zenbook Flip 13 ini memiliki sudut pandang yang sangat bagus. Kecerahan maksimum adalah 274 nits (cd / m2) di tengah layar dan rata-rata 260 nits (cd / m2) di seluruh permukaan dengan deviasi maksimum 9%.

Suhu warna pada layar memiliki tingkatan maksimum pada 7600K - lebih dingin dari suhu 6500K untuk sRGB. Suhu warna rata-rata melalui skala abu-abu sebelum diprofilkan adalah 7850K.

Pada ilustrasi di bawah ini, Anda dapat melihat kinerja tampilan dari perspektif keseragaman. Ilustrasi di bawah ini menunjukkan betapa pentingnya tingkat kecerahan operasional (sekitar 140 nits) - dalam kasus khusus ini pada 68% Brightness (Level putih = 142 cd / m2, Level hitam = 0,075 cd / m2).

Layarnya mencakup  97% dari sRGB dan memenuhi prasyarat untuk gambar yang maknyuss. Kami menguji keakuratan tampilan dengan 24 warna yang umum digunakan seperti kulit manusia berlandaskan warna terang dan gelap, langit biru, rumput hijau, oranye, dll.

Cocok Juga Buat Jadi Laptop Gaming

color gamut zenbook flip

Kami menguji waktu reaksi piksel dengan metode "hitam-ke-putih" dan "putih-ke-hitam" dari 10% hingga 90% dan sebaliknya menghasilkan Fall Time + Rise Time =  30 ms. Pulse-width modulation (PWM) adalah cara mudah untuk mengontrol kecerahan monitor.

Saat Anda menurunkan kecerahan, intensitas cahaya lampu latar tidak diturunkan, melainkan dimatikan dan dihidupkan oleh elektronik dengan frekuensi yang tidak dapat dibedakan oleh mata manusia.

Dalam impuls cahaya ini, rasio waktu cahaya / tidak ada cahaya bervariasi, sementara kecerahan tetap tidak berubah, yang berbahaya bagi mata Anda. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang itu di artikel khusus kami  tentang PWM. Layar ASUS ZenBook Flip 13 UX362 tidak berkedip pada tingkat kecerahan apa pun, membuatnya aman (dalam aspek ini) untuk digunakan selama periode waktu yang lama.

Komponen

Di dalam bodi kokoh yang fleksible dari Zenbook flip 13 terbenam beragam teknologi terkini dari ASUS. Anda bisa menemukan komposisi 50% dari bodi kokohnya antara mesin dan juga baterai yang masing-masing memakan 50% ruang.

Terdapat pendinginan yang cukup untuk mendinginkan mesin Zenbook disertai dengan keberadaan pipa panas “gemuk” dengan desain yang lebar ketika melihat dari sisi lain. Selain itu, heatsink dan kipasnya sangat kecil, dan masih jadi pertanyaan bagaimana Asus bisa mengoptimalkan aliran udara pada Zenbook 13?.

Sayangnya, semua RAM disolder ke motherboard, yang berarti Anda harus sangat yakin dengan tujuan membeli laptop ini serta memiliki kriteria konfigurasi yang jelas. Tapi tenang, sisi baiknya adalah Anda dapat meningkatkan penyimpanan M.2 dengan drive PCIe dengan cepat. Terakhir, tapi jelas tidak kalah pentingnya adalah keberadaan baterai 50Wh yang sangat besar.

Baterai

Baterai zenbook flip

Sekarang, kami melakukan tes baterai dengan pengaturan kinerja Windows Lebih Baik dihidupkan, kecerahan layar disesuaikan dengan 120 nits dan semua program lain dimatikan kecuali yang sedang kami uji dengan notebook. Unit ini dilengkapi dengan baterai 50Wh.

CPU

Pada saat penulisan ulasan ini, ZenBook Flip 13 UX362 tersedia dengan Core i5-8265U atau Core i7-8565U. Keduanya adalah CPU quad-core, dengan basis perangkat keras yang tidak berbeda satu sama lain.

GPU

Tidak ada opsi grafis khusus di sini - hanya Intel UHD Graphics 620. Ini merupakan penyegaran dari HD Graphics 620 yang ditemukan sebagai solusi terintegrasi di banyak prosesor ULV Kaby Lake. UHD Graphics 620 diberi nama sandi "Kaby Lake RU GT2" dan ini adalah bagian dari generasi Gen 9.5.

Intel UHD Graphics 620 memiliki kinerja yang kira-kira sama dengan HD Graphics 620, tergantung pada komponen lain dalam sistem. Kinerja UHD Graphics 620 mirip dengan AMD Radeon R5 M420X dan NVIDIA GeForce 910M / 920M.

Tes game

Review Asus zenbook flip 13

Beberapa game juga digunakan penguji untuk menghajar ketahanan dari produk laptop Asus Zenbook Flip terbaru ini guna mengetahui seberapa kuat gabungan dari CPU dan GPUnya mampu bekerja ekstra dalam menampilkan performa serta grafik terbaik untuk sebuah game.

Game PC yang kami uji pada laptop ini di antaranya adalah CS: GO yang memiliki kapasitas pengaturan HD 1080p. Hasilnya, laptop ini mampu berjalan pada FPS rata-rata 41 fps di pengaturan 1080p rendah, dan 26 fps di 1080p sedang. Sayangnya, untuk game ini Zenbook Flip 13 tidak sampai ke batas pengaturan MAX.

Kemudian ada DOTA 2 HD yang dapat berjalan pada FPS rata-rata 61 1080p rendah, serta 31 fps 1080p normal, dan juga 15 fps 1080p tinggi. Terakhir ada Grand Theft Auto V (GTA 5) tidak terlalu berat tapi cukup bisa untuk menghajar performa dan juga mencari seberapa besar suhu panas yang tercipta di laptop flip Asus terbaru ini.

Pada GTA V, laptop ini mampu memberikan FPS rata-rata di angka 27 pada pengaturan HD 768p, Normal. Sedangkan untuk mode pengaturan high dan very high, agaknya tidak terlalu kuat untuk menjangkau.

ZenBook Flip 13 UX362 bertahan sangat baik pada sesi tes penyiksaan marathon dengan ragam game dan juga kegiatan. Mencapai di atas 2,90 GHz di pos pemeriksaan pertama, sedangkan pada yang kedua berjalan sedikit di atas 2,53 GHz.

Namun, suhu kemudian menyala panas - 97C. Hal ini menghasilkan pelambatan termal yang parah pada akhir pengujian - 1,26 GHz pada CPU pada suhu 63C. Meski memiliki spesifikasi kelas medium, tapi laptop ini tidak diperuntukan untuk beban rendering video atau pemodelan 3D yang super berat.

Fitur

Keyboard dan touchpad-nya yang unik. Keyboardnya memiliki membran yang empuk serta memberikan feedback yang responsif saat pengetikan. Sedangkan touchpad, selain berguna sebagai penggerak kursor juga unggul dengan fungsi tambahan berupa NumPad.

Fitur dasar kuat lain dari ASUS ZenBook Flip 13 UX362 adalah daya tahan baterainya - mampu melewati 12 jam penelusuran web dan 11 jam pemutaran video hanya dengan daya baterai.

Harga Asus Zenbook Flip 13 UX362

Harga Asus Zenbook Flip 13 UX362

Harga Zenbook Flip UX362 model Intel Core i3 dilepas dengan harga Rp11,2 jutaan, kemudian model Intel Core i5 dihargai Rp15,2 jutaan, dan model tertinggi Rp20,2 jutaan. Sangat menarik mengingat laptop convertible 2-in-1 ini memiliki desain stylish dan dimensi ringkas, tanpa mengorbankan fungsionalitas dan performa.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk ZenBook Flip 13 UX362 | Core i5-8265U
Kategori Laptop
Brand ASUS
Series
Model Number -
Laptop Type Laptop
Ukuran Layar 13.3 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i5
Jumlah Core Quad Core
Nomor Prosesor 8265U
Kecepatan Prosesor 1.6 GHz
RAM 8 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis Intel
Wireless Type -
USB 2.0 1 Port(s)
USB 3.0 -
Weight 1.3 kg
Dimensions 305 x 196 x 16.9 mm
Battery 3-cell, 50 Whrs
USB 3.1 -
USB Type-C 2 Port(s)
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

ASUS ZenBook Flip 13 UX362 memiliki layar layar sentuh dengan panel IPS Full HD. Diberkahi dengan sudut pandang yang nyaman, rasio kontras yang hebat dan cakupan warna yang luas - 97% dari sRGB.

Selain itu, laptop flip Asus ini warnanya sesuai dengan standar sRGB. Ini membuatnya ideal untuk perancang dan seniman web.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.