Review Kinerja WD My Passport Ultra

Oleh Imam Ali updated Senin, 26 Agu 2019 | 13:11

wd ultra

Western Digital membawa kegembiraan ke segmen dalam HDD portabel dengan desain unik serta warna yang ceria. Ada tiga kunci yang membuat produk ini lebih menarik, mulai dari desain, teknologi, dan perangkat lunak.

Seperti WD My Book dan WD My Cloud terbaru, WD My Passport (dan My Passport SSD) mengambil bentuk desain baru dan mendapatkan perubahan warna penuh dengan enam opsi pilihan. My Passport Ultra menjadikan seri portabel ini selangkah lebih maju terlebih dengan menetapkan tema dua nada. Penyimpanan portable ini memiliki lapisan logam di bawahnya, bagian plastik hitam atau putih matte.

Uji WD My Passport Ultra

WD My Passport Ultra

Untuk mengukur kinerja drive WD My Passport Ultra terhadap model lain, penguji menggunakan Crystal Disk Mark di bawah desktop Windows 10 (Xeon, 32GB RAM, 256GB SSD) dan Tes Kecepatan BlackMagic di bawah laptop MacOS (MacBook Pro akhir 2013, 2,4 GHz i5, 8GB RAM, 256GB SSD). penguji juga menghitung waktu cadangan foto besar sederhana, serta memeriksa kompatibilitas dengan unit NAS Synology.

Dimulai dengan Crystal Disk Mark yang berjalan di PC Windows penguji, penguji melakukan dua tes berbeda per drive, menggunakan ukuran file 50MB dan 1000MB untuk mensimulasikan kecepatan relatif ketika masing-masing menangani file foto atau video.

Sebagai perbandingan, SSD internal PC penguji mencetak 556,2 dan 536,8 Megabita per detik untuk kecepatan baca dan tulis berurutan saat menggunakan file uji 50MB, dan 553,4 dan 536,9 Megabita per detik, sekali lagi untuk kecepatan baca dan tulis berurutan, saat menggunakan ukuran file tes 1GB . Ini adalah angka yang cukup cepat, tetapi setara untuk kursus untuk solid state drive / SSD yang cukup baik; skor penuh ada di screengrabs di bawah ini.

Selanjutnya ke drive portabel, dan sebelum memulai, kata peringatan untuk siapa saja yang menawarkan port USB 2 dan USB 3: untuk kinerja maksimum, pastikan drive portabel terhubung ke port USB 3. Ini akan bekerja pada port USB 2 yang lebih lama, tetapi kecepatannya akan sangat terbatas. Untuk mengetahui seberapa banyak penguji menghubungkan drive ke port USB 2 pada PC penguji dan mengukur kecepatan baca-tulis berurutan hanya 34 Megabita per detik - tidak bagus.

WD my Passport Ultra

Dengan My Passport Ultra 2TB terhubung ke port USB 3, Crystal Disk Mark mengukur kecepatan baca dan tulis 252,8 dan 117 Megabita per detik saat menggunakan ukuran tes 50MB dan 132,7 dan 122,4 Megabita per detik ketika ukuran file tes ditingkatkan menjadi 1GB . Lihat tangkapan layar di bawah ini. Ini adalah skor yang cukup bagus untuk hard disk fisik 2,5 inci.

Untuk menempatkan skor di atas dalam perspektif, penguji menguji ulang drive WD Elements 1TB penguji yang lebih lama, model yang penguji andalkan. Ini mencetak 88,48 dan 83,14 Megabita per detik untuk kecepatan baca dan tulis berurutan saat menggunakan file tes 50MB, dan 85,41 dan 79,75 Megabita per detik, sekali lagi untuk kecepatan membaca dan menulis berurutan, saat menggunakan ukuran file tes 1GB. Lihat tangkapan layar di bawah ini.

Jadi 2TB My Passport Ultra yang baru mencetak skor sekitar 50% lebih tinggi di semua tes Crystal Mark, tetapi berhasil memberikan kecepatan baca yang sangat mengesankan dengan ukuran file 50MB, sekitar tiga kali lebih cepat daripada drive 1TB Elements yang lama. Jadi hasil yang bagus untuk drive yang tidak hanya empat kali lebih besar dalam kapasitas, tetapi juga lebih cepat nyaman.

WD My Passport Ultra

Beralih ke laptop Mac penguji, penguji menjalankan utilitas Disk Speed ​​Test Black Magic Design, sebuah alat yang dirancang untuk mengevaluasi drive untuk mengedit video, tetapi merupakan indikator kinerja yang serba bagus.

Dimulai dengan drive 1TB Elements yang lebih lama, Disk Speed ​​Test melaporkan kecepatan tulis dan baca 78,1 dan 77 Megabita per detik, dibandingkan dengan kecepatan tulis dan baca 114,3 dan 120,2 Megabita per detik untuk 2TB My Passport Ultra yang lebih baru. penguji menggunakan ukuran stress test 1GB, dan sekali lagi yang lebih baru, drive yang lebih besar kira-kira 50% lebih cepat dari yang lebih lama. Lihat tangkapan layar di bawah ini.

Review WD My Passport Ultra

Akhirnya, sebagai tes dunia nyata yang sederhana, penguji menyalin folder besar berukuran 2,99GB yang berisi 177 file JPEG dan RAW dari laptop Mac penguji ke drive, lalu kembali lagi. Butuh 44 detik untuk menulis file dari Mac ke drive untuk kecepatan rata-rata 65,86 Megabita per detik, kemudian 28 detik untuk membacanya dari drive portabel dan menuliskannya kembali ke SSD laptop, untuk kecepatan rata-rata 106,75 Megabita per detik.

Oh dan satu tes lagi! penguji juga menghubungkan drive My Passport Ultra ke Synology NAS yang juga dipinjamkan ke penguji dan berhasil memicu cadangan otomatis menggunakan aplikasi USB Copy.

Kesimpulan WD My Passport Ultra

Mencadangkan data Anda, apakah itu foto, video, musik, atau dokumen lama biasa, sangat penting, dan bagian penting dari proses ini adalah mengangkut cadangan ke lokasi yang berbeda - setelah semua, kebakaran, banjir, dan pencurian jarang memerlukan satu drive tapi biarkan cadangan di sebelahnya tidak terluka. Inilah sebabnya mengapa drive portabel sangat berguna.

Mereka dapat menyimpan dan mengangkut data dalam jumlah besar dengan cepat dan mudah - hanya satu kabel USB yang akan mentransfer data dan memberi daya pada drive, dan setelah selesai, mereka cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam jaket atau bahkan saku celana. Portabilitas mereka juga membuat mereka hebat untuk menyediakan lebih banyak penyimpanan untuk pemilik laptop yang telah mengisi drive internal mereka, tetapi belum siap untuk upgrade sistem.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk My Passport Portable 2TB
Kategori Harddisk Eksternal
Brand Western Digital
Kapasitas 2 TB
Form Factor 2.5 inch
External Power No
Hard Drive Type HDD
Rotation Speed 7200 rpm
Weight 236 g
Dimensions 110 x 16 x 21 mm

penguji pribadi memiliki beberapa drive portabel. penguji menggunakannya di jalan untuk mencadangkan isi kartu memori setelah pemotretan sehari sebelum menguncinya ke dalam brankas. penguji menggunakan yang lain di rumah untuk mencadangkan sejumlah besar data sebelum memindahkannya ke rumah teman agar tetap terpisah dari aslinya. penguji kadang-kadang menggunakannya ketika bekerja di laptop penguji di kafe-kafe untuk mengakomodasi proyek video yang lebih besar yang tidak cocok dengan drive internal penguji.

Drive portabel sangat berguna dan mudah untuk memiliki beberapa untuk mengelola data dan cadangan Anda. Pertanyaannya kemudian adalah yang mana? Sepenuh hati penguji dapat merekomendasikan drive portabel WD memiliki nomor tanpa keluhan. Preferensi penguji adalah untuk kapasitas dan nilai, jadi penguji memilih mereka yang menggunakan drive pemintalan tradisional, dan versi 2TB tampil baik dalam pengujian penguji.

Walaupun penguji mengagumi upaya WD untuk membuat premium My Passport dan Ultra series lebih menarik secara visual, penguji sama-sama senang menggunakan drive Elements dasar karena keduanya sama di dalamnya tanpa perangkat lunak. Pada akhirnya, meskipun harganya sangat dekat, mereka seringkali dapat tumpang tindih, jadi lihatlah yang merupakan kesepakatan terbaik saat Anda siap untuk membeli - jangan menunggu terlalu lama jika saat ini Anda tidak mencadangkan data Anda.

Artikel Terkait

Komentar