Diperbaharui pada Senin, 12 Agustus 2019 | 10:45

Review Samsung Smart TV UA43 N5500: Puas Streaming di Layar Besar

Samsung Smart TV UAN5500
Akhir Juli 2019 lalu, Samsung menghadirkan sebuah smart TV terbaru dalam model Samsung Smart TV UA43 N5500. Hadir dalam ukuran layar besar, perangkat ini sudah dibekali dengan beragam fitur dengan desain yang ramping. Untuk harganya, Samsung Smart TV UAN5500 dibanderol Rp4.599.000.

Nah, beberapa waktu lalu kami kedatangan perangkat tersebut dan langsung mencoba fitur-fitur yang ditawarkan. Samsung Smart TV UAN5500 sendiri hadir dengan ukuran layar 43 inci, sudah mendukung siaran digital dan mudah untuk terhubung ke perangkat lain.  

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil pengalaman kami menggunakan smart TV terbaru dari Samsung ini. 

Paket Pembelian

SAMSUNG SMART TV UA5500
Kemasan box Samsung Smart TV UAN5500 lumayan cukup besar. Karena smart TV ini hadir dengan layar 43 inci. Sebagai saran, jika Anda berniat untuk membeli, sebaiknya menggunakan kendaraan roda empat atau menggunakan layanan taksi online. Jadi tidak disarankan untuk dibawa menggunakan sepeda motor. Hal ini tentu untuk menghindari segala resiko yang tidak diinginkan. 

Lalu apa saja yang ada di dalam box Samsung Smart TV UAN5500? Seperti umumnya TV terbaru, didalamnya juga akan disematkan beberapa fasilitas pendukung. Selain unit TV, di dalam box Samsung Smart TV UAN5500 sendiri tersedia dua buah stand (kaki penyangga), satu buah plat untuk menopang stand, buku petunjuk dan garansi, remote control, kabel-kabel pendukung serta sebuah adapter antena. Untuk remote control nya sudah dilengkapi dengan dua buah baterai AAA. 

Desain Tipis

samsung smart tv ua5500
Untuk desain, Samsung sendiri mengemas Smart TV terbaru ini dengan bodi yang ramping. Berdasarkan spesifikasi yang ada disitus resmi, Samsung Smart TV N5500 memiliki dimensi berkisar 972.4 x 569.0 x 60.6mm.

Cukup tipis dan bobotnya pun ringan berkisar 9,5kg, sehingga mudah untuk ditempatkan pada dinding. Untuk penempatan di dinding ini pastikan Anda menggunakan bracket yang terbuat dari besi tebal dan standar untuk ukuran TV 40 inci ke atas. 

Bila menggunakan stand, ukuran Super Smart TV ini menjadi 972.4 x 645.5 x 296.7 mm (penambahan lebar karena adanya penyangga). Tapi tetap tidak mengubah kenyamanannya dan mudah ditempatkan karena tidak memakan banyak ruang. Oiya, stand ini cukup kuat untuk menopang TV secara keseluruhan. 

Samsung smart tv ua5500
Selain ramping, Samsung N5500 juga hadir dengan bezel yang cukup tipis. Setidaknya bezel yang diterapkan pada TV ini berada dikisaran 1,3cm, sehingga memberikan tampilan gambar yang lebih luas dan tetap terlihat kekinian.

Namun, Samsung tidak menempatkan satu tombol pun pada produk mereka. Jadi untuk mengoperasikan perangkat, Anda hanya akan menggunakan remote control yang akan terhubung ke sensor infra red di bagian bawah. Itu artinya emote control menjadi perangkat yang paling penting, jangan sampai rusak, terselip apalagi hilang.

Apalagi semua aktivitas saat menonton dilakukan oleh remote ini. Mulai dari mengaktifkan atau menonaktifkan TV, memilih menu, mengatur setingan hingga menulis teks saat melakukan pencarian di Youtube atau memasukkan password wifi.

Sementara untuk port, Samsung menyediakannya dengan cukup lengkap. Semua port ditempatkan di bagian belakang, yang mencakup 2 buah port USB, salah satu diantaranya termasuk satu port USB untuk perangkat HDD. Jadi Anda bisa langsung memutar lagu atau memainkan video langsung dari harddisk. 

Nah, saat mencoba menghubungkan HDD eksternal berkapasitas 1TB semua berjalan lancaradan dapat ditampilkan dengan baik. Hanya saja dibutuhkan beberapa waktu agar semua file yang ada di dalam harddisk bisa terbaca.

Hal ini cukup berguna ketika tidak memiliki koneksi wifi atau dalam keadaan offline. Jadi Anda bisa menikmati semua film yang tersimpan di dalam harddisk tanpa harus terhubung ke internet. Jika tidak mempunyai harddisk ensternal, Anda bisa juga memutar film langsung dari flashdisk.

Selain itu disediakan 3 port HDMI, port audio dan video AV, LAN, digital output audio dan antena. Semua port ini berada dalam satu kompartemen yang sama. Sedangkan di posisi yang agak berjauhan terdapat jack power. Keberadaan port-port yang cukup komplit ini sangat penting dan akan memudahkan Anda untuk terkoneksi ke perangkat lain. 

Layar dan Audio

Samsung Smart TV UA5500
Samsung Smart TV N5500 memiliki bentang layar 43 inci dengan resolusi FullHD 1,920 x 1,080 pixel. Kualitas gambar yang dihasilkan cukup baik, apalagi sudah menggunakan picture engine Hyper Real dan mendukung fitur HDR. Warna yang dihasilkan juga cukup kaya dengan kontras yang tinggi.

Untuk tampilan gambar ini bisa Anda atur sesuai keinginan, setidaknya Samsung menyediakan 4 mode gambar yaitu Dynamic, Standar, Natural dan Movie. Bila masih merasa kurang sesuai, Anda bisa mengatur sendiri level kontras, brightness, hingga warna sesuai keinginan.

Termasuk ketika menikmati tayangan dalam resolusi FullHD, gambar terlihat cukup tajam dan jernih. Gambar yang jelas masih dapat dilihat meski berada dalam sudut miring. Dan bezel yang tipis membuat gambar terlihat jauh lebih lapang. Cukup puas untuk menikmati konten video streaming. Namun untuk mendapatkan tampilan yang maksimal saat streaming, pastikan Anda memiliki koneksi data yang cepat dan stabil.

Sementara dari sisi suara, keluaran audio yang dihasilkan juga oke. Ada 3 mode audio yang bisa Anda pilih, yaitu standard, optimized dan amplify. Mode standar cocok untuk Anda yang menginginkan audio soft dan balance. Karena output yang dikeluarkan terdengar flat dan cenderung lebih soft.

Jika Anda inginkan audio yang lebih besar dan agak nge-bass, bisa menggunakan mode audio optimized. Cocok untuk tayangan musik, game atau menonton film. Sedangkan mode amplify lebih cenderung dominan treble dan cocok untuk tayangan talkshow atau siaran tang tidak banyak menggunakan musik. Terlepas dari perbedaan output masing-masing mode, kualitas audio yang dihasilkan Samsung Smart TV N5500 cukup memuaskan. 

Support TV Digital

Samsung Smart TV UA5500
Sebagai TV terbaru tentunya Samsung Smart TV N5500 sudah mendukung siaran digital. Hal ini cukup penting mengingat pemerintah akan melakukan migrasi sistem penyiaran televisi analog ke digital dengan target paling lambat di tahun 2020. Salah satu kelebihan dari TV digital dapat meningkatkan kualitas penerimaan siaran dengan kualitas high definition. 

Apalagi saat ini beberapa stasiun TV sudah mulai menyediakan siaran digital. Dan pengaturan siaran digital di TV terbaru Samsung ini sangat mudah. Cukup gunakan pencarian otomatis dan pilih setingan untuk siaran analog dan digital. Namun pastikan Anda sudah memasang antena yang mendukung siaran digital.

Karena antena menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi penerimaan siaran digital. Selain itu area rumah juga berpengaruh pada siaran yang didapatkan. Seperti kantor kami yang dikelilingi gedung lebih tinggi tidak terlalu maksimal dalam menerima siaran digital.

Dan harus menempatkan antena di area yang lebih tinggi. Jadi jika penerimaan siaran TV digital yang Anda dapatkan kurang baik bukan berasal dari kualitas TV yang tidak bagus, tapi perhatikan dual hal di atas yaitu penggunaan antena dan lokasi rumah Anda. 

Fitur-Fitur 

samsung smart tv ua5500
Kelebihan dari smart TV adalah sudah terintegrasi dengan jaringan Wi-Fi. Sehingga akan memudahkan Anda untuk terhubung ke internet dan menikmati konten streaming video. Begitu juga di Samsung UA43N5500 yang bisa terhubung langsung ke internet via wifi.

Tidak hanya itu, selain terhubung secara nirkabel Anda juga bisa mengoneksikan TV ke internet melalui port LAN yang tersedia. Yang pasti Anda tidak perlu menggunakan perangkat tambahan untuk menikmati konten VoD (video on demand) seperti Netflix, Youtube, Vidio.com, dan Prime Video di TV Samsung terbaru ini.

Proses koneksinya juga sangat mudah dan cepat, sama seperti ketika Anda menghubungkan hp ke jaringan wifi. Cukup masuk ke menu dan tinggal masukkan password wifi yang ada. 

Fitur yang tak kalah menarik adalah menghubungkan smartphone ke TV Samsung N5500. Untuk pengguna hp Samsung bisa terhubung ke TV N5500 dengan menggunakan fitur Screen Mirroring. Sedangkan untuk pengguna hp non Samsung bisa melalui fitur Wireless Display.

Caranya juga cukup mudah, cukup aktifkan fitur screen mirroring atau wireless display maka keduanya akan langsung terkoneksi. Berhubung yang dibutuhkan adalah koneksi wifi, jadi pastikan kedua perangkat Anda menggunakan jaringan wifi yang sama. Ini merupakan fitur yang sangat berguna ketika Anda ingin melihat foto atau video yang ada di hp ke layar yang lebih besar. 

Remote Support

samsung smart tv ua5500
Satu hal yang tak kalah penting dari Samsung Smart TV N5500 adalah ketersediaan layanan purna jualnya. Yang terbaru Samsung menyediakan layanan digital bernama Remote Support. Berdasarkan keterangan resmi, layanan digital ini memungkinkan pengecekan perangkat Samsung konsumen dari jarak jauh secara real time.

Hanya melalui aplikasi atau web service, permintaan layanan ini akan langsung terhubung dengan Samsung Contact Center 24 jam setiap hari. Khusus untuk Samsung Smart TV, tersedia Remote Management yang dapat diakses melalui TV dengan panduan agent Contact Center.

Layanan jarak jauh yang diberikan antara lain pemeriksaan dan update software, pemeriksaan aplikasi, setting dan menu Smart TV konsumen. Jadi jika Smart TV Samsung Anda mengalami masalah dapat dilakukan pemeriksaan produk secara langsung, tanpa perlu mengunjungi service center.

Untuk menggunakan layanan ini, di TV Anda bisa masuk ke menu Support lalu pilih Remote Management. Selanjutnya tinggal ikuti perintah yang ada. 

Kesimpulan

Secara umum, kualitas yang ditawarkan Samsung N5500 dapat memenuhi kebutuhan Anda akan perangkat  Smart TV. Memiliki layar besar berukuran 43 inci, desain ramping, resolusi FullHD dan mendukung siaran digital. Apalagi harga yang ditawarkan Smart TV Samsung terbaru ini masih cukup terjangkau yaitu Rp4.599.000.

Dan yang terpenting harga tersebut sudah sebanding dengan kualitas yang ada pada TV ini. Termasuk kemudahan dalam layanan purna jual yang akan berguna selama penggunakan perangkat.

Dan Samsung menawarkan kelebihan dari sebuah smart TV yaitu kemudahan dalam menikmati layanan video streaming. Ditambah layarnya yang besar dan kualitas resolusi sudah FUllHD, makin menambah kepuasan menonton.

Kriteria Spesifikasi
Type LED
Screen Size 43 inch
Screen Resolution 1920 x 1080 Pixel
DLNA Ya
Wi-Fi Ya
HDMI 1 Port(s)
USB 1 Port(s)
Smart TV Ya
Active HDR Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.