Review Asus ROG Strix Scar 3, Ini Baru Laptop Gaming Terbaik

Oleh Imam Ali updated Kamis, 11 Jul 2019 | 18:01

asus rpg strix scar 3

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika ada yang mengatakan tentang laptop gaming ataupun laptop gaming terbaikKebanyakan orang akan menggambarkan laptop besar yang tampak mencolok dengan banyak pencahayaan RGB di mana-mana.

Dan memang benar, laptop gaming telah sama selama bertahun-tahun sekarang. Desain besar dan berat dengan berbagai periperal mahal tentunya, mulai dari prosesor, GPU, hingga RAM serta memori dan sistem pendingin yang dimiliki.

Akhir-akhir ini, kita telah melihat beberapa laptop gaming terbaru premium tampil dengan desain yang canggih serta tubuh yang ramping dan bergaya nyentrik. Tetapi main set dari sebagian besar pasar nyatanya masih melihat laptop gaming terbaik dalam bentuk tradisional yang tidak praktis untuk digunakan.

Asus ROG Strix Scar III

rog strix scar 3

Asus menjadi satu-satunya perusahaan yang terus memperbarui dan mengembangkan laptop gaming Asus menjadi lebih baik dibanding produk lain. Selama beberapa tahun terakhir, Asus telah memperbarui model intinya dengan spesifikasi terbaru meskipun dengan desain laptop yang tetap sama.

Sebagian besar model telah menerima pembaruan besar-besaran untuk desain dan yang paling populer hadir dari seri Strix Scar. Laptop gaming Asus terbaru juga mendapatkan pakaian baru dan otot yang diperbarui.

Desain Asus ROG Strix Scar III

rog strix scar 3

Laptop gaming selalu menggunakan desain yang sangat mencolok dengan gambar dan stiker liar. Asus ROG Strix Scar 3 membawa salah satu desain paling tampan yang pernah pricebook lihat di laptop gaming dalam waktu lama. 

Penguji juga sempat menguji tidak ROG Zephyrus namun entah kenapa ROG Strix Scar terbaru ini jauh lebih nyaman meskipun berukuran lebih kecil. Mungkin ini yang terjadi jika sebuah laptop gaming terbaik di desain oleh produsen mobil terbaik seperti BMW. Keahlian BMW mendesain laptop gimg Asus terbaru ini menjadikan Scar 3 tampilan dan terlihat lebih premium serta lebih presisi.

Desain tampan ini dirancang langsung oleh studio Designworks BMW. Karenanya, ROG Strix Scar 3 menawarkan perpaduan cerdas antara desain game tradisional Asus dan lini modern yang telah Anda lihat pada produk BMW.

Kebanyakan mobil sport BMW, seperti BMW M3, BMW M5 dan BMW i8, berhasil mencapai keseimbangan sempurna antara keanggunan dan sporty. ROG Strix Scar 3 juga melakukan ventilasi panas di sekitar laptop untuk desain yang agresif dan sporty sementara tutup alumunium yang ringkas menjadikannya desain yang elegan. Asus hadir dengan sentuhan mencolok logo ROG bercahaya yang terlihat menyala dalam gelap.

Melihat ROG Strix Scar 3 terbaru ini jadi mengingatkan penguji dengan laptop gaming Alienware Dell. Polanya sedikit sama pada bagian ujung gemuk di bagian belakang. Tapi tetap, rasa penggunaan yang sangat berbeda ketika menggunakan alianware dan ROG terbaru ini. Laptop gaming terbaru Asus ini memang masih merupakan laptop tebal dengan desain premium yang memiliki ukuran lebih kecil.

LED RGB ROG Strix Scar III

led rog

Asus juga dengan cerdas menutupi celah kekurangan tentang ketebalan tersebut dengan strip LED RGB yang menarik. Untuk menggambarkan laptop ini, penguji hanya bisa menyatakan, Benar-benar luar biasa! Scar 2 tahun lalu memiliki strip LED di bagian depan tetapi model tahun ini memilikinya di tiga sisi dan tersembunyi dengan baik di bagian bawah laptop.

Ketika Anda menyalakannya, itu memberikan efek halo dengan warna yang berubah-ubah. Di kamar yang gelap, laptop terasa seperti mengambang di atas karpet cahaya. Semua laptop gaming rasanya harus menawarkan ini sebagai standar.

Konektivitas

konektivitas rog

Asus telah menawarkan semua opsi konektivitas penting - tiga USB 3.1 Gen 1 Type-A, USB 3.1 Gen 1 Type-C port, port HDMI 2.0, headphone dan mikrofon combo jack, port RJ45 Ethernet dan port daya. Beratnya hanya 2.3Kg, cukup ringan untuk sebuah laptop gaming.

Keystone

keystone rog

Ke arah kanan, Anda akan melihat pola berkerut yang memiliki slot untuk Keystone. Keystone pada dasarnya adalah kunci dengan chip NFC yang, ketika dipasang di slot, mengaktifkan profil khusus dan Shadow Drive terenkripsi rahasia di mana Anda dapat merobek apa pun. Drive ini hilang segera setelah keystone dihapus ini adalah hal-hal yang Anda lihat Ethan Hunt gunakan dalam film Mission Impossible.

Keyboard

keyboard rog strix scar III

Buka tutupnya dan Anda akan melihat desain Asus yang akrab dengan beberapa sentuhan desain BMW yang rapi. Dek keyboard terbuat dari plastik dengan lapisan serat karbon dua nada mengkilap. Keyboard membuat pengalaman mengetik yang layak.

Setiap keypadnya memiliki ukuran size besar yang membuatnya nyaman untuk mengetik pada dokumen panjang. Sebagai informasi, ampu latar individu RGB tidak menyebabkan gangguan saat mengetik.

Dan jika ini tidak cukup keren, trackpad dapat bertindak sebagai layar sentuh Numpad dengan lampu latar merah apa lagi yang Anda butuhkan untuk menonjol dari kerumunan.  Ada keyboard berukuran standar dengan tombol backlit tersendiri yang menjadikan pertunjukan cahaya luar biasa di malam hari.

Bodi dan Layar

layar rog scar 3

Tutupnya sendiri kokoh dan memiliki layar 15,6 inci dengan bezel sangat tipis di bagian tepi dan bezel tebal di bagian bawah. Namun yang mengejutkan adalah, tidak tersediannya fasilitas webcam seperti pada laptop umumnya. Tetap saja, penguji tidak terlalu terganggu meskipun tanpa adanya kehadiran webcam. Tetapi, bagi mereka yang ingin melakukan siaran langsung, mungkin memerlukan webcam berkualitas tinggi tambahan, dan Asus memilikinya secara terpisah.

Layar 15,6 inci cukup bagus untuk dilihat karena mampu menghasilkan warna yang cerah dan memiliki kontras tinggi. Tingkat kecerahan sangat bagus dengan sudut tampilan lebar hingga mengesampingkan warna minimal. Refresh rate 144Hz membuat game, serta tugas Windows biasa, terlihat mulus.

Performa Asus Strix Scar III

performa rog scar 3

Asus selalu fokus untuk memberikan kinerja terbaik di semua laptopnya dan dengan Strix Scar 3, itu tidak mengubah apa pun. Ini adalah laptop yang dapat menjalankan apa pun yang Anda lemparkan dengan mudah.

Sayangnya, pada kesempatan kali ini pricebook belum bisa menguji versi Core i9 dengan refresh rate 240hz alias seri tertinggi dari ROG Scar 3 terbaru jajaran laptop gaming Asus terbaru ini.

Prosesor

Untuk seri yang diuji oleh penguji hadir dengan CPU Intel Core i7-9750H 9 Gen clock di 2.6GHz. RAM yang dihadirkan berukuran 16GB dan penyimpanan 1TB NVMe PCIe dengan drive bay 2,5 inci ekstra.

Graphic Card Unit

Unit penguji memiliki GPU Nvidia RTX 2060 yang merupakan GPU mid-range dalam jajaran Nvidia. penguji harus puas dengan layar Full HD 15,6 inci dengan refresh rate 144Hz tetapi Anda juga bisa menggunakan layar tambahan dengan refresh rate 240Hz, dijamin sangat cukup baik.

Multitasking

Untuk gamer yang paling hardcore sekalipun, kombo spesifikasi ini lebih dari cukup untuk memainkan judul game high-end terbaru dengan keringat yang bercucuran. Lanjut ke multitasking, Strix Scar 3 dapat menangani hingga 10 tab di Chrome, beberapa dokumen kata dan instalasi game di latar belakang dengan mudah.

Experience

laptop gaming rog scar 3

Strix Scar 3  coba kami hajar dengan beberapa game dan laptop gaming terbaru ini dengan senang hati mengunyah semua jenis dan level game terbaru. Game seperti FIFA 19, F1 2018, Watch Dogs 2, Project Cars 2 dan PUBG berlari pada pengaturan tertinggi dengan frame rate antara 50-60fps.

Dalam permainan seperti PUBG di mana jaringan yang lebih cepat diperlukan, laptop mengelola kinerja jaringan yang baik untuk menjaga semuanya tetap lancar dan stabil. Manajemen termal bagus dengan laptop tidak pernah menunjukkan tanda-tanda stres setelah berjam-jam gameplay konstan.

Selama Anda bermain game, sistem manajemen termal yang dirancang dengan brilian memastikan laptop terus berkinerja tanpa hambatan. Bahkan, ROG Strix Scar 3 membuang panas interior dengan cara yang cerdas sehingga tidak pernah menjadi tidak nyaman untuk digunakan, jadi jangan kuatir tentang panas laptop.

Baterai

Satu-satunya masalah yang dimiliki Strix Scar 3 adalah sesuatu yang dialami oleh semua laptop gaming dari masa ke masa, yakni masa pakai baterai yang tidak mengesankan. Baterai Li-ion 4-sel 66WHr cukup baik untuk tugas-tugas non-game dengan rentang maksimum hingga empat jam.

Tapi kembali lagi ke kebiasaan pengguna laptop gaming, para gamer diwajibkan untuk selalu mencolokkan pengisi daya saat bermain, itulah mengapa daya tahan baterai tidak menjadi masalah pada laptop ini.

Kesimpulan

Laptop gaming menjadi sangat kuat setiap harinya dan ROG Strix Scar 3 adalah mesin yang sangat mampu memicu fantasi Anda di dunia virtual. Namun, yang membuat penguji lebih terkesan adalah desain dari laptop dengan banderol mulai dari Rp30.999.000 untuk seri i7-9750H serta Rp54.999.000 untuk core i9-9800H.

Asus akhirnya memilih desain yang membuat laptop gaming-nya terlihat elegan dan agresif pada saat bersamaan. Ajungan empat jempol kali ini buat input desain dari BMW Designworks untuk membuat laptop gaming konvensional jadi lebih menarik menarik.

Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa ini adalah salah satu laptop gaming terbaik dan paling menarik yang dapat Anda beli saat inii. ROG Strix Scar 3 adalah laptop gaming hebat yang disukai mata. Dengan kinerja top-notch yang andal, ini adalah paket yang sulit untuk dilewatkan.

Secara keseluruhan, penguji pikir Asus perlu dipuji karena merancang laptop yang menggairahkan anak usia 6 tahun di dalam orang dewasa. Desain yang mencolok jadikan Asus ROG Strix Scar III ini terlihat lebih tajam di setiap lekukannya. Ditambah lagi, keberada LED di sekitar tubuh ROG terbaru ini membuat penampakannya jadi lebih gahar.

Artikel Terkait

Komentar