Harga Asus VivoBook Ultra A412 Murah, Ini Reviewnya!

Oleh Imam Ali updated Kamis, 20 Jun 2019 | 15:00

Asus VivoBook 14 A412

Setelah Asus VivoBook S dan Asus VivoBook Pro, ASUS kini memperkenalkan VivoBook Ultra, sebuah laptop dengan desain stylish Dan performa mumpuni, namun hair dalam ukuran bodi yang sangat ringkas.

Pricebook berkesempatan untuk menguji salah satunya, yakni  ASUS VivoBook 14 A412. Laptop Vivobook Ultra terbaru Asus ini adalah laptop yang sudah di preinstall dengan Windows 10 dan didukung oleh prosesor hingga Intel® Core™ i3 generasi terbaru.

Bodi

asus vivobook a412

ASUS VivoBook 14 A412 lebih tipis dan lebih ringan dari sebelumnya: Beratnya hanya 1,5 kg* dan memiliki profil 20,4mm yang luar biasa tipis. Ini adalah laptop harian dengan berat dan kekompakan ultrabook.

ASUS VivoBook 14 A412 yang penuh gaya tersedia dalam balutan pintal high-gloss di Star Grey, Icicle Gold dan Rouge. Apapun warna atau penyelesaian yang Anda pilih, ada satu yang tepat untuk Anda.

Desain Ergolift

asus vivobook a412

VivoBook Ultra A412 hadir dengan fitur ErgoLift Design. Fitur yang hanya terdapat di laptop ASUS ini kembali hadir di laptop ini. ErgoLift Design merupakan mekanisme khusus yang membuat bodi utama (bagian yang terdapat keyboard dan komponen) laptop ini dapat terangkat dan membentuk sudut dua derajat.

ErgoLift Design dapat menghadirkan dua benefit. Pertama posisi keyboard yang miring membuat mengetik menjadi lebih nyaman dibandingkan ketika menggunakan keyboard laptop dengan posisi mendatar.

Kedua, rongga udara ekstra yang dibentuk berkat bodi VivoBook Ultra A412 yang terangkat membuat aliran udara semakin lancar dan sistem pendinginan dapat bekerja lebih optimal.

Layar

asus vivobook a412

Menyetel layar HD 14 inci ke dalam ukuran bingkai yang khas dari laptop 13 inci tidaklah mudah - tetapi bingkai ultra tipis dari tampilan NanoEdge pada VivoBook 14 membuatnya mungkin.

Teknologi yang belakangan diusung di berbagai perangkat terbaru ASUS, termasuk Asus ZenFone 6, memungkinkan layar tampil dengan bezel yang sangat tipis. Kali ini VivoBook Ultra A412 memiliki ukuran bezel 5,7mm dan berkat ukuran tersebut laptop ini mampu menghadirkan screen-to-body ratio hingga 87 persen.

Teknologi pengoptimalan visual ASUS Splendid memberikan visual terbaik untuk semua jenis konten. Ini fitur empat mode tampilan yang dapat diakses dengan satu klik. Ada beberapa mode yang ditemukan penguji untuk pengaturan layar seperti Mode normal sangat ideal untuk tugas sehari-hari.

Kemudian ada Mode vivid mengoptimalkan kontras untuk menghasilkan foto dan video yang menakjubkan. Lalu Mode Perawatan Mata mengurangi tingkat cahaya biru untuk mengurangi ketegangan mata, dan mode Manual memungkinkan penyesuaian warna yang dipersonalisasi.

Memori

asus vivobook A412

ASUS VivoBook 14 A412 didukung oleh prosesor hingga Intel Core i7 generasi 8 atau whiskey lake, dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 yang juga ditenagai oleh VRAM GDDR5 sebesar 2GB* untuk visual yang halus dan pengalaman bermain yang luar biasa. Nah, kali ini Pricebook hanya kebagian uji versi i3-8145U (whiskey lake), namun tetap punya tenaga ok.

Dibekali dengan RAM hingga 8GB dan grafis NVIDIA GeForce MX250. Ini adalah laptop ideal untuk komputasi dan hiburan sehari-hari. Desainnya diklaim lebih mirip dengan VivoBook S S430

Vivobook Ultra A412 yang kami uji kali ini adalah laptop RAM 4GB. Memori tersebut berjenis DDR4 dan terdiri dari memori on-board sebesar 2GB serta memori tambahan sebesar 2GB.

Memori tersebut berjalan di kecepatan 2400MHz meski tidak menggunakan konfigurasi dual-channel. Memori Vivobook Ultra A412 juga masih bisa di-upgrade hingga total 12GB (4+8GB) untuk performa multitasking yang lebih baik.

Konektivitas

asus vivobook a412

Port USB 3.1 dengan konektor USB Type-C™ yang dapat dibalik menjadikan perangkat yang terhubung menjadi cepat dan mudah. USB 3.1 menyediakan kecepatan transfer data secepat 5Gbps - hingga 10X lebih cepat dari koneksi USB 2.0!

Anda dapat mentransfer foto, musik dan file video besar dalam waktu singkat: Mentransfer film dengan ukuran file 2GB membutuhkan waktu kurang dari dua detik.

Fitur dan Teknologi

asus vivobook a412

Teknologi ASUS Tru2Life Video membuat setiap video tampak luar biasa. Melalui algoritma cerdas, ia mengoptimalkan ketajaman dan kontras setiap piksel dalam setiap frame hingga 150% untuk menghasilkan gambar yang sangat jelas dan realistis - setiap saat.

Salah satunya adalah ASUS SonicMaster kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan penyetelan audio yang dirancang dengan tujuan memberi Anda pengalaman audio terbaik.

Codec kelas profesional memastikan pengkodean dan penguraian audio yang tepat, sementara amplifier, speaker besar, dan ruang resonansi memastikan pengiriman audio yang kuat dan bass yang lebih dalam.

Pemrosesan dan penyelarasan sinyal tambahan membantu memperbaiki detail menit, menyaring suara dan meningkatkan kejernihan audio - sehingga Anda mendapatkan suara yang benar-benar mendalam. Kemudian, ASUS Audio Wizard perangkat lunak yang membuatnya mudah untuk mencapai keseimbangan audio yang ideal untuk semua jenis konten.

Audio Wizardnya juga menawarkan opsi pengaturan manual, sehingga Anda dapat mengontrol sepenuhnya bauran audio Anda. Beberapa mode bisa Anda coba seperti Mode musik membawa lagu favorit Anda menjadi hidup, Mode film menghasilkan audio berkualitas sinema.

asus vivobook a412

Ada juga Mode perekaman mengoptimalkan pengaturan untuk perekaman audio sejernih Kristal. Kemudian Mode game menyediakan audio dalam game yang benar-benar imersif; dan mode Pidato meningkatkan kejelasan dialog real-time dalam aplikasi apa pun.

Pendinginan laptop penting karena langsung memengaruhi pengalaman komputasi Anda. Teknologi ASUS IceCool menggunakan kontrol kipas pintar, pipa panas tipis dan desain cerdas untuk menciptakan sistem pendinginan yang efisien.

Ini terbukti dengan uji suhu yang dilakukan oleh tim pricebook, VivoBook bisa menjaga suhu permukaan rata-rata dari palm rest di bawah 36 ° C - lebih rendah dari suhu tubuh. Hal ini memungkinkan untuk kinerja pendinginan yang kuat dan kenyamanan bagi pengguna.

Baterai

asus vivobook a412

Laptop ASUS VivoBook 14 A412 memiliki baterai berkualitas tinggi dengan teknologi ASUS SuperBattery untuk masa pakai 3X lebih lama daripada baterai lithium-ion silinder standar.

Baterai juga dilengkapi dengan teknologi baru ASUS Battery Health Charging, yang memperpanjang masa pakai baterai dan mengurangi tingkat ekspansi baterai untuk membantu memperpanjang masa pakainya. Termasuk teknologi pengisian cepat yang mengisi baterai hingga 60% hanya dalam 49 menit.

Nama Nama Produk Kategori Brand Series Resolusi Layar Tipe Prosesor Jumlah Core Kapasitas HDD Kartu Grafis Weight Dimensions USB Type-C SSD/eMMC
ASUS VivoBook A412FA-EK503T VivoBook A412FA | Core i5-8265U Laptop ASUS - 1920 x 1080 Pixel Core i5 - 512 GB Intel 1.5 kg 322 x 212 x 19.5 mm 1 Port(s) 512 GB
ASUS VivoBook A412FA-EK303T VivoBook A412FA | Core i3-8145U Laptop ASUS - 1920 x 1080 Pixel Core i3 - 512 GB Intel 1.4 kg 327 x 224.7 x 17.6 mm 1 Port(s) 512 GB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Selama pengujian, laptop asus Ram 4GB ini memiliki ketahanan yang baik dengan bodi kecilnya. Terutama jika digunakan untuk pekerjaan harian yang memiliki multitasking tinggi. Membuka banyak tab tidak menjadi masalah di laptop ini.

Penguji cukup puas dengan karakter gambar yang dikeluarkan dalam sebuah permainan, seperti pada GTA 5. Bahkan percobaan pada FIFA 19 pun masih dalam kategori lancar meski hanya menggunakan mode normal. Harga Asus VivoBook A412 sendiri berada di kisaran Rp7.500.000 rupiah untuk versi seperti yang kami review yakni Asus VivoBook A412 Intel Core i3.

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait