Diperbaharui pada Rabu, 12 Juni 2019 | 15:03

Review Proyektor W2700, Proyektor 4K Terbaik Untuk Home Theater.

benq proyektor 4k

BenQ W2700 adalah Proyektor 4K terbaru, proyektor HDR hadir dengan menggunakan teknologi DLP. Faktanya, BenQ W2700 adalah proyektor yang saat ini menggunakan chipset DLP Texas “4K” generasi terbaru.

Proyektor 4K terbaik tahun 2018, kini proyektor BenQ membawa filter warna lebar di seri W2700 dengan klaim mampu memperluas jangkauan warna proyektor menjadi luar biasa. Klaim tersebut setara dengan 95% dari rentang DCI-P3 yang digunakan di bioskop komersial.

Desain

benq proyektor 4k

Proyektor 4K BenQ W2700 adalah salah satu proyektor home theater yang unik dengan kemampuan yang hebat. Tubuhnya tidak lebih besar dari proyektor ruang tamu HD, meskipun resolusi 4K-nya. Dengan demikian, W2700 lebih mudah ditempatkan di hampir semua ukuran meja kopi.

Bentuk bodinya sangat presisi, ujung-ujungnya yang bulat, dibalut dengan sentuhan warna metalik yang yang kontras terhadap warna putih dominannya. Berbahan semi-matte, yang bahkan lebih cenderung cocok sebagai proyektor rumahan untuk home theater. Penguji masih belum menemukan proyektor 4K terbaik BenQ ini untuk presentasi bisnis atau proyektor berkelas jika dilihat dari bentuknya, apalagi dari kejauhan.

proyektor benq 4k

Tutup pada slide atas bisa terbuka, berfungsi untuk memberikan akses ke zoom dan roda fokus. Tidak hanya itu yang terselip di bawah penutup, terdapat laras lensa, kemudian roda penggeser gambar optik vertikal.

Pilihan tombol kontrol yang rapi dapat ditemukan di sepanjang tepi atas, dan sangat berguna ketika Anda lupa menempatkan remote control. Remote control memiliki ukuran yang layak namun tetap ringan, ditambah tombolnya menyala cukup spektakuler saat ditekan, lebih menarik dan lebih mudah digunakan di ruangan gelap, tidak mudah hilang pastinya.

remote proyektor benq

Tombol pada remote juga ditata dengan baik, kecuali untuk tombol yang agak ramai pada tombol di bagian bawahnya. Satu-satunya keluhan serius penguji tentang hal itu adalah "lingkaran" navigasi terasa agak kaku dan tidak responsif.

Ciri khas yang tak bisa hilang dari produk proyektor termasuk pada W2700 adalah penutup hitam kecil, yang berbeda adalah hiasan logo 4K yang terletak di bagian bawah sebagai pertanda bahwa W2700 merupakan produk proyektor 4K.

Desainnya sedikit lebih beda dibanding tutup proyektor lain, proyektor terbaik BenQ punya fungsi lain sebagai penahan pantulan cahaya dari meja yang jadi alas atau tumpuan, menarik.

Fitur BenQ W2700

benq w2700 4k

BenQ W2700 proyektor 4K terbaik memiliki sejumlah fitur yang mengesankan terkait kinerja untuk model minimalisnya. Seperti yang sudah penguji katakan, W2700 merupakan proyektor pertama yang penguji cicipi dengan membawa chipset Texas Instruments "4K" 0,47 inci terbaru yang terjangkau.

Sebagai catatat chip ini tidak benar-benar membawa 3840 x 2160 cermin individual, dan karenanya tidak menghasilkan 4K dengan cara yang sama seperti misalnya proyektor 4X SXRD milik Sony. Alih-alih "berkedip", sistem kerja cermin mengakomodir per frame gambar untuk memberikan apa yang tampak oleh mata Anda sebagai gambar 4K tunggal.

Pendapat bervariasi pada apakah pendekatan ini dapat disebut true 4K. Namun, pantauan Pricebook dari beberapa situs terutama menurut Asosiasi Teknologi Konsumen AS (CTA), untuk BenQ W2700 telah menyatakan puas bahwa pendekatan yang mereka usung dan sepakat menganggap terobosan ini sebagai 4K true.

Selain harga proyektor murah W2700 yang menarik lainnya ada pada bagian lensa. Menampilkan 10 elemen dalam delapan kelompok, dengan kata lain, berbeda dengan lensa plastik biasa dari proyektor standar.

Performa BenQ W2700

benq w2700 4k

BenQ W2700 juga memiliki pendekatan yang menarik untuk pemutaran HDR. Sistem HDR Pro yang dimiliki secara pribadi, penguji salut. Masalahnya yang kita tahu sampai saat ini, HDR hanya dirancang untuk TV, bukan proyektor. Beberapa proyektor dengan mode HDR dengan sempurna , bahkan masih belum cukup baik memberikan kualitas gambar bagus.

Hasilnya, benar-benar mencapai gambar yang jauh lebih unggul jika Anda menyesuaikan gambar HDR dengan kemampuan proyektor, daripada sebaliknya. Iris bekerja dinamis juga cermat dan terus-menerus mengubah output cahaya untuk menghasilkan tingkat cahaya optimal untuk bidikan yang Anda tonton.

Selain itu, Anda dapat menyempurnakan atau mengatur kecerahan gambar agar sesuai dengan selera atau lingkungan Anda melalui pengaturan HDR Brightness yang praktis. Proyektor terbaik BenQ ini memiliki kualitas warna gambar yang menawan jika dibandingkan dengan proyektor 4K lain dikelasnya, terutama dengan modus Warna Lebar nya.

Filter warna yang mampu menghasilkan 95% dari spektrum warna bioskop digital. Itu setara dengan sekitar 1,2 kali rentang warna yang biasanya Anda dapatkan dari proyektor 4K DLP. Sistem CinematicColornya juga mengimplementasikan tabel warna DCI-P3, untuk membantunya mencapai hasil yang lebih akurat dari pengaturan Wide Color-nya.

Seperti biasa dengan filter warna lebar di proyektor, ruang warna W2700 yang diperluas datang dengan kecerahan yang signifikan. Penguji akan mengatakan level cahaya turun sebanyak 50% ketika Anda mengganti filter. Namun, seperti yang kita lihat di bagian Performance, hasilnya sepadan. Termasuk dalam pengaturan ruangan gelap atau minim cahaya.

Proyektor 4K W2700 menggunakan roda warna RGBRGB berkualitas tinggi, dengan lapisan khusus yang dirancang untuk lebih meningkatkan kualitas warna. Roda ini menyebabkan sedikit noise pada proyektor DLP chip tunggal yang disebut "efek pelangi", di mana garis-garis warna dapat melintas sejenak di area gambar yang sangat terang. Tapi hal tersebut dirasa tidak terlalu mengganggu atau jadi masalah mengingat kecerahan yang bisa dicapai proyektor 4K ini.

Lensa Short-Throw Projector

benq w2700 proyektor 4k

BenQ W2700 dilengkapi lensa cukup short-throw projector yang mampu memberikan gambar 120 inci dari jarak sekitar 10-kaki. Hal ini sesuai dengan rasio lemparan BenQ ‘s‘klasik’ W1070 HD proyektor.

BenQ telah menyertakan prosesor Cinema Master-nya bagi mereka yang ingin melihat tampilan foto-foto dan juga video mereka. Ini termasuk penambah warna, hingga penambah piksel untuk peningkatan skala 4K dan pemrosesan gerakan.

proyektor benq w2700 4k

BenQ menjadikan W2700 sebagai proyektor yang relatif kasual dengan membawa sistem pengeras suara built-in 2 x 5W yang sangat kuat. Cukup kuat hingga ketika bermain playstation menggunakan proyektor 4K ini tanpa menggunakan speaker tambahan lagi.

Konektivitas

benq w2700

Urusan konektivitas input dan output, BenQ sangat memberikan kelengkapan pada produk proyektor terbaiknya. Dukungan untuk kalibrasi ISF, kemudian dukungan untuk format HDR siaran HLG , serta HDR10 standar.

Ditambah daftar koneksi yang mencakup dua port HDMI kompatibel 4K / HDR, port USB yang mampu memutar ulang berbagai file media, audio jack mini, output audio optik, port kontrol RS-232, IR penerima, dan port pemicu 3.5mm 12V.

Kinerja BenQ W2700

benq w2700

Fitur Wide Color Gamut jadi fitur terpenting jika Anda menonton video HDR di ruangan gelap. Dampaknya akan sangat terasa pada warna, tingkat hitam dan berkurangnya detail kliping di area terang lebih dari baik daripada sekedar pengurangan kecerahan.

Penguji juga merekomendasikan untuk menaikkan pengaturan kecerahan HDR ke +1, terutama untuk konten HDR yang telah seperti yang dimiliki kebanyakan orang, hingga mencapai puncak 1000 nits.

Untuk 4000-nit 4K Blu-ray seperti Spider-Man: Into The Spider-Verse and Pan, penguji sarankan untuk menyudutkan kecerahan kembali ke 0 atau bahkan -1. Ini akan sedikit mengurangi bagian paling terang dari gambar HDR.

Beberapa Blu-ray 4K player seperti deck Oppo dan Panasonic UB9000 mungkin akan memberi tahu Anda nilai nit tertinggi dari disk yang Anda mainkan. Namun, sebagian besar pemain tidak mau tau, apalagi jika mencobanya dengan sebuah PS4 Pro.

Namun demikian, penguji tetap mengatakan bahwa Anda dapat mengatur dengan cepat jika disk yang Anda tonton di W2700 membawa gambar 4000-nit, dan dengan demikian dapat menyesuaikan gambar yang sesuai.

Jika Anda menonton HDR di ruangan yang terang, Anda mungkin lebih suka gambar asli yang ditampikan, jadi Anda bisa mematikan fitur Wide Color yang dimiliki. Ini membuat gambar terlihat lebih terang dengan mengorbankan saturasi warna yang tidak akan Anda sadari di lingkungan yang terang.

Penguji sarankan agar semua fitur Cinema Master dimatikan saat menonton film, dengan kemungkinan pengecualian Pixel Enhancer. Gunakan pengaturan default dalam mode HDR proyektor, jangan khawatir karena hasilnya tetap terbaik.

Gunakan output lampu Normal dengan HDR, gunakan Smart Eco untuk mengesampingkan fitur Dynamic Iris. Anda dapat menggunakan mode lampu ramah lingkungan di ruangan gelap. Dengan demikian proyektor 4K BenQ mampu memberikan tingkat gelap yang smooth. Mode Smart Eco memberi Anda peningkatan kontras yang baik, sedangkan pengaturan Normal membuat gambar tetap menarik bahkan dalam cahaya sekitar.

benq w2700

Fleksibilitas semacam ini sangat baik ditemukan pada proyektor dengan kredensial home theater yang serius. Pengaturan fisik BenQ W2700 sangat mudah. Lensa short-throw proyektor (Anda bisa mendapatkan gambar 120-inci dari jarak sekitar 10 kaki) bersama dengan zoom 1,3x yang layak membuatnya mudah untuk diposisikan di hampir semua ruangan.

Kaki sekrup sederhana membantu Anda menyesuaikan sudut gambar, dan pergeseran gambar optik vertikal sangat cocok di titik harga ini.
Prestasi HDR yang paling spektakuler adalah reproduksi warnanya. Asalkan Anda memiliki pilihan Wide Color yang tepat, proyektor 4K ini akan memberikan rentang warna yang sangat kaya, lebar, tetapi juga terdefinisi dengan halus.

Mode Wide Color ke warna 4K Blu-ray yang kaya warna seperti Avengers: Infinity War dan Spider-Man: Into The Spider-Verse benar - benar pemandangan yang patut dilihat. Tentu saja, itu jauh melebihi apa yang pernah penguji lihat sebelumnya pada proyektor lain.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Nama Produk W2700
Kategori Proyektor
Brand BenQ
Projection System DLP
Native Resolution 3840 x 2160 Pixel
Native Aspect Ratio 16 : 9
Maximum Resolution 3840 x 2160 Pixel
Contrast Ratio 30000 : 1
Minimum Projection Size 40 inch
Maximum Projection Size 200 inch
Projection Lens 15.6 mm
Zoom Ratio 1.3x
Speakers Ya
Weight 4200 g
Dimensi 380 x 127 x 263 mm
Focus Mechanism Manual
Remote Control Ya
USB 3 Port(s)
HDMI 2 Port(s)
3D Technology Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Dalam penggunaan BenQ W2700 proyektor 4K terbaik bukan berarti bahwa gambar HDR terlihat buruk tanpa Wide Color aktif. Hasilnya masih terlihat lebih dinamis daripada gambar SDR, dan kecerahan ekstra yang dimiliki memberikan titik kecerahan garis dasar yang jauh lebih terang sehingga beberapa pengguna mungkin lebih memilih tampilan HDR yang lebih dinamis namun lebih gelap secara konsisten yang terkait dengan mode Wide Color.

Namun, warna terlihat jauh lebih rata dan lebih kasar tanpa Wide Color dalam game bahkan cenderung kurang alami. Secara pribadi, begitu penguji melihat kekayaan mode Wide Color, mematikannya untuk HDR sudah bukan lagi pilihan bagi penguji, kecuali kamar yang tidak bisa sepenuhnya gelap, mungkin.

Secara keseluruhan, proyektor 4K BenQ ini menjadi proyektor terbaik yang pernah diuji oleh pricebook. Kualitas gambar yang di pancarkan, serta warna yang diberikan 99% berkualitas tinggi, bahkan team pun mengatakan kualitas proyektor BenQ ini patut diacungi jempol.

Nah bagi kalian yang tertarik untuk merasakan kehebatan dari proyektor BenQ W2700 4K terbaru ini bisa langsung ke laman beli BenQ W2700 atau cari informasinya di Pricebook, siapa tau ada harga yang cocok dari beberapa toko untuk kalian.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.