Review Samsung Galaxy A70: Puas Nonton dan Gaming

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 17 Mei 2019 | 18:40

Samsung Galaxy A70

Jelang pertengahan tahun, Samsung terlihat begitu agresif meluncurkan hp terbaru di 2019. Di lini Galaxy A series tercatat sudah ada lima hp Samsung terbaru yang edar di Indonesia, salah satunya Samsung Galaxy A70. Ditawarkan dengan harga Rp5.799.000, bagaimana performanya? Anda bisa lihat hasil review Samsung Galaxy A70 di bawah ini.

Sebelum mengulas lebih jauh, sekedar informasi bahwa saat ini Samsung Galaxy A70 sudah tersedia secara merata di seluruh Indonesia. Jadi Anda bisa dengan mudah menemukan hp ini dan bisa dibeli secara online maupun offline.

Spesifikasi Samsung Galaxy A70 sendiri cukup menarik, karena hadir dengan tiga kamera belakang, bentuk bodi yang tipis, layar lebar serta baterai besar untuk menemani aktivitas sehari-hari. Oiya, ada hal yang menarik dari hp RAM 6GB terbaru ini. Tidak seperti hp Samsung lain di Indonesia yang menggunakan chipset Exynos, kali ini Samsung menanam prosesor Snapdragon.

Prosesor ini di klaim dapat memberikan performa terbaik dengan proses rendering grafik yang cepat, termasuk menyokong kinerja kamera serta teknologi AI yang ada di Samsung Galaxy A70. Untuk melihat performa secara keseluruhan, langsung saja simak hasil pengalaman kami menggunakan hp ini.

Desain

Samsung Galaxy A70

Samsung Galaxy A70 sebenarnya hadir dengan layar yang cukup besar, bahkan paling besar di antara Galaxy Aseries lainnya. Dengan dimensi layar yang berukuran 6,7 inci, harusnya bodi hp ini cukup besar. Namun, Samsung mengemas hp terbarunya tersebut dengan apik, hasilnya adalah sebuah hp berlayar besar namun memiliki bodi tipis.

Hal ini dimungkinkan karena bezel layarnya dibuat dengan jarak yang sangat tipis. Meski tidak diketahui berapa ketipisan bezelnya, namun secara keseluruhan Samsung Galaxy A70 ini memiliki tampilan yang menarik dan sedap untuk dilihat.  

Mengusung desain Infinity-U display, Anda akan melihat sebuah notch kecil di atas layar yang sepintas memang menyerupai huruf U. Di sisi kanan terdapat dua tombol yaitu tombol power dan volume yang berjajar secara vertical. Penempatannya masih memungkinkan kita untuk mengakses dua tombol tersebut hanya dengan satu tangan saja.

Untuk slot SIM card ada sisi kiri yang diletakkan agak ke atas. Slot kartu SIM di Samsung Galaxy A70 terdiri dari 2 kartu SIM berukuran nano dan 1 slot untuk microSD. Disini kita bisa memasang kartu memori eksternal hingga kapasitas 512GB. Jadi bisa menyimpan banyak file berukuran besar tanpa harus mengorbankan memori internal perangkat.

Di bagian bawah Anda akan menemukan tiga buah port dengan fungsi yang berbeda, yaitu port untuk speaker, port charging dan port audio berupa jack 3,5mm. Samsung Galaxy A70 sudah menggunakan port USB type C yang menawarkan proses pengisian baterai dan transfer data yang lebih cepat dibanding micro USB.

Sementara di bagian belakang sudah terpasang tiga kamera utama lengkap bersama sebuah flash LED yang terpisah. Tiga kamera belakang di Samsung Galaxy A70 di susun secara vertical dengan penempatan logo Samsung yang berada di tengah tanpa terlihat adanya sensor fingerprint.

On Screen Fingerprint

On Screen Fingerprint
Anda tidak akan menemukan keberadaan sensor fingerprint di bagian belakang. Karena Samsung membekali Galaxy A70 dengan fitur on screen fingerprint. Artinya untuk mengunci dan membuka kunci perangkat yang menggunakan sidik jari bisa dilakukan di permukaan layar. Cara meregsitrasi sidik jari Anda di Samsung Galaxy A70 juga sangat cepat mudah.

Cukup tempelkan jari di permukaan layar dan ikuti instruksi yang ada pada layar, maka dalam waktu hitungan menit fitur ini akan aktif untuk memproteksi hp Anda. Sensornya pun bekerja cukup responsif, karena layar yang terkunci akan terbuka dalam hitungan sepersekian detik saat jari Anda menempel di layar. Selain on screen fingerprint, Anda juga bisa memanfaatkan fitur face unlock dan fitur pengamanan standar lain seperti PIN, password atau pattern.

Layar Luas

Samsung Galaxy A70
Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, Samsung Galaxy A70 memiliki layar lebar seluas 6,7 inci.  Ini merupakan layar dengan ukuran terbesar di Galaxy A series. Layarnya pun sudah berjenis Super AMOLED dengan resolusi FullHD+ (1080x2400p), membuat gambar terlihat tajam dan jernih. Layarnya pun sudah berjenis Super AMOLED dengan resolusi FullHD+ (1080x2400p). tampilan yang lebih jernih dan detail.

Mengusung desain Infinity-U display dan dengan bezel tipis membuat layar Samsung Galaxy A70 bisa menghasilkan aspek rasio 20:9. Kami pun cukup puas ketika menggunakan hp Samsung terbaru ini untuk menonton film sambil menunggu buka puasa. Layarnya yang lebar menawarkan pengalaman menonton yang jauh lebih baik.

Termasuk saat bermain game PUBG, layarnya yang besar memungkinkan kita menemukan keberadaan musuh dengan cepat. Seandainya keberadaan notch di layar bisa dihilangkan, tentu akan memberikan pengalaman yang lebih sempurna.

Samsung One UI

Samsung One UI
Satu hal yang mungkin tidak akan disadari pengguna Samsung Galaxy A70 adalah system UI (user interface). Dimana Galaxy A70 sudah menghadirkan platform Samsung One UI dengan beberapa perubahan dari UI sebelumnya. Di One UI ini Samsung menawarkan interaksi yang nyaman dan lebih cerdas.

Salah satu fiturnya adalah One Handed Navigation yang memungkinkan interaksi menjadi lebih mudah dikontrol dalam jangkauan satu tangan. Fitur lain di Samsung One UI yang menurut kami menarik adalah Night Mode. Fitur ini akan mengalihkan tampilan layar ke modus malam hari dengan mengubah background menjadi warna hitam.

Cukup bermanfaat untuk mengurangi mata lelah setelah menatap layar default yang umumnya didominasi background putih. Fitur lain di One UI yang juga bermanfaat adalah Smart Capture. Fitur yang menampilkan beberapa opsi lain setelah Anda melakukan screen shot.

Dimana gambar hasil screenshot tadi bisa Anda edit dengan pilihan crop dan menambahkan tulisan. Hasilnya bisa di simpan atau langsung di share ke orang lain. Belum termasuk fitur-fitur lain yang bisa Anda temukan.

Tiga Kamera Utama

Samsung Galaxy A70

Di Galaxy A series terbaru 2019, Samsung sangat menekankan pada pengalaman live yang lebih powerful bagi penggunanya dalam menjawab tantangan Era of Live masa kini. Salah satunya dengan menawarkan kualitas kamera terbaik bagi generasi live. Di Samsung Galaxy A70 sudah terpasang tiga kamera belakang dengan konfigurasi  sensor 32MP + 8MP + 5MP.

Untuk sensor 32MP yang menjadi kamera utama dibekali aperture atau bukaan f/1,7. Artinya sensor ini bisa memberikan pencahayaan yang lebih baik karena memiliki bukaan besar. Penting untuk memotret ketika dalam kondisi minim cahaya.  Lalu sensor 8MP berjenis ultra wide dengan aperture f/2.2 untuk menangkap iamge dengan angle yang lebih luas. Sedangkan sensor 5MP merupakan depth sensor dengan aperture f/2.2) yang akan memberikan efek bokeh pada foto.

Kombinasi tiga kamera ini memiliki kualitas yang sangat baik. Penguncian fokusnya berlangsung sangat cepat, berguna ketika ingin mengambil objek yang bergerak. Untuk hasil jepretan kameranya juga cukup memuaskan. Di lokasi dengan pencahayaan maksimal, foto terlihat tajam dan detail. 

hasil foto samsung galaxy a70
Samsung memang tidak dibekali dengan fitur night mode yang kini menjadi jualan para vendor. Namun tidak perlu khawatir, karena dengan bukaan lensa yang besar f/1.7 masih memungkinkan Anda untuk memotret di kondisi malam dengan baik. 

hasil foto samsung galaxy a70

Begitu pula untuk sensor depth yang bisa menghasilkan efek bokeh yang rapi. Tidak hanya itu, Anda juga masih bisa mengedit efek bokeh dengan beberapa setingan. Ada pilihan Spin untuk efek bokeh memutar, lalu Zoom untuk efek bokeh pembesaran, hingga Color yang berfungsi mengubah warna background menjadi hitam putih dengan mempertahankan warna di objek utama.   

hasil foto samsung galaxy a70Sementara untuk sensor ultra wide juga menawarkan hasil foto yang berbeda. Anda bisa mengeksplorasi kemampuan fotografi dengan memanfaatkan fitur ini. Terutama untuk foto-foto lanscape seperti gedung, pemandangan dan lainnya.

hasil foto samsung galaxy a70
Hal terbaik pada kamera Samsung Galaxy A70 adalah mampu merekam video dengan kualitas UHD 4K. Kelebihannya dapat menghasilkan visual yang lebih real dan memberikan efek dramatis. Apalagi kini sudah banyak TV 4K yang bisa dihubungkan dengan Galaxy A70 untuk menikmati hasil perekaman video 4K. Setidaknya bisa memenuhi generasi Live yang ingin membuat konten sesuai keinginan mereka.

Hasil video 4K yang dihasilkan pun sangat tajam dan jernih. Hanya saja tangan Anda harus benar-benar stabil saat merekam video, atau setidaknya menggunakan bantuan tripod agar hasilnya lebih smooth. OIya, yang harus diperhatikan adalah video 4K ini pastinya akan menguras memori perangkat.

Karena untuk perekaman video 4K dengan durasi 10 menit saja membutuhkan memori sebesar 3,3GB. Untungnya, Samsung sudah mengantisipasi dengan menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 128GB dengan opsi penambahan melalui microSD hingga 1TB. Selain video 4K, Samsung Galaxy A70 juga dibekali dengan fitur perekaman video super slow motion, slow motion dan hyperlapse.

Prosesor Snapdragon

PUBG Setting
Samsung Galaxy A70 ditenagai prosesor Snapdragon 675 terbaru. Kabarnya prosesor ini telah mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya, terutama untuk gaming. Untuk mendukung kinerja chipset, Samsung menanam memori RAM 6GB dengan ROM 128GB. Konfigurasi ini terbilang cukup mumpuni, setidaknya untuk melakukan multitasking dan gaming.

Memainkan game yang sedang popular seperti PUBG dan Free Fire tidak menemukan masalah yang berarti. Bermain PUBG dapat dimainkan dengan setingan High, yaitu pengaturan layar di HDR dan grafis Ultra. Hasilnya semua dapat dilibas dengan baik dan lancar. Dari hasil pengujian benchmark, tercatat skor yang didapatkan Samsung Galaxy A70 sebagai berikut :

Benchmark Skor
Antutu 170049
Geebench 4 2366 (single core), 6502 (multi core)
3DMark 980 (OpenGL ES 3.1), 1066 (Vulkan)

Baterai dan Fast Charging

Samsung Galaxy A70

Baterai termasuk salah satu komponen yang menjadi perhatian Samsung. Itu sebabnya mereka telah menanam baterai kapasitas besar di Samsung Galaxy A70 yaitu 4.500mAh. Samsung juga memberikan sesuatu yang berbeda pada kepala chargernya. Dimana untuk charger Galaxy A70 menggunakan slot USB type C bukan micro USB seperti kepala charger pada umumnya. Termasuk penggunaan kabel data yang dengan dua ujung yang sama yaitu pipih.

Untuk aktivitas normal seperti chating, sosmed aktif, browsing, dan diselingi streaming video, baterai Samsung Galaxy A70 mampu bertahan seharian, bahkan masih menyisakan beberapa persen daya.

Beda halnya saat kami uji untuk aktivitas gaming. Bermain game PUBG dengan setingan layar HDR dan grafis Ultra, baterai Samsung Galaxy A70 terkuras hingga 20 persen untuk permainan selama 1 jam. Lalu Melakukan streaming video FullHD menggunakan koneksi Wifi dengan durasi 1 jam baterainya berkuran 12 persen.

Kami juga memanfaatkan kemampuan kamera Galaxy A70 yang mampu merekam video 4K. SAat di coba merekam video berformat 4K dengan durasi 10 menit, baterainya terkuras sebesar 5 - 6 persen. Untuk lebih jelasnya, berikuta hasil pengujian baterai di Samsung Galaxy A70 :

Aktivitas Durasi Daya Tahan Baterai
Menonton video FullHD 1 jam Berkurang 12 persen
Bermian game PUBG 1 jam Berkurang 20 persen
Merekam video 4K 10 menit Berkurang 5 - 6 persen

Yang tak kalah menarik adalah baterai besar di Samsung Galaxy A70 ini sudah di sokong dengan pengisian baterai yang cepat atau fast charging. Tidak hanya sekedar fast charging, tapi juga Super-Fast Charging dengan output daya hingga 25W. Untuk pengisian selama 30 meit baterainya terisi sebesar 45 persen.

Lalu mengisi dalam kurun waktu 1 jam baterainya sudah memiliki daya 80 persen. Sampai akhirnya baterai terisi penuh dari 0 – 100 persen selama lebih kurangnya 1 jam 45 menit. Cukup impresif.  

Kesimpulan

samsung galaxy a70
Pengalaman kami selama menggunakan Samsung Galaxy A70, ada beberapa yang dapat kami simpulkan. Layarnya sangat nyaman untuk menonton maupun gaming, karena berukuran besar dengan resolusi FUllHD+ serta sudah berjenis Super AMOLED. Meskipun layarnya besar namun desainnya tetap tipis, tetap nyaman digunakan dengan view yang lebih luas.

Kemampuan kamera untuk merekam video 4K bisa menjadi penyaluran hobi yang pas untuk Anda yang ingin berkreasi membuat konten menarik. Tidak perlu khawatir menguras memori internal, karena Samsung Galaxy A70 menyediakan slot memori eksternal hingga 1 TB.

Untuk performa, penggunaan prosesor Snapdragon 710 membuat Galaxy A70 memiliki performa yang lebih baik untuk gaming. Dan yang tak penting adalah penggunaan baterai besar berkapasitas 4.500mAh plus dukungan teknologi Super Fast Charging 25W akan menjadi fitur yang sangat berguna untuk Anda yang cukup mobile.

Dan harga Samsung Galaxy A70 yang dipasarkan Rp5.799.000 rasanya cukup sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 9.0
Ukuran Layar 6.7 inch
Screen Resolution 2400 x 1800 Pixel
Chipset Qualcomm Snapdragon 675
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU Adreno 615
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera 32 MP
Resolusi Kamera Belakang 2 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 32 MP
USB microUSB, Type-C
Kapasitas Baterai 4500 mAh

Artikel Lainnya

Komentar