Review ASUS Gaming Laptop ROG Zephyrus S GX531, Ini Baru Sultan!

Oleh Imam Ali updated Rabu, 10 Apr 2019 | 14:41

Asus ROG Zephyrus GX531

Asus Kembali mengencangkan produktivitas mereka di ranah gaming terutama Asus Gaming Laptop. Belum lama kita dibuat gempar dengan kehadiran ROG Phone untuk hp gaming terbaik Asus.

Kini pasar teknologi kembali dibuat gempar dengan hadirnya laptop asus rog terbaru, ROG Zephyrus S GX531.  Tidak tanggung-tanggung, Asus sendiri memiliki klaim bahwa laptop gaming asus ROG Zephyrus S GX531 miliki mereka merupaka laptop gaming tertipis di dunia untuk saat ini.

Pricebook kali ini punya kesempatan untuk mencicipi penerus dari laptop gaming ASUS ROG Zephyrus GX501 ini. Seperti apa kemampuan dari laptop tertipis di dunia?

Desain

Asus ROG Zephyrus S GX531

Desainnya lebih disempurnakan dengan karakter yang lebih tipis. Hasil timbangan menunjukan bobot dari laptop gaming asus ini 2,1 Kg dengan ketebalan 15,75 mm. Terasa enteng untuk ukuran laptop gaming tipis.

Secara keseluruhan, tampilan yang diberikan masih mirip seperti ROG Zephyrus GX501. Namun, ada yang baru di tubuh ROG Zephyrus S GX531, yakni engsel unik berbahan zink alloy yang membuatnya lebih kuat.

Desain ringkas yang dimiliki cukup nyaman jika harus dibawa kemanapun. Selain lebih tipis, lebih ringkas, ukuran Zephyrus GX531 yang menyerupai 14 inci dengan ukuran asli 15 inci, jadikan laptop gaming terbaru Asus ini lebih nyaman untuk mobilitas tinggi.

Bodi (casing) ASUS ROG Zephyrus S GX531 juga menggunakan bahan logam ringan agar kokoh tapi ringan dan sudah lulus standar militer yang membuat laptop gaming ini tahan getaran dan tekanan.

Layar

Asus ROG Zephyrus GX531

Dimensi layar dengan desain nano edge, membuat laptop gaming berukuran 15 inci ini terlihat penuh. Hal ini memberikan kepuasan tersendiri saat bermain game fps maupun sport gaming seperti FIFA, PES 2019 dan juga TT Isle of Man.

Terlebih saat memainkan PUBG, kondisi layar yang luas memberikan pengalaman tersendiri bagi pemain yang terbiasa dengan PUBG Mobile maupun PUBG PC dengan monitor gaming kelas menengah.

ROG Zephyrus GX531

Mengusung bezel tipis, ASUS ROG Zephyrus S GX531 juga hadir dengan slogan 'Slim Bezel Gaming Notebook for Champs'. Jika Anda penggemar esport baik pemula maupun profesional, Asus ROG Zephyrus S GX531 bisa jadi pilihan utama di list belanja Anda bulan ini.

Selain untuk bermain game, ketajaman warna dan keunggulan dalam adaptive brightness yang dimiliki juga sangat bagus ketika digunakan untuk mengedit video. Kualitas 144Hz 3ms yang di klaim oleh Asus, memang seolah menjadi benar ketika penguji mencoba untuk beberapa bidang.

Mulai dari game umum, layaknya PES 2019, FIFA hingga PUBG, semua dilibas dengan baik dengan tampilan yang menawan pada detailnya. Sementara untuk game sseperti DOTA ataupun APEX Legend hingga TT Isle of Man detail yang diberikan sangat menakjubkan terpampang pada layar.

Performa

ROG zephyrus GX531

Urusan performa, GX531 andalan ROG ini terbilang tangguh dikelasnya. Terbukti dengan kekuatan GPU NVIDIA Geforce RTX 2060 Max-Q sebagai grafis andalan yang disandingkan dengan Intel UHD Graphic 630.

Rasanya duet maut keduanya sudah sangat cukup untuk mencicipi kenikmatan bermain dengan laptop gaming terbaik sesungguhnya. Meski masih menggunakan Intel i7 generasi ke-8, namun ROG Zephyrus S GX531 jadi yang pertama menggunakan Intel i7 8750H untuk seri H dari Intel dengan konfigurasi 6 core dan 12 threat.

Kapasitas RAM sebesar 16GB DDR4, rasanya bukan hal yang tanggung lagi untuk sekelas laptop gaming ROG terbaru ini. SSD yang digunakan sebesar 512GB PCIe dan bisa di upgrade hingga 1TB.

Sejatinya ROG Zephyrus S GX531 juga hadir dengan seri RAM 24GB, tapi unit yang ada di meja Pricebook.co.id merupakan versi RAM 16GB, namun penguji rasa versi ini sudah lebih dari cukup untuk penguji yang terbiasa dengan casual game.

Mencoba keluar dari kebiasaan penguji, selagi diberi waktu untuk bermesraan dengan ROG Zephyrus S GX531 gaming laptop Asus ini, penguji mencicip rasanya jadi gamer pro.

Mencoba memainkan APEX Legend yang saat ini tengah naik daun, Laptop gaming terbaru Asus ini menelan mentah-mentah grafis yang dirasa cukup berat oleh penguji saat memainkannya dengan PC berspesifikasi Rayzen 5, tapi dengan kartu grafis berbeda dari ROG.

Tidak sampai disitu, game-game favorit yang masih sering dijumpai pun tak luput dari percobaan penguji. Seperti FIFA 19, PES 19, hingga PUBG dengan berbekal akun steam. Ada yang unik saat pengujian, duet dua kipas maha dahsyat yang tertanam dengan fitur anti-dust bekerja sangat baik pada mode pengaturan yang ada.

Mode yang dimaksud adalah Silent, Balance, dan Boost. Nah, uniknya tanpa kabel charging tertancap di laptop mode boost tidak bisa diaktifkan karena pengaruh power. Penguji lebih sering menggunakan mode balance, karena sejauh penguji berselancar dengan laptop gaming Asus ini tidak terjadi panas berlebih pada suhu mesin laptop.

Untuk beberapa game online yang membutuhkan konektivitas lebih jadi satu hal yang bisa menguras performa ke level yang lebih berat. Dalam kondisi tersebut mode boost sangat dibutuhkan.

Dirasa kurang, penguji coba untuk menggunakan beberapa software benchmark untuk melihat kekuatan asli dari RTX 2060 yang tertanam pada ROG Zephyrus terbaru GX531 ini.

asus rog zephyrus gx531

Tidak hanya untuk sekedar bermain game, meski didapuk sebagai laptop gaming, penguji juga mencoba menggunakan GX531 sebagai laptop untuk mengedit video hingga menginstal beberapa emulator untuk mencoba mobile game seperti Bluestack dan juga Tencent Gaming Buddy.

Rasanya tidak akan puas jika menceritakan pengalaman menggunakan Asus ROG Zephyrus S GX531 dalam hal performa.

Fitur

ROG Zephyrus GX531

Fitur yang disediakan amat sangat ramai pada Zephyrus GX531 terbaru ini. Mulai dari Tensor Core yang mampu mengakselerasi AI. Kemudian di bagian pendingin, terdapat Active Aerocooling System (AAS) yang berkerja sangat baik dalam mendinginkan mesin secara cepat. Hal ini menjadikan performa powerfull yang dimiliki mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Sertifikasi Pantone yang memberikan gambar dengan warna yang halus tapi tetap dengan detail lengkap. Tingkat kecerahannya pun tidak menyakitkan mata. NumPad pada TouchPad, hanya saja ketika Anda mengaktifkan mode NumPad, maka TouchPad tidak akan berfungsi.

RGB Backlit Keyboard yang membuat Anda tetap nyaman bermain dalam kondisi gelap atau minim cahaya meskipun tidak disarankan. Selain itu, yang membuat penguji nyaman adalah sirkulasi udara melalui tiga jalur ventilasi. Ini yang membuat laptop tidak gampang panas.

Kemudian hal paling unik yang belum tentu Anda temukan pada laptop lainnya adalah, sistem charging dengan USB Type C. Metode ini sempat dicoba oleh penguji dan berhasil, namun pada metode charging yang satu ini Anda tidak boleh berharap untuk bisa menyalakan mode boost.

Selanjutnya ada G-Sync yang mampu mengoptimalkan kerja grafis pada semua jenis game ataupun program. Dengan demikian, gejala stutter, tearing ataupun lag pada game jadi hilang. 

Baterai

Entah kenapa penguji agak khawatir dengan yang satu ini. Pasalnya, baterai yang dimiliki lebih cepat habis dan tidak boleh terlalu jauh dari adapter. Hasil uji saat memainkan beberapa game terhitung mencapai 3 sampai 3,5 jam.

Namun, jika melihat kategorinya sebagai laptop gaming dengan performa tinggi rasanya ketahanan tersebut sangat lebih dari cukup mengingat desain bodi yang ramping.

Konektivitas

Untuk kelengkapan koneksi, ROG Zephyrus S GX531 kini sudah memiliki port yang lebih lengkap. Pada sisi-sisinya terdapat 1x USB3.1 Gen2 Type-C dengan DisplayPort 1.2 dan Power Delivery, 1x USB3.1 Gen 1 Type-C, 1x USB3.1 Gen2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 2.0, 3.5mm headphone dan microphone combo jack serta Kensington lock.

Nama Ukuran Layar Resolusi Layar OS Tipe Prosesor Nomor Prosesor RAM Kapasitas HDD Kartu Grafis Tipe Kartu Grafis Graphic Card Memory Size USB 3.0
ASUS ROG GX531GV 15.6 inch 1920 x 1080 Pixel Windows 10 Core i7 8750HK 24 GB - NVIDIA GeForce RTX 2070 (Max-Q) 8 GB -
ASUS ROG GX531GX 15.6 inch 1920 x 1080 Pixel Windows 10 Core i7 8750HK 24 GB - NVIDIA GeForce RTX 2080 (Max-Q) 8 GB -
ASUS ROG GX531GW 15.6 inch 1920 x 1080 Pixel Windows 10 Core i7 8750HK 24 GB - NVIDIA GeForce RTX 2070 (Max-Q) 8 GB -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Laptop Gaming Asus ROG Zephyrus S GX531 benar-benar bikin kepincut. Rasanya tak salah jika Deddy Corbuzier membelikan Model paling epik dari laptop gaming terkuat Asus ROG ini.

Mulai dari desain, performa hingga fitur yang dimiliki, ROG terbaru miliki ASUS ini memang pantas dijuluki Laptop Gaming Tertipis di Dunia dengan performa tangguh. Ada tiga varian dari Zephyrus S GX531, untuk versi Ram 16GB DDR4 dengan SSD 512GB PCIe dibanderol dengan harga Rp37.999.000 menggunakan NVIDIA Geforce RTX2060.

Sedangkan untuk versi RAM 24GB DDR4 dengan SSD 512GB PCIe dibanderol dengan harga Rp44.999.000 menggunakan NVIDIA Geforce RTX2070. Terakhir, spesifikasi lebih tangguh dengan NVIDIA Geforce RTX2080, menggunakan RAM 24GB DDR4 serta SSD 1TB PCIe dibanderol dengan harga Rp53.999.000

Artikel Terkait

Komentar