Review OPPO F11 Pro, Hp Gaming Lain Dilupakan

Oleh Imam Ali updated Sabtu, 30 Mar 2019 | 19:47

review OPPO F11 Pro

Oppo F11 Pro hadir dengan warna nyentrik tapi tetap elegan sebagai hp gaming terbaru OPPO. Tak tanggung-tanggung, masa pre ordernya pun berhasil menggungguli penjualan seri sebelumnya yakni OPPO F9.

Selain kameranya yang unik karena “nongol”, kalian pasti ingin tahu lebih jauh kehebatan yang tersimpan dalam tubuh OPPO F11 Pro.

Desain

OPPO F11 Pro

Desainnya terinspirasi dari OPPO Find X, sang kakak yang memiliki lekuk tubuh yang tegas. Selain itu, warnanya pun terinspirasi dari hp flagship terbaik OPPO tersebut. Dimensinya memang terasa sedikit lebih tebal, namun itu sepadan dengan layar full frame yang dimilikinya.

Bezelnya minim, meski bertubuh besar tapi terasa ringan dan pas dalam genggaman. Layar berukuran 6.5 inci dengan berat 190 gram, masih terhitung ringan dan lebar. Penempatan tombol masih seperti produk hp Oppo lainnya, dua tombol volume di sisi kiri serta satu tombol power di sisi kanan.

Tidak ada notch ataupun water drop yang ada hanyalah layar dengan resolusi 2340 x 1080 pixel. Di sisi bawah terdapat speaker hole, mic, serta port charging dan juga port jack 3,5mm.

Bahan yang digunakan tidak licin meskipun bodi plastiknya terlihat layaknya kaca dibagian belakang. Tonjolan dual kamera utama beserta flashnya berjajar apik di atas fingerprint dan label OPPO.

Lantas dimana kamera selfie? Kamera selfie tersimpan dengan apik di dalam tubuh OPPO F11 Pro dan akan keluar ketika fitur tersebut dinyalakan sebagai rising camera.

Layar

OPPO F11 Pro

Layarnya sebesar 6.5 inci seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Mengusung teknologi IPS LCD dengan 16M warna, sudah dipastikan kerapatan pixelnya terjaga. Sensitivitas touchscreen sangat baik, bahkan dalam pengetesan multi touch, hp terbaru OPPO ini memiliki nilai 10.

Layar full screen yang disebut oleh OPPO sebagai Panoramic desain cukup memanjakan mata, terutama saat bermain game, rasanya puas. Klaim rasio 90.9% jika dilihat dari penampakan yang terpampang sepertinya benar adanya. Terbukti dengan minimnya ukuran bezel yang melingkar di sisi layar.

Kamera

review oppo f11 pro

Ada dua hal unik yang akan penguji ulas dari kamera bawaan OPPO F11 Pro. Yang pertama ada pada kamera utama dan berikutnya ada pada kamera selfie.

Dibekali dengan dua buah kamera utama dengan sensor 48MP dan juga 5MP, yang masing-masing memiliki aperture F1.79 dan juga F2.4. Bagian terunik ada pada Kamera bersensor 48MP dengan aperture F1.79 yang memiliki ragam fitur berkelas terutama untuk urusan fotografi malam.

Sensor 48MP yang dimiliki dibekali dengan AI Ultra Clear Engine, Ultra Night Mode, dan juga Dazzle Color Mode yang memastikan setiap gambar memiliki hasil terbaik meskipun dalam keadaan minim cahaya ataupun di malam hari.

oppo f11 pro

Berikutnya adalah kamera selfie atau rear camera atau kamera depan. Bukan OPPO jika tidak membuat kejutan dalam setiap produk barunya. Hadir dengan konsep tak biasa, mengusung model rising camera yang keluar dari tubuh hp OPPO terbaru ini. Tepat berada di sisi tengah bagian atas hp.

Rising Camera yang dimiliki OPPO F11 Pro diberkahi dengan sensor sebesar 16MP. Selain konsep desain “nongol” yang dipertontonkan, AI Beautification yang dibawa juga makin diperkuat.

Diberkahi dengan aperture F2.0, selfie di malam hari pun tampaknya tidak jadi masalah. Kedua kamera baik kamera utama maupun kamera swafoto yang dimiliki OPPO F11 Pro mampu memberikan ekspektasi lebih bagi penguji.

Bahkan hasil foto OPPO F11 Pro yang dihasilkan penguji semuanya terlihat berkesan, terutama foto di malam hari. Detail yang tercetak hamper sebaik pada siang hari meskipun cahaya minim ataupun gelap.

Kamera OPPO F11 Pro benar-benar mengubah pandangan penguji tentang foto malam dengan kamera hp pasti selalu buruk. Mulai dari distorsi yang tinggi, pixel yang pecah, hingga noise yang membuat gambar berantakan.

Kali ini OPPO sukses dan berhasil membuktikan bahwa OPPO bukan hanya Selfie Expert, tapi sudah menjadi OPPO Camera Expert karena mampu bertarung di kedua lini kameranya.

Performa

review oppo f11 pro

Selain pembaruan identitas pada tingkatan kamera, OPPO juga memperkuat lini dapur pacu pada hp murah OPPO F11 Pro mereka. Berbekal dengan prosesor MediaTek Helio P70, OPPO juga turut hadirkan penyegaran pada skin Android mereka yakni ColorOS 6.0.

OPPO F11 Pro jadi yang pertama menggunakan ColorOS 6.0 dan penggunanya menjadi yang pertama mencicipi kehebatan dari kustom Android ala OPPO ini.

Sektor grafis diperkuat dengan ARM Mali-G72 MP3 900MHz. Di sektor ini, OPPO tampil sedikit lebih dominan di kelasnya. Penggabungan Helio P70 dengan Mali-G72 cukup membuat gahar hp Oppo F11 Pro.

Bahkan, dari penggabungan tersebut OPPO F11 Pro sudah bias dianggap hp gaming murah OPPO yang hadir dengan RAM 6GB berkapasitas memori 64GB. Hasil uji benchmark pun sangat menarik, terutama saat menggunakan 3D Mark. Hasilnya sudah mampu melewati batas wajar jika dilihat dari skor yang terpampang.

Fitur

oppo f11 pro

Ini yang wajib Anda tahu, banyaknya fitur AI yang disematkan OPPO pada F11 Pro membuat hp murah terbaru OPPO ini berhasil dalam pre-salenya.

Seperti biasa, ada Hyperboost, kemudian yang terbaru adalah VOOC 3.0 yang mampu mengisi daya lebih cepat dari smartphone OPPO sebelumnya. Dari hasil test berbeda sedikit dengan klaim OPPO yakni 20 menit untuk mencapai 100%. Pengujian berkahir pada angka 21 menit mencapai 100% baterai.

Fitur Ultra Night Mode juga menjadi andalan bagi OPPO F11 Pro untuk bisa bersaing sebagai hp kamera terbaik. Bekerja layaknya penggabungan antara proses HDR dan MFR yang menyatukan 7 gambar menjadi satu dengan adjustment yang terbaik.

Baterai

Tubuh besar, performa kuat, serta keunggulan dalam bidang kamera juga di dapuk sebagai hp gaming OPPO melepas F11 Pro dengan tenaga baterai 4000mAh.

Baterai besar tentunya hadir dengan fitur yang juga menawan. Kenyamanan pengisian ulang baterai dibantu dengan adanya VOOC 3.0. Penguji sangat merasakan perbedaannya ketika harus mengisi hp pribadi penguji yang masih memiliki tingkatan fast charging rendah dan membandingkannya dengan OPPO F11 Pro.

Dukungan mode savety charging juga tersemat pada OPPO F11 Pro. Percaya tau tidak, penguji tidak dapat menggunakan charger hp OPPO pada device lain yang juga memiliki karakter fast charging. Selain itu, meski terisi penuh dengan cepat F11 Pro akan stand by dalam pengisian saat penuh.

Ini yang membuat hp OPPO lebih nyaman dan aman dibandingkan hp lain yang juga menggunakan metode fast charging.

Konektivitas

Untuk urusan koneksi, OPPO masih mempercayakan pada port USB PD3 dan belum menggunakan type C, namun tetap memiliki kekuatan yang tidak bisa diremehkan.

Bluetooth sudah menggunakan versi 4.2, Sim Card dual Nano, dan juga WLAN 2.4G serta WLAN 5G yang bekerja lebih kuat dan lebih jauh rangenya.

Untuk kebutuhan ekspansi memori, Anda bisa memanfaatkan USB OTG berukuran berapapun. Namun, sayangnya kelengkapan tersebut belum didukung OPPO dengan pengadaan NFC pada F11 Pro.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 6.53 inch
Screen Resolution 2340 x 1080 Pixel
OS Android
Berat 190 g
Dimensi 161.3 x 76.1 x 8.8 mm

Kelebihan

Lengkap dengan ragam AI 
Baterai 4000mAh
Ultra Night Mode
VOOC 3.0
Beautification

Kekurangan

Tidak ada NFC

Kesimpulan

OPPO sukses memberikan identitas baru pada hp android terbaru OPPO F11 Pro dari Selfie Expert menjadi Camera Expert. Hal tersebut menjadi bukti bahwa inovasi yang dilakukan OPPO tak pernah berhenti.

Hadir dengan dua model warna Aurora Green dan Thunderblack, tampilan dan gaya elegan yang diusung oleh hp gaming murah terbaru OPPO ini sangat menyegarkan mata. OPPO sendiri saat ini membanderol harga F11 Pro pada angka kisaran Rp4.999.000.

Artikel Terkait

Komentar