Diperbaharui pada Kamis, 28 Maret 2019 | 19:35

Review Samsung Galaxy M10: Baterai Besar Ga Bikin Gusar

Samsung Galaxy M10
Sebuah smartphone di buat untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan banyak hal. Selain menelepon, hp bisa digunakan untuk memotret dan merekam, menonton video, mendengar musik, hingga eksis di sosmed. Bahkan data We Are Social mengungkapkan bahwa 142,8 juta orang atau sekitar 53% dari total populasi masyarakat Indonesia telah mengakses internet secara mobile.

Artinya, sebuah smartphone memiliki fungsi penting bagi pengguna yaitu, sebagai perangkat untuk tetap terkoneksi, memudahkan rutinitas sehari-hari, dan menghubungkan mereka dengan orang-orang di sekitarnya. Untuk terus tetap terkoneksi, tentunya dibutuhkan sebuah hp dengan baterai tahan lama, setidaknya bisa menemani pengguna beraktivitas selam seharian.

Nah, jIka Anda mencari smartphone baterai besar dengan harga murah mungkin bisa melirik Samsung Galaxy M10. Hp Samsung terbaru di 2019 ini memiliki kapasitas baterai tahan seharian, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya baterai di tengah kesibukan sehari-hari.

Karena smartphone ini akan menjadi #SobatAntiLowbat yang tepat dalam mendukung aktivitas. Tidak hanya itu, untuk mendukung performa yang optimal, Samsung Galaxy M10 dilengkapi dengan prosesor Octa-Core Exynos 7870 yang cukup mumpuni. Belum termasuk beberapa fitur lain yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung produktivitas Anda.

Samsung Galaxy M10 sendiri sudah tersedia di Blibli, Lazada, JD.id, Erafone, Telesindoshop dan Samsung.com.id. Berikut pengalaman kami menggunakan hp baterai besar yang dibanderol Rp 1 jutaan ini.

Desain

Samsung Galaxy M10
Samsung Galaxy M10 memang dibanderol sejutaan, tapi desain yang dimilikinya cukup menarik. Keseluruhan desainnya terbuat dari material akrilik yang mulus. Desain ini melengkapi bodinya yang tipis, sehingga terkesan apik dan menarik.

Samsung Galaxy M10 sendiri hanya memiliki ketebalan 7,7mm dengan bobot berkisar 163g. Kelebihannya tidak terlalu terlihat menonjol ketika dimasukkan ke dalam saku celana. Dan yang terpenting masih sangat nyaman saat berada dalam genggaman.

Untuk peletakkan tombol-tombol tidak banyak yang berubah dari hp Samsung lain. Di sisi kanan misalnya, Anda bisa menemukan tombol power dan volume yang diposisikan bersama. Posisi ini cukup ideal, karena Anda bisa mengakses kedua tombol tersebut cukup dengan ibu jari.

Di area belakang, Samsung menempatkan dual kamera utama lengkap dengan flash LED bersama logo Samsung dan speaker yang diletakkan menyamping. Lalu di bagian bawahnya terdapat jack audio 3,5mm, port microUSB dan Mic. Sedangkan di bagian atas hanya terdapat mic tanpa tambahan port atau tombol lain.

Untuk mengakses slot SIM card ada di sisi kiri. Menariknya, Samsung Galaxy M10 menawarkan tiga slot dengan konfigurasi dua slot SIM card dan satu slot eksternal memori. Untungnya apa? Yang pasti Anda bisa menggunakan dua kartu SIM sekaligus plus memori microSD secara bersamaan.

Sebab ada beberapa smartphone yang masih memakai slot SIM hybrid, dimana mengharuskan pengguna memilih memakai dua SIM card tanpa microSD atau menggunakan satu SIM card dan satu microSD. Sementara untuk opsi warna, Anda bisa memilih Samsung Galaxy M10 dalam varian Charcoal Black atau juga Ocean Blue.

Layar

Samsung Galaxy M10
Beralih ke bagian layar. Hp 1 jutaan ini tampil kekinian dengan layar menggunakan notch kecil. Samsung menyebutnya dengan teknologi Infinity-V display. Teknologi Infinity-V display membuat layar Samsung Galaxy M10 memiliki rasio screen to body mencapai 90 persen dengan aspek rasio 19 : 9.Tentu saja pandangan layar menjadi lebih luas, cocok untuk kamu yang hobi nonton.

Ukuran layarnya seluas 6,2 inci dan beresolusi HD+ 720 x 1520. Layar ini memiliki kedalaman warna mencapai 16 juta dengan panel berjenis PLS. Salah satu kelebihan layar PLS adalah memiliki kontras lebih tinggi 10% dibanding IPS. Dan itu sangat kami rasakan, dimana layar Samsung Galaxy M10 terlihat terang dengan warna cukup natural.

Kami pun merasa nyaman meski layarnya hanya di seting pada level kecerahan berkisar 20-25 persen. Image seperti foto, ikon dan teks masih terlihat jelas. Jadi untuk mendapatkan tampilan yang baik, Anda tidak perlu menggeser level kecerahan layar di posisi maksimum. Sehingga bisa lebih menghemat daya baterai. Karena salah satu komponen yang paling banyak menguras daya adalah layar.

Begitu pula ketika menonton video, dimana layarnya mampu menampilkan kontras yang baik. Scene malam yang ada di sebuah film menjadi lebih jelas terlihat. Yang pasti, menonton video di Samsung Galaxy M10 juga cukup puas melalui layarnya yang lapang.

Fitur Multimedia

Samsung Galaxy M10
Dengan layar lebar, Samsung Galaxy M10 bisa menjadi smartphone untuk nonton video yang nyaman. Tapi tidak hanya itu, ternyata masih ada keseruan lain yang ditawarkan. Di sektor multimedia, hp terbaik 1 jutaan ini sudah mendukung Widevine L1 Certification.

Mungkin banyak yang belum tahu, jadi sertifikasi ini berfungsi untuk memutar konten live streaming HD atau high definition. Artinya kamu dapat menikmati konten streaming dalam resolusi tinggi yang nyaman untuk dilihat.

Di tambah adanya teknologi audio Dolby Atmos akan membuat pengalaman multimedia kamu semakin menyenangkan. Di setingan tertinggi pun kualitas audio yang dikeluarkan terasa lantang dan tidak pecah. Kami cukup puas menikmati konten multimedia di Samsung Galaxy M10 ini.

Kamera

Samsung Galaxy M10
Bagi yang gemar fotografi tidak perlu khawatir. Meski Samsung Galaxy M10 dipasarkan dengan harga sejutaan, namun bukan berarti menurunkan kualitas, terutama di sisi kamera. Karena hp baterai besar ini mempertahankan fitur dual kamera belakang dengan konfigurasi 13MP + 5MP. Untuk komposisinya, sensor kamera 13MP memiliki bukaan atau aperture f/1.9. Dengan bukaan besar tersebut, kamera Samsung Galaxy M10 bisa menghasilkan foto terang meski dalam cuaca minim.

Sedangkan sensor kamera beresolusi 5MP berjenis ultra wide angle 120 derajat dengan aperture f/2.2. Kelebihan dari sensor ultra wide angle ini memungkinkan kamu menghasilkan foto wide angle dengan sudut pemotretan yang sempit. Misalnya foto bersama keluarga besar di dalam rumah yang memiliki keterbatasan ruang. Dengan sensor ultrawide, semua objek yang ada bisa masuk ke dalam frame foto. Caranya pun mudah, cukup tekan ikon pada layar dan system kamera berpindah ke sensor ultrawide secara otomatis.

Sedangkan untuk fitur kamera lain, kamu bisa memanfaatkan modus Live Focus untuk membuat foto bokeh yang ciamik. Tapi pastikan jarak antara objek foto dan kamera berada pada posisi yang pas, artinya tidak terlalu jauh ataupun dekat. Hasil foto bokeh di Samsung Galaxy M10 ini pun tidak kalah dari hp yang lebih mahal. Untuk fitur lainnya, ada modus panorama, pro, beauty, AR stiker dan continuous shot. Cukup lengkap untuk mengeksplorasi hobi forografi kamu.

Sekarang bergeser ke kamera depan, dimana sudah terpasang sensor berkekuatan 5MP. Kamera untuk selfie ini di dukung aperture f/2.0 yang dilengkapi fasilitas in display flash. Menurut kami, hadirnya fitur ini sangat membantu saat berselfie di kondisi kurang cahaya. Namun pastikan jarak antara kamera dan objek tidak terlalu jauh. Kamu juga bisa menambahkan stiker-stiker unik dan lucu agar foto selfie menjadi lebih menarik.

Hasil foto Samsung Galaxy M10 :

hasil foto samsung galaxy m10Foto normal tanpa ultra wide angle

hasil foto samsung galaxy m10Hasil foto ultra wide angle

hasil foto samsung galaxy m10Hasil foto bokeh

hasil foto samsung galaxy m10foto selfie bokeh

Performa

Samsung Galaxy M10
Nah, sekarang waktunya menjajal performa dari Samsung Galaxy M10. Sebelumnya dapat diinformasikan bahwa spesifikasi Samsung Galaxy M10 ditenagai chipset Exynos 7870. Sebuah prosesor besutan Samsung yang memiliki kecepatan 1.6Ghz. Prosesor ini akan di sokong memori RAM 2GB dan ROM 16GB dengan opsi pembesaran hingga 512GB.

Spesifikasi ini masih cukup oke untuk menemani aktivitas harian, mulai dari browsing, chating, aktif di sosmed, memotret objek menarik, menonton video atau mendengarkan lagu. Dari informasi software di Samsung Galaxy M10 yang kami uji, hp ini berjalan dengan OS Android 8.1.0 Oreo dengan UX Samsung Experience 9.5. Untuk lebih menghemat memori internal, file-file dengan ukuran besar seperti foto, video atau lagu sebaiknya di simpan di memori eksternal.

Bagaimana dengan gaming? Tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa memainkan game online popular seperti PUBG dengan lancar. Untuk grafis berada pada setingan balanced dengan frame rate medium. Setidaknya, bermain game PUBG di hp harga sejutaan seperti Samsung Galaxy M10 berjalan lancar.

Baterai Besar 3.400mAh

Samsung Galaxy M10
Baterai menjadi salah satu fitur yang cukup membantu untuk beraktivitas. Dalam penggunaan normal seperti browsing, chating, sosmed, baterai Samsung Galaxy M10 mampu bertahan seharian (dari pagi hingga malam). Dalam catatan kami, untuk penggunaan harian dari kapasitas baterai 66 persen hingga 1 persen baterainya bertahan selama 9 jam 18 menit.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.22 inch
Screen Resolution 1520 x 720 Pixel
Detail Prosesor 7870
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.6 GHz
GPU Mali-T830 MP1
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 5 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
USB microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Samsung Galaxy M10 hadir dengan beberapa kejutan, salah satunya dari sisi harga. Dimana banderol harga Samsung Galaxy M10 yang di jual sejutaan, hp ini menawarkan kapasitas baterai besar, dual kamera, layar lapang dengan teknologi Invinity-V Display. Dengan baterai besar yang dimilikinya, Samsung Galaxy M10 sangat cocok untuk kamu ingin tetap terkoneksi. Yang pasti beraktivitas seharian dengan Samsung Galaxy M10 kamu tidak perlu gusar.

Cek juga video review Samsung Galaxy M10 di chanel Youtube Pricebook di bawah ini :

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2433 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.