Diperbaharui pada Senin, 25 Maret 2019 | 20:02

240Hz Monitor Gaming BenQ ZOWIE XL2546, PUBG Gamers Banget!

BenQ Zowie sudah tak mungkin asing lagi di telinga para gamer esport tanah air maupun mancanegara. Penggiat game fps saat ini sudah banyak melirik monitor yang satu ini untuk berbagai tipenya. Diperkenalkan pada tahun 2008, BenQ sendiri sejatinya hanya mengakuisisi brand gaming terbaik dunia ini menjadi bagian dari produk series mereka.

Hingga saat ini BenQ Zowie Series terdapat 2 tipe yakni Zowie RL dan juga Zowie XL. Monitor gaming Zowie sendiri lahir untuk mengatasi pembatasan respon time lambat yang sering dialami para gamer ketika bermain menggunakan console Playstation, Xbox maupun PC. Selama ini anggapan penggunaan layar besar monitor pc adalah yang terbaik karena dipastikan memiliki fps tinggi.

Namun ternyata, kendala tetap jadi kendala, pasalnya tampilan grafis sebuah game tentunya berbeda dengan tampilan grafis sebuah video dan juga sinetron. Penguji teringat ketika bermain game Tekken dan juga Mortal Combat menggunakan layar TV LED yang berujung pada mata merah dan pusing.

Kalibrasi warna dan ketajaman yang tidak bersahabat menjadikan penguji mengalami hal tersebut. Namun setelah berpindah ke monitor gaming, bermain jadi lebih santai dan lebih lama. Apalagi saat ini, setiap pasang mata memainkan game PUBG yang sedang naik daun, bahkan sampai harus dimasukan dalam agenda fatwa haram PUBG oleh MUI karena terlalu banyak pemainnya.

Zowie sendiri juga menjadi monitor gaming PUBG yang selalu setia menjadi partner setiap acara berlevel internasional hingga dikenal dengan Zowie PUBG. Tanpa panjang lebar, Pricebook.co.id berkesempatan menguji salah satu produk monitor gaming pubg terbaik, yakni BenQ Zowie gaming monitor XL2546 24,5 inci.

Seperti apa rasanya, dan apa saja fitur bawaan yang bisa dimanfaatkan dalam setiap permainan? Berikut hasil review dari BenQ esport monitor Zowie pubg gaming terbaru.

Desain

zowie monitor

Seperti review pada umumnya, penguji memulai dari desain gaming monitor BenQ Zowie XL2546. Sebagai esport monitor gaming, BenQ ini punya sedikit karakteristik yang berbeda dengan monitor pada umumnya.

Tidak berbeda jauh dengan monitor gaming pada umumnya, namun lekukan dinamisnya yang jadi pembeda. Lekuk pada sisi layar menjadikan cahaya yang dikeluarkan layar tidak terlalu memantul secara deras ke mata dan tidak berpendar di sisi monitor.

benq zowie xl2546

Bagian penyangga memang tidak ada kontrol lock hingga monitor mudah turun ke dasar atau memang desain ergonomis yang diberikan sedemikian rupa sehingga memudahkan gamer untuk berpindah fase monitor sesuai kenyamanan hanya dengan 1 jari.

Setting ruler terdapat di sisi leher penyangga monitor sebagai pembantu mengingat posisi terbaik saat menggunakan monitor. Mungkin saja Anda seperti penguji yang bergantian mencoba kenyamanan monitor gaming baik di rumah dan di kantor sehingga setingga posisi uenak setiap orang berbeda dengan Anda.

Tombol pengaturan layaknya sebuah shortcut pada bagian bawah panel monitor, hal ini karena pengoperasiannya yang sangat berbeda dengan monitor gaming murah lainnya dan terkesan lebih tech.

Layar

zowie

Tingkat kecerahan layar pas, bahkan terdapat adjustment otomatis untuk kadar kecerahan dan juga kepadatan frame sesuai dengan kategori. Kategori pengaturan terdiri dari standar, movie, game dan beberapa lainnya. Layar BenQ gaming monitor XL2546 memang dirancang khusus untuk Gamer pro yang membutuhkan ritme permainan yang cepat dan tanpa jeda.

Monitor zowie ini dirancang untuk jenis Game terbaru yang lebih didominasi tampilan grafis 3D nyata, kompleks, dan serba cepat. Bicara soal flicker, sudah ada claim dari BenQ soal monitor gaming Zowie  240Hz Monitor Gaming (Indonesia) mereka yang dibekali Flicker-free. Pada sesi uji calibrasi, flicker yang terasa cukup halus bahkan hampir tidak terasa ada.

Penguji mencoba untuk menonton film dari youtube dengan membandingkannya pada monitor gaming lain, hasilnya BenQ jauh lebih nyaman, baik dari segi warna dan juga tingkat kecerahan. Layar 24,5 inci memiliki resolusi Full HD yang dua kali lebih baik dibanding layar HD standar.

Monitor BenQ XL2546 dibekali Refresh Rate dan Response Time super cepat sehingga membuat transisi gambar adegan berkecepatan tinggi tampil lebih halus dan bebas blur.

switch s benq zowie

BenQ XL2546 memiliki tombol S-Switch Arc Remote Control yang memudahkan mengatur tampilan dan memilih mode pengaturan gambar secara manual. BenQ XL2546 adalah solusi tepat untuk hadirkan performa aksi memukau dari Game-Game favorit Anda. Bagi penguji, status layar dengan model panel TN yang dimiliki sangat aman dengan mata penguji. Secara teknis, response time mencapai 1ms(GtG) sudah sangat layak untuk digunakan dalam esport gaming kelas kakap.

Untuk sekedar bermain PUBG, layar yang diberikan mampu menampilkan aksi nyaman meskipun semua kembali lagi pada jenis VGA yang kalian gunakan. Kebetulan pengguna masih menggunakan Gigabyte RX540 4GB, masih cukup untuk memainkan game casual maupun FPS yang sewajarnya.

Fitur

Fitur Benq Zowie

Layar Monitor BenQ XL2546 juga hadir dengan fitur pengaturan layar yang fleksibel. Fitur 20 Level Color Vibrance memberikan Anda keleluasaan untuk memilih pengaturan warna sesuai kebutuhan. Jenis Game apapun yang dimainkan, Anda bisa memilih komposisi warna yang paling pas.

Tampilan layar pun bisa disesuaikan ulang dengan Display Mode dan Smart Scaling. Dengan fitur ini Anda bisa mengubah tampilan layar menjadi 17 Inch, 19 Inch, 19 Inch Wide, 21.5 Inch Wide, 22 Inch Wide, dan 23 Inch Wide. Fitur eQualizer dapat membuat gambar yang gelap menjadi lebih terang. Fitur ini cocok digunakan saat bermain Game FPS, RPG, RTS, atau apapun Game yang punya visual dominan gelap.

konektivitas Benq Zowie XL2546

Konektivitas port tersedia di bagian bawah dan juga di sisi kiri layar. Sebagai informasi tambahan semakin besar Refresh Rate maka gerakan objek pada gambar akan terlihat lebih halus. BenQ XL2546 memiliki Refresh Rate 240Hz atau dua kali lebih tinggi dibanding Monitor standar yang berkisar 120Hz atau 144Hz Monitor Gaming (Indonesia).

Refresh Rate dan Response Time adalah dua hal yang cukup penting diperhatikan pada Monitor Gaming selain ukuran layar dan resolusi. Response Time sendiri adalah kemampuan Monitor dalam merespon sinyal gambar dari PC ke Monitor. Semakin singkat Response Time membuat gambar tetap tajam dan tidak kabur terutama saat menampilkan objek bergerak cepat.

s switch arcTombol S Switch Arc adalah tombol pengaturan layar eksternal yang bisa digunakan untuk ubah pengaturan layar. Pengaturan layar yang bisa dipilih bisa disesuaikan baik untuk bermain Game, bekerja, atau menikmati hiburan multimedia. Tombol bulat ini memudahkan Anda mengatur pengaturan layar secara cepat.

Tombol Auto Mode memungkinkan layar Monitor dapat menyesuaikan pengaturan layar tergantung jenis Game atau komposisi visual. Anda pun bisa menambahkan hingga tiga mode setelah layar agar bisa digunakan saat dibutuhkan.

blue light zowie

BenQ Zowie XL2546 mengadopsi teknologi terbaru Low Blue Light yang mengurangi frekuensi sinar biru yang dari layar. Sinar biru memiliki panjang gelombang 400-500nm atau 3 kali lebih kuat dibanding sinar matahari. Jika tanpa Low Blue Light mata akan mudah terpapar sinar biru sehingga menyebabkan mata rusak dan cepat pusing.

Teknologi Flicker Free hilangkan kedipan, bias warna, dan memuluskan tampilan objek gambar bergerak. Teknologi Flicker-Free juga mampu mengurangi kelelahan pada mata akibat terlalu lama menatap layar Monitor. Berbeda dengan layar Monitor LCD yang menghasilkan Flicker 200 kali/detik, Monitor BenQ tidak menghasilkan Flick sehingga tidak membuat mata Anda cepat lelah.

pengaturan benq zowie

Kenyamanan bertambah dengan adanya shield kiri dan kanan, jadi bisa terhindar dari contekan lawan. Apalagi bermain game seperti Fortnite dan juga PUBG sangat membutuhkan strategi, jangan sampai ketahuan posisi Anda. Monitor juga bisa diposisikan menengadah ataupun merunduk sesuai keinginan pengguna.

Kriteria Spesifikasi
Panel Type TN
Screen Size 24.5 inch
Resolution 1920 x 1080
Response Time 1 ms
Refresh Rate 240 Hz
Aspect Ratio 16:9
Contrast Ratio 1000:1
Brightness 320 cd/m2
Color Display 16.7 Million
Viewing Angles 170 °
Power Comsumption 55 W
Weight 7.5 kg
Dimensions 515.43 x 569.94 x 226. mm
Colors Hitam
Tipe Monitor LED
HDMI Ports 2 Port(s)
Other Ports DVI- DL
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Performa yang dihasilkan selama pengujian menjadikan patokan utama penguji terutama mengenai rasa. Rasa dari penggunaannya serta perbedaannya dengan monitor gaming maupun monitor LCD lainnya. Penguji cukup menyarankan bagi Anda penggemar gaming, baik pemula maupun veteran untuk mencoba monitor gaming ini.

Untuk urusan harga secara spesifik Anda bisa langsung mengunjungi BenQ Store, atau mengikuti panduan milik Pricebook.co.id. Anda bisa memilih sendiri kriteria dari masing masing produk esport zowie monitor yang ingin Anda miliki. Di BenQ Store Anda juga bisa menemuakan BenQ Gear atau Zowie Gear untuk menambah ketrampilan bermain game Anda.

Kelebihan Kekurangan
Flicker free Monitor berat
Low Blue Light Tampilan tombol power yang kurang gahar
S Switch Arc  

Monitor BenQ Zowie Lainnya

Selain tipe BenQ Zowie XL2546, Anda juga masih bisa memilih monitor gaming lain dari BenQ Zowie series. Berikut ada;ah daftar monitor BenQ Zowie lainnya :

Nama Harga di Pasaran Screen Size
BenQ ZOWIE XL2540 belum ada harga 24.5 inch
BenQ ZOWIE XL2735 Rp 18.980.000 27 inch
BenQ ZOWIE XL2536 Rp 4.895.000 24.5 inch
BenQ ZOWIE XL2740 Rp 9.790.000 27 inch
BenQ ZOWIE XL2720 Rp 6.410.000 27 inch

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.