Review Huawei Y7 Pro : Performa Meningkat dengan RAM 4GB

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 11 Feb 2019 | 16:48

Huawei Y7 Pro 2019
Hp terbaru dengan harga Rp 1 jutaan rupanya menjadi sasaran baru para vendor. Salah satunya adalah Huawei yang belum lama ini merilis Huawei Y7 Pro 2019. Harga yang dibanderol pun cukup murah untuk ukuran hp Huawei terbaru, yaitu hanya Rp1.999.000 dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Wajar bila hp ini menjadi buruan baru pengguna, bahkan dalam penjualan perdana di Lazada di klaim 16.000 unit Huawei Y7 Pro ludes dalam waktu 12 menit.

Ini merupakan gebrakan Huawei di awal tahun 2019 yang membawa hp RAM 3GB berharga di bawah 2 juta. Spesifikasi Huawei Y7 Pro terbaru ini juga cukup oke. Mengusung desain kekinian dengan notch dewdrop dan layar full screen, hp ini sangat cocok bagi kalangan anak muda yang menginginkan perangkat yang mumpuni tapi tak bikin kantong bolong. 

Huawei Y7 Pro juga diperkuat dual camera berteknologi artificial intelligence (AI) 13MP+2MP di belakang dan kamera depan 8MP. Serta masih ada beberapa fitur lain yang cukup menarik untuk dimiliki. Mengenai performa secara keseluruhan, kami berkesempatan untuk mereview Huawei Y7 Pro. Produk yang kami review merupakan versi RAM 4GB dan ROM 64GB. Harga Huawei Y7 versi RAM 4GB ini dipasarkan Rp2.799.000.

Desain

Huawei Y7 Pro 2019
Untuk yang menyukai desain kekinian, Huawei Y7 Pro 2019 telah memenuhi unsur tersebut. Mengusung konsep layar dewdrop berupa notch kecil sebagai lokasi menempatkan kamera depan. Konsep ini juga banyak di usung beberapa hp lain karena memiliki kelebihan yang menawarkan tampilan yang lebih luas. Sehingga sangat nyaman saat menonton atau bermain game.   

Bodi hp ini di balut material polycarbonat yang diklaim bisa meningkatkan daya tahan terhadap goresan. Huawei juga mengemas hp ini dengan opsi warna yang menarik yaitu Midnight Black dan Aurora Blue. Huawei Y7 Pro 2019 yang kami terima adalah Aurora Blue dengan gradasi warna yang apik. Sayangnya, permukaan bodi bagian belakang ini sangat rentan terhadap jejak sidik jari. Tapi overall tampilan si Huawei Y7 Pro ini cukup menarik.

Untuk tombol dan port tidak berbeda dari smartphone kebanyakan dan hp ini masih menggunakan port USB micro, jadi belum dibekali port USB type C. Satu hal lagi, Huawei Y7 Pro 2019 juga tidak menyediakan sensor fingerprint. Tapi tidak perlu khawatir, karena untuk mengunci pernakgat pengguna bisa memanfaatkan fitur face unlock.

Layar

Huawei Y7 Pro 2019
Huawei membekali Y7 Pro 2019 dengan bentang layar seluas 6,26 inci dengan panel layar berteknologi HD+ 720 x 1520 pixel. Layar ini memiliki bezel yang tipis di sisi kanan dan kiri, sehingga memungkinkan perangkat tetap memiliki bodi ramping.

Dengan rasio screen to body mencapai 80 persen, layar Y7 Pro menawarkan tampilan yang luas. Menikmati konten video di Huawei Y7 Pro juga cukup puas meski sedikit terpotong karena adanya notch kecil.

Kamera

Huawei Y7 Pro 2019
Di sektor imaging, kualitas kamera yang ditawarkan Huawei pada produk mereka sangat bisa diandalkan. Bisa dilihat dari kualitas kamera Huawei 3i yang sudah rilis sebelumnya. Termasuk di Huawei Y7 Pro 2019 ini yang membawa dual kamera belakang 13 MP + 2 MP. Sensor 13 MP ini memiliki aperture atau bukaan f/1.8 yang memungkinkan pengambilan cahaya lebih besar. Sedangkan kamera 2 MP merupakan depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh.

Selain itu, kamera ini jug asudah di dukung PDAF (phase detection auto focus) untuk mengunci fokus objek dengan lebih cepat. Yang terpenting, Huawei juga sudah menyematkan teknologi AI (artificial intelligence) pada dual kamera belakangnya. Teknologi AI di Huawei Y7 Pro mampu mengenali 22 objek berbeda yang terdiri dari, langit, manusia, binatang dan pantai.

Fitur ini cukup penting karena akan membantu memberikan adjustment untuk memperbagus hasil foto pada objek yang dikenalinya. Sedangkan di bagian depannya sudah terpasang kamera 8 MP untuk foto selfie.

Langsung saja lihat hasil foto kamera Huawei Y7 Pro 2019 di bawah ini :

Hasil foto huawei y7 pro 2019
Hasil foto huawei y7 pro 2019
Hasil foto Huawei Y7 pro 2019
Performa

Huawei Y7 Pro ditenagai prosesor Snapdragon 450 dengan kecepatan sampai 1.8GHz. Prosesor ini memang bukan yang terbaik untuk gaming, namun masih sangat layak untuk penggunaan sehari-hari.

Meski demikian, bukan berarti tidak bisa memainkan game favorit ini. karena saat di coba kami masih bisa memainkan game PUBG dengan lancar meski di setingan low dan menemukan beberapa lag di beberapa scene tertentu. Tapi secara umum masih cukup ok. Begitu juga saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya berjalan cukup cepat tanpa gangguan.

Apalagi Huawei juga menyediakan versi RAM 4GB dan ROM 64GB seperti yang kami gunakan. Hasilnya hp ini tidak mengalami kesulitan ketika digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi pada saat yang bersamaan atau multitasking.

huawei y7 pro
Baterai

Baterai menjadi salah satu keunggulan lain dari Huawei Y7 Pro. Pasalnya, di dalam hp ini sudah tertanam baterai besar berkapasitas 4000mAh. Berdasarkan pengalaman kami untuk penggunaan baterai Y7 Pro 2019 cukup puas. Dalam kondisi baterai full bisa digunakan selama seharian untuk aktivitas yang normal, seperti chating, browsing, sosmed dan lainnya.

Untuk penggunaan khusus seperti gaming dan menonton video memiliki situasi yang berbeda. Saat digunakan untuk menonton video HD dengan durasi kurang lebih 1 jam, baterainya hanya turun sebesar 6 persen. Sedangkan untuk penggunaan gaming, bermain game PUBG 1 jam baterainya berkurang hingga 10 persen.

Huawei Y7 Pro 64GB (2019)
Harga termurah

Rp 2.500.000

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.26 inch
Screen Resolution 1520 x 720 Pixel
Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.8 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Belakang 2 2 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
USB microUSB
Kapasitas Baterai -

Kesimpulan

Dari uraian di atas, Huawei Y7 Pro 2019 memang memiliki keunggulan pada desain dan sudah dibekali beberapa fitur kekinian. Layar notch dewdrop, dual kamera, baterai besar hingga bodi belakang dengan pewarnaan yang mengikuti tren, menjadi beberapa keunggulan yang cukup menarik. Apalagi kini sudah tersedia Huawei Y7 Pro 2019 versi RAM 4GB dan ROM 64GB yang menawarkan performa lebih baik.

Artikel Lainnya

Komentar