Review ASUS TUF Gaming FX505: Laptop Gaming Tahan Banting

Oleh Imam Ali updated Kamis, 6 Des 2018 | 19:51

TUF Gaming FX505
ASUS tidak main-main dalam memanjakan konsumennya. Terutama untuk para penggila game dan juga performa. Kali ini hadir dari lini TUF Gaming FX505 yang di dapuk sebagai laptop gaming ASUS terkuat selain versi ROG yang mereka punya. 

Pasti pengen tahukan kekuatan dan juga performa yang di gadang oleh ASUS di TUF Gaming FX505 ini. Beruntung Pricebook mendapat rujukan produk review secara langsung dari ASUS. Berikut hasil ulasan kami selama beberapa hari menggunakan ASUS TUF Gaming FX505.   

Desain

ASUS TUF Gaming FX505

ASUS TUF Gaming FX505 memiliki ukuran yang bisa di bilang ramping untuk ukuran laptop gaming. Meski berukuran ramping, namun bodi TUF Gaming FX505 ini sangat solid. Menggunakan cover yang terbuat dari alumunium dan Radiating-X membuat tampilan laptop gaming ini telrihat sangat unik dan menarik untuk dilihat. Struktur bodinya menggunakan desain hexagonal yang membuatnya lebih gahar. Sangat mengesankan dunia gaming yang sesungguhnya. 

Masuk ke bagian dalamnya, nuansa gaming terasa jauh lebih kental. Fokus utama akan tertuju pada tampilan keyboard yang menggoda untuk dimainkan. Bukan tanpa sebab, karena  keyboad di ASUS TUF Gaming sudah dilengkapi dengan AURA Sync RBG.

Ini merupakan fitur ekslusif yang memungkinkan kita melakukan kustomisasi tampilan keyboard. Kustomisasi tersebut mencakup memilih warna backlight yang berbeda serta memilih efek agar lebih memikat mata. Oiya, seperti laptop gaming pada umumnya, ASUS juga memberikan nuansa berbeda pada tombol WASD. 

Layar

Asus tuf gaming
Tidak seperti laptop gaming pada umumnya yang memiliki bodi bongsor dan berat, ASUS TUF Gaming justru hadir dengan bodi yang ringkas. Karena  ASUS telah menggunakan teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan layar TUF Gaming memiliki bezel tipis dan bisa memangkas ukuran bodi.

Kelebihannya sangat mudah dimasukkan ke dalam backpack yang dapat memberikan rasa nyaman ketika di bawa. Bezel layar TUF Gaming sendiri hanya berkisar 6,5 mm, membuat tampilannya terlihat lebih lapang. 

ASUS TUF Gaming FX505 sendiri menggunakan layar seluas 15,6 inch dengan resolusi Full HD berjenis IPS. Yang sangat terasa nyaman adalah layar ini sudah disematkan dengan refresh rate mencapai 144 hertz.

Dengan refresh rate 144 hertz, artinya, pengalaman bermain game akan semakin maksimal dan terhindar dari yang namanya lag, stutter dan warna gambar yang kabur. Termasuk mampu menampilkan gambar 4K, layarnya masih mampu tampil sangat baik dan nyaman di mata. 

Standar Militer

ASUS TUF Gaming FX505
Fitur ini menjadi salah satu keunggulan lain yang ditawarkan ASUS TUF Gaming FX505. Karena dalam proses pembuatannya sudah mengantongi sertifikasi standar militer MIL-STD 810G yang menjamin ketangguhannya.

Dimana laptop gaming ramping ini sudah lolos dari berbagai pengujian esktrem seperti tes jatuh (drop test), tes guncangan (vibration test), tes penggunaan di ketinggian (altitude test), hingga tes di suhu tinggi dan rendah (temperature test).

Untuk pengujian drop test kami coba jatuhkan dari ketinggian 1 meter, dan laptop gaming ini masih tetap aktif. Begitu pula ketika di uji dengan cara diinjak dengan bobot hingga 60kg, laptop ini masih berjalan normal. 

Sistem pendingin   

ASUS TUF Gaming FX505
Sistem pendingin merupakan satu hal yang harus diperhatikan pada setiap laptop gaming. Maka dari itu ASUS TUF Gaming FX505 sudah dilengkapi dengan teknologi Fan Overboost yang memungkinkan kecepatan putaran kipas meyesuaikan diri dengan suhu dan kondisi CPU serta GPU secara otomatis.

Kipas pendingin diletakkan tepat di bawah keyboard agar supaya suhu panas dapat dikeluarkan dengan cepat. Dengan begini juga suhu pada keyboard juga tidak akan panas berlebihan yang akan mengganggu aktivitas gaming. ASUS juga menerapkan fitur anti debu (Anti –Dust Cooling) pada ASUS TUF Gaming FX505 untuk mencegah debu yang menumpuk secara berlebihan yang bisa menyebabkan temperatur pada laptop meningkat. 

Performa 

Masuk ke performa. ASUS TUF Gaming FX505 ditenagai prosesor Intel generasi ke-8 dan grafis Nvidia GeForce GTX. Dalam perangkat yang kami uji memiliki konfigurasi  prosesor Core i5-8300H dengan pengolah grafis Ge Force GTX1050. Kulik-kulik menggunakan beberapa benchmark hasilnya sebagai berikut :

pcmark 10
3dmark
3dmark
Meski satu tangga di bawah ROG, tapi TUF Gaming FX 505 sangat bisa membuat puas dalam bermain game. Kami mencoba bermain PES 2018, CSGo, hingga Teken. Hasilnya benar benar lancar jaya. Warna yang disajikan tajam, bahkan karakter game benar benar terlihat bersih. 

No ngadet atau no lag, itu yang pastinya dicari para gamer. Dan ASUS mewujudkan dalam TUF Gaming FX505 dalam bentuk GTX1050. Hasilnya memukau, dari semua game yang dimainkan belum menemukan cacat performa. Sedangkan untuk memori sudah di dukung dengan RAM 8GB DDR4 berkecepatan 2666Mhz serta menggunakan media penyimpanan HDD 1TB.  

Baterai

pcmark baterai tes
Baterai merupakan salah satu bagian penting yang harus menjadi perhatian ketika ingin membeli sebuah laptop gaming. Apalagi selama ini baterai jadi titik lemah sebagian besar laptop gaming. Karena dengan spek yang sangat bertenaga tentu bayak produsen laptop gaming mengorbankan daya tahan baterai. Hasilnya banyak laptop gaming yang tidak bisa bertahan lebih dari 3 jam, bahkan untuk penggunaan standar. 

Ini yang coba ditawarkan ASUS TUF Gaming FX505, menggunakan baterai dengan daya tahan baterai yang lebih baik dari laptop gaming lainnya. Di uji menggunakan PCMark 8 Battery Test, TUF Gaming FX505 berhasil bertahan selama lebih dari 4 jam. Artinya, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat meski harus beraktivitas secara mobile.

ASUS TUF Gaming FX505 | Core i5-8300H
Harga termurah

belum ada harga

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i5
Nomor Prosesor 8300H
RAM 8 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce GTX 1050
Graphic Card Memory Size 4 GB
USB 3.0 2 Port(s)

Kesimpulan dan Harga

Dari semua uji yang dilakukan pricebook pada TUF Gaming FX505, yang paling menarik adalah uji ketahan tubuh. Karena seringnya ketika menggunakan laptop tanpa sengaja tersenggol dan jatuh. ASUS TUF Gaming mampu mengatasi hal tersebut dengan solusi bodi solidnya.

Secara keseluruhan, baik performa, tampilan, hingga kekuatan laptop ini dirasa bukan lagi anak bawang ROG alias adik ROG. Mengenai harga ASUS TUF Gaming FX505 versi Core i5-8300H dengan GTX 1050 dan RAM 8GB akan dipasarkan Rp14.299.000.

Artikel Lainnya

Komentar

Ratna Sari Jumat, 7 Des 2018 | 00:04
Mantap semakin canggih dan keren disainnya
Refan Al Ihya Jumat, 7 Des 2018 | 19:41
Good laptop
Jejen bekool Sabtu, 8 Des 2018 | 08:20
Good laptop.. bagus semakin berkembang.
Agung prakoso Minggu, 9 Des 2018 | 10:04
Top