Diperbaharui pada Rabu, 31 Oktober 2018 | 17:21

Laptop Acer Swift 3, Desain Menarik dan Lebih Nyaman Dengan Fingerprint

Acer semakin giat menelurkan produk baru tahun ini. Kali ini, pricebook.co.id berkesempatan untuk mencicipi salah satu produk baru Acer di tahun 2018 ini. Mungkin banyak yang ingin tahu seperti apa rasanya menggunakan produk yang satu ini.

Acer Swift 3, mungkin sudah tidak terlalu asing lagi di telinga. Karena selain desainnya yang cantik, laptop ini ternyata memendam banyak teknologi di dalamnya. Tak perlu berlama-lama untuk penasaran, berikut hasil review yang bisa kami ulaskan untuk Anda.

Desain

Dari segi desain, Acer terlihat lebih bermain dengan tampilan pada Swift 3. Kesan mewah tertampil dari sisi-sisi bodi yang diberi sentuhan grill list berwarna silver. Untuk warna, kebetulan pricebook.co.id berkesempatan mencicipi varian stellar blue.

Desain yang diusungnya sangat simetris, perangkat ini dibalut bahan metal dengan lekukan bulat sempurna di tiap sudutnya untuk memberikan kesan ringkas namun tetap mewah. Untuk urusan bobot, laptop gaming kelas middle milik Acer ini cukup ringan. Bahkan Anda mungkin bisa membandingkannya dengan laptop gaming lain di kelasnya. Acer Swift 3 ini memiliki ketebalan hanya 17,95 mm dan berat 1,6 kg yang tergolong nyaman dibawa ke mana-mana.

Fitur

Berbeda dengan laptop pada umumnya, untuk security system laptop Acer Swift 3 ini sudah didukung dengan fingerprint. Dan fitur ini jarang Anda temukan di laptop lain yang memiliki kelas setara atau sebanding. Fingerprint scanner type touch yang dimiliki akan melindungi notebook dan data di Anda dari orang-orang yang tidak memiliki akses. Selain itu, Anda juga bisa melakukan login lebih cepat, mudah, dan nyaman dibandingkan harus login menggunakan password. Cocok sekali untuk yang suka praktis dan sering lupa dengan kata sandi yang panjang.

Swift 3 (SF314-52G) juga dibekali dengan backlit pada keyboard yang sangat bermanfaat saat harus mengetik di tempat yang minim cahaya dan sangat membantu bagi Anda yang sering bekerja sampai larut malam. Acer juga memberikan kemampuan wide viewing angle hingga 170 derajat dan juga tambahan Corning Gorilla Glass sebagai penguat layar. Sebagai laptop yang direkomendasikan menjadi laptop gaming murah di kelas middle end, Acer Swift 3 juga dibekali dengan penyimpanan bertipe SSD yang mampu menjamin kecepatan dalam kinerja baik menyimpan dan menulis. Tak hanya itu, Acer Swift 3 juga terintegrasi dengan skype business. Jadi jika kalian penggemar dan pengguna skype, Anda bisa memanfaatkan kamera yang ada di atas layar monitor. 

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, Swift 3 (SF314-52G) menyematkan port yang cukup banyak. Sebut saja USB 3.0 yang mendukung fitur power-off USB charging sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan charging smartphone. Tidak lupa Acer menyertakan USB 3.1 Type C yang multifungsi. Port USB ini mampu melakukan transfer data hingga 5 Gb/s atau 10 kali lipat lebih kencang dibanding USB 2.0, serta sudah kompatibel dengan gadget-gadget  masa kini sehingga kamu tidak perlu mengganti atau menambah hardware ke depannya.

Keunggulan lain dari notebook tipis dan ringan ini adalah adanya fitur konektivitas Wi-Fi WLAN 802.11ac 2×2 MU-MIMO. Teknologi ini memungkinkan kamu menikmati performa konektivitas internet 5 kali lebih cepat dibandingkan kebanyakan notebook lainnya. Dengan begini, kamu bisa browsing apapun dengan cepat, melakukan video call dengan lancar, hingga menikmati film streaming dengan mulus.

Performa

Sebagai laptop yang pertama kali menggunakan prosesor intel generasi ke-8, laptop ini mampu memberikan jaminan bermultitasking yang baik. Performa tangguh Swift 3 juga sangat terlihat saat diajak bermain game-game terkini.

Demi mendukung pekerjaan komputasi sehari-hari, Acer Swift 3 telah dirancang dengan prosesor Intel Core i5  dan i7 Generasi ke-8 serta RAM sebesar 8GB. Kombinasi teknologi ini akan sangat membantu untuk pekerjaan harian hingga aktivitas hiburan. Mungkin Anda penggemar FIFA atau Pro Evolution Soccer, bahkan penggemar PUBG dan juga Need For Speed. Semua game tersebut bisa dimainkan dengan baik saat menggunakan Acer Swift 3.

Swift 3 diberkati dengan grafik NVIDIA GeForce MX150. Kartu grafis ini mampu menghadirkan performa hingga 4 kali lebih tinggi dibandingkan perangkat dengan integrated graphics. Selain itu, NVIDIA GeForce MX150 juga dapat digunakan pada aplikasi foto editing. Tak tanggung - tanggung, kecepatannya memunculkan dari window serta pengoperasian programnya 2,5 kali lebih cepat bahkan 4 kali lebih cepat saat digunakan untuk video editing dibandingkan perangkat dengan kartu grafis yang terpisah.

Namun tetap saja, penulis belum bisa merekomendasikan perangkat ini untuk digunakan dalam pekerjaan editing yang berat dalam waktu lama. Namun untuk game, swift 3 bisa memberikan tampilan yang baik selama pengujian.

Ketahanan

Diuji terakhir ini, penulis ingin mengatakan bahwa sebagai laptop gaming yang minimalis, laptop ini mampu bertahan lama. Bahkan lebih lama dari baterai laptop penulis sendiri. Pihak Acer boleh melakukan claim 10 jam, tapi kenyataannya dari hasil test bermain game Pro Evolution soccer secara nonstop, laptop ini bisa bertahan selama kurang lebih 6 jam.

Dan digunakan untuk menyetel musik via youtube sambil mengetik, baterai laptop ini awet 8 jam. Namun, itu semua hanya sampai sisa baterai dibatas 20%. Dalam pengaturan default yang dimiliki, secara otomatis baterai akan berpindah ke mode battery saver dan memberikan estimasi shutdown hingga 2 jam lebih.

Jadi, untuk bermain game penulis asumsikan, laptop ini dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama. Claim Acer terbukti benar jika mereka mengatakan battery life up to 12 hours. Hal ini dikarenakan dalam penggunaan idle atau tidak digunakan, laptop swift 3 milik Acer ini bisa hidup lebih lama yaitu 12 jam lebih 25 menit. Hasil ini di dapat dari penghitungan waktu 100% baterai ditinggal oleh penguji hingga 5% baterai sebelum sampai ke titik 0%.

Kelebihan

  • Fingerprint
  • Skype business
  • Nvidia MX 150
  • Baterai irit

Kekurangan

  • Cepat Panas
  • Tingkat sensitif fingerprint terkadang error

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i5
RAM 8 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0 -
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis GeForce MX150
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Desain yang menarik, performa yang baik, serta ketahanan baterai yang cukup. Hal ini sudah cukup menjadi satu nilai penting untuk sebuah laptop gaming meskipun dengan harga standar. Perpaduan antara Nvidia MX 150 dengan Interl Core i7 generasi 8 mampu membuat laptop ini berada dalam ekspektasi gaming middle yang baik. Namun, sayangnya fingerprint yang terdapat pada laptop ini sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, tapi cukup menjadi nilai plus.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.