Uji Baterai OPPO A3S, Kapasitas Besar Tahan 2 Hari

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 15 Mei 2019 | 15:17

review baterai oppo a3s

OPPO A3s termasuk salah satu hp yang cukup popular di Indonesia. Dirilis pertengahan tahun lalu, spesifikasi OPPO A3s terbilang apik dengan baterai besarnya. Kapasitas baterai OPPO A3s sendiri mencapai 4230mAh, fitur yang jarang ditemui pada saat itu. Apalagi harga OPPO A3s cukup terjangkau dibanding hp OPPO lainnya.

Saat ini harga OPPO A3s berada di kisaran Rp1 jutaan, baik untuk versi RAM 2GB serta 3GB. Dengan baterai berkapasitas besar 4230mAh, kapasitas baterai sebesar ini jarang diberikan para produsen para smartphone harga Rp1 jutaan. Umumnya, hp dengan harga segitu hanya memakai baterai ukuran 3000-an mAh saja.

Namun, meski kapasitas baterai OPPO A3s cukup besar, namun seberapa kuat baterai ini bertahan? Apakah angka 4230mAh itu malah terasa seperti hp baterai 3000mAh? Atau malah dijamin tahan lama. Untuk membuktikannya, berikut hasil ujicoba daya tahan baterai OPPO A3s yang sudah kami lakukan.

Hasil Pengujian Baterai OPPO A3s

review baterai oppo a3s

Sebelum membahas hasil, perlu kami informasikan, kami melakukan pengujian dalam beberapa kondisi hp. Seperti dalam pemakaian normal, main game selama 1 jam, tes browsing selama 1 jam, dan tes video play selama 1 jam.

Kondisi tersebut kami pilih mempertimbangkan aktivitas tersering ketika seseorang menggunakan smartphone dan tipe pemakai smartphone itu sendiri. Di mana dalam pada hari pertama sisa baterai masih bertahan pada angka 53%. Di hari berikutnya, kami melanjutkan pemakaian dengan cara yang sama dan baterainya tidak benar-benar habis pada saat akan diisi kembali. Kami melakukan pengisian kembali pada saat baterai berada di angka 9%.

Ketika kami pakai untuk bermain game Mobile Legends selama 1 jam non stop. Ternyata baterai yang dikonsumsi tak sampai 20%, tepatnya hanya 18% saja. Game kami mainkan di level grafis menengah, mengingat OPPO A3s hanya menggunakan chipset Snapdragon 450 dan RAM 2GB, sehingga tak memungkinkan bermain di level grafis high.

review baterai oppo a3s

Untuk memutar video, hp ini hanya membutuhkan 8% tenaga baterai saja saat dipakai menonton video Youtube. Bahkan pada saat dipakai menonton video Youtube selama 10 jam sebanyak 2x dengan resolusi 480p, baterainya masih tersisa 10%

Angka yang lebih baik kami dapatkan pada saat dipakai melakukan browsing dalam waktu 1 jam, yaitu hanya 7%. Dari hal ini, walau beberapa di antara beberapa tes hanya dilakukan selama 1 jam saja, tapi itu sudah menunjukkan betapa awetnya baterai dari OPPO A3s.

Di samping kapasitas besar, satu hal lain yang membuat daya tahan baterai dari OPPO A3S sangat baik dari kehadiran ColorOS 5.1 yang berbasis Android 8.1 Oreo. Kehadirannya membuat optimalisasi baterai di OPPO A3s menjadi lebih baik.

Tidak hanya itu, kehadiran chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang dibuat dengan manufaktur 14nm juga membuat konsumsi baterai di hp ini jadi lebih baik. Di samping itu, bila diperlukan, OPPO A3s juga menyediakan fitur penghemat baterai yang bisa dipakai ketika kapasitasnya tinggal sedikit.

Waktu Charge OPPO A3s

review baterai oppo a3s

Salah satu risiko dari hp dengan baterai berkapasitas besar adalah waktu charge-nya yang menjadi sangat lama. Hal ini juga terjadi pada OPPO A3s, di mana waktu charge hp ini tergolong lama.

Karena setelah kami charge dari mulai kapasitas baterai hanya 1 persen, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai OPPO A3s mencapai 3 jam lebih. Walau begitu, hal ini kami anggap wajar karena OPPO A3s memiliki kapasitas baterai yang besar.

Selain itu, hp ini hanya menggunakan charge standar 5V/2A, tidak diengkapi VOOC Flash Charge yang punya kemampuan 5V/4A. Namun, karena daya tahan baterainya yang sangat baik, maka hp ini juga cocok untuk dipakai oleh kamu yang sangat mobile dan punya aktivitas padat.

Sebagai saran, pengisian baterai lebih baik dilakukan pada malam hari pada saat tidur atau pada saat waktu senggang yang tidak membutuhkan kerja hp dalam waktu yang cukup lama. Khawatir baterai cepat rusak? Tenang saja, ketika baterai terisi penuh, maka proses charge secara otomatis akan berhenti sehingga hal ini aman dilakukan.

Tahan 2 Hari

Keunggulan terbesar dari OPPO A3s adalah baterainya yang punya kapasitas besar 4.230 mAh dan berkinerja terbaik di kelasnya. Dan dari hasil uji ketahanan baterai OPPO A3s dalam pemakaian normal, seperti untuk browsing sekitar 1-2 jam sehari, telepon, menonton video selama 1-2 jam sehari, dan aktivitas lain, baterai OPPO A3s bisa bertahan selama 2 hari. Namun akan berbeda ketika aktif bermain game secara aktif. 

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Chipset OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Resolusi Kamera Belakang 2 Resolusi Kamera Depan 1 USB Kapasitas Baterai
OPPO A3s 16GB Rp 1.549.000 6.2 inch Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 8.1 2 GB 16 GB Adreno 506 13 MP 2 MP 8 MP microUSB 4230 mAh
OPPO A3s 32GB Rp 1.799.000 6.2 inch Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 8.1 3 GB 32 GB Adreno 506 13 MP 2 MP 8 MP microUSB 4230 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Artikel Lainnya

Komentar