Diperbaharui pada Senin, 17 September 2018 | 19:06

Review Pocophone F1: Performanya Terbaik di Kelas 4 Jutaan

Pocophone F1
Pocophone F1 merupakan hp pertama dari sub brand Xiaomi, Poco. Pocophone F1 menawarkan performa terbaik melalui penanaman prosesor Snapdragon 845 dan RAM 6GB. Harga termurah Pocophone F1 adalah Rp 4.499.000 untuk versi ROM 64GB serta Rp 4.999.000 dalam versi ROM 128GB. Dengan demikian, Pocophone menjadi hp dengan prosesor Snapdragon 845 termurah.

Poco memang meredefinisi pengalaman penggunaan smartphone dengan menawarkan performa terbaik tanpa membebankan pengguna dengan fitur yang tidak utama. Artinya Pocophone F1 tidak terlalu fokus pada fitur yang bukan menjadi prioritas dalam penggunaan.

Jika demikian, bagaimana performa Pocophone F1 ketika digunakan sehari-hari? Berikut hasil review Pocophone F1.    

Desain

Pocophone F1
Desain menjadi salah satu komponen yang bukan menjadi prioritas dari Pocophone F1. Itu sebabnya, bentuk desain dari hp ini terlihat sederhana, terutama tampilan belakang. Bahan polycarbonate yang digunakan tidak memberikan kesan mewah. Tidak seperti hp terbaru saat ini yang menggunakan cover belakang gradasi warna.

Tampilan muka tidak jauh berbeda seperti hp yang menggunakan notch pada layarnya. Hanya saja, ukuran notch di Pocophone F1 lebih panjang bila di banding notch ASUS Zenfone 5. Namun lebih kecil dari notch milik Xiaomi Mi 8.

Bila tidak suka dengan layar yang terpotong, Anda bisa mengubah tampilan layarnya dengan menyembunyikan notch. Caranya masuk ke setting > full screen diplay > hide screen notch. Pada bagian notch sendiri terpasang sebuah kamera, flash led dan speaker call.

Untuk penempatan beberapa tombol dan port lainnya tidak berbeda dengan hp Xiaomi lainnya. Dimana untuk tombol power dan volume dapat diakses di sisi kanan. Lalu di bagian bawah tersedia slot USB type C yang diapit dua speaker serta di sisi kiri terdapat slot SIM Card. Sayangnya, slot SIM card ini bersifat hybrid, dimana Anda harus memilih untuk menggunakan 2 kartu SIM atau 1 kartu SIM dan 1 microSD.

Layar

pocophone f1
Pocophone F1 memiliki layar yang cukup besar yaitu berukuran 6,18 inch dengan 1080 x 2246 pixel berjenis IPS. Layar ini memiliki aspek rasio 18,7:9 dengan kerapatan pixel 403 ppi. Konfigurasi ini mampu menampilkan gambar yang cukup jernih serta warna yang baik. Tapi sayang, untuk penggunaan outdoor yang terpapar matahari langsung layarnya tidak dapat dilihat dengan baik, kecuali menaikkan tingkat kecerahan.

Untuk fitur lain yang terkait layar, Anda bisa memaksimalkan fungsi double tap to wake, yaitu mengaktifkan layar hanya dengan mengetuk layar dua kali. Lalu ada juga Reading Mode yang akan mengurangi sinar biru untuk kenyamanan mata saat membaca.

MIUI untuk Pocophone 

Pocophone F1
Pocophone F1 menggunakan user interface MIUI yang telah disesuaikan untuk pengalaman yang lebih ringan, cepat dan lancar. Dimana didalamnya sudah terintegrasi fitur pengoptimalan sistem yang disebut “turbocharged engine”, sehingga memberikan aplikasi startup, kinerja gaming, serta pengalaman swiping yang lebih cepat karena peningkatan dalam respon layar dan frame rate animasi.

Tampilan antarmuka juga sedikit berbeda dengan penggunaan Poco Launcher. Menariknya, Poco Launcher ini tersedia di Play Store dan bisa digunakan hp Android lain. Salah satu fitur yang menarik adalah application drawer yang dapat secara otomatis mengkategorikan aplikasi, membantu pengguna menemukan aplikasi dengan mudah. 

Dengan basis Android 8.1 Oreo, MIUI untuk Poco juga memprioritaskan keamanan dengan update reguler dari Google. Pocophone F1 akan menerima update Android P dalam waktu dekat.

Kamera

Pocophone F1
Berita mengenai kamera yang bermasalah pada Pocophone F1 ternyata sempat kami rasakan. Karena ketika mencoba modus Portrait kamera sempat eror, dan terulang hingga 2 kali. Namun masalah ini hilang ketika kami melakukan update software OTA ke versi terbaru.

Terlepas dari masalah eror tersebut, Anda yang hobi jeprat jepret di hp, kamera Pocophone F1 cukup bisa diandalkan. Karena didalamnya sudah terpasang dual kamera belakang dengan konfigurasi 12MP + 5MP.

Untuk kamera 12MP menggunakan sensor Sony IMX363 yang dipadukan teknologi Dual Pixel Autofocus yang berguna ketika memotret dalam kondisi minim cahaya dan backlit. Lalu kamera 5MP menggunakan sensor Samsung. Tidak ketinggalan, kedua kamera ini sudah dibekali teknologi Artificial Intelligence.

kamera eror

Dual kameranya memang mampu menghasilkan foto bokeh yang cukup baik, dengan komposisi blur yang terbilang rapi. Tapi tetap harus memperhatikan notifikasi yang muncul di layar ketika menggunakan modus Portrait (bokeh). Karena jarak yang terlalu atau terlalu dekat akang mempengaruhi kerapihan foto bokeh yang dihasilkan.

Foto yang dihasilkan dalam modus auto juga cukup baik, dimana kameranya memiliki saturasi warna yang optimal. Foto juga terlihat tajam dan detail. Namun untuk foto low light memang masih terlihat adanya noise, namun masih dalam level yang bisa dimaklumi.   

Beralih ke bagian depan, Pocophone F1 menggunakan sensor 20MP dengan teknologi Super Pixel. Teknologi ini menggabungkan informasi dari empat piksel menjadi satu piksel besar berukuran 1,8μm untuk gambar yang lebih jelas dengan lebih sedikit noise.

Hp ini juga dilengkapi dengan infrared illuminator dan kamera infrared di bagian depan, memungkinkan fitur AI face unlock untuk membuka kunci perangkat dengan aman baik dalam kondisi gelap gulita maupun di siang hari yang cerah.

Hasil Foto Pocophone F1 :

Hasil foto pocophone f1
hasil foto pocophone f1
hasil foto pocophone f1
hasil foto pocophone f1

Performa

Dengan mengusung tagline Master of Speed, Pocophone F1 memang sangat menonjolkan performa. Salah satunya berasal dari prosesor Snapdragon 845 yang menjadi chipset tertinggi saat ini. Menggunakan manufaktur 10nm, prosesor ini memiliki kecepatan 2,8GHz.

Wajar bila prosesor ini juga banyak digunakan oleh hp gaming untuk performa terbaik. Belum termasuk sokongan memori RAM 6GB untuk memperkuat kinerja secara keseluruhan, terutama aktivitas multitasking.

Dengan konfigurasi demikian, tentu semua aktivitas dapat dijalankan tanpa hambatan, termasuk gaming. Semua game online populer seperti PUBG, Mobile Legend, AOV yang kami uji dapat dimainkan dengan lancar bahkan dengan setingan maksimal. Termasuk game-game lain semisal Asphalt 9, Modern Combat 5, Darkness Rises, hingga Vainglory.   

benchmark
Performa Pocophone F1 pun akan terus berjalan maksimal meski memainkan game atau menjalankan aplikasi berat secara intensif. Karena penggunaan perangkat yang intensif akan menghasilkan panas berlebih dan bisa berdampak pada penurunan performa.

Hal ini berkat keberadaan sistem pendingin LiquidCool Technology yang sudah terbenam di Pocophone F1. Sistem pendingin ini sangat efisien, memungkinkannya untuk memberikan kinerja puncak yang berkelanjutan untuk waktu yang lama.

Dari hasil pengujian internal tim Pocophone menunjukkan bahwa sistem ini 300% lebih efektif daripada solusi pendinginan non-liquid konvensional karena memungkinkan panas dari CPU untuk menghilang dengan cepat.

Untuk hasil benchmark, berikut skor yang didapatkan Pocophone F1 :

  • Antutu : skor 263596
  • Geekbench : skor 2486 (single core) dan 8872 (multicore)
  • 3DMark : skor 3321 (slingshot Extreme OpenGL ES 3.1) dan 2135 (Slin Shot Extreme Vulkan)

Baterai

Pocophone f1
Dari sisi sumber daya, Pocophone F1 dibekali baterai berkapasitas 4000mAh. Saat digunakan bermain game online menggunakan koneksi wifi, dalam kurun waktu satu jam baterainya berkurang di kisaran 14 persen – 15 persen.

Lalu mencoba menonton film secara streaming, dalam waktu satu jam baterainya berkurang sebesar 7 persen. Untuk pengisian ulang baterainya, Pocophone F1 dibekali teknologi Quick Charge 3.0. Teknologi ini dapat mengisi kembali daya baterai dari posisi 1 persen hingga 100 persen kurang dari 2 jam.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8.1
Ukuran Layar 6.18 inch
Screen Resolution 2246 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 845
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.8 GHz
GPU Adreno 630
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 5 MP
Resolusi Kamera Depan 20 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Jika Anda lebih mengutamakan performa tanpa memperdulikan desain, rasanya Pocophone F1 bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding hp dengan prosesor Snapdragon 845 lain.   

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.