ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB, Review Spek dan Update Harga

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 20 Jun 2019 | 10:55

ASUS Zenfone Live L1
ASUS Zenfone Live L1 menjadi salah satu hp ASUS murah yang sudah rilis tahun lalu. Di awal peluncurannya, Zenfone Live L1 hanya hadir dengan konfigurasi memori RAM 2GB dan ROM 16GB saja. Namun kini ASUS menghadirkan opsi memori yang lebih besar yaitu Zenfone Live L1 RAM 3GB dan ROM 32GB. Bagaimana performanya? 

Sebelumnya, kami telah melakukan review ASUS Zenfone Live L1 versi RAM 2GB. Secara umum untuk ukuran hp 1 jutaan, Zenfone Live L1 masih bisa diandalkan untuk penggunaan harian yang tidak membutuhkan kinerja berat seperti gaming.

Namun bukan berarti tidak bisa untuk bermain game, buktinya kombinasi prosesor Snapdragon 425, GPU Adreno 308 dengan RAM 2GB masih bisa digunakan untuk menjalankan PUBG walau dengan setingan low. 

Hanya saja, hp ini memiliki keterbatasan ketika diajak untuk aktivitas multitasking dengan membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Termasuk ruang penyimpanan internal yang sebatas 16GB juga tidak memungkinkan kita untuk menginstal banyak aplikasi. Sedangkan untuk penyimpanan data seperti foto, video dan musik bisa dilakukan melalui slot microSD.

ASUS Zenfone Live L1
Namun hadirnya ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB dan ROM 32GB bisa menjadi solusi keterbatasan tersebut. Meski demikian, selain kapasitas RAM dan ruang penyimpanan internal, tidak perbedaan yang signifikan. Dalam paket penjualan juga tetap disediakan jelly softcase, kabel USB, charger, SIM card tray ejector dan panduan. 

Desainnya juga tetap sama dengan balutan material plastik bertekstur doff. Termasuk layar full screen berukuran 5.5 inch dengan rasio 18:9 beresolusi 720 x 1440 pixel dan kerapatan ~293 ppi. Layar ini sudah cukup baik untuk menikmati konten video ataupun bermain game. 

ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB juga hadir dengan OS Android 8.0 Oreo dan antarmuka ZenUI 5.0 yang membawa fitur-fitur menarik, yaitu : 

  • Mobile Manager yang berguna untuk mengatur notifikasi yang masuk, membersihkan RAM, mengecek daya tahan baterai, membersihkan file sampah dan mengontrol kuota data
  • Page Marke yang berguna untuk mengunduh sebuah halaman pada website dan membacanya secara offline
  • Game Genie yang berfungsi untuk merekam aktivitas gaming seperti live streaming di YouTube dan Twitch
  • SafeGuard yang berguna untuk mengirim pesan darurat kepada satu kontak atau grup yang sudah diatur sebelumnya
  • ZenMotion yang berisi touch gesture dan motion gesture 

Fitur Long ScreenShot

Long screenshotFitur ini ada di ASUS Zenfone Live L1 RAM 2GB dan RAM 3GB. Fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan long screenshot layar langsung dari perangkat, sehingga tidak perlu lagi menginstal aplikasi long screenshot. 

Cara long screenshot di Zenfone Live L1 juga cukup mudah, berikut langkahnya :

  • Kamu cukup pilih tampilan layar yang ingin dilakukan long screenshot
  • Tekan kombinasi tombol power + volume bawah
  • Di layar akan muncul menu, pilih ‘Long Screenshot’
  • Fitur akan melakukan long screenshot secara otomatis
  • Done 

Kamu juga masih bisa melakukan edit pada hasil screenshot atau langsung di share ke aplikasi lain. 

Review Spek, Hasil Foto dan Performa

1. Hasil Foto ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB

ASUS Zenfone Live L1
ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB juga dilengkapi dengan kamera utama 13MP, f/2.0 aperture, EFL 3.519cm dengan fitur PDAF, HDR, Beauty, Pro, Panorama, Time lapse, 8 filter dan Portrait untuk mengambil foto bokeh.

Untuk kamera selfie, ASUS Zenfone Live L1 mempunyai kamera 5 MP, f/2.4 aperture, EFL 2.34cm, 75.6° field of view dengan fitur HDR, Portrait, Beauty dan 8 filter berbeda. Kamera ini juga dilengkapi dengan soft LED flash. 

Untuk rentang harga hp 1 jutaan, kualitas kamera yang ditawarkan masih cukup baik, terutama di kondisi terang. Terlihat cukup tajam dan warna yang natural. Berikut hasil foto dari kamera ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB :

hasil foto asus zenfone live l1
hasil foto asus zenfone live l1
hasil foto asus zenfone live l1Hasil foto low light 

2. Performa ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB

Mungkin ini yang menjadi perbedaan yang cukup signifikan pada ASUS Zenfone Live L1 RAM 2GB dan RAM 3GB. Masih tetap mengusung prosesor Snapdragon 425 namun dengan RAM lebih besar. Kinerja multitasking yang kami rasakan jauh lebih smooth ketika menjalankan banyak aplikasi di saat bersamaan.

Kini kamu bebas mengintal aplikasi yang boros RAM, terutama aplikasi pesan instan (WhatsApp, Line, BBM hingga Messenger) dan sosial media (Facebook, Instagram, Path, Twitter). Proses peralihan dari satu aplikasi ke aplikasi lain juga berjalan lancar tanpa kendala.

antutu asus zenfone live l1 ram 3gb
Bermain game pun terasa lebih asyik, meski tetap memiliki keterbatasan tertentu pada game-game berat. Namun pengalaman bermain PUBG di setingan low cukup baik. Saat pengujian benchmark dengan Antutu, memang terjadi peningkatan meski tidak terlalu signifikan.

Jika pada review Zenfone Live L1 RAM 2GB sebelumnya mendapatkan skor 39861, di Zenfone Live L1 verasi RAM 3GB skornya adalah 41574. Dengan demikian, terjadi peningkatan kurang lebih 17,13 persen. 

Berikut perbedaan skor Antutu di ASUS Zenfone Live L1 RAM 2GB dan RAM 3GB :

Hp Skor CPU Skor GPU Skor UX Skor Memori
ASUS Zenfone Live L1 RAM 2GB 20431 1690 14782 2958
ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB 21821 1693 15368 2692

Update Harga ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB

Secara spesifikasi, ASUS Zenfone Live L1 versi RAM 3GB dan ROM 32GB memang tidak memiliki perubahan yang berarti. Namun untuk performa tentunya terjadi perubahan, mengingat adanya peningkatan RAM dan ROM.

Peningkatan ini terasa cukup membantu, terutama untuk kamu yang akif di sosmed dan banyak menggunakan aplikasi secara bersamaan. Apalagi sekarang harga ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB sudah semakin murah. Jika awal peluncuran berada di kisaran Rp1,6 juta, kini harga ASUS Zenfone Live L1 RAM 3GB hanya dipasarkan Rp1,1 juta saja. Tertarik untuk beli? 

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 40(2300)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 8.1
Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 308
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh

Artikel Terkait

Komentar

syifaul02 Jumat, 7 Sep 2018 | 10:39
revew mungkin hanya ini yang dapat saya revew,,,