Diperbaharui pada Selasa, 21 Agustus 2018 | 13:38

Fitur Terbaik ASUS ROG Zephyrus S GX531, Desain Tipis dan Teknologi AAS

ASUS ROG Zephyrus S GX531 dirilis dengan membawa predikat laptop gaming tertipis di dunia. Resmi diperkenalkan kemarin (20/8), ASUS ROG Zephyrus S GX531 tidak hanya membawa ketipisan bodinya saja, namun juga fitur menarik dan canggih nan inovatif yang diusungnya.

Mau tahu seperti apa kelebihan ASUS ROG Zephyrus terbaru, berikut reviews singkat kami sebagai oleh-oleh dari perjalanan kami ke Taiwan bersama ASUS beberapa waktu lalu.

Tidak usah panjang lebar, kami langsung ulas beberapa keunggulan laptop gaming paling tipis dari ASUS ini.

Desain Bodi Premium dan Tipis

Bodi ASUS ROG Zephyrus S GX531 dibuat dari bahan metal. Merupakan campuran alumunium dan magnesium alloy yang membuatnya solid, kokoh tapi tetap tidak mengorbankan bobot.

Tebal laptop gaming ini hanya 14,95 mm saja dengan berat 2,1 kg. Tidak pernah terpikirkan oleh kami ada laptop gaming yang tipis dan seringan ini, mengingat jeroan ASUS ROG Zephyrus S GX531, bukanlah jeroan yang biasa-biasa saja.

Dijelaskan oleh pihak ASUS, pabrikan asal Taiwan tersebut menggunakan teknik CNC-Milled Unibody Lid yang melewati 5 proses dengan total 71,48 menit untuk membuat 2 buah casing. Sebagai info, satu buah mesin CNC Milling hanya dapat membuat 2 buah casing saja.

Sangat eksklusif bukan? Bodi (casing) ASUS ROG Zephyrus S GX531 juga menggunakan bahan logam ringan agar kokoh tapi ringan dan sudah lulus standar militer yang membuat laptop gaming ini tahan getaran dan tekanan.

Sepintas melihat desainnya, kami tidak yakin kalau ASUS ROG Zephyrus S GX531 merupakan laptop gaming karena desainnya yang begitu ringan dan tipis. Bahkan kalau Anda jinjing, orang lain menganggap laptop tersebut seperti laptop gaming kebanyakan.

Layar Bezel Tipis, Refresh Rate Ngebut 144 Hertz

Sebenarnya teknologi pada layarnya sudah ada di ROG Strix Hero II dan Scar II yang kami ulas sebelumnya. Namun fitur ini tetap menarik untuk dibahas. ASUS ROG Zephyrus S GX531 layarnya Full HD 15,6 inch dengan besaran layar layaknya laptop berukuran 14 inch karena bezelnya yang makin tipis. Layar ASUS ROG Zephyrus S GX531 sudah mendukung 100% sRGB untuk memastikan gambar yang ditampilkan akan semakin tajam.

Jika seri sebelumnya terdapat fitur NVIDIA G-Sync, maka pada seri terbaru ini, fitur tersebut dihilangkan karena bisa menghemat baterai laptop. Sebagai laptop gaming tentu saja daya tahan baterai sangatlah penting untuk menyuplai kebutuhan pengguna ketika bermain game.

Layar Full HD ASUS ROG Zephyrus S GX531 juga sudah mendukung refresh rate sampai dengan 144 hertz yang artinya FPS yang dihasilkan pada saat bermain game juga akan lebih besar dibandingkan layar laptop lainnya. Ditambah lagi response time yang mencapai 3 ms membuat pengalaman gaming akan semakin ciamik.

Sistem Pendingin dan Anti Debu Bikin Laptop Makin Awet

Dengan daya tahan baterai yang besar, tentu saja waktu bermain game akan semakin lama. Maka dari itu, pada ASUS ROG Zephyrus S GX531 disematkan teknologi ROG AAS (Active Aerodynamic System).

Dengan teknologi ini, ASUS mengklaim sistem pendingin pada ASUS ROG Zephyrus S GX531 akan jauh lebih baik. Airflow space akan meningkat sebanyak 14%, suhu akan berkurang 11% dan sistem airflow akan meningkat sebanyak 22%.

Dari gambaran yang didapat, ASUS ROG Zephyrus S GX531 akan menghisap udara dari ventilasi depan dan suhu panas akan dikeluarkan melalui ventilasi bagian belakang.

Sirip heatsink pada laptop ASUS ROG ini yang sangat tipis. Hanya 0,1 mm saja. Dengan heatsink seperti ini, ASUS ROG Zephyrus S GX531 akan sangat cepat menghantarkan suhu panas komponen-komponen keluar dari laptop.

ASUS ROG Zephyrus S GX531 memiliki 5 heatpipes tembaga yang dibuat lebih tipis namun memiliki lapisan khusus yang juga dapat menghantarkan panas lebih cepat. Tidak hanya pipa-pipa tembaga yang dibuat lebih tipis. Fan-nya juga memiliki material khusus sehingga walaupun tipis, kipas tetap dapat memberikan performa maksimal.

Kipas yang terdapat pada ASUS ROG Zephyrus S GX531 dapat mencegah debu dan partikel lain dalam modul kipas tertahan di sepanjang dinding kipas, nantinya debu ini akan dikeluarkan dari casis melalui terowongan anti debu. Dengan teknologi ini, maka laptop akan lebih awet dan tidak mengalami suhu panas yang berlebihan.

Spesifikasi Maksimal di Bodi yang Ramping

ASUS ROG Zephyrus S GX531 dibekali prosesor powerful Intel core i7-8750H terbaru. Prosesor ini disokong dengan pilihan kartu grafis NVIDIA ® GeForce ® GTX 1070 (Max-Q) 8GB atau NVIDIA ® GeForce ® GTX 1060 6GB.

Untuk RAM, GX531GS menggunakan 8GB RAM DDR4 2666 Mhz yang bisa diupgrade sampai dengan 16GB. Sedangkan GX531GM dapat diupgrade hingga 24GB. Di bagian storaga, ASUS menyematkan pilihan SSD PCIe 256GB sampai dengan 1TB.

Dengan spesifikasi yang disebutkan di atas, sudah pasti ASUS ROG Zephyrus S GX531 dapat melibas semua game-game masa kini. Dari casual game, e-sport game sampai triple A game.

Sulit dibayangkan memang spesifikasi di atas berada di dalam sebuah laptop yang sangat ramping dan ringan.

Nama Ukuran Layar Resolusi Layar Processor Brand Tipe Prosesor Jumlah Core Kecepatan Prosesor RAM SSD/eMMC Kapasitas HDD Kartu Grafis Graphic Card Memory Size OS Tipe Kartu Grafis
ASUS Zephyrus S GX531GS 15.6 inch 1920 x 1080 Pixel Intel Core i7 - 4.1 GHz 16 GB 512 GB - NVIDIA 6 GB Windows 10 GeForce GTX 1060
ASUS Zephyrus S GX531GM 15.6 inch 1920 x 1080 Pixel Intel Core i7 - - 8 GB 512 GB - NVIDIA 6 GB Windows 10 GTX 1060
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

ASUS ROG Zephyrus S GX531 resmi dinobatkan sebagai laptop gaming paling tipis di dunia saat ini. Tidak hanya desain ramping yang menjadi kelebihan. Laptop gaming ASUS ini sudah memiliki fitur refresh rate sampai dengan 144 hertz dan response time sampai dengan 3 ms. Semua itu didukung dengan fitur pendingin AAS yang sudah dipatenkan oleh ASUS. Jika Anda seorang gamer atau video content creator, rasanya laptop ini patut dijadikan pilihan Anda. Apalagi, melihat spesifikasi dan desainnya yang cocok untuk diajak bepergian. 

Namun, ASUS masih belum membocorkan kapan dan berapa harga ASUS ROG Zephyrus S GX531 ini. Penasaran? Kita nantikan kabar selanjutnya!

Like us!
Evan Yazid Praditya
77 Posts