Diperbaharui pada Rabu, 15 Agustus 2018 | 15:46

Review ASUS ROG Strix Hero II, Fitur Bejibun, Performa Cadas, Harga Murah!

ASUS kembali menghadirkan sebuah laptop gaming dari ROG Series yang menyasar Anda para gamer-gamer yang memang gemar bermain game di laptop. Pada rilisan baru ini, ASUS menghadirkan update spesifikasi terbaru pada laptopnya. Diantaranya, laptop gaming ini sudah menggunakan prosesor Intel terbaru, Intel core i7 generasi ke-8 dan kartu grafis GTX 1060.

Tidak hanya itu, ASUS juga menghadirkan banyak sekali fitur-fitur yang dapat Anda nikmati. Bahkan harganya pun dapat bersaing dengan kompetitor dari brand lain. Lalu bagaimana sih pengalaman kami menggunakan laptop ASUS ROG Strix Hero II terbaru ini?

Yuk simak ulasan lengkapnya!

Desain

ASUS ROG Strix Hero II ini memiliki desain body yang segar dan tampak berbeda dari seri ROG sebelumnya. Desainnya sungguh terlihat stylish dan premium dengan warna hitam solid dicampur dengan sedikit keabu-abuan. Belum lagi terdapat logo abu-abu metalik ROG yang tentunya sudah mengusung fitur RGB.

Pada bagian dalam laptop gaming ini juga berdesain ciamik dimana ASUS bisa menambah kesan Cyberpunk ke dalam desain ASUS ROG Strix Hero II yang mempunyai bobot hanya 2,34 kg saja.

Keyboard yang diberikan ASUS untuk seri ROG Strix Hero II ini juga terbilang keren. Dengan desain full size dengan nuansa warna hitam dan putih yang terlihat garang. Terdapat juga 4 tombol tambahan yang letaknya di atas keyboard. Touchpad yang disediakan juga cukup besar. Namun sayang masih terdapat 2 tombol dedicated klik kanan dan klik kiri yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Lebih baik tombol itu digunakan untuk memperlebar luas dari touchpad.

Lanjut ke bagian kiri terdapat power jack, port LAN, Mini DisplayPort, port HDMI 2.0, 2 buah port USB 3.1, 1 buah port USB Type-C dan headphone/microphone jack. Di sisi sebaliknya, ada slot kunci Kensington, 1 buah port USB 3.1 port dan SD memory reader. Menurut kami, ASUS sudah sukses menyediakan konektivitas yang sangat lengkap pada laptop yang desainnya cukup ringkas untuk sebuah laptop gaming.

Layar

ASUS ROG Strix Hero II mengusung layar IPS dengan luas 15,6 inch dengan resolusi Full HD. Layar ini juga sudah ber-narrow bezel yang memang sedang kekinian di ranah laptop dunia. Laptop gaming ASUS ROG ini menjadi laptop pertama di dunia yang mampu menghasilkan refresh rate 144hz dan response time 3ms pada sebuah layar ber-narrow bezel.

Dengan layar yang sebaik ini pastinya pengalaman bermain game Anda akan semakin mengasyikkan karena dengan layar ini yang mampu meminimalisir lag dan stuttering pada saat bermain game.

Layar pada laptop ini juga sudah memiliki fitur 100% sRGB jadi warna yang dihasilkan akan semakin akurat. Pengalaman kami bermain game pada ASUS ROG Strix Hero II sangatlah memuaskan.

Performa

ASUS ROG Strix Hero II memadukan spesifikasi yang sangat update pada seri laptop gamingnya kali ini. ASUS ROG Strix Hero II diotaki prosesor Intel core i7 generasi terbaru dengan 6 core dan 12 thread, RAM dengan kapasitas 16GB DDR4 dual channel dengan kecepatan 2666 Mhz, SSD M.2 PCIe 3.0 x4 berkapasitas 256GB dan SSHD berkapasitas 1TB.

Bayangkan dengan spesifikasi yang disebutkan di atas pastinya aktivitas gaming bahkan video editing pun akan maksimal.

Beralih ke hasil benchmark. Pada GeekBench 4, laptop ini mendapat skor 4622 pada uji single core dan 18318 pada uji multi core.  ASUS ROG Strix Hero II juga mendapatkan skor yang cukup baik pada 3DMark. Pada uji TimeSpy, ASUS ROG Strix Hero II mendapatkan skor 3624 (Graphics score 3425, CPU score 5408, Graphic test 1 22,45 fps, Graphic test 2 19,54 fps dan CPU test 18,17 fps).

Kemudian di uji Fire Strike 1.1, ASUS ROG Strix Hero II mendapatkan skor 9585 (Graphics score 10500, Physics score 16792, Combined score 4173, Graphic test 1 49,05 fps, Graphic test 2 42,69 fps, Physics test 53,31 fps dan Combined test 19,41 fps).

Kami sempat menggunakan laptop gaming ROG ini untuk bermain beberapa game yang sedang populer akhir-akhir ini diantaranya Fortnite, PUBG, Dead by Daylight dan CS:GO. Untuk performanya bisa dilihat di chart di bawah ini:

ASUS ROG Strix Hero II juga memiliki sistem cooling yang sangat baik walaupun agak bising. Setelah bermain PUBG dan Fortnite selama 15 menit, suhu laptop ini naik ke angka 70 sampai 80 derajat yang kami anggap ini masih normal. Lagipula suhu tinggi tadi turun cukup cepat ke suhu normal. Suhu di sekitar keyboard dan touchpad juga tidak terlalu panas sehingga bermain game berlama-lama tetap nyaman.

Untuk performa baterai, ASUS ROG Strix Hero II sedikit tidak sesuai harapan karena hanya dapat bertahan kurang lebih 4 jam kala digunakan untuk bermain game sambil browsing internet dengan menggunakan Google Chrome di kecerahan layar yang hampir full. Tapi ya, wajarlah, kami menguji baterai game ini menggunakan game-game yang memang cukup menguras energi.

Beralih ke performa audio. ASUS ROG Strix Hero II memiliki kualitas audio yang mumpuni. Padahal bentuknya yang lumayan tipis untuk ukuran sebuah laptop gaming. Bass yang dihasilkan cukup bulat. Belum lagi tambahan software Sonic Radar 3 dan Sonic Studio 3 yang menambah performa audio di ASUS ROG Strix Hero II ini semakin maksimal.

Fitur Lainnya

ASUS ROG Strix Hero II memberikan segudang fitur menarik yang dapat dinikmati penggunanya. Yang pertama ada ROG Gaming Center. Software ini merupakan hub Anda untuk mengakses berbagai macam aplikasi eksklusif yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game Anda. Dengan aplikasi ini Anda dapat meng-overclock CPU atau GPU dan mengecek suhu CPU dan GPU.

Pada ROG Gaming Center Anda juga dapat mengakses software-software lain seperti ROG Aura Core, Fan Overboost, ROG GameVisual, ROG GameFirst, XSplit Gamecaster dan Sonic Radar. Bahkan Anda dapat mengontrol ROG Game Center dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di Google PlayStore dan iOS AppStore.

Satu lagi yang menarik adalah ASUS Anti Dust Cooling Technology. Fitur yang dipatenkan oleh ASUS ini berfungsi untuk membersihkan debu dan partikel-partikel berbahaya. Dengan fitur ini, maka debu dan kotoran ini dapat dikeluarkan melalui dua lubang sirkulasi khusus untuk mencegah penumpukan debu pada heatsink.

Yang terakhir adalah ASUS Aura Core. Laptop gaming ASUS ROG ini sudah dilengkapi keyboard RGB, LED light pada bagian bawah dan logo RGB ROG. Anda dapat men-snyc semuanya melalui ASUS Aura Core sehingga kesan gaming dan RGB pada laptop ini semakin kental dan cadas.

Kesimpulan

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 8750H
RAM 16 GB
SSD/eMMC 256 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GTX 1060 DDR5
Graphic Card Memory Size 6 GB
USB 3.0 -
Battery -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Laptop gaming ROG dari ASUS ini pantas untuk dijadikan primadona di kelasnya. Dari spesifikasi, fitur hingga desainnya membuat kami berdecak kagum. Padahal kalau dilihat dari harga, sebenarnya laptop gaming ini tidak mahal-mahal amat karena dibandrol dengan harga Rp 27 jutaan saja. Dari semua kelebihan yang kami rasakan hanya ada satu yang sedikit mengganggu yakni penempatan webcam yang agak-agak bikin keki. Di luar dari itu, laptop gaming ini wajib sekali untuk Anda miliki.

Like us!
Evan Yazid Praditya
77 Posts