Review VOOC Flash Charge, Buat Charging Hp OPPO Jadi Super Duper Cepat

Oleh Imam Ali updated Kamis, 22 Agu 2019 | 13:19

OPPO beberapa kurun waktu lalu resmi meluncurkan produk smartphone flagship terbarunya yaitu OPPO Find X. Hp ini sendiri merupakan penerus dari seri Find yang sempat menghilang selama beberapa tahun setelah terakhir OPPO meluncurkan OPPO Find 7.

Sebagai hp flagship, OPPO sudah memberikan racikan spesifikasi kelas wahid agar hp-nya ini diterima masyarakat. Tidak hanya urusan spesifikasi, desain OPPO Find X juga sangat cantik dan inovatif.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari OPPO Find X adalah penggunaan kamera pop up yang bisa naik turun ketika akan digunakan. Kamera pop up ini diklaim sudah melalui pengujian naik turun sebanyak 300 ribu kalu tanpa menimbulkan masalah.

Selain kamera pop up, OPPO Find X juga dibekali fitur VOOC fast charging ciptaan OPPO yang diklaim dapat mengisi baterai hingga 75% hanya dalam 30 menit saja. Apakah benar kemampuan VOOC sehebat itu? Berikut ini adalah hasil review kami.

Kini muncul versi terbaru dari VOOC, dengan mengusung versi VOOC 3.0 serta hp terbaru OPPO yakni OPPO Reno Series mulai dari OPPO Reno hingga OPPO Reno 10x Zoom yang sudah menggunakan Snapdragon 855 dan bisa berjalan pada sinyal 5G.

Mengenal Fitur VOOC Fast Charging

vooc flash charge

VOOC atau Voltage Open Loop Multi-step Constant-Current Charging adalah teknologi yang dibuat dan dipatenkan oleh OPPO berupa pengisian daya hp yang kecepatannya melebihi fitur charging yang ada di smartphone konvensional. VOOC sendiri berjalan pada tegangan 5V dan kecepatan 4A.

OPPO mengklaim, teknologi VOOC yang dimiliki mereka mampu mengisi baterai hp hingga 75% hanya dalam 30 menit saja. Dengan kecepatan pengisian yang begitu cepat, tentu VOOC sangat unggul dibandingkan fitur fast charging yang ada saat ini.

Selain itu, VOOC flash charge juga merupakan pengisian daya cepat paling aman saat ini. Bila dibandingkan dengan charger konvensional konvensional, VOOC menggunakan 5 tingkat lapisan perlindungan mulai dari adaptor ke port dan komponen hp telepon.

Di mana VOOC telah menggantikan rangkaian pengurang tegangan dengan MCU khusus, yang secara efektif mencegah ponsel dari masalah overheating saat mengisi daya. Secara rinci, 5 lapis perlindungan pada VOOC flash charger antara lain:

  1. OPPO menaruh tester tegangan di dalam adaptor VOOC flash charge.
  2. OPPO menaruh sistem pengenalan VOOC di dalam adaptor tersebut.
  3. OPPO menaruh sistem pengenalan VOOC di dalam hpnya.
  4. OPPO menaruh tester tegangan di dalam hp yang mendukung VOOC flash charge.
  5. OPPO memasang sekering khusus untuk mengantisipasi lompatan arus yang bisa membahayakan hp

Jika ada satu saja fitur perlindungan itu tidak berjalan, maka fitur lainnya yaitu Intelligent Charging akan membuat menjadi ada satu part komponen VOOC perangkat tidak akan mendapatkan kecepatan VOOC secara maksimal.

Hasil Uji Kecepatan Pengisian Daya

vooc flash charge review

Kami pun menguji kecepatan pengisian daya dari VOOC melalui produk OPPO Find X yang memiliki kapasitas baterai cukup besar, yaitu 3730 mAh. Tes pertama adalah pengisian daya dari hampir kosong (1%) sampai penuh dalam kondisi hp menyala.

Hasil yang kami dapat adalah ternyata lebih lama dari klaim yang disebutkan OPPO, karena pengisian baterai harus berlangsung selama 1 jam 20 menit, jauh di bawah perkiraan yang seharusnya di bawah 1 jam.

Di tes kedua, kami kembali melakukan tes pengisian daya baterai OPPO Find X, namun dengan kondisi hp dalam keadaan dimatikan mulai dari 1%. Ternyata, setelah dicoba pengisian bisa berjalan lebih cepat.

Dalam 10 menit, baterai Find X sudah terisi 17%. Lalu dalam 20 menit baterai sudah terisi 35%, kemudian dalam 30 menit baterai sudah terisi sampai 53%. Baterai Find X sendiri akan terisi sampai 100% dalam waktu 57 menit ketika di charge dalam keadaan mati.

Sedangkan di tes terakhir, kami mencoba untuk mengetes kecepatan pengisian daya VOOC charging sambil memainkan game PUBG Mobile. Kami memulai nya dengan kapasitas baterai berada berada di angka 53%.

Hasilnya, VOOC masih bisa bekerja cukup baik karena setelah 30 menit, kapasitas baterai sudah naik hingga 85%. Dari hasil tes kecepatan pengisian ini, secara keseluruhan kami tidak mendapatkan kecepatan yang diharapkan dari VOOC fast charging. Tapi, hal ini sendiri bukanlah masalah yang cukup berarti bagi kami.

Karena kami melakukan pengetesan pengisian baterai pada OPPO Find X yang punya kapasitas baterai besar, angka 3730 mAh sendiri di jajaran produk OPPO sudah menjadi salah satu yang terbesar karena kebanyakan produk OPPO lain menggunakan baterai berkapasitas di bawah 3500mAh.

Di samping itu, dari pengujian pengisian baterai pada saat hp menyala, angka 25% yang didapat dari pengisian selama 20 menit sudah cukup membantu kita mendukung aktivitas penuh dalam beberapa jam ke depan hingga hp akhirnya benar-benar diisi secara normal.

Hasil uji dahsyat juga terlihat dari yang kami lakukan pada OPPO Reno 10x Zoom terbaru. Hasilnya jika dibandingkan dengan OPPO Find X ataupun OPPO F11 Pro, OPPO Reno 10x Zoom 2x lipat lebih cepat. Terbukti saat posisi baterai sama-sama di nilai 0% hingga 50%, OPPO Find X butuh waktu 10 menit, dan OPPO F11 butuh waktu 8 Menit, sedangkan OPPO Reno 10x Zoom hanya butuh waktu 7 menit.

Tidak Terasa Panas Pada Saat Pengisian

vooc flash charge review

Salah satu hal paling menarik dari VOOC fast charging, di samping soal kecepatannya adalah ternyata keamanannya yang sangat unggul. Dari keseluruhan percobaan pengisian, kami sama sekali tidak menemukan isu mengenai suhu berlebih yang terjadi di hp dan adaptor charger.

Bahkan, pada saat melakukan pengisian sambil bermain game sekalipun, tidak terjadi kenaikan suhu yang signifikan di hp ataupun di charger. Kehadiran 5 komponen perlindungan terbukti membuat pengisian berjalan dengan lancar tanpa perlu khawatir charger atau hp menjadi panas akibat beban daya yang terlalu besar.

Daftar Hp OPPO yang Mendukung VOOC Flash Charge

oppo f9

Teknologi VOOC flash charge sendiri bukanlah teknologi baru dari OPPO. Sebab, hingga sekarang sudah ada cukup banyak hp OPPO yang mendukung fitur ini, diantaranya adalah:

Nama Harga di Pasaran
OPPO F11 RAM 4GB ROM 128GB Rp 3.245.000
OPPO F11 Pro RAM 6GB ROM 128GB belum ada harga
OPPO Reno RAM 6GB ROM 256GB Rp 6.430.000
OPPO Reno 10x zoom RAM 8GB ROM 256GB Rp 10.550.000
OPPO Find X 256GB Rp 9.399.000
OPPO F3 Plus Rp 2.400.000
OPPO R11 Rp 6.900.000
OPPO R9 belum ada harga
OPPO R9 Plus Rp 7.200.000
OPPO R9S Rp 1.899.000
OPPO F1 Plus Rp 2.250.000
OPPO R7 belum ada harga
OPPO R7 Plus belum ada harga
OPPO R7s Rp 3.500.000
OPPO R5 belum ada harga
OPPO N3 belum ada harga
OPPO Find 7 belum ada harga
OPPO Find 7a belum ada harga
OPPO A3s 32GB Rp 1.799.000

Selain OPPO Find X, VOOC juga pernah tersemat pada OPPO F9, OPPO F11, OPPO F11 Pro, hingga kini tersemat pada OPPO Reno dan Reno 10x Zoom. Kedepan, fitur fast charging OPPO ini akan terus ada pada setiap Hp OPPO terbaru.

Kesimpulan

Seperti yang sudah disebutkan, dari tes pengisian yang sudah dilakukan, memang kami tidak mendapatkan kecepatan pengisian yang diharapkan. Namun, secara keseluruhan, hasil yang didapat sudah sangat baik karena persentase kapasitas baterai yang didapat ketika pengisian charge dalam waktu singkat sudah cukup untuk membuat hp mendukung kita melaksanakan aktivitas sampai beberapa jam mendatang.

Selain itu, faktir keamanan dari VOOC flash charge juga sangat baik, kami tidak menemukan adanya suhu berlebih di hp atau di adaptor ketika sedang melakukan pengisian baik pada saat hp tidak dipakai atau sambil bermain game sekalipun.

Artikel Terkait

Komentar