Review ASUS ZenBook UX331UAL, Cocok Diajak Ngetik Lama-lama

Oleh Evan Yazid Praditya updated Selasa, 14 Agu 2018 | 04:08 PM

Ultrabook biasanya menjadi laptop favorit para pebisnis atau pengusaha muda, bahkan kreator-kreator muda yang membutuhkan mobilitas tingkat tinggi. Dengan desain yang tipis, bobot ringan dan performa yang mumpuni tentunya ultrabook akan semakin diminati.

ASUS salah satu produsen laptop yang cukup rajin merilis ultrabook melalui lini ZenBook. Pada akhir bulan Juli lalu, ASUS merilis ZenBook terbarunya, ASUS Zenbook UX331UAL. Laptop ini dihadirkan dalam 3 varian. Dari versi prosesor Intel Core i3, Core i5 hingga Core i7. Kebetulan Pricebook mendapatkan ZenBook terbaru untuk di review yang versi Intel® Core™ i5 8250U dengan penyimpanan SSD 250GB dan RAM 8GB yang sayangnya masih DDR3.

Lalu bagaimana sih performa ASUS ZenBook UX331UAL ini? Yuk kita simak ulasannya.

Desain

Dari segi desain sudah tentu seri ZenBook selalu menghadirkan desain yang elegan dan mewah. ASUS ZenBook UX331UAL memiliki ketebalan yang hanya 13.9 mm saja. Untuk bobot hanya 985 gram saja dan dimensi yang mungil hanya 31 cm dan lebar 26 cm. Sudah pasti dengan ukuran seperti ini, ASUS ZenBook UX331UAL sudah pasti bisa dikategorikan ke dalam laptop tipis alias ultrabook.

Yang menarik, ZenBook terbaru ini dirancang dengan material standar militer MIL-STD 810G yang pastinya membuat laptop ini tangguh. Laptop ini sudah lulus uji coba seperti tes pada suhu rendah dan suhu tinggi, drop test, vibration test, shock test, pressure test dan berbagai macam tes lainnya.

Untuk membuka layar laptop ini juga sangat mudah, bisa dilakukan dengan satu tangan saja. Keyboard yang tertanam pada ultrabook ini adalah keyboard full size dengan fitur backlit dengan key travel sedalam 1,44 mm yang tentunya keyboard ini akan terasa nyaman kala digunakan mengetik berlama-lama. Touchpad yang ada pada ultrabook ini juga cukup lebar dan sangat responsif.

ASUS ZenBook UX331UAL juga dilengkapi sensor sidik jari. Jadi Anda tidak perlu repot-repot memasukkan password dan mengurangi risiko password Anda dicuri orang.

Untuk konektivitas, ASUS ZenBook UX331UAL dilengkapi SD card reader, lubang headphone, port USB 3.1 generasi 1 pada sisi kanan. Lalu pada sisi sebaliknya Anda akan menemukan port untuk charging, port HDMI, port USB 3.1. generasi 1 dan port USB-C 3.1.

Layar

ASUS ZenBook UX331UAL memiliki layar 13,3 inch dengan panel IPS dan resolusi Full HD. ASUS ZenBook UX331UAL sudah menggunakan NanoEdge Display dengan screen-to-body ratio sampai dengan 80% dan wide viewing angle 178 derajat.

Layar ASUS ZenBook UX331UAL juga sudah sRGB 100% untuk memastikan warna yang dihasilkan lebih akurat dan tajam sehingga semuanya terlihat lebih alami. Zenbook terbaru ini juga sudah dilengkapi fitur ASUS Tru2Life Video. Teknologi ini sering ditemukan pada tv-tv high-end. ASUS Tru2Life Video memiliki algoritma untuk mengoptimalkan ketajaman dan kontras pada video sehingga video yang ditampilkan akan semakin jernih, detil dan lebih realistis.

Performa

ASUS ZenBook UX331UAL menggunakan prosesor Intel® Core™ i5 8250U dengan clock 1,6 Ghz yang bisa diboost sampai dengan 3,40 Ghz. Dukungan grafis Intel® UHD Graphics 620 mampu membuat ultrabook ini menjalankan software Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator dengan cukup baik. Kedua komponen itu ditunjang dengan RAM DDR3 8GB dan storage SSD 256 GB yang kecepatannya lebih baik dibandingkan dengan HDD SATA biasa. Ultrabook ini juga sudah dibekali OS Windows 10 Home 64 bit.

Pada uji Cinebench R15, ASUS ZenBook UX331UAL mendapatkan skor 40.80 fps untuk tes OpenGL dan 462 untuk skor CPU.

Pada 3DMark kami juga menguji laptop ini. Laptop ini mendapatkan skor 7062 saat uji Cloud Gate 1.1 dengan rinci skor grafis 9212 dan skor physics 3887.

Laptop ini juga sangat nyaman diajak mengetik lama-lama. Saking nyamannya, tak terasa kami jadi makin produktif pada saat mengerjakan tugas-tugas kantor.

Untuk performa multimedia, ASUS ZenBook UX331UAL pantas untuk dijadikan andalan. Apalagi laptop ini sudah dilengkapi speaker harman/kardon dan ASUS SonicMaster Technology yang membuat pengalaman multimedia semakin menghibur.

Yang terakhir, untuk performa baterai, laptop ini juga pantas untuk dapat pujian karena memiliki daya tahan yang memuaskan. Laptop ini sanggup bertahan hampir 9 jam saat digunakan untuk aktivitas mobile. Sangat cocok untuk Anda yang suka bepergian sambil bekerja.

Kesimpulan

ASUS Zenbook UX331UAL-EG032T / EG033T
Harga termurah

Rp 13.700.000

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 13.3 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i5
Nomor Prosesor 8250U
RAM 8 GB
SSD/eMMC 256 GB
Kartu Grafis Intel
Tipe Kartu Grafis UHD Graphics 620
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 2 Port(s)
Battery 3-cell, 50 Whrs

ZenBook terbaru dari ASUS ini layak untuk Anda miliki meski harganya masih tergolong sedikit mahal. Menilik dari fitur-fitur dan spesifikasi yang diberikan, kami rasa tidak ada salahnya Anda merogoh kocek lebih untuk laptop ini.

Artikel Lainnya

Komentar