Diperbaharui pada Kamis, 9 Agustus 2018 | 09:10

ASUS VivoBook 14 A411UF, Oke untuk Editing dan Gaming

asus vivobook 14 a411uf
Sampai saat ini segmen laptop 14 inch masih menjadi opsi yang paling banyak dipilih oleh pengguna di Indonesia. Dan ketersediaan perangkat jenis ini di pasaran sangat melimpah, termasuk laptop 14 inch terbaru dari ASUS. Hadir dalam model ASUS VivoBook 14 A411UF, laptop ini menawarkan performa  terbaik dikelasnya. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp7.099.000 (prosesor Core i3, tanpa SSD) dan Rp10.499.000 (prosesor Core i5-8250U, 8GB RAM). 

ASUS VivoBook 14 A411UF sendiri menjadi generasi terbaru dari lini VivoBook series. Sebelumnya, ASUS telah memasarkan VivoBook Flip 14 dan VivoBook S14 yang lebih menyasar ke segmen convertible ataupun performa. Sedangkan model yang baru ini dihadirkan lebih ke segmen pengguna mainstream, namun tetap hadir dengan performa yang sangat mumpuni di kelasnya. 

Selain performa, ASUS VivoBook 14 A411UF juga dikombinasikan dengan keindahan melalui pilihan warna Star Grey dan Icicle Gold yang elegan. Diperkuat prosesor Core i5 generasi ke-8, RAM DDR4 8GB dan grafis Nvidia GeForce MX130, performanya tentu tidak main-main untuk ukuran dikelasnya. Sangat nyaman digunakan untuk berbagai kalangan, mulai dari pelajar/mahasiswa, para fresh graduate yang baru mulai bekerja, sampai para programmer ataupun penggiat internet marketing. 

Penasaran? Yuuk kita intip seberapa menarik ASUS VivoBook 14 A411UF ini, lengkap dengan performanya menggunakan hasil benchmark. 

Desain Tipis dan Ringan

asus vivobook 14 a411uf
Untuk ukuran sebuah perangkat mainstream, ASUS VivoBook 14 A411UF memiliki bentuk yang tipis dan ringan. Bobotnya cuma 1,35kg dengan ketebalan 20,4mm, sehingga sangat nyaman untuk dibawa kemana saja untuk beraktivitas sehari-hari. 

Dukungan konektivitasnya cukup lengkap, di sebelah kanan laptop, tersedia dua buah port USB 2.0 Type A dan sebuah slot SD card reader. Indikator power LED dan storage juga tersedia di sini. Di sebelah kiri laptop, tersedia port adapter, USB 3.1 Gen1 Type A, HDMI, USB 3.1 Gen1 Type C dan audio combo jack. 

Yang menarik, meski dibanderol dengan harga terjangkau, ASUS VivoBook 14 A411UF tetap menggunakan desain NanoEdge display dengan bezel ultra tipis. Teknologi NanoEdge ini memungkinkan frame layar bisa dibuat dengan ketebalan hanya 7,8 milimeter. 

Dengan NanoEdge, VivoBook 14 A411UF punya screen-to-body ratio hingga 80 persen. Dengan demikian, penampang layar menjadi lebih luas dan melihat konten menjadi lebih memuaskan. Layar yang digunakan pun memiliki fitur wide-view hingga 178° untuk memastikan kontras dan warna tetap tajam dan tidak mengalami gradasi, meski dilihat dari sudut pandang yang sangat sempit. 

Layar yang Nyaman

asus vivobook 14 a411uf
Dari sisi layar, ASUS VivoBook 14 A411UF juga menawarkan tingkat akurasi warna yang relatif tinggi di kelasnya, yakni mencapai 62,5% sRGB. Ada pula fitur ASUS Splendid technology yang mampu memodifikasi warna layar agar lebih sesuai dengan keinginan penggunanya. Opsinya ada Normal mode, Vivid Mode dan Manual Mode untuk pengaturan lebih lanjut. 

Tersedia fitur Eye Care mode yang akan mereduksi pancaran sinar biru hingga 30%. Fitur ini sangat berguna bagi yang kerap bekerja dalam durasi yang cukup panjang. Karena paparan blue light dalam jangka waktu panjang akan membuat mata lekas lelah. Apalagi saat pengguna bekerja dalam kondisi ruangan redup.

Touchpad dan Fingerprint

asus vivobook 14 a411uf
Untuk memudahkan penggunaan, touchpad pada ASUS VivoBook 14 A411UF mendukung multi touch hingga empat jari. Memanfaatkan dukungan Windows gestures yang ada pada sistem operasi Windows 10 yang sudah terinstalasi di dalamnya, pengguna bisa melakukan banyak aktivitas dengan memanfaatkan berbagai kombinasi sentuhan jari. Luasnya penampang touchpad juga semakin memudahkan aktivitas tersebut. 

Tak hanya itu, demi pengamanan, laptop ini juga menyediakan fitur fingerprint sensor di bagian touchpad. Dengan demikian, pengguna bisa segera masuk ke desktop Windows 10 tanpa perlu repot-repot mengetikkan password.  

Laptop Multimedia

asus vivobook 14 a411uf
Laptop ASUS terbaru ini juga bisa menjadi perangkat multimedia dan hiburan berkat kehadiran fitur Tru2Life video. Fitur ini mampu meningkatkan kontras hingga 150 persen, dan menariknya, ia berlaku tak hanya saat layar menampilkan gambar diam (foto), tetapi juga saat menampilkan gambar bergerak (video). 

Masih terkait multimedia, ASUS VivoBook 14 A411UF juga mendukung fitur SonicMaster audio yang dikembangkan khusus oleh tim ASUS Golden Ear. Fitur SonicMaster menghadirkan audio berkualitas dengan range frekuensi yang lebih luas untuk vokal yang lebih jernih dan kaya, serta bass yang lebih nendang. 

Tata suara SonicMaster sendiri merupakan kombinasi hardware yang superior dan software pintar yang didesain untuk menghadirkan kontrol audio penuh pada pengguna. Pada akhirnya, pengguna akan menikmatik alunan dan dentuman suara yang luar biasa saat memutar film, musik, ataupun bermain game. 

Software AudioWizard yang disertakan pada VivoBook 14 A411 menyediakan lima tuning preset untuk memudahkan pengguna saat melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari Music Mode, Movie Mode, Recording Mode, Gaming Mode dan Speech Mode. Opsi-opsi ini cocok untuk skenario penggunaan masing-masing dan bisa dipilih sesuai dengan kondisi. 

Performa Handal

pc mark asus vivobook 14 a411uf
ASUS VivoBook 14 diperkuat oleh prosesor Core i5-8250U generasi ke-8 dengan RAM 8GB jenis DDR4 yang bisa ditingkatkan hingga 16GB. Sokongan chip grafis Nvidia GeForce MX130 menambah kemampuannya dalam aktivitas yang terkait grafis, termasuk editing hingga gaming.

ASUS VivoBook 14 juga mendukung fitur Intel Optane memory technology yang mampu mengakselerasikan performa system untuk multitasking lebih cepat, boot-up dan resume time lebih singkat serta loading aplikasi yang lebih gegas. Sebagai informasi, teknologi Intel Optane menyediakan performa setara SSD, namun di saat yang sama, memungkinkan penggunanya menikmati storage berkapasitas raksasa seperti harddisk biasa.

Untuk mengukur performa ASUS VivoBook 14 A411UF, kami menjalankan beberapa aplikasi benchmark seperti GeekBench 4 dan PCMark 10 untuk mengetahui performa sistem, Cinebench untuk mengetahui performa prosesor serta 3DMark dan Unigine Heaven untuk mengetahui performa grafis dan 3D game. 

Hasil benchmark 3DMark Fire Strike :

3dmark vivobook a411u

Hasil Benchmark Unigine Heaven :

Unigine ASUS Vivobook 14 A411UF
Hasil benchmark Cinebench R15 :

cinebench ASUS Vivobook 14 A411UF
Hasil Benchmark Geekbench :

Geekbench ASUS Vivobook 14 A411UF
Bagaimana kekuatan baterainya? Untuk digunakan secara full load non stop, baterai laptop ini sanggup bertahan dari kondisi penuh sampai 5% selama minimal 1 jam 43 menit. Tetapi jika penggunaan normal, menurut Battery Mark, pengguna bisa memakai VivoBook A411UF ini selama 10 jam lebih. 

ASUS VivoBook 14 A411UF juga turut mendukung fast charging, dimana baterainya bisa diisi dari 0 hingga 60% dalam waktu 49 menit saja. Tak lupa kami juga melakukan pengukuran kemampuan baterai laptop ini dengan Battery Mark. Berikut hasilnya :

battery mark ASUS Vivobook 14 A411UF
Kesimpulan

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar -
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i5
Nomor Prosesor 8250U
RAM 8 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis -
Tipe Kartu Grafis Nvidia GeForce MX130
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0 -
Battery 3-cell, 42WHrs
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Dari hasil pengujian, terlihat bahwa Asus VivoBook 14 A411UF menawarkan performa yang sangat baik untuk sebuah laptop mainstream. Performa sistemnya mampu bersaing dengan laptop Core i7 generasi ke-7 dengan GeForce 930MX atau 940MX, bahkan lebih kencang. 

Dengan melihat fitur dan performa yang ditawarkan, tampak jelas bahwa ASUS menghadirkan notebook mainstream atau kelas menengah yang punya performa mumpuni di kelasnya. Tak hanya desainnya yang tipis dan ringkas, dari sisi baterai, notebook ini pun masih bisa diandalkan untuk menemani penggunanya beraktivitas seharian.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.