Review Xiaomi Redmi Note 5, Kameranya Cukup Menjanjikan

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 30 Jul 2018 | 17:00

Xiaomi Redmi Note 5
Xiaomi Redmi Note 5 memang telah dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu, tepatnya pertengahan bulan April 2018. Meski sempat menjadi hp gaib dan harga Redmi Note 5 melonjak dari harga resmi, namun kini keberadaannya mulai mudah ditemukan dengan harga yang wajar.

Karena saat ini Anda bisa membeli hp Xiaomi garansi resmi ini dengan harga termurah secara online di dikisaran Rp3,1 juta. Artinya harga Xiaomi Redmi Note 5 mulai normal, sebab per 16 Juli 2018, Xiaomi menaikkan harga jual menjadi Rp3,099,000 untuk versi RAM 4GB dan ROM 64GB serta Rp2,599,000 untuk Redmi Note 5 RAM 3GB dan ROM 32GB.

Meski demikian, hp Xiaomi RAM 4GB ini memang sangat bisa diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Mulai dari browsing, chating, email, hingga gaming. Termasuk ketika menemani kami traveling dan mengeksplorasi Thailand. Banyak hal yang kami dapatkan, terutama mengabadikan momen melalui kemampuan kamera Redmi Note 5.

Untuk itu, dalam review kali ini kami akan lebih mengulas pengalaman menggunakan Xiaomi Redmi Note 5 selama berada di negeri Gajah Putih. Unit yang kami gunakan merupakan Xiaomi Redmi Note 5 RAM 4GB dan ROM 64GB bergaransi resmi TAM. Tapi tidak semua spesifikasi di ulas, hanya beberapa fitur yang kami anggap bisa diandalkan saat melakukan traveling.

Nyaman di Genggam

Xiaomi Redmi Note 5
Hal pertama yang kami sukai adalah bodinya yang ramping, sehingga sangat mudah untuk di bawa kemana-mana, terutama ketika berada di genggaman. Bahkan si Redmi Note 5 ini lebih sering berada di tangan dibanding dimasukkan ke dalam saku. Karena kami tidak ingin kehilangan momen ketika ada objek yang menarik untuk diabadikan.

Hanya saja, cover belakangnya agak sedikit licin jadi sebaiknya pergunakan case transparan yang disediakan dalam box pembelian atau membeli dari pihak ketiga yang banyak di jual, baik online maupun offline.

Selain itu, fungsi dari penggunaan case cover belakang ini juga dimaksudkan untuk melindungi kamera belakang yang sedikit muncul ke permukaan. Sehingga bisa mengurangi resiko lensa kamera tergores saat diletakkan di atas permukaan yang kasar. 

Kamera Bisa Diandalkan

Xiaomi redmi note 5
Tentu saja kamera menjadi salah satu fitur yang paling sering digunakan ketika sedang traveling. Thailand sendiri memiliki banyak objek menarik yang sangat sayang jika dilewatkan. Dari pengalaman kami, kamera Xiaomi Redmi Note 5 sangat bisa diandalkan.

Sebagai gambaran, Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan dual kamera belakang dengan konfigurasi sensor 12MP + 5MP. Menggunakan ukuran sensor besar 1.4μm, kamera di Xiaomi Redmi Note 5 diklaim dapat menangkap lebih banyak cahaya dan memberikan hasil lebih baik dalam kondisi minim cahaya.

Klaim yang bisa dibuktikan, karena kamera Redmi Note 5 memang bisa menghasilkan foto dengan cahaya yang natural. Selama memotret kami lebih banyak memanfaatkan fitur auto, karena tidak mau ribet dengan beberapa pengaturan yang cukup memakan waktu. Tapi hasil foto dengan modus pemotretan auto ini cukup memuaskan.

Apalagi proses auto fokus nya berjalan cukup cepat, jadi sangat dimungkinkan untuk mengambil beberapa foto dalam waktu singkat. Hal ini berkat penggunaan teknologi Dual Pixel yang mampu memberikan proses auto-fokus lebih cepat, sehingga kami tidak mudah kehilangan momen.

Tapi kami harus menggunakan modus pro atau manual saat memotret di kondisi minim cahaya, karena kamera Xiaomi Redmi Note 5 ini kurang maksimal saat memotret di malam hari. 

Lihat hasil kamera Xiaomi Redmi Note 5 :

Hasil foto redmi note 5
Hasil foto redmi note 5
Hasil foto redmi note 5
Hasil foto redmi note 5

Sedangkan kamera depan Redmi Note 5 mengusung sensor 13MP yang dilengkapi lampu LED Selfie. Menariknya, ketika Portrait Mode digunakan, baik kamera depan dan kamera belakang hadir dengan Beautify 4.0 terbaru Xiaomi lengkap dengan teknologi AI. Teknologi Ai ini akan membantu untuk mengisolasi subjek dari latar belakang, sehingga hanya dengan satu kamera saja dapat menghasilkan efek bokeh dalam Portrait Mode.

Baterai Tahan lama

Xiaomi Redmi Note 5
Satu faktor lain yang jadi keunggulan Redmi Note 5 saat traveling adalah baterainya yang tahan lama. Dibekali baterai kapasitas besar 4000mAh, hp ini bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Dalam pemakaian kami, Redmi Note 5 ini bisa bertahan dari pagi hingga tengah malam untuk penggunaan aktif pada fitur kamera, baik foto dan video.

Kami juga menggunakannya untuk browsing, chating hingga aktif di sosial media untuk membagikan hasil foto Redmi Note 5. Hanya saja, untuk pengisian ulang baterainya memang tidak terlalu istimewa. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 35 menit untuk mengisi ulang baterainya dari posisi 0% hingga 100%.

Performa Mesin

redmi note 5
Meski tidak menggunakan Redmi Note 5 untuk aktivitas berat seperti gaming, namun spesifikasi yang tertanam didalamnya kami rasa sudah mendukung untuk hal tersebut. Redmi Note 5 sendiri ditenagai prosesor Snapdragon 636 dengan basis proses manufaktur 14nm. Prosesor ini mengalami kinerja smartphone yang lebih cepat saat digunakan untuk mengedit dokumen besar atau ketika bermain game yang menuntut daya besar.

Hal itu dimungkinkan berkat arsitektur Kryo 260, kecepatan clock maksimum 1.8GHz dan Adreno 509 GPU. Dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 630, Snapdragon 636 memiliki peningkatan kinerja sebesar 40% dengan tetap menjaga efisiensi daya yang baik. Apalagi sudah di dukung memori RAM 4GB dan ROM 64GB untuk yang versi resmi.

Untuk hasil benchmark sebagai berikut :

  • Antutu skor 112966
  • Geekbench 4 skor 1339 (single core) dan 4183 (multi core)
  • PCMark Work 2.0 skor 5803

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 5.99 inch
Screen Resolution 2160 x 1080 Pixel
Chipset Qualcomm SDM636 Snapdragon 636
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 509
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Belakang 2 5 MP
Resolusi Kamera Depan 1 13 MP
USB microUSB
Kapasitas Baterai 4000 mAh

Kesimpulan

Untuk yang gemar traveling, kamera di Xiaomi Redmi Note 5 ini sangat bisa diandalkan. Di kondisi cahaya melimpah, cukup seting menggunakan modus auto dan kamera akan menghasilkan foto yang cukup baik. Tapi dibutuhkan sedikit pengetahuan mengenai fotografi ketika berada di cahaya minim. Karena untuk cahaya redup Anda harus menggunakan modus pro atau manual untuk hasil foto maksimal. 

Artikel Terkait

Komentar

Santi Mulyana Ramdhani Kamis, 23 Agu 2018 | 18:14
Bagus sekali untuk selvi dan mempotret hasil kerja.. dan hasilnya sangat menakjubkan cocok untuk pekerja yg memerlukan kamera bagus seperti hp xiomi note 5a ini.
Andrean Fivers Dre Sabtu, 25 Agu 2018 | 01:15
Harga melonjak
Reza Sabtu, 25 Agu 2018 | 11:54
Kameranya udah kek dslr gilaaa