ASUS Zenfone Max Pro M1 Dibakar Hingga Dilindas, Hasilnya?

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 23 Jul 2018 | 11:42

Awal kehadiran ASUS Zenfone Max Pro M1 di pasar Indonesia memang makin memanaskan persaingan pasar hp Tanah Air. Namun, penjualan dengan metode flash sale di Lazada menimbulkan banyak keluhan. Mulai dari kehabisan unit saat flash sale, ketersediaan stok yang langka (menjadi hp gaib) hingga harga Zenfone Max Pro M1 yang melonjak naik.

Namun terlepas dari semua kontroversi yang ada, ASUS Zenfone Max Pro M1 harus diakui memiliki daya tarik dari hp sejenis dikelasnya. Lihat saja spesifikasi yang tertanam didalamnya, sudah bisa mewakili beragam segmen, termasuk penggemar gaming. Karena Zenfone Max Pro M1 bisa menjadi hp gaming alternatif.

Bahkan saat tes gaming di ASUS Zenfone Max Pro M1 yang kami lakukan, semua dapat dijalankan dengan lancar tanpa hambatan. Baik itu game multiplayer online battle seperti Mobile Legend dan PUBG mobile. Zenfone Max Pro pun asyik dan nyaman digunakan ketika nonton streaming berbagai film dan siaran lainnya.

Berbekal RAM 3GB, hp murah dengan spek dewa ini memakai prosesor Snapdragon 636 yang lebih baik kinerjanya dibandingkan chipset Snapdragon 625. Di tunjang layar besar, resolusi Full HD+ 2.160 x 1080p, 18:9 serta full display 2,5D curve glass dengan 450 nits bermain game terasa makin nyaman. Apalagi sudah menggunakan baterai 5000 mAh yang diklaim bisa mencapai 7 jam lebih hanya dalam sekali pengisian saat bermain PUBG.

Tapi ada hal menarik yang belum diketahui. Beberapa waktu lalu kami melakukan serangkaian extreme tes pada ASUS Zenfone Max Pro M1. Ada 8 pengujian ekstrim yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. 8 pengujian ekstrim tersebut mencakup dimasukkan ke dalam freezer, dicelupkan ke dalam air, dilindas motor, dipanggang, dibakar, digoreng dalam minyak panas, dilindas mobil, hingga dijatuhkan dari ketinggian 5 meter.

Extreme Test ASUS Zenfone Max Pro 

Berikut hasil pengujian ekstrim yang kami lakukan pada ASUS Zenfone Max Pro M1 :

1. Dimasukkan ke Dalam Freezer

Pengujian pertama ASUS Zenfone Max Pro M1 dimasukkan ke dalam freezer dengan suhu -8 sampai -10 derajat celsius selama 30 – 60 menit. Hasilnya pengujian pertama berlangsung lancar, dimana hp RAM 3GB seharga Rp2 jutaan ini masih normal ketika digunakan kembali.

2. Dimasukkan ke Dalam Air

Extreme tes kedua dengan memasukkan ASUS Zenfone Max Pro M1  ke dalam air dengan kedalaman berkisar 6 inci. Dalam waktu 32 detik dimasukkan ke dalam air, perangkat masih tetap normal dan masih menerima panggilan masuk saat di dalam air. Cukup menarik, karena ASUS Zenfone Max Pro M1 tidak dibekali dengan sertifikasi tahan air.

3. Di Goreng Dalam Minyak Panas

Berlanjut ke extreme tes berikutnya, yaitu ‘digoreng’ dalam minyak panas dikisaran 180 derajat celsius selama kurang lebih 30 menit. Hasilnya, perangkat sempat mati dan tidak dapat diaktifkan. Namun ketika ditunggu hingga panas hilang selama 20 – 30 menit, ASUS Zenfone Max Pro M1 dapat aktif kembali.

4. Di Panggang

Kami juga mencoba menguji daya tahan ASUS Zenfone Max Pro M1 dengan cara dipanggang dengan suhu 130 – 140 derajat celsius. Dalam waktu selama 2 menit di panggang, ternyata perangkat ini masih tetap hidup.

5. Di Bakar dengan Api

Berlanjut dengan tes extreme selanjutnya yaitu di bakar langsung dengan api. Di pengujian ini memang tidak berlangsung lama, karena menghindari resiko hp meledak. Namun dari pengujian di bakar, ASUS Zenfone Max Pro M1 masih tetap hidup meski layar sempat menghitam yang kemudian menghilang.

6. Dilindas Motor

Untuk menguji layarnya, kami lakukan extreme tes dengan dilindas motor. Hasilnya cukup memuaskan, karena ASUS Zenfone Max Pro M1 sama sekali tidak mengalami kerusakan apapun. Layar sentuhnya masih berfungsi dengan normal.

7. Dilindas Mobil

Tidak puas dengan motor, kami pun menguji daya tahan ASUS Zenfone Max Pro M1 dengan menggunakan mobil. Dari pengujian ini, layarnya mengalami keretakan di beberapa sisi termasuk lensa kamera. Namun layar sentuhnya masih dapat digunakan.

8. Dijatuhkan dari Ketinggian

Pengujian extreme terakhir yang kami lakukan adalah dengan menjatuhkan ASUS Zenfone Max Pro M1 dari ketinggian sekitar 5 meter. Hasilnya, layar yang sudah retak akibat dilindas mobil terlihat semakin mengalami kerusakan hampir di seluruh sisi. Dengan kerusakan parah pada layar ini, yang mengagetkan adalah fungsi sentuhan pada layarnya masih normal.

Itulah 8 tes extreme yang kami lakukan pada ASUS Zenfone Max Pro M1. Hasilnya memang cukup mencengangkan, karena perangkat ini sanggup melewati semua pengujian yang tidak biasa tersebut. Menariknya, semua yang kami lakukan hanya menggunakan satu unit tanpa menggantinya.

Dimana mulai dari tes extreme pertama hingga ke delapan menggunakan Zenfone Max Pro M1 yang sama. Sangat menarik, karena ASUS Zenfone Mx Pro M1 ini tidak dibekali fitur yang tahan air, tahan debu, tahan api bahkan tahan jatuh dari ketinggian. Meski demikian, kami tetap menyarankan jangan melakukannya dengan sengaja.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa lihat video 8 extreme tes ASUS Zenfone Max Pro M1 di bawah ini :

Artikel Lainnya

Komentar

Muhammad Zulkifli Senin, 23 Jul 2018 | 16:09
Wiiih kereen Hapenya
M Khaldun Nanguning Selasa, 21 Agu 2018 | 06:15
Luar biasa. Saluut