Diperbaharui pada Rabu, 30 Mei 2018 | 10:00

Review ASUS Zenfone Live L1, Android Sejutaan Fitur FullView Kamera Bisa Bokeh

Setelah ASUS mengeluarkan pesaing untuk Xiaomi Redmi Note 5 Series, kini ASUS kembali melahirkan penantang untuk Xiaomi Redmi 5A yaitu ASUS Zenfone Live L1. Smartphone terbaru ASUS ini baru saja dilepas melalui flash sale di JD.id 21 Mei 2018 lalu dengan bandrol seharga Rp1.2999.000 untuk varian RAM 2GB dan ROM 16GB. Harga jual ASUS Zenfone Live L1 ini tidak jauh dari harga jual Xiaomi Redmi 5A yang dijual seharga Rp1.099.000 saja.

Dalam paket penjualan Anda akan mendapatkan unit hp, jelly softcase, kabel USB, charger, SIM card tray ejector dan buku-buku panduan.

Nah, bagaimana ulasan lengkap ASUS Zenfone Live L1 ini? Apakah hp ASUS terbaru ini dapat mematahkan dominasi Xiaomi di pasar entry level?

Desain

Dari sisi desain, ASUS Zenfone Live L1 terlihat solid dengan balutan material plastik bertekstur doff yang cukup nyaman digenggam apalagi bobotnya yang hanya 120 gram dengan ketebalan 8,15mm saja.

Peletakan tombol dan port pada ASUS Zenfone Live L1 tidak jauh berbeda dengan perangkat Android pada umumnya. Pada sisi kiri Anda akan menemukan slot SIM tray yang mendukung dual SIM stand by jaringan 4G pastinya juga slot SD card. Pada sisi kanan nada tombol volume dan power. Pada bagian atas Anda dapat menikmati musik dengan memasangkan earphone ke port 3,5mm. Anda juga dapat menikmati musik melalui speaker eksternal yang terletak di sisi bawah smartphone ini bersamaan dengan port charging micro USB.

Beralih ke sisi depan. Selain layar, terdapat pula LED notifikasi, earpiece dan kamera untuk selfie. Dan yang terakhir di sisi belakang, terdapat kamera utama beserta LED flash dan logo ASUS yang asyik jika diraba.

ASUS Zenfone Live L1 juga hadir dengan 4 pilihan warna. Diantaranya adalah Midnight Black, Space Blue, Shimmer Gold dan Rose Pink. Kebetulan yang kami dapat untuk diulas adalah varian warna Midnight Black.

Bagi kami, desain yang diusung ASUS Zenfone Live L1 tidak ada yang terlalu spesial.

Layar

ASUS Zenfone  Live L1 mengusung layar kekinian FullView display dengan ukuran layar 5.5 inch dengan rasio 18:9 beresolusi 720 x 1440 pixels dan kerapatan ~293 ppi. Layar pada hp ASUS entry level ini sudah IPS LCD capacitive touchscreen dengan16 juta warna. Dengan spesifikasi layar seperti ini, ASUS Zenfone Live sudah cukup baik menjadi teman Anda untuk bermain game maupun menonton video.

Selain itu layar ASUS Zenfone Live L1 ini juga memiliki kecerahan layar yang cukup baik walau di bawah sinar matahari. Namun sayangnya layar FullView display ini tidak diproteksi Gorilla Glass. Jadi saran kami, sedialah anti gores sesegera mungkin setelah Anda membeli smartphone ini.

OS dan UI

ASUS Zenfone Live L1 hadir dengan OS Android 8.0 Oreo dan antarmuka ZenUI 5.0. Seperti yang sudah-sudah, ASUS ZenUI menawarkan fitur-fitur yang menarik dan performanya cukup smooth. Apalagi sekarang ZenUI tidak banyak ditanam bloatware.

Salah satu aplikasi bawaan dari ZenUI yang menarik adalah Mobile Manager. Dengan aplikasi ini Anda dapat mengatur notifikasi yang masuk, membersihkan RAM, mengecek daya tahan baterai, membersihkan file sampah dan mengontrol kuota data Anda.

Terdapat juga fitur-fitur menarik pada menu Settings di ASUS Zenfone Live L1 ini. Contohnya Page Marke. Fitur ini dapat mengunduh sebuah halaman pada website dan memungkinkan Anda untuk membacanya secara offline. Jadi fungsinya sama seperti bookmark tapi bisa Anda akses secara offline.

Lalu ada Game Genie. Fitur memungkinkan Anda untuk merekam aktivitas gaming Anda. Bahkan Anda bisa live streaming  di YouTube dan Twitch saat Anda sedang bermain game. Menarik bukan?

Berikutnya ada ZenUI SafeGuard. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan darurat kepada satu kontak atau grup yang sebelumnya bisa Anda atur. Fitur ini juga dapat mengirim lokasi Anda ke grup kontak yang sudah Anda buat. Pada saat keadaan daruruat, fitur ini tentunya sangat berguna.

Tidak hanya itu. ZenUI juga menyediakan fitur ZenMotion, One hand mode, Kids mode dan Easy mode. Untuk fitur keamanan, ASUS Zenfone Live L1 sudah didukung dengan fitur Face unlock. Sayangnya, tidak ada fingerprint sensor tertanam di hp ini.

Menurut penilaian kami, antar muka pada ASUS Zenfone Live L1 ini berkerja dengan baik dan mulus. Salah satu kendala adalah saat memory hp sudah terlalu sedikit maka Anda akan mengalami sedikit delay saat mengakses menu-menu yang ada di ASUS Zenfone Live L1 ini.

Performa

ASUS Zenfone Live L1 merupakan salah satu hp Android entry level yang memiliki performa yang baik. Smartphone terbaru ASUS ini ditanam prosesor Qualcomm Snapdragon 425 64-bit. Prosesor Quad-core ini ditemani GPU Adreno 208 untuk mendongkrak performa multimedia. RAM sebesar 2GB akan membantu Anda untuk melakukan multitasking dengan mulus. Untuk media penyimpanan, sudah tersedia ROM sebersar 16GB dengan tambahan slot MicroSD maksimal 2TB.

Pengalaman kami menggunakan ASUS Zenfone Live L1 sebagai hp daily driver kami dalam seminggu sangat baik. Hp ini memang cocok untuk diajak bepergian karena baterainya yang berkapasitas 3000 mAh. Kami gunakan hp ini untuk aktivitas social media ringan dan sesekali bermain game. Hp ini sanggup bertahan dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 8 malam. Dari kapasitas baterai yang 100% sampai ke 17%.

Kami sempat terkejut dengan performa gaming yang ditunjukkan oleh ASUS Zenfone Live L1 ini. Kami mencoba bermain game berat seperti PUBG. Walaupun hanya dengan settingan low, hp ini dapat menjalankan game PUBG dengan mulus. Memang sih, ada waktu di saat FPS turun. Tapi tidak terlalu mengganggu.

Pada uji AnTuTu, ASUS Zenfone Live L1 mendapatkan skor 39861 dengan rincian 20431 untuk skor CPU, 1690 untuk skor GPU, 14782 untuk skor UX dan 2958 untuk skor memory. Sedangkan pada uji di CPUMark, ASUS Zenfone Live L1 mendapatkan skor 3260 untuk Work 2.0, 4051 untuk Web Browsing 2.0, 3141 untuk Video Editing dan 2452 untuk Writing 2.0.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan jika ASUS Zenfone Live L1 dapat menjadi andalan di level hp entry level namun fitur memadai.

Kamera

ASUS Zenfone Live L1 dilengkapai dengan kamera utama 13MP, f/2.0 aperture, EFL 3.519cm dengan fitur PDAF, HDR, Beauty, Pro, Panorama, Time lapse, 8 filter dan Portrait untuk mengambil foto bokeh. Kamera utama ini juga dilengkapi dengan LED flash.

Untuk kamera selfie, ASUS Zenfone Live L1 mempunyai kamera 5 MP, f/2.4 aperture, EFL 2.34cm, 75.6° field of view dengan fitur HDR, Portrait, Beauty dan 8 filter berbeda. Kamera ini juga dilengkapi dengan soft LED flash.

Performa kamera ASUS Zenfone Live L1 sangat baik di tempat dengan pencahayaan yang cukup. Foto HDR dan Portrait yang dihasilkan juga terlihat alami. Sayangnya, pada saat kondisi low light, hasil foto yang dihasilkan smartphone ini masih kurang maksimal. Tapi untuk rentang harga hp Rp.1 jutaan, sangat wajar dengan kualitasnya. Untuk hasil fotonya bisa dilihat di bawah ini.


Hasil foto ASUS Zenfone Live L1 resolusi tinggi

Kesimpulan

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 8.1
Detail Prosesor Snapdragon 425
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 308
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Untuk Anda yang gemar bermain game-game ringan, foto-foto untuk social media dan ingin tetap kekinian dengan layar FullViewnya tapi dana hanya ada Rp.1 jutaan, ASUS Zenfone Live L1 ini sangat kami rekomendasikan.

Like us!
Evan Yazid Praditya
77 Posts