Review Xiaomi Redmi S2, Redmi Series dengan Kamera Selfie Mantap

Oleh Rizki Abadi updated Rabu, 23 Mei 2018 | 18:51

huawei redmi s2

Setelah membuat ramai pasar hp kelas menengah Indonesia dengan meluncurkan Redmi Note 5 yang mengandalkan kemampuan AI dan chipset Snapdragon 635. Xiaomi tampaknya masih belum puas untuk makin melebarkan sayapnya di pasar hp tanah air.

Di mana produsen asal China ini baru saja resmi meluncurkan smartphone terbarunya yaitu Xiaomi Redmi S2. Hp ini disebut sebagai hp selfie terbaik di jajaran smartphone Xiaomi Redmi Series.

Kemampuan selfie memikat dari Redmi S2 banyak tercipta berkat keunggulan kamera depan 16MP yang didukung oleh teknologi pixel binning dan fitur AI Beautify milik Xiaomi. Xiaomi sendiri menyatakan menggunakan seri S untuk menjangkau pengguna usia muda.

Terutama bagi mereka yang menyukai aktivitas self-expression dan mau berbagi serta terhubung dengan orang lain. Xiaomi sendiri sudah melansir harga jual dari Redmi S2, yaitu sebesar Rp2.399.000.

Harga ini bisa dibilang murah untuk hp kelas menengah. Apalagi, Redmi S2 lalu, dengan harga segitu, apa saja yang Redmi S2 tawarkan?

Desain

xiaomi redmi s2

Sebagai hp kelas menengah, Xiaomi mengemas hp andalah terbarunya dengan sangat modern. Dilihat dari tampilannya, hp ini mengusung desain layar full view dengan ukuran layar 5.99 inch. Sementara rasio layar dan bodinya sudah 18:9, cukup umum untuk hp kekinian yang mengusung desaing bezel less.

Bodi Redmi S2 bisa dibilang ramping, tapi dibalik rampingnya, ternyata bobot Redmi S2 cukup berat yaitu 170 gram. Tapi hal ini justru memberikan keuntungan tersendiri karena akan membuat hp terlihat kokoh dan mantap ketika digenggam. Kesan kokoh juga ditunjukkan oleh penggunaan bodi berbahan aluminium yang menutupi bagian belakang hp ini.

Di bagian depan, terdapat 1 kamera selfie, earphone, lampu led notifikasi kecil, dan flash LED. Penempatan tombol navigasi Redmi S2 diletakkan di dalam layar, hal ini disebabkan karena desainnya yang bezel less.

xiaomi redmi 2s

Sementara di bagian samping, pada sisi kiri terdapat slot dedicated untuk menaruh dua SIM Card dan microSD. Di bagian kanan hp terdapat tombol power, dan tombol pengaturan volume yang berada di atasnya.

Di bagian bawah, Redmi S2 seakan terlihat memiliki dua speaker, tapi pada kenyataannya tidak seperti itu. Karena 1 diantaranya merupakan microphone yang terlihat mirip dengan speaker. Di antara speaker dan microphone, terdapat lubang pengisian baterai atau transfer data.

Xiaomi juga masih mempertahankan pemakaian jack audio 3.5mm yang diletakkan di bagian atas berdampingan dengan sensor infrared. Di bagian belakang, Huawei menempatkan dual kamera dengan dukungan LED flash dan fingerprint sensor.

Desain kameranya sangat mirip dengan iPhone X yang disusun secara vertikal. Namun, kami sarankan untuk menggunakan jelly case bawaan dalam penggunaannya, karena ini sangat bermanfaat untuk melindungi kamera dari Redmi S2 yang menjorok keluar sehingga lensanya tidak gampang lecet akibat gesekan.

Layar

xiaomi redmi s2

Seperti yang sudah disebutkan, Xiaomi Redmi S2 hadir dengan layar full view yang sangat kekinian. Layarnya memiliki bentang 5.99 inch dengan resolusi HD+ dan memiliki aspek rasio 18:9. Spesifikasi layar ini cukup standar dan banyak digunakan oleh hp di kelasnya.

Dengan layar seperti ini, tentu akan membuat kita sangat puas ketika menggunakan hp ini untuk bermain game atau nonton video. Untuk fiturnya, kami cukup suka dengan fitur reading mode yang terdapat di bagian setting.

Fitur ini berguna untuk mengurangi emisi blue light sehingga membuat warna layar menjadi agak redup dan nyaman dilihat. Selain itu, kita juga bisa mengatur kontras dan warna tampilan layar sesuai dengan yang kita inginkan.

OS dan Performa

xiaomi redmi s2 

Xiaomi Redmi S2 sudah hadir dengan menggunakan OS berbasis Android 8.1 Oreo yang tampilan UI-nya dikustomisasi oleh MIUI 9.5. MIUI 9.5 sendiri menawarkan sejumlah pembaruan tampilan dan teknologi terbaru sehingga memberikan performa yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Pada dapur pacunya, Xiaomi Redmi 2S mengandalkan dapur pacu yang diotaki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 bersama GPU Adreno 506. Untuk mendampingi prosesor ini, terdapat RAM 3GB dan ROM 32GB. Ada juga versi RAM 4GB dan ROM 64GB, tapi hingga sekarang versi ini belum masuk ke pasar Indonesia.

Tapi kami sedikit bertanya-tanya kenapa Xiaomi tidak menaikkan level prosesornya ke Snapdragon 636 seperti Redmi Note 5. Kemungkinan hal ini dilakukan Xiaomi untuk menekan harga Redmi S2 agar tetap terjangkau.

Walau masih menggunakan prosesor lama, nyatanya performa yang ditunjukkan dari Redmi S2 tidak mengecewakan. Setelah di tes benchmark dengan AnTuTu, skor yang didapat berada di angka 76 ribu poin lebih, masih sangat memuaskan untuk hp kelas menengah.

Kami juga melakukan gaming test pada Redmi 2S. Hasilnya, hp ini bisa melibas game Vainglory, War Robots, dan PUBG Mobile dengan settingan high. Bahkan, setelah kami ukur suhu hp-nya setelah memainkan game tersebut selama 25 menit, ternyata suhunya masih cukup normal di kisaran 35 derajat celcius.

xiaomi redmi s2

Namun, walau bisa melibas 3 game itu dengan settingan high, kami tetap menyarankan kalian untuk menggunakan settingan low sampai medium. Agar kinerja prosesor dan RAM tidak terlalu terkuras dan menjadi lebih awet.

Untuk fitur keamanan hp, Redmi S2 sudah dilengkapi fitur fingerprint sensor dan face unlock. Peletakan sensor sidik jarinya sendiri cukup pas karena kita tidak harus menekuk jari ketika menggunakan sensornya. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang punya tangan besar dan berjari panjang yang sering bermasalah karena harus menekuk jarinya terlebih dulu.

Sementara untuk urusan baterai, Xiaomi Redmi S2 dibekali baterai Li-Po berkapasitas 3.080 mAh. Sayangnya, Xiaomi tidak menyematkan fitur fast charging pada hp ini. Ada juga fitur battery saver yang berfungsi untuk menghemat pemakaian baterai sehingga pemakaiannya bisa bertahan lebih lama.

Kamera

xiaomi redmi s2

Ini dia fitur yang paling diunggulkan oleh Redmi S2 di mana Redmi S2 memiliki dual kamera belakang beresolusi 12MP + 5MP AI. Sensor utamanya beresolusi 12MP dan memiliki besar piksel 1,25µm yang menghasilkan gambar lebih terang dalam kondisi minim cahaya. Sensor sekunder 5MP digunakan untuk memperoleh foto dengan efek bokeh terbaik.

Untuk pengetesannya, ketika dipakai untuk memotret di malam hari dengan mode auto, hasil gambar yang didapat kurang maksimal akibat minimnya cahaya. Karena itu, kami sarankan untuk memanfaatkan mode pro atau manual ketika menggunakan Redmi S2 memotret di malam hari.

Di menu pro terdapat pilihan pengaturan White Balance (WB) dan ISO yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Ketika melihat hasil foto Redmi S2, kita bisa langsung melihat detail info dari foto yang diambil, seperti aperture yang digunakan, shutter speed, ISO, focus length, atau tanpa zoom ketika memotret.

Menariknya, kita juga bisa memberikan info lokasi ketika kita mengambil gambar tersebut. Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur kamera standar dari Redmi S2. Fitur ini bisa menangkap gambar yang detail ketika digunakan pada siang hari. Selain fitur auto dan manual, Redmi S2 juga menyediakan fitur short video, video, potrait, square, dan panorama.

xiaomi redmi s2

Untuk kamera depannya, dalam mode Portrait, kamera depan dan belakang Redmi S2 sudah mendukung fitur AI Beautify yang mampu mendeteksi riasan serta menjaganya tetap utuh, sementara algoritmanya juga telah dioptimalkan untuk berbagai ekspresi wajah selfie yang populer.

Dalam kondisi yang minim cahaya, sensor menggunakan teknologi pixel binning untuk menggabungkan informasi dari empat piksel dan membuat satu piksel besar 2,0µm. Hal ini mampu meningkatkan sensitivitas cahaya sensor kamera dengan sangat baik.

Teknologi ini akan membantu hp menghasilkan foto yang lebih terang dan jelas pada kondisi bercahaya rendah dengan sedikit noise. Ketika fitur HDR otomatis diaktifkan, kamera depan Redmi S2 akan langsung mendeteksi lingkungan yang memiliki back-light serta menerapkan efek HDR.

Selfie-light dari Redmi S2 mampu meniru cahaya alami sekitar sehingga memungkinkan untuk menangkap catchlight dan menghasilkan foto portrait yang bagus. Hasil foto yang dihasilkan dari kamera depan juga sangat memuaskan berkat dukungan dari image stabilizernya.

Hasil Foto dari Xiaomi Redmi S2

xiaomi redmi s2

xiaomi redmi s2

xiaomi redmi s2

xiaomi redmi s2

Kesimpulan

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5.99 inch
OS Version 8.1
Detail Prosesor MSM8953 Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 16 MP
Kapasitas Baterai 3080 mAh

Dengan harga terjangkau, Xiaomi Redmi S2 menawarkan performanya yang mantap, dan kinerja kameranya sudah sangat maksimal, terutama kamera depannya. Dengan begitu, uang yang kamu keluarkan akan terbayar dengan kualitas Redmi S2 yang kamu dapatkan

Bagi kamu yang tertarik membeli Redmi S2, hp ini akan dijual secara flash sale di Shopee pada tanggal 25 Mei 2018 pada pukul 12.00 siang dengan harga Rp2.399.000. Selain itu, Redmi S2 juga akan dijual secara offline di toko resmi Mi Store seluruh Indonesia pada hari dan tanggal yang sama.

Artikel Terkait

Komentar

Dewi Citra Resmi Sandyapitaloka Kamis, 24 Mei 2018 | 00:43
Lumayan lah spesifikasi nya