Review Huawei Nova 2 Lite, Hp Entry Level dengan Desain Kekinian

Oleh Rizki Abadi updated Kamis, 31 Mei 2018 | 03:15

huawei nova 2 lite

Menjelang akhir bulan April, Huawei resmi membawa salah satu produknya ke Indonesia, yaitu Huawei Nova 2 Lite. Di negara asalnya, China, hp ini dinamakan dengan Huawei Y7 Prime (2018). Smartphone ini dijual dengan menyasar konsumen entry level.

Yang menarik, Huawei Nova 2 Lite ternyata diproduksi di Indonesia oleh PT Panggung Electric Citrabuana di Jalan Raya Waru No.1, Sidoarjo, Jawa Timur. Tentu ada rasa bangga lebih ketika memakainya karena ada karya anak bangsa yang terlibat dalam pembuatannya.

Sebagai hp entry level, hp ini dijual dengan harga 2.5 jutaan di Indonesia. Hal ini menjadikan Nova 2 Lite menjadi smartphone Nova Series termurah di Indonesia. Dengan harga yang murah, tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi Nova 2 Lite.

Tapi, di samping masalah harga, apa saja kehebatan lain dari produk hp ini? Berikut ini adalah reviewnya.

Desain

nova 2 lite

Walau bepredikat sebagai hp entry level, tapi Huawei mengemas Nova 2 Lite dengan balutan desain yang mewah. Bobot dari Nova 2 Lite bisa dibilang cukup ringan, yaitu 155 gram saja.

Hal ini banyak dibantu dari rampingnya bodi Nova 2 Lite serta material bodi hp yang menggunakan material plastik dan metal. Bila dipegang, Nova 2 Lite juga lumayan nyaman digenggam.

Di bagian depan, kita bisa melihat logo Huawei di bagian bawah layar. Di atas layar, terdapat 1 kamera selfie, earphone, lampu led notifikasi kecil, dan flash LED. Karena mengusung desain bezel less, penempatan tombol navigasi diletakkan di dalam layar.

Beralih ke bagian samping, di sisi kiri terdapat slot untuk menaruh dua SIM Card dan microSD. Di bagian kanan terdapat tombol power, di atasnya ada juga tombol untuk pengatur volume.

huawei nova 2 lite

Huawei hanya menyematkan 1 speaker saja yang diletakkan di bawah hp. Di sisi speaker terdapat USB port untuk charging baterai atau transfer data dan port jack 3.5 mm.

Di bagian belakang, Huawei menempatkan dual kamera dengan dukungan LED flash dan fingerprint sensor. Namun, kami sarankan untuk menggunakan jelly case bawaan dalam penggunaannya, karena bodi Nova 2 Lite sangat mudah menjiplak sidik jari sehingga membuat hp cepat kotor, terutama untuk varian warna biru yang kami gunakan ini.

Tidak hanya itu, penggunaan jelly case juga sangat bermanfaat untuk melindungi kamera dari Nova 2 Lite yang agak menjorok keluar sehinnga membuat penempatannya tidak seimbang ketika ditaruh tanpa casing.

Layar

huawei nova 2 lite

Huawei Nova 2 Lite menggunakan layar ukuran 5,99 inch berteknologi IPS LCD dan punya resolusi HD+ 720 x 1440 pixel. Karena mengusung desain layar full view, maka rasio layar dan bodinya mencapai 18:9.

Dengan layar yang luas, tentu akan membuat pengalaman menggunakan smartphone menjadi lebih puas, terutama ketika bermain game. Di bagian setting, kamu juga bisa mengatur tampilan layar agar lebih enak dipandang mata.

Bila kamu membuka setting display, terdapat fitur color mode untuk memberikan sentuhan warna khusus pada layar. Ada juga fitur eye comfort, yang dinyalakan akan membuat cahaya layar menjadi lebih redup dan nyaman dilihat mata.

Kamera

huawei nova 2 lite

Untuk urusan kamera, Nova 2 Lite menawarkan dua kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan. Untuk resolusinya, dual kamera di bagian belakang beresolusi 13 MP + 2 MP dan kamera depannya beresolusi 8MP.

Jika mengaktifkan fitur kameranya, baik depan ataupun belakang, maka kita akan menemukan 2 fitur menarik yaitu Wide Aperture dan Beautify. Untuk wide apperture, fitur ini akan membuat user Nova 2 Lite bisa merubah titik fokus kamera serta mengatur aperture mulai dari 1 hingga 7 untuk menimbulkan efek bokeh.

Semakin rendah aperture yang dipasang, maka efek bokeh yang dihasilkan akan semakin blur. Sementara untuk fitur beautify dibuat dalam 10 tingkatan. Ketika kami tes, ternyata perbedaan tingkat 1 dari sampai 10 bisa dibilang cukup signifikan.

huawei nova 2 lite

Jadi, jangan pakai tingkat yang terlalu besar jika kamu masih ingin memperlihatkan wajah asli kamu di kamera. Jika bagian kiri layar di swipe ke kanan, maka kamu dapat menemukan beberapa mode kamera lain yang bisa dipakai, seperti Video, HDR yang berfungsi meningkatkan ketajaman warna foto, Panorama, Filter, Watermark, Good Food, dan document scan.

Sementara jika kita swipe layar kanan, kita akan menumukan settingan kamera dari Nova 2 Lite, kamu bisa merubahnya sesuai kebutuhan. Lalu, bagaimana dengan hasil foto yang dihasilkan?

Dari percobaan yang kami lakukan, kami bisa simpulkan kamera Nova 2 Lite bisa menghasilkan gambar yang bagus ketika memotret di tempat yang terang. Sayangnya, di tempat yang gelap, kualitas gambar yang didapat tidak terlalu baik, karena banyak noise yang dihasilkan.

Hasil Foto dari Huawei Nova 2 Lite

huawei nova 2 lite

huawei nova 2 lite

huawei nova 2 lite

Performa

huawei nova 2 lite

Huawei Nova 2 Lite mengandalkan dapur pacu yang diotaki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 bersama GPU Adreno 505. Untuk mendampingi prosesor ini, terdapat RAM 3GB dan ROM 32GB.

Khawatir dengan performa hp ini? Jangan khawatir. Karena walau hanya mengusung spesifikasi kelas bawah, setelah di tes benchmark dengan AnTuTu, skor yang didapat sebesar sebesar 58ribu poin lebih, memuaskan untuk hp entry level.

Ketika kami melakukan gaming test pada Nova 2 Lite. Hp ini bisa melibas game seperti Mobile Legends, Vainglory, dan PUBG Mobile ketika berjalan pada grafis low hingga medium. Tapi ketika grafis dinaikkan hingga level tinggi, hp akan terasa panas dan gameplay mulai tidak berjalan mulus dengan tampilan yang mulai putus-putus.

huawei nova 2 lite

Dalam jangka waktu tertentu hp akan melakukan force close jika sudah terlalu panas, hal ini terjadi ketika kami memainkan PUBG Mobile dengan grafis high selama lebih dari 30 menit. Tapi itu kami anggap wajar mengingat hp ini hanya menggunakan spesifikasi kelas bawah.

Untuk menjamin keamanan hp, Nova 2 Lite sudah memiliki fitur fingerprint sensor dan face unlock. Setelah kami tes, ternyata kedua fitur ini bisa dengan cepat, tidak sampai 1 detik untuk membaca sidik jari dan wajah penggunanya.

Walau bisa membaca sidik jari dengan cepat, tapi penempatan sensor sidik jarinya akan terasa kurang nyaman, terutama bagi pengguna yang memiliki jari besar dan panjang. Ketika digunakan, jari kita harus agak ditekuk untuk bisa menaruh jari di sensornya.

Baterai

huawei nova 2 lite

Sementara untuk urusan baterai, Huawei Nova 2 Lite dibekali baterai Li-ion yang tidak bisa dilepas berkapasitas 3.000 mAh. Untuk pengisian baterainya dari kosong sampai terisi penuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi dayanya? Berdasarkan hasil gaming test yang kami lakukan. Kita bisa memainkan game lebih dari 3 jam mulai dari kapasitas baterai penuh tanpa harus menggunakan penghemat daya dan dalam settingan grafis low.

Daya tahannya akan berkurang, jika kita bermain dengan grafis sedang hingga tinggi. Tapi itu juga dianggap normal karena akan membuat dapur pacu Nova 2 Lite bekerja lebih keras dan memakan lebih banyak daya.

Namun, jika kita mengaktifkan fitur penghemat daya hp ini, daya tahan pemakaian baterai akan bertahan lebih lama. Huawei memang sudah menyediakan sejumlah fitur penghemat daya di bagian setting Nova 2 Lite. Ada beberapa pilihan penghemat daya, seperti power saving mod, ultra power saving mode, dan smart resolution.

Untuk audionya, kami berpendapat desainer Huawei cukup cerdas menempatkan speaker Nova 2 Lite. Sebab, ketika kami posisikan secara landscape, speaker tidak tertutup tangan. Kualitas suara yang dihasilkan juga lumayan jernih.

Kesimpulan

Menurut kami, dengan harga jual Nova 2 Lite yang berada di kisaran Rp2.5 jutaan, fitur yang diberikan belum bisa dibilang wah. Walau begitu, dengan desain yang kece dan performa baik yang diberikan Nova 2 Lite, tentu bisa menjadi nilai plus tersendiri.

Artikel Lainnya

Komentar