Diperbaharui pada Rabu, 2 Mei 2018 | 15:29

Review Samsung Galaxy A8+, Desain Modis dan Banyak Fitur Flagship

Awal tahun 2018 Samsung menghadirkan hp Android terbaru ke pasar ponsel di Indonesia melalui seri A8. Samsung Galaxy A8+ ini adalah seri dengan spesifikasi paling tangguh diantara Galaxy A-series lainnya. Selain desainnya yang cantik, Galaxy A8+ juga tangguh saat melakukan task-task yang berat. Sekarang, hp Samsung ini sudah dapat Anda beli bebas di pasaran. 

Tidak hanya itu, baru-baru ini Samsung juga merilis Samsung Galaxy A8+ Special Edition Avenger: Infinity War. Nah sebelum Anda membeli Samsung Galaxy A8+ ini, ada baiknya Anda baca ulasannya berikut ini.

Desain

Samsung Galaxy A8+ memiliki desain bodi yang yang mirip dengan Samsung Galaxy S8. Bodi ini dipercantik dengan material Metal 3D Glass di bagian belakang serta lengkungan simetris dan ujung melengkung membuat hp ini sangat nyaman dan tidak licin pada saat digenggam.

Pada bagian kiri bodi Anda bisa menemukan slot SIM card 1 dan volume button. Di sisi sebaliknya selain Anda bisa menemukan tombol power, Anda juga dapat melihat speaker eksternal. Hmm, penempatan speaker yang unik.

Beralih ke bagian atas, terdapat slot SIM card 2 yang bisa Anda selipkan SD card sebagai tambahan storage. Lalu di bagian bawah terdapat mikrofon, audio jack dan pastinya port USB type C untuk mengisi daya baterai dengan fitur fast charging.

Di bagian depan, ada earpiece dan dua kamera untuk kebutuhan selfie Anda. Sebaliknya di bagian belakang Anda dapat melihat kamera utama yang dilengkapi dengan LED flash dan fingerprint sensor.

Layar

Samsung Galaxy A8+ ini memiliki layar seluas 6 inch dengan teknologi layar Super AMOLED beresolusi 1080 x 2220 pixels (rasio 18:5:9). Untuk proteksi, layar Samsung Galaxy A8+ ini sudah dilindungi Corning Gorilla Glass.

Layar FullView ini juga dilengkapi dengan fitur Infinity Display yang artinya lebih dari 80% bodi smartphone diisi oleh layar. Tidak hanya itu, Anda juga mendapatkan fitur Always on Display seperti yang ada di Samsung Galaxy S8 series.

Dengan layar yang memiliki spesifikasi yang telah kami jabarkan, Samsung Galaxy A8+ ini amat nyaman saat digunakan untuk bermain game, menonton video dan sekedar browsing foto-foto.

Performa

Samsung Galaxy A8+ diotaki prosesor quad-core Exynos seri 7885 dengan clock 2,2 GHz. Prosesor buatan Samsung ini didampingi oleh RAM 6GB dan GPU Mali-G71. Dengan dukungan spesifikasi seperti itu pastinya hp Samsung ini handal untuk diajak bermultitasking dan bermain game HD dengan lancar.

Samsung Galaxy A8+ menggunakan OS Android 7.1.1 Nougat yang nantinya dapat pembaharuan ke Android Oreo. Untuk UI, A8+ menggunakan Samsung Experience 8.5 sama seperti yang digunakan Samsung Galaxy S8 series. Performa UI ini cukup baik dan responsif. Namun sayangnya masih banyak bloatware yang cukup mengganggu.

Sensor fingerprint pada Samsung Galaxy A8+ berfungsi dengan baik hanya kurang dari 1 detik Anda dapat membuka akses ke A8+ ini. Penempatannya pun lebih oke dibandingkan dengan Samsung Galaxy S8 series yang sering sekali membuat jari kesasar.

Untuk performa gaming, Samsung Galaxy A8+ sanggup melibas game-game HD masa kini seperti PUBG, Mobile Legends, Need For Speed dan NBA Live Mobile dengan lancar tanpa lag. Hanya, suhu hp Android Samsung ini sedikit panas ketika bemain game terlalu lama.

Untuk Anda yang hobi menonton film dari hp, Anda sudah pasti akan merasa nyaman saat menonton di layar Samsung Galaxy A8+ ini. Kami mencoba memutar file MP4 dan MKV. Hasilnya Galaxy A8+ dapat dengan lancar memutar file-file video.

Pada AnTuTu Benchmark, Galaxy A8+ mendapat total skor 115859. 52888 untuk skor CPU, 24658 untuk GPU, 31872 untuk UX dan 6441 untuk memori.

Samsung Galaxy A8+ dibekali baterai tanam berkapasitas 3500 mAh dengan fitur fast charging. Dengan baterai ini, Galaxy A8+ sanggup bertahan seharian pada pemakaian normal.

Satu hal lagi, Samsung Galaxy A8+ sudah dibekali fitur anti air dan anti debu jadi Anda tidak perlu khawatir hp ini Anda bawa untuk kegiatan outdoor dan pada saat musim hujan.

Kamera

Kamera menjadi sektor unggulan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A8+. Hp ini mempunyai 1 kamera utama 16 MP (f/1.7, 1/2.8”, 1.12µm) dengan fitur PDAF dan LED flash. Sedangkan untuk kamera selfie, Anda akan disuguhkan dua kamera masing-masing 16 MP (f/1.9, 1/3.1”, 1.0µm) dan 8 MP (f/1.9, 1/4.0”, 1.12µm.

Performa kamera utama Galaxy A8+ ini sangat baik saat mengambil foto pada kondisi pencahayaan yang cukup. Apalagi saat kami menggunakan lensa aperture f/1.7. Foto yang dihasilkan cukup tajam dengan kontras yang cukup dan warna yang maksimal. Namun, pada saat mengambil foto pada kondisi yang kurang cahaya, kami menemukan adanya noise yang cukup jelas pada foto.

Pada antar muka kameranya sendiri Samsung Galaxy A8+ cukup sederhana dan intuitif. Tidak terlalu banyak mode dan opsi. Jika Anda ingin menghasilkan foto yang maksimal, baiknya Anda menggunakan mode manual.

Untuk selfie, Samsung memberikan fitur Live Focus yang pertama kali ditanam di Samsung Galaxy Note 8. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan bokeh pada latar belakang setelang memotrer gambar.

Hasil foto Samsung Galaxy A8+

Kesimpulan

Jika Anda mempunya dana yang cukup, Samsung Galaxy A8+ ini bisa menjadi pilihan untuk Anda. Apalagi jika Anda ingin hp Android yang simple dan mudah untuk dioperasikan. Untuk saat ini, Samsung Galaxy A8+ dijual dengan harga Rp 6.9 juta-an.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6 inch
OS Version 7.1.1
Detail Prosesor 7885
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.2 GHz
GPU Mali-G71
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
Kapasitas Baterai 3500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Evan Yazid Praditya
77 Posts