Diperbaharui pada Rabu, 4 April 2018 | 11:45

ASUS VivoBook A405UQ, Laptop Keren untuk Anak Muda Hingga Kantoran

Di tahun 2018 ini makin banyak produsen laptop yang merilis dengan desain yang tipis namun dengan spesifikasi yang handal. Salah satunya adalah ASUS. Melalui seri VivoBook A405UQ, diharapkan ASUS bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan laptop dengan desain yang compact, spesifikasi mumpuni namun bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Dengan kombinasi desain elegan dan performa yang baik, ASUS VivoBook A405UQ ini patut untuk diperhitungkan oleh kompetitor lainnya. Lalu bagaimana sih performa laptop VivoBook terbaru dari ASUS ini? Ayo kita simak ulasannya di bawah ini.

Desain

Dari segi desain, ASUS VivoBook ini lebih tipis dan lebih ringan dari seri VivoBook sebelumnya. Laptop ini hanya berbobot kurang dari 1.45kg dan memiliki ketebalan kurang dari 18.8mm. Laptop dengan berat dan desain seperti ini sangat cocok untuk menjadi teman Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Di sisi kiri laptop terbaru ASUS ini Anda dapat menemukan port untuk charger,port HDMI, LAN Port, USB3.1, USB Type-C 3.0. Lalu di sisi kanan terdapat lampu indikator dan power, slot SD Card, 2 buah USB 2 dan Audio jack combo. Dengan fitur-fitur tadi diharapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan komputasi Anda.

Jari Anda akan dimanjakan oleh keyboard chiclet khas dari ASUS. Kami merasa nyaman pada saat mencoba mengetik sebuah artikel menggunakan laptop ini. Untuk touchpad laptop ASUS ini sudah disukung fitur precision touchpad dan touchpadnya cukup luas sehingga Anda akan lebih nyaman saat menggunakannya.

Layar

ASUS VivoBook A405UQ memiliki layar NanoEdge dengan bezel yang cukup tipis. Laptop ini memiliki rasio screen-to-body ratio 78% dengan panel 7,8mm. Dengan begitu Anda akan mendapatkan layar yang lebih luas. Layar HD 14 inch pada laptop ini juga memiliki teknologi WideView 178° agar warna pada layar tetap kontras dan tajam jika dilihat dari sudut mana saja. Dengan teknologi ini, berbagi konten bersama keluarga atau kerabat akan menjadi lebih maksimal. Sayangnya, layar 14inch pada VivoBook A405UQ belum dilengkapi dengan fitur touchscreen.

Tidak hanya itu, laptop tipis ini juga memiliki fitur ASUS Splendid. Anda akan diberi 4 pilihan mode tampilan diantaranya mode Normal untuk kegiatan sehari-hari, mode Eye Care untuk mengurangi tingkat warna biru pada layar sehingga mata Anda akan tetap nyaman berlama-lama di depan layar laptop. Berikutnya ada mode Vivid yang berguna untuk mengoptimalkan kontras pada foto maupun video. Yang terakhir adalah Manual. Dengan mode ini Anda bisa mengatur sendiri tingkatan cahaya pada layar laptop.

Kesimpulan dari kami, ASUS VivoBook A405UQ ini asyik untuk menonton film dan bermain game.

Performa

Laptop ASUS ini menggunakan prosesor Intel® Core™ i5 7200U yang tentunya sangat mumpuni untuk menjalankan aktivitas komputasi harian anda. Apalagi dengan memori RAM 8GB dan SSD 128GB + 1TB HDD, maka performa laptop ini akan semakin ngebut dan Anda akan semakin leluasa untuk menyimpan data-data Anda.

Untuk performa grafis, ASUS VivoBook terbaru ini memiliki dual graphic cards, Intel HD Graphics 620 dan nVidia GeForce 940MX. Dengan konfigurasi tersebut, laptop ini sanggup memainkan game-game yang tidak terlalu berat.

Kami sempat melakukan benchmark pada laptop ASUS terbaru ini dengan menggunakan PCMark 10 dan 3DMark. Berikut hasilnya:

PCMark 10 score: 2880

  • Essentials: 6467
  • Productivity: 4936
  • Digital content creation: 2031

PCMark 10 Extended score: 2407

  • Essentials: 5577
  • Productivity: 5504
  • Digital Content creation: 1869
  • Gaming: 1582

Fire Strike 1.1 score: 1911

  • Graphics score: 2104
  • Physics score: 5155
  • Combined score: 727

Sky Diver 1.0 score: 6491

  • Graphics score: 6780
  • Physics score: 4768
  • Combined score: 8351

Bisa kita lihat dari rangkuman hasil benchmark di atas, ASUS VivoBook A405UQ, laptop ini bisa menjadi rekan Anda untuk menjalankan task-task yang lumayan berat, konten multimedia dan bermain game.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1366 x 768 Pixel
OS DOS
Tipe Prosesor Core i5
Nomor Prosesor 7200U
RAM 4 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce 940MX
Graphic Card Memory Size 2 GB
USB 3.0 1 Port(s)
Battery 3 Cells 42 Whrs
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Audio

Laptop ASUS VivoBook A405UQ sudah dilengkapi dengan speaker mumpuni ASUS SonicMaster. Kombinasi software dan hardware yang memadai ini mampu menghasilkan suara yang jernih sekaligus powerful. ASUS juga menyediakan software ASUS Audio Wizard yang memudahkan Anda untuk mengkonfigurasi equalizer pada laptop ASUS VivoBook ini. Jika Anda ingin lebih praktis, ASUS SonicMaster juga menyediakan berbagai mode sesuai kebutuhan Anda diantaranya mode Gaming, Movies, Music, Recording dan Speech.

Fitur Lainnya

Selain fitur-fitur di atas, ASUS VivoBook A405UQ juga memiliki fitur pendingin ASUS IceCool yang akan membuat laptop Anda tetap dalam kondisi yang aman dan tidak overheat kala Anda gunakan untuk task-task berat. Dengan kontrol fan yang cerdas dan canggih, Anda dipastikan tidak akan merasakan hawa panas pada bagian keyboard dan sekitarnya. Teknologi ASUS IceCool ini memungkinan suhu laptop tetap di bawah 36°C sehingga laptop tetap nyaman saat digunakan untuk mengetik di jangka waktu yang lama.

Untuk baterai, ASUS memiliki teknologi ASUS SuperBattery yang memungkinkan baterai 3 kali lebih awet dari baterai lithioum ion standar. Selain itu baterai laptop ini bisa mencapai kapasitas 60% hanya dalam jangka waktu pengisiain 49 menit saja.

Like us!
Evan Yazid Praditya
77 Posts