Diperbaharui pada Selasa, 3 April 2018 | 16:49

Menjajal Laptop Gaming ASUS ROG Strix Seharga Rp30 Jutaan

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Di awal tahun 2018, Asus memperkenalkan serangkaian laptop gaming terbaru dari lini Asus ROG, yaitu ROG Strix GL503 series. Laptop gaming terbaru penerus ROG Strix GL502 dan ROG GL553 ini sendiri datang dengan varian khusus yaitu Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition yang ditujukan untuk para gamer first person shooter dan Hero Edition yang ditujukan untuk gamer MOBA.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition sendiri sudah dibekali fitur-fitur baru yang akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik. Salah satunya melalui penggunaan layar yang memiliki refresh rate hingga 144Hz dan fitur NVIDIA G-Sync. Meski dari sisi perfroma dan spesifikasi tak banyak perubahan yang ditawarkan, tapi perubahan terlihat dari sisi desain yang lebih modern.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition terdapat beberapa perbedaan di sesi desain, seperti penutup glushed metal yang terlihat lebih elegan dengan finishing burshed metal. Bagian dalamnya pun tak luput dari sentuhan dengan hadirnya pola karbon pada bodi bagian dalamnya yang membuatnya makin menegaskan laptop gaming ini untuk para gamer FPS. Bobotnya berkisar 2,5kg dengan ketipisan 2,5cm.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Tak hanya datang dengan desain baru, GL503VS Scar datang dengan sistem pendingin yang baru pula. Kehadiran sistem pendingin baru ini seperti Asus mendengarkan keluhan para pengguna seri pendahulunya yang menyayangkan penggunaan satu buah fan untuk mendinginkan seluruh sistem.

Dengan perubahan sistem pendingin, laptop gaming ini berhasil menjaga suhu kerjanya di angka lebih baik. Suhu prosesor tertinggi dari laptop gaming ini berada di angka 80 derajat Celsius saat diuji dengan aplikasi Intel Extreme Utility. 

Sedangkan untuk grafis GTX 1070 8GB, suhu maksimal yang berhasil di catat berada di angka 76 derajat Celsius pada pengujian Unigine Heave 4.0 dengan setting preset extreme dan berada di kisaran 79 derajat saat digunakan untuk bermain game dengan setting grafis tertinggi. 

Mudah di Upgrade

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Meski datang dengan spesifikasi yang tergolong tinggi, Asus ROG Strix GL503VS Scar Series ini datang dengan fitur easy upgrade. Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengguna mudah melakukan upgrade. 

Hanya butuh lepaskan satu buat skrup untuk membuka panel belakang dan Anda pnya akses ke slot RAM kedua, slot M.2 dan hard disk drive. Dengan mudahnya akses tersebut, Anda bisa dengan mudah menambahkan kapasitas RAM DDR4, atau dengan mudah melakukan upgrade storage dengan menambahkan SSD pada slot M.2 atau mengganti hard disk drive-nya. 

Hard disk drive yang digunakan dapat di upgrade dengan melepaskan empat baut yang di sekeliling hard disk drive. Untuk Anda yang ingin menambah SSD, Anda bisa memanfaatkan slot M.2 yang tersedia. Menariknya slot ini telah mendukung protokol NVMe yang memungkinkan Anda menikmatik media penyimpanan super cepat. Mengganti RAM di laptop gaming ini juga mudah, tersedia satu slot RAM SO-DIMM yang mendukung RAM 32GB

Layar Full HD Super Responsif

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Asus ROG Strix GL503VS Scar ini datang dengan layar 15,6 inci beresolusi Full HD dengan refresh rate 144Hz. Keuntungannya para gamer pro tak akan menemukan gejala tearing dan stuttering saat bermain game dengan fase yang cepat. Panel non-reflective tak hanya akan mengurangi pantulan bayangan pada layar, namun juga memberikan ruang pandang yang luas. Artinya, Anda tak akan mengalami perubahan warna yang signifikan saat melihat layar laptop gaming ini dari sisi manapun. 

Untuk mengoptimalisasi visual layarnya, Asus mengembangkan beberapa software khusus yang bisa diunduh secara terpisah di situs resmi Asus. Software tersebut antara lain bernama Asus Splendid Technology. Teknologi ini mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin.

Sehingga, apapun aktivitas yang Anda lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup. Di dalam Spendid pun terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode. 

Aura RGB Keyboard

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Keyboard backlit RGB memungkinkan ROG STRIX GL503VS Scar menembus kegelapan dengan cahaya warna-warni yang mengancam. Empat zona pencahayaan RGB memungkinkan pengguna memilih kombinasi warna yang sempurna untuk melengkapi mood mereka. 

Aplikasi Asus Aura memungkinkan pengguna memilih dan memilih warna, kecerahan dan efek pencahayaan - statis atau napas. Pengguna dapat mengatur hingga tiga konfigurasi warna yang berbeda dan dengan cepat memilih yang sesuai dengan mood mereka. 

Pengguna juga dapat mematikan keyboard backlit sepenuhnya untuk tampilan yang lebih jelas - untuk meminimalkan gangguan saat bermain game dan menonton film di ruangan yang gelap. 

Hasil Tes benchmark 

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Meski datang sebagai laptop gaming terjangkau, Asus membenamkan kombinasi hardware yang bertenaga di laptop gaming ini. Prosesor Core i7 7700HQ dipercaya sebagai otaknya dengan kecepatan 2,8 GHz dengan Turbo hingga 3,8 GHz. 

Dan saat di uji dengan Cinebench, prosesor 4 core 8 thread ini mencatatkan poin sebesar 737 cb poin dengan performa single core di angka 160 cb poin. Hasil ini bisa menggambarkan bahwa prosesor ini sangat bisa diandalan untuk kerja tugas yang berat. 

Kerja CPU ini juga  didukung oleh sepasang RAM DDR 4 2400 MHz berkapasitas 16GB sehingga total RAM yang diusung laptop gaming Asus terbaru ini sebesar 32GB. Sedangakan untuk urusan grafis, Asus mempercayakan NVIDIA GeForce GTX 1070 dengan VRAM 8GB GDDR5. 

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Dengan sistem pendingin baru yang digunakan GL503VS Scar, GTX 1070 yang terpasang di laptop gaming ini bisa memiliki boost ke angka 1847 MHz. Suhunya pun dapat terjaga di angka 76-79 derajat Celsius saat waktu pengujian diuji. 

Sementara di sektor media penyimpanan, GL503VS Scar menyediakan SSD m.2 NVMe berkapasitas 256 GB.  Menariknnya, SSD ini memiliki kecepatan read dan write yang luar biasa tinggi dimana kecepatan write  sekuensialnya mencapai angka 1190 MB per detik dan kecepatan read-nya mencapat 3282 MB per detik. Asus pun menyematkan sebuah SSHD berukuran 1 TB di laptop gaming ini untuk Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas.

Berbekal konfigurasi ini, rasanya dijamin seluruh proses komputasi dari yang ringan hingga sesi game yang cukup membebani sistem mampu dijalankan oleh laptop gaminglaptop gaming ini. Pada benchmark sintetis seperti yang kami lakukan dengan aplikasi PCMark 8, GL503VS Scar berjalan dengan tanpa hambatan dan mencatatkan hasil yang memuaskan.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Dengan kombinasi komponen-komponen bertenaga yang diusungnya, laptop gaming ini juga mampu menangani judul game populer seperti Rise of The Tomb Rider dan Dirt Rally  di resolusi Full HD dengan setting 3D maksimal. Dengan memainkan game-game tersebut di resolusi Full-HD dengan setting grafik 3D di preset Medium tersebut, judul-judul game di atas dapat dimainkan dengan nyaman dengan frame rate rata-rata di atas 110 sampai 117  fps. 

Bahkan di game FPS  populer seperti Battlefield 1 laptop gaming gaming teranyar dari Asus ROG ini sangat bisa di andalkan. Saat di mainkan dengan laptop gaming ini di setting maksimal, laptop gaming ini mencatatkan fps rata-rata di angka 120 fps. Jadi untuk mendapatkan fps rata-rata di angka 144hz sangatlah mudah, cukup menyesuaikan beberapa setting grafik di game. 

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 7700HQ
RAM 32 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Tipe Kartu Grafis GeForce GTX 1070
Graphic Card Memory Size 8 GB
USB 3.0 3 Port(s)
Battery 4-cell
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Jika dedikasikan khusus untuk para gamer FPS, rasanya GL503VS Scar adalah laptop gaming yang paling tepat. Bukan hanya karena spesifikasi yang tinggi berkat dukungan prosesor Core i7-7700HQ, memori RAM 32GB serta kartu grafis GeForce GTX 1070 8GB, namun hadirnya layar 144Hz di laptop gaming ini akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik.

Apalagi mengingat game-game fps itu kebanyakan fase-nya cepat dan membutuhkan repson yang cepat juga, layar ber-refresh rate 144Hz di GL503VS Scar adalah solusi terbaik untuk membantu menaklukan lawan-lawan Anda.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2433 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.