Diperbaharui pada Jumat, 16 Maret 2018 | 17:35

Review Meizu M5 Note: Hp RAM 3GB dengan Bodi Ramping

Meizu M5 Note
Nama Meizu mungkin masih cukup asing bagi sebagian konsumen, namun tidak bagi mereka yang mengikuti perkembangan pasar smartphone di Tanah Air. Vendor asal Cina ini sebenarnya sudah menghadirkan beberapa produk mereka di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Namun Meizu masih memasarkan produk mereka secara online saja. Baru di 2017 Meizu resmi hadir di Indonesia dengan bekerjasama dengan PT Icool International Indonesia.

Sejak itu Meizu meluncurkan sejumlah perangkat sekaligus ke Indonesia, salah satunya adalah Meizu M5 Note. Hp ini lebih ditujukan pada konsumen yang menginginkan layar lebar dengan spesifikasi memadai untuk penggunaan sehari-hari. Apalagi harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Dibekali layar berukuran 5.5 inch beresolusi FullHD, Meizu M5 Note ditenagai prosesor Mediatek Helio P10 yang dikombinasikan dengan memori RAM 3GB dan ruang penyimpanan internal 32GB. Bagaimana performanya? Berikut hasil pengalaman kami selama menggunakan Meizu M5 Note :

Desain

Meizu M5 Note
Meizu M5 Note memang belum mengusung fitur full display, karena sejatinya perangkat ini dirilis akhir 2016 di negara asalnya. Meski demikian tampilannya cukup berkelas dengan penggunaan material metal dan bodinya yang ramping. Penggunaan bahan metal ini mempengaruhi bobotnya yang cukup ‘berisi’ (berkisar 175gram), namun secara umum cukup solid ketika digenggam.

Satu hal yang membuat tampilan Meizu M5 Note menarik adalah keberadaan list yang mengelilingi sisi samping perangkat. Dua list ini senada dengan warna cover belakang namun dibuat dengan sentuhan lebih cling yang akan berkilau ketika terkena cahaya. Bodi Meizu M5 Note juga terbilang ramping dengan ketebalan hanya berkisar 8.2mm. Masih nyaman saat dimasukkan ke saku celana.  

Meizu M5 Note menggunakan tombol mTouch dan meniadakan 3 tombol virtual. Tombol mTouch ini  memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai penempatan sensor sidik jari dan mengganti fungsi tombol back. Cukup sentuh tombol (tanpa menekan) untuk fungsi back. Jika kamu menekannya maka akan kembali ke halaman utama (home screen).

Sedangkan fungsi sensor sidik jarinya cukup responsif, karena pengenalan sidik jari berjalan cukup cepat. Seperti pada sensor sidik jari lainnya, disini kamu harus  mengombinasikan pengenalan sidik jari dengan salah satu satu kunci pengamanan lain, seperti PIN atau password. Hal ini untuk mencegah jika sensor sidik jari digunakan mengalami kendala.

Untuk penempatan tombol serta port juga terbilang standar, dengan tombol power dan volume di sisi kanan serta port charging di bawah bersama speaker dan port audio. Sayangnya, Meizu M5 Note masih menggunakan port mini USB belum USB Type C. Lalu di bagian belakang akan ditemukan kamera dan flash LED dengan 2 garis antena atas dan bawah.

Layar 5.5 Inch

Meizu M5 Note
Layar yang disematkan pada Meizu M5 Lite berukuran 5.5 inch dengan resolusi FullHD. Layar ini berjenis IPS yang bisa menampilkan gambar dengan sudut pandang lebar. Sehingga kamu masih bisa melihat konten di layar meski dengan sudut yang miring.

Kualitas layar Meizu M5 Note terlihat cukup tajam dengan tingkat kejernihan yang baik. Hanya saja, reproduksi warnanya memang terbilang standar. Meski demikian, kamu bisa mengubah temperatur warna pada layar di Meizu M5 Note ini dengan opsi warm dan cold.

Jika memilih opsi warm, warna layarnya agak kekuningan sedangkan opsi cold layar lebih kebiruan. Tergantung dari kenyamanan mata kamu, tapi secara default berada di posisi balance.

Selain itu, Meizu M5 Note juga dilengkapi dengan fitur Eye friendly mode yang memungkinkan kamu mengurangi cahaya biru pada layar. Fitur ini sangat berguna saat ingin berlama-lama dengan layar, seperti membaca berita atau e-book.

Kamera 13MP

Meizu M5 Note Kamera

Membuka aplikasi kamera Meizu M5 Note cukup cepat dan responsif. Cukup banyak modus pemotretan yang bisa digunakan, seperti macro,  time lapse, hingga pro (manual). Meizu M5 Note juga memungkinkan kamu mengambil foto HDR serta fitur beauty mode untuk hasil yang lebih menarik.

Kamera di Meizu M5 Note beresolusi 13MP untuk kamera belakang dan 5MP di depan. Untuk hasil foto outdoor, kamera Meizu M5 Note bisa menghasilkan gambar yang cukup tajam dan detail. Warna yang dihasilkan juga terbilang masih cukup oke, terlihat natural.

Termasuk menggunakan modus HDR, hanya saja di kondisi tertentu foto yang dihasilkan terlihat tidak natural. Jadi sebaiknya penggunaan HDR ini disesuaikan dengan kondisi pencahayaan yang ada. Sementara memotret di ruang minim cahaya atau low light terlihat adanya noise. 

Bagi yang suka foto selfie, kualitas kamera depan Meizu M5 Note ini setidaknya masih bisa diandalkan. Apalagi sudah disediakan beauty mode yang akan mempercantik tampilan wajah.

Hasil foto Meizu M5 Note :

Meizu M5 NoteFoto Outdoor

Meizu M5 NoteFoto Indoor

Flyme OS

Meizu M5 Note
Meizu M5 Note berjalan dengan user interface Flyme OS yang berdasar pada OS Android 6.0 Marshmallow. Flyme OS ini tidak memiliki app drawer, jadi untuk melihat semua aplikasi yang terinstal kamu harus menggeser home screen.

Hanya saja, Meizu tidak membawa aplikasi layanan mobile Google seperti hp Android lainnya, seperti Google Play, Google Play Service, Gmail, Maps dan lainnya. Perangkat ini hanya menyediakan App Store ala Flyme OS yang berisi aplikasi seperti Play Store.

Tapi tidak perlu khwatir, karena App Store ini menyediakan aplikasi GMS Installer yang bisa di download dan di install. Dengan mengintal GMS Installer kamu akan mendapatkan kembali layanan Google pada umumnya. Jadi sebaiknya kamu menginstal aplikasi ini untuk bisa menikmati jutaam aplikasi di Play Store.

Flyme OS juga menyediakan menu theme yang berisi banyak theme menarik yang bisa mengubah tampilan layar sesuai keinginan. Tidak hanya theme, kamu juga bisa mendapatkan wallpaper lucu dan unik secara gratis.

Performa

Meizu M5 Note
Performa Meizu M5 Note mengandalkan pada prosesor Mediatek Helio P10 yang memiliki kecepatan 1.81GHz. Prosesor ini dikombinasikan dengan grafis Mali-T860 dan opsi memori RAM 3GB atau 4GB. Namun perangkat yang kami uji memiliki konfigurasi RAM 3GB dan ROM 32GB.

Untuk penggunaan harian, spesifikasi tersebut bisa diandalkan untuk menemani aktivitas kamu. Browsing, chating, membuka email, menikmati konten multimedia hingga gaming bisa dilakukan dengan baik.

Begitu pula saat melakukan aktivitas multitasking dengan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan. Dan untuk menghapus aplikasi yang masih berjalan di background, cukup swipe jari ke arah atas dan pilih aplikasi yang akan di tutup.

Lalu bagaimana dengan performa gaming? Untuk Asphalt 8 kami tidak menemukan kendala berarti. Hampir semua scene dilalui tanpa hambatan. Begitu pula saat memainkan Modern Combat 5, meski sesekali terdapat lag namun secara umum berjalan lancar. Menggunakan 3DMark, performa gaming Meizu M5 Note memiliki frame rate 23fps.

Meizu juga memiliki keunggulan pada penggunaan baterai berkapasitas besar yaitu 4000mAh. Setidaknya untuk penggunaan normal baterai ini sanggup memberi daya seharian, bahkan masih tersisa diatas 20 persen. 

Menonton video secara streaming dengan durasi satu jam baterai ini berkurang 7 persen. Sedangkan ketika diajak memainkan game, dalam kurun waktu satu jam baterainya turun 15 persen. Yang menarik, Meizu melengkapi hp ini dengan fitur fast charging. Dimana dari kondisi baterai 0 persen hingga ke 100 persen hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam.

Berikut skor hasil benchmark Meizu M5 Note :

  • Geekbenh 4 : 714 (single core) dan 2446 (multi core)
  • PCMark : 3353 (Work 2.0 performance)
  • Antutu : 55003
  • 3DMark : 332 (Slingshot Extreme)
  • Androbench : 261.05MB/s (Read), 77.81 MB/s (Write)

Kesimpulan

Secara umum kualitas yang ditawarkan Meizu M5 Note sangat memadai untuk aktivitas sehari-hari. Perangkat ini bisa kamu jadikan pertimbangan jika ingin mencari hp layar 5.5 inch dengan memori RAM 3GB yang memiliki harga terjangkau.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.