Diperbaharui pada Rabu, 3 Januari 2018 | 16:10

Review Acer Spin 7: Laptop Hybrid dengan 4 Modus Penggunaan

Acer Spin 7
Di jajaran laptop Acer, lini Spin series merupakan perangkat yang bisa digunakan dalam berbagai modus. Salah satu produknya adalah Acer Spin 7 yang menjadi lini tertinggi dari laptop 2 in 1 tipis miliki Acer.

Sesuai konsep desain yang diusungnya, Acer Spin 7 memang lebih mengutamakan pada peningkatan produktivitas penggunanya. Dengan opsi 4 modus penggunaan, laptop hybrid ini menawarkan sesuatu yang beda dari laptop konvensional pada umumnya.

Dengan bentuk yang tipis, Acer telah menanam fitur dan spesifikasi yang canggih. Sangat cocok untuk Anda dengan aktivitas yang sangat mobile.

Desain

Acer Spin 7
Acer Spin 7 hadir dengan desain yang cukup menarik. Meski memiliki ukuran layar 14 inci, namun bentuknya tipis dengan ketebalan hanya 11mm yang sangat mudah saat dimasukkan ke dalam tas. Untuk ukuran laptop hybrid berlayar 14 inci, bobotnya terbilang cukup ringan, berkisar 1,2kg. Meski masih nyaman dibawa kemana saja dengan satu tangan, namun harus berhati-hati karena permukaan perangkat ini cukup licin.   

Acer Spin 7 menggunakan perpaduan material alumunium dengan permukaan datar. Yang agak mengganggu adalah masih meninggalkan jejak noda, terutama bagi pemilik tangan yang berminyak.  Jadi pastikan kondisi jari-jari Anda tetap bersih dan kering.

Di bagian dalam, Acer menempatkan keyboard standar yang terdiri dari 6 baris tombol. Tombol-tombol di keyboard ini kualitasnya sangat baik dan empuk saat ditekan. Kami merasakan kenyamanan saat mengetik artikel dengan keyboard Acer Spin 7. Salah satunya membuat artikel review perangkat ini. Selama mengetik artikel pun tingkat kesalahan menekan tombol bisa kami kurangi, karena antar tombol memiliki jarak yang cukup ideal. 

acer spin 7
Yang sedikit berbeda adalah penggunaan touchpad yang terlihat lebih luas dari biasanya. Dengan bentuk yang memanjang, touchpad Acer Spin 7 memiliki ukuran sekitar 14 x 6,5 cm. Keuntungannya Anda bisa leluasa memanfaatkan dua tangan untuk memaksimalkan fungsi touchpad. Apalagi kualitas touchpad ini juga cukup responsif saat menerima sentuhan. 

Seperti melakukan zoom in atau zoom out, scroll halaman menggunakan dua jari saat browsing dan fungsi lainnya. Untuk tombol power sudah ditempatkan di sisi kiri perangkat bersamaan dengan tombol volume.

Acer Spin 7 sudah menggunakan port USB type C untuk proses pengisian ulang baterai. Ada dua port yang disediakan, yang bisa digunakan untuk charging dan transfer data. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan USB type C ini. Untuk charging biasanya memiliki proses waktu pengisian ulang baterai yang lebih cepat. Begitu pula saat melakukan transfer data yang jauh lebih cepat dari USB generasi sebelumnya.

Oleh karena itu, perangkat ini tidak dilengkapi dengan port USB 2.0 ataupun USB 3.0. Sehingga untuk melakukan transfer data dari flashdisk standar, Anda harus memiliki converter dari USB type C ke USB 2.0/3.0. 

4 Modus Penggunaan

Diluar itu, yang menjadi kekuatan utama dari Acer Spin 7 adalah keberadaan engsel yang bersifat fleksibel. Dimana engsel ini memungkinkan bagian layar dapat dilipat hingga 360 derajat. Sehingga memungkinkan Anda menggunakan perangkat ke dalam 4 modus yang berbeda, yaitu laptop, tablet, display maupun tent.

Masing-masing modus penggunaan ini memiliki kenyamanan untuk aktivitas yang berbeda.

1. Laptop

acer spin 7
Posisi yang umumnya kita gunakan saat menggunakan laptop konvensional. Yang sedikit berbeda dari laptop pada umumnya adalah memungkinkan Anda mengatur view layar hingga sudut 180 derajat. Kelebihannya Anda bisa mengatur sudut kemiringan layar dari berbagai posisi, seperti duduk santai di sofa, sambil tiduran atau posisi lainnya.

2. Tablet

acer spin 7
Untuk mendapatkan modus tablet, Anda harus melipat bagian layar hingga 360 derajat. Modus ini nyaman saat digunakan untuk bersantai, seperti browsing ke internet, aktif di sosial media hingga bermain game. Disini fungsi keyboard digantikan dengan penggunaan penuh pada layar sentuh secara otomatis.

Dalam posisi ini keyboard dalam kondisi tidak aktif meski Anda coba untuk menekannya. Selain itu, saat mengubah posisi akan muncul notifikasi penggunaan tablet, dimana sistem akan memaksimalkan fungsi layar sentuh secara optimal.   

3. Display

acer spin 7
Modus display bisa Anda manfaatkan saat ingin menonton film favorit. Cukup lipat bagian layar hingga membentuk sudut 270 derajat dengan posisi keyboard berada dibawah. Posisi ini memungkinkan Anda lebih dekat dengan layar tanpa adanya keyboard di bagian depan. Sangat nyaman juga untuk melakukan conference call.

4. Tent

acer spin 7
Modus penggunaan tent ini sangat maksimal ketika Anda berada di ruang yang sempit atau tidak memungkinkan meletakkan dalam modus laptop. Misalnya ketika berada di atas pesawat yang memiliki ruang terbatas. Cukup lipat bagian layar ke belakang seperti tablet dengan memberi ruang antara layar dan keyboard. Sehingga Anda masih bisa menikmati film tanpa harus memegang perangkat. Atau bisa juga digunakan di dapur sebagai pemandu memasak dengan menu yang didapat secara online.

Layar

Acer Spin 7 mengusung layar 14 berjenis IPS yang menawarkan sudut tampilan yang luas. Resolusinya sudah Full HD 1080p yang sangat nyaman untuk menikmati konten multimedia. Baik menonton film FullHD maupun bermain game dengan grafis yang cukup detail.

Yang membuatnya menarik adalah ukurannya lebih kecil ketika disandingkan dengan laptop 14 inci lain. Karena Acer telah menggunakan bezel (bingkai layar) yang tipis, hanya berkisar 7,5 mm di sisi kanan dan kiri. Tidak hanya itu, layar ini juga sudah diproteksi dengan lapisan Gorilla Glass 5.

Tidak hanya mengurangi resiko dari goresan tapi juga membuat tampilan gambar lebih tajam dan warna konsisten dari berbagai sudut. Kualitas teknologi layar sentuhnya juga cukup responsif. Proses menyapu layar keatas atau kebawah berjalan cukup smooth, termasuk ketika melakukan proses zoom in/out pada image. 

Acer spin 7
Audio 

Menikmati konten multimedia di perangkat ini makin lengkap dengan suguhan audio berkelas. Di sektor ini, Acer Spin 7 sudah menanam teknologi audio dari Dolby. Didalamnya terdapat beberapa opsi output audio yang disesuaikan dengan penggunaan. Diantaranya dynamic yang akan menyesuaikan output dengan performa audio yang terbaik.

Lalu opsi movie yang bisa dipilih saat menonton film, dimana pilihan ini akan memaksimalkan output suara dan dialog dari sebuah film. Ada juga opsi music yang akan memberikan keseimbangan pada detail dan audio yang kaya. Atau beralih ke modus game saat Anda sedang bermain game seru dengan efek suara yang menggelegar.

Bila masih kurang merasa puas, Anda juga dimungkinkan untuk mengatur sendiri keluaran audio yang diinginkan dengan memilih opsi personalize. Untuk mendapatkan output audio yang benar-benar optimal, sebaiknya Anda menggunakan headphone dengan kualitas yang baik.

Performa

acer spin 7
Bicara performa, Acer Spin 7 didukung prosesor Intel Core i7-7Y75. Ini merupakan prosesor generasi ke-7 Intel yang memiliki kecepatan clock 1,3GHz. Meski bukan yang tercepat, namun chipset ini lebih mengedepankan efisiensi pada daya dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Untuk penjelajahan web, pengeditan dokumen, menikmati konten multimedia masih lebih dari cukup. Bahkan setelah penggunaan berjam-jam kami tidak merasakan panas berlebih.

Sokongan memori RAM 8GB juga sangat membantu ketika Anda ingin melakukan banyak aktivitas secara bersamaan (multitasking). Membuka banyak tab saat browsing, aktif di sosial media, memutar musik sambil mengetik dokumen berjalan lancar.   

Terlebih perangkat ini menanam penyimpanan berjenis SSD berkapasitas 256GB yang memiliki kecepatan optimal. Membuka dan menutup aplikasi serta beralih di antaranya berjalan cepat dan terasa mulus tanpa gangguan.

acer spin 7
Hanya saja, chipset ini tidak didukung pengolah grafis yang kuat. Karena Acer Spin 7 hanya mengandalkan kartu grafis bawaan Intel HD Graphics 615. Hal ini mungkin tidak sesuai untuk Anda yang memang membutuhkan proses pengeditan yang cepat dan optimal. Namun bagi Anda yang memiliki banyak waktu mungkin masih bisa mengandalkan perangkat ini.

Mengingat peruntukkannya yang lebih mengedepankan produktivitas, sehingga kami memang tidak menguji kemampuannya saat memainkan game berat. Meski demikian, laptop hybrid ini sudah dilengkapi dengan WLAN 802.11 ac 2×2 MU-MIMO yang diklaim 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi WiFi sebelumnya. Sangat cocok untuk Anda yang selalu terhubung ke internet di setiap aktivitasnya. 

Lalu bagaimana dengn performa baterainya? Untuk penggunaan sehari-hari (kami menggunakannya untuk mengetik dokumen, browsing aktif sambal memutar lagu) baterai perangkat ini bisa menyuplai daya selama kurang lebih 6 jam. Lalu saat menikmati streaming video HD berdurasi 1 jam baterainya terkurang sebesar 15%. 

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
OS Windows 10
Tipe Prosesor Core i7
Nomor Prosesor 7Y75
RAM 8 GB
Kapasitas HDD -
Kartu Grafis Intel
Tipe Kartu Grafis HD Graphics 615
Graphic Card Memory Size -
USB 3.0 -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Dengan kemampuannya di berbagai kondisi penggunaan, Acer Spin 7 bisa menjadi pilihan teratas. Terutama untuk para professional yang memiliki mobilitas tinggi dan harus selalu terhubung dengan kolega maupun rekan kerja. Tampil dengan desain menarik dan modern, sehingga tepat untuk Anda yang ingin tampil penuh gaya namun tetap produktif.

Baca juga artikel :

Review Acer Aspire GX-785: Si Serigala Berbulu Domba 

Review Acer Aspire E5-475G: Optimal Untuk Multimedia dan Gaming 

Review Acer Swift 3: Laptop Stylish yang Memiliki Performa Optimal 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.