Diperbaharui pada Selasa, 26 Desember 2017 | 09:10

Review Xiaomi Redmi 5A: Hp Sejuta dengan Spesifikasi Diatas Rata-rata

Xiaomi Redmi 5A

Di minggu-minggu terakhir tahun ini, Xiaomi kembali menghadirkan kejutan untuk pecintanya di Tanah Air. Karena beberapa waktu lalu mereka resmi memasarkan Xiaomi Redmi 5A di Indonesia. Yang mengejutkan perangkat ini dipasarkan dengan harga yang tidak diperkirakan sebelumnya. Dimana Xiaomi Redmi 5A dipasarkan Rp999.000 atau dibulatkan hanya sejuta.

Yang lebih mengejutkan, Xiaomi membekali Redmi 5A dengan fitur dan spesifikasi yang cukup andal di kelas hp entry level. Sebuat saja seperti kamera 13MP lengkap bersama fitur PDAF, prosesor Qualcomm Snapdragon 425, RAM 2GB, memori internal 16GB, MIUI 9, dan baterai 3000mAh. Bahkan dalam pantauan kami, konfigurasi ini bisa ditemukan pada perangkat dengan harga diatas Xiaomi Redmi 5A.  

Xiaomi Redmi 5A sendiri dipasarkan mulai 27 Desember 2017 secara ekslusif di Lazada serta melalui gerai Indosat, Erafone dan Authorized Mi Store. Kami berkesempatan untuk menjajal langsung kemampuan dari Xiaomi Redmi 5A. Harapannya semoga ulasan review kami bisa menjadi referensi Anda sebelum membeli Xiaomi Redmi 5A. 

Paket pembelian

Xiaomi Redmi 5a
Didalam box pembelian Xiaomi Redmi 5A, Anda akan mendapatkan kelengkapan standar seperti charger, kabel micro USB, SIM ejector dan buku manual tanpa menyertakan headset. Anda juga akan mendapatkan paket bundling kartu Indosat Ooredoo. 

Desain

Xiaomi Redmi 5A
Xiaomi Redmi 5A menggunakan rangka metal yang dikombinasikan bodi bermaterial polikarbonat di bagian belakang. Hal ini mempengaruhi bobotnya yang terasa sedikit ringan, Meski demikian, perangkat ini masih cukup nyaman ketika digenggam, Tidak hanya itu, ukuran layarnya yang sebatas 5 inci membuatnya mudah dimasukkan ke dalam saku. 

Xiaomi Redmi 5A menempatkan tombol volume dan power di sisi kanan. Di arah yang berlawanan, Anda akan menemukan slot SIM dan microSD. Yang menarik, Xiaomi Redmi 5A menyediakan slot khusus untuk microSD sendiri. Sehingga memungkinkan Anda memasang dua kartu SIM, plus memori eksternal secara bersamaan.

Lalu dibagian bawah diletakkan port micro USB. Di bagian atas tersemat headphone jack 3,5mm dan infrared. Fitur infrared ini bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti remote perangkat elektronik seperti TV, AC dan lainnya menggunakan aplikasi Mi Remote. Beralih ke bagian belakang, dimana sudah ditempatkan kamera utama bersama flash LED di pojok kiri atas. Terlihat juga logo Mi yang berada di atas speaker.

Display

Xiaomi redmi 5aTampilan film HD di layar Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A mengusung layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel dan kerapatan 296ppi. Layar ini berjenis IPS sehingga tidak mengalami masalah dalam hal sudut pandang. Tampilan layarnya cukup terang dengan akurasi warna yang baik. Di pengaturan kecerahan 20% tampilan layarnya masih nyaman untuk aktivitas sehari-hari. Namun saat penggunaan di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari, Anda harus menaikkan level kecerahan layarnya agar terlihat maksimal.

Meski demikian, secara umum layar Xiaomi Redmi 5A bisa memberikan reproduksi warna yang baik. Baik saat melihat foto di sosial media ataupun menonton video. Panel layar sentuhnya juga cukup responsif, sangat smooth saat menyapu antar layar di home screen. Apalagi Xiaomi tidak menggunakan app drawer, sehingga untuk mengakses semua menu dan aplikasi harus menyapu layar ke kanan ke kanan atau ke kiri.

Yang menarik, hp ini juga menyediakan fitur double tap screen to wake, yang memungkinkan Anda membuka kunci layar hanya dengan mengetuk layar 2 kali. Jadi tidak perlu repot harus menekan tombol power untuk membuka kunci layar.

Software

Xiaomi Redmi 5a
Meski termasuk kategori hp entry level, namun Xiaomi tetap memberikan yang terbaik untuk Redmi 5A. Salah satunya dengan mengintegrasikan user interface MIUI 9 dengan basis OS Android Nougat. MIUI 9 sendiri merupakan Android versi custom ala Xiaomi yang paling teranyar. Dimana Xiaomi telah menambahkan beberapa fitur baru di MIUI 9 yang sangat menarik dan bermanfaat.

Salah satunya adalah fitur split screen yang memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi dalam satu layar secara bersamaan. Misalnya, Anda bisa tetap dapat menonton video streaming di Youtube sambil melakukan chat di WA. Meski demikian, ada beberapa aplikasi yang belum mendukung fitur ini.

Fitur lain menurut kami juga berguna adalah dual apps yang bisa mengkloning aplikasi menjadi 2. Kegunaan fitur dual apps ini sangat terasa untuk aplikasi sosial media (facebook, Instagram dal lainnya) dan pesan instan (seperti whatsapp, line dan lainnya), sehingga Anda bisa menggunakan dua akun secara bersamaan.

Kamera 13MP

Xiaomi redmi 5a
Xiaomi mengklaim jika Redmi 5A memiliki kamera terbaik dikelasnya melalui kapasitas resolusi 13MP yang dilengkapi fitur PDAF (phase detection auto focus). Dari pantauan kami, memang tidak banyak vendor yang menggunakan kamera 13MP di produk mereka di rentang harga yang tidak jauh berbeda dengan Xiaomi Redmi 5A.  

Untuk kualitasnya, kamera diperangkat ini memang cukup optimal dikelasnya. Fitur PDAF berjalan optimal yang memberikan auto focus cepat saat membidik objek. Meski kami tidak mengetahui kecepatan secara pasti, namun proses beralih antar objek di kameranya memang cukup cepat. Tidak kalah dengan kamera lain yang memiliki harga lebih mahal. Kelebihannya Anda tidak kehilangan momen saat ingin membidik objek yang tidak diduga.

Hasil foto Xiaomi Redmi 5A :

Hasil foto xiaomi redmi 5a
hasil foto xiaomi redmi 5a
hasil foto xiaomi redmi 5a
Memotret di lingkungan cahaya melimpah, hasil foto kamera Xiaomi Redmi 5A terlihat jernih dan cukup tajam. Saturasi warna yang dihasilkan juga baik, masih terlihat natural meski ada sedikit penurunan dari warna aslinya. Untuk hasil foto indoor memang tidak sebaik foto outdoor. Gambar terlihat noise dengan penurunan ketajaman yang cukup signifikan.

Namun, Anda masih bisa memanfaatkan fasilitas flash LED untuk meningkatkan hasil foto indoor ini. Setidaknya, noise dan tingkat ketajaman yang menurun masih bisa dikompromikan. Di kamera depan, Xiaomi memang hanya memasang sensor beresolusi 5MP saja. Meski demikian, kualitas foto selfie yang dihasilkan terbilang cukup oke, terutama di kondisi cahaya terang.

Saat berfoto selfie, Anda bisa memilih opsi tambahan antara smart, pro dan off. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengedit tampilan wajah, seperti membuat wajah terlihat lebih tirus dan kulit yang lebih halus. menghasilkan foto selfie yang lebih baik,

Perbandingan Hp Kamera 13MP Lain:

Nama Harga di Pasaran Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Depan
LG K8 (2107) RAM 1.5GB ROM 16GB belum ada harga 13 MP 5 MP
Genpro X RAM 2GB ROM 64GB belum ada harga 13 MP 5 MP
Genpro X Pro RAM 3GB ROM 32GB belum ada harga 13 MP 8 MP
ASUS Zenfone Live ZB501KL 16GB Rp 1.499.000 13 MP 5 MP
Wiko Harry RAM 3GB ROM 16GB Rp 1.399.000 13 MP 5 MP

Performa

benchmark xiaomi redmi 5a
Didalam mesin Xiaomi Redmi 5A telah tertanam prosesor Qualcomm Snapdragon 425 yang unggul dalam konsumsi daya. Diperuntukkan untuk hp kelas menengah, chipset ini memiliki kecepatan clock hingga 1.7GHz. Sudah banyak vendor yang menggunakan prosesor ini untuk produk mereka. Namun, produk diluar Xiaomi yang menanam chipset Snapdragon 425 memiliki harga yang lebih mahal dari Redmi 5A. Bahkan di rentang harga yang tidak jauh berbeda, sebagian besar menggunakan prosesor Mediatek. Mengenai perbedaan prosesor hp lebih lengkap sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya.  

Mengenai performa, kami tidak mengalami kendala yang berarti selama penggunaan sehari-hari. Beralih antar aplikasi dengan membuka dan menutupnya cukup lancar. Meski dimungkinkan untuk memainkan game HD, namun tidak semua dapat dimainkan dengan optimal. Termasuk memainkan game online yang membutuhkan koneksi internet sepanjang permainan. 

Sesekali terjadi lag yang mungkin bisa mengganggu keasyikan bermain. Tapi untuk game-game kasual semua berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Xiaomi Redmi 5A memang hanya dibekali kapasitas RAM 2GB dengan ruang penyimpanan internal sebesar 16GB saja yang menyisakan 9,43GB. Tapi Anda bisa menambahnya melalui slot microSD hingga 256GB.

Perbandingan Prosesor Hp Lain :

Nama Harga di Pasaran Detail Prosesor GPU RAM Memori Internal
Evercoss Winner Z Extra Z6 RAM 1GB ROM 8GB belum ada harga - Mali 1 GB 8 GB
Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532 RAM 1.5GB ROM 8GB Rp 750.000 - Mali-T720MP2 1.5 GB 8 GB
Smartfren Andromax L RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga MSM8909v2 Snapdragon 212 Andreno 304 2 GB 16 GB
Polytron R2508 RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga MT6580 ARM Cortex-A7 MP - 2 GB 16 GB
ASUS Zenfone Live ZB501KL 16GB Rp 1.499.000 Snapdragon 410 Adreno 306 2 GB 16 GB
LG K8 (2107) RAM 1.5GB ROM 16GB belum ada harga MSM8917 Snapdragon 425 Adreno 308 1.5 GB 16 GB

Baterai 3000mAh

baterai xiaomi redmi 5a
Dibanding hp dikelasnya dengan rentang harga yang sama, Xiaomi Redmi 5A memiliki keunggulan dalam kapasitas baterai, Dimana didalamnya sudah tertanam baterai 3000mAh, sedangkan kebanyakan perangkat lain menggunakan baterai 2000mAh – 2650 mAh.

Untuk penggunaan aktif, baterai ini sanggup bertahan seharian atau sekitar 12-13 jam. Memutar video HD secara streaming berdurasi 1 jam baterainya berkurang sekitar 10 persen. Saat mengisi ulang baterainya dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam, karena hp ini tidak dilengkapi fitur fast charging.       

Kesimpulan

Klaim Xiaomi Redmi 5A sebagai hp terbaik dikelasnya memang cukup masuk akal. Karena dengan banderol harga Rp999.000, hp ini memiliki spesifikasi dan kemampuan lebih baik dibanding perangkat lain di rentang harga yang sama.

Keunggulan Xiaomi Redmi 5A tersebut mencakup pada fitur kamera 13 MP, MIUI 9 berbasis Android Nougat, chipset Qualcomm Snapdragon, dan baterai 3000mAh. Jadi bagi yang membutuhkan hp terjangkau dengan spesifikasi mumpuni, mungkin bisa menjadikan Xiaomi Redmi 5A diurutan teratas daftar beli Anda.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1.2
Ukuran Layar 5 inch
Screen Resolution 1280 x 720 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 425
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 308
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
USB microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan         

Perbandingan Xiaomi Redmi 5A dengan Hp lain :

Nama Harga di Pasaran RAM Memori Internal Ukuran Layar Screen Resolution Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Depan OS Version Detail Prosesor
Smartfren Andromax L RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga 2 GB 16 GB 5 inch 1280 x 720 Pixel 8 MP 5 MP 6 MSM8909v2 Snapdragon 212
Polytron R2508 RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga 2 GB 16 GB 5 inch - 8 MP 5 MP 6 MT6580 ARM Cortex-A7 MP
Infinix Smart X5010 RAM 1GB ROM 16GB belum ada harga 1 GB 16 GB 5 inch 1280 x 720 Pixel 8 MP 2 MP Android 7.0 Nougat -
Motorola Moto C LTE RAM 1GB ROM 16GB Rp 719.100 1 GB 16 GB 5 inch 854 x 480 Pixel 5 MP 2 MP 7 MT6737M
Polytron Zap 6 Flaz RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga 2 GB 16 GB 5 inch 1280 x 720 Pixel 8 MP 5 MP 6 MT6737T
Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532 RAM 1.5GB ROM 8GB Rp 750.000 1.5 GB 8 GB 5 inch 960 X 540 Pixel 8 MP 5 MP 6 -
Coolpad Note 5 Lite C RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga 2 GB 16 GB 5 inch 1280 x 720 Pixel 8 MP 5 MP 7.1 MSM8909 Snapdragon 210
Haier G7 RAM 2GB ROM 16GB belum ada harga 2 GB 16 GB 5 inch 1280 x 720 Pixel 5 MP 5 MP 6 MT6737
ASUS Zenfone Live ZB501KL 16GB Rp 1.499.000 2 GB 16 GB 5 inch 1280 x 720 Pixel 13 MP 5 MP 6 Snapdragon 410
LG K8 (2107) RAM 1.5GB ROM 16GB belum ada harga 1.5 GB 16 GB 5 inch 1280 x 720 Pixel 13 MP 5 MP 7 MSM8917 Snapdragon 425
Tabel dapat digeser kiri atau kanan  

Baca juga artikel :       

Review Xiaomi Mi A1: Dual Kamera Mumpuni di Segmen Menengah 

Review Xiaomi Redmi Note 4: Bodi Lebih Ramping, Baterai Tetap Tahan Lama 

Review Xiaomi Redmi 3 Pro: Tak Lagi "Berbaju Kotak", Namun Tetap Menghentak 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2443 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.