Diperbaharui pada Kamis, 7 Desember 2017 | 12:52

Review Wiko View: Hp Full View Display Terjangkau

review Wiko view
Dua hp Wiko View Series dirilis resmi di Indonesia beberapa waktu lalu, dimana salah satunya adalah Wiko View. Daya tarik dari hp terbaru ini sudah dilengkapi dengan layar full view (Wide Screen) dengan aspek rasio 18:9 lengkap bersama kamera selfie yang bisa diandalkan.

Dengan layar wide screen banyak benefit yang bisa pengguna dapatkan, selain menonton lebih luas juga bisa mendapatkan tampilan informasi lebih banyak saat berselancar di internet. Termasuk menambah keseruan bermain game.

Hadirnya Wiko View dengan layar Full View menunjukkan bahwa Wiko Mobile tidak ketinggalan untuk menghadirkan produk inovatif yang sedang menjadi tren di pasar saat ini. Lalu bagaimana performanya? Berikut ulasan kami setelah menggunakan WIko View :

Desain

Review Wiko View
Secara umum, Wiko View memang dirancang sedikit berbeda dari seri Wiko lainnya. Perangkat ini mengusung layar 5,7 inci dengan rasio 18: 9 yang saat ini mulai banyak digunakan beberapa vendor. Umumnya layar berukuran 5,7 inci terbilang cukup besar, bahkan bisa dikategorikan sebagai phablet. Namun dengan bezel yang relatif tipis, desain hp ini terlihat jauh lebih ramping. Bahkan ukurannya tidak berbeda dengan perangkat berlayar 5,2 inci, sehingga masih terasa pas dan nyaman untuk dipegang.

Sekilas Wiko View memiliki desain unibody yang menanam baterai didalam mesin. Tapi Anda jangan terkecoh, karena Wiko View masih menggunakan cover belakang yang bisa dilepas. Artinya, untuk memasukkan kartu SIM Anda harus lebih dulu membuka penutup belakang. Untuk memudahkan melepasnya, Anda bisa menggunakan celah kecil disisi samping kanan bawah perangkat.

Kartu SIM yang digunakan masih berjenis micro-SIM dengan ketersediaan dua slot yang posisinya sedikit berjauhan. Menariknya, Wiko turut menyediakan sebuah slot khusus untuk kartu memori microSD. Sehingga Anda bisa menggunakan 2 kartu SIM dan 1 microSD secara bersamaan. Menariknya, Wiko memberikan kemudahan kepada Anda agar bisa melepas baterai. Hal ini akan berguna ketika terjadi eror pada perangkat, cukup cabut baterai dan pasang kembali.

Layar

wiko viewTampilan layar Wiko View

Layar berukuran 5,7 inci di Wiko View sudah beresolusi HD+ (720 x 1440p) berjenis full view display. Dimana layar ini memiliki aspek rasio 18: 9 widescreen yang memiliki banyak keuntungan untuk Anda. Layar Full view akan terasa nyaman saat digunakan untuk menikmati konten multimedia, terutama video. Tampilan video terlihat lebih luas dan lebar. Resolusi HD+ yang diusung juga menambah kenyamanan saat menonton.

Selama penggunaan untuk menonton video, kualitas layar Wiko View memiliki kualitas yang cukup baik. Gambar yang ditampilkan terang dan bisa menampilkan grafis yang cukup detail serta saturasi warna yang natural. Tidak hanya itu, aspek rasio 18:9 juga sangat menguntungkan saat browsing untuk sekadar membaca artikel berita. Karena layar ini akan menampilkan lebih banyak teks dibanding layar dengan aspek rasio standar.

Anda juga bisa mengaktifkan fitur Adaptive brightness yang akan menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan kondisi cahaya disekitar. Tidak hanya itu, saat mengaktifkan fitur Adaptive Brightness Anda juga dimungkinkan untuk menggunakan fitur Smart Display yang sangat membantu ketika berada diluar ruangan yang langsung terpapar sinar matahari.

Fitur

wiko viewPaket pembelian Wiko View

Wiko View telah dilengkapi beberapa fitur yang berguna. Kami mencatat ada sebagian fitur yang dianggap memiliki fungsii utnuk memudahkan Anda beraktivitas sehari-hari denga Wiko View. Fitur-fitur tersebut mencakup :

1. Smart Left Page

Fitur ini memungkinkan Anda mendapatkan akses aplikasi yang sering dibuka. Jadi tidak perlu lagi harus masuk ke menu utama untuk mencari aplikasi tersebut. Caranya sentuh layar agak lama > Setting > aktifkan smart left page.

2. Fingerprint Multifungsi

Selain sebagai pemindai sidik jari, sensor fingerprint yang disediakan Wiko View juga memiliki beberapa fungsi. Salah satunya adalah quick actions yang memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan cepat dan membuka aplikasi. Dimana dari satu sidik jari, Anda bisa gunakan untuk membuka kunci layar, membuka aplikasi atau melakukan panggilan sesuai dengan setingan kontak yang dipilih.

Fingerprint ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengunci aplikasi yang anggap Anda penting dan orang lain tidak boleh membukanya. Namun, untuk mengaktifkannya pastikan Anda harus melakukan seting sidik jari terlebih dahulu.

wiko viewSetingan yang ada di fitur Fingerprint

3. Smart Action

Fitur ini terdiri dari banyak menu, dimana terdapat dukungan untuk membuka kunci layar dan dan menguncinya dengan men-tap layar 2x, flip to mute (membalikkan layar untuk menghentikan bunyi ringtone saat ada panggilan masuk), Get the Call (menerima panggilan hanya dengan mendekatkan perangkat ke telinga tanpa harus menyentuh tombol phone) serta Flip to Snooze (menghentikan bunyi alarm hanya dengan membalikkan perangkat).

4. Smart Gesture

Fitur yang memungkinkan Anda membuka aplikasi tertentu hanya dengan menuliskan huruf di atas layar yang dalam keadaan terkunci. Pada setingn default, untuk membuka kamera Anda cukup menuliskan huruf ‘O’ diatas layar, maka secara otomatis perangkat akan membuka aplikasi kamera. Anda juga bisa menambahkan aplikasi lain dengan setingan huruf sesuai keinginan.

Kamera

kamera wiko viewModus pemotretan di kamera Wiko View

Bagi Anda yang gemar berfoto selfie, kamera depan Wiko View ini sangat bisa diandalkan. Karena Wiko View sudah dibekali kamera depan beresolusi 16MP bersama dukungan fitur aperture f/2.0 dan 5P yang mampu memanfaatkan kondisi pencahayaan alami dengan optimalisasi cahaya rendah.

Menariknya, kamera depan ini turut didukung efek bokeh. Proses penggunaannya pun cukup mudah, hanya dengan tombol switch khusus. Yang membedakannya dari kamera lain, efek bokeh di Wiko Vew dapat diatur intensitas blur-nya (level 1-100). Jadi Anda bisa menyesuaikan seberapa blur background foto selfie yang ingin dihasilkan.

Hasil foto selfie yang dihasilkan kamera depannya sangat baik, gambar terlihat jelas dan terang. Termasuk berselfie didalam ruangan dengan efek bokeh. Tidak ketinggalan tersedia pula fitur Face beauty yang akan memperhalus wajah. Sehingga wajah Anda akan terlihat lebih menarik.

Hasil foto selfie kamera depan :

hasil foto wiko view
hasil foto wiko view
Sementara itu kamera belakang memiliki resolusi 13MP yang dibekali dengan Auto Scene Detection. Sama seperti kamera depan, disini Anda juga akan dimungkinkan untuk mendapatkan foto bokeh melalui fitur Live portrait blur. Bedanya, untuk mengatifkan fitur portrait dikamera belakang Anda harus masuk ke menu seting.

Satu hal yang harus diperhatikan, saat mengambil foto bokeh dengan kamera belakang jarak antara kamera dan objek sangat berpengaruh. Untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang baik, pastikan kamera dan objek tidak melebihi jarak 2 meter. Anda juga bisa mendapatkan hasil foto dengan detail dan tekstur berkualitas tinggi dengan resolusi 52MP menggunakan mode Super Pixel.

Hasil foto kamera belakang :

hasil foto wiko view
hasil foto wiko view
hasil foto wiko view
Performa

Bicara performa, Wiko View ditenagai prosesor quad core Snapdragon 425 yang memiliki kecepatan 1.4GHz. Untuk penggunaan sehari-hari, prosesor ini masih cukup oke. Karena selama menggunakan Wiko View kami tidak menemukan kendala berarti, mulai dari beralih antar aplikasi, browsing, aktivitas di sosmed hingga bermain game. Semua dapat dilakukan dengan lancar, termasuk menjalankan multitasking.

Karena prosesor ini sudah disokong memori RAM 3GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 32GB. Memori ini masih sanggup menyimpan banyak file, dan bisa diperbesar menggunakan microSD hingga 128GB. Untuk file foto dan video bisa Anda simpan di microSD agar tidak mengurangi memori internal perangkat. Karena untuk sistem saja sudah menguras kapasitas memori hingga 9,5GB.

review wiko view
Sementara untuk performa baterainya, Wiko View hanya dibekali kapasitas 2900 mA saja. Namun secara penggunaan baterai ini cukup irit dan efisien. Untuk menonton video HD, dalam kurun waktu satu jam baterainya hanya berkurang 8 persen saja. Lalu bermain game dalam sejam baterainya terkuras hingga 13 persen.

Secara umum, kami masih bisa beraktivitas selam seharian penuh dengan penggunaan aktif (kecuali nonton video dan bermain game). Sedangkan penggunaan normal baterainya mampu menyuplai daya lebih lama.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1
Ukuran Layar 5.7 inch
Screen Resolution 1440 x 720 Pixel
Detail Prosesor MSM8917 Snapdragon 425
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 308
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
USB microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Dibanding vendor lain yang mengusung konsep layar full view, Wiko View ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Spesifikasi yang ditanam juga masih memiliki kemampuan yang optimal untuk penggunaan harian Anda. jadi untuk Anda yang ingin merasakan hp dengan layar full view namun tidak merogoh kocek dalam bisa menjadikan Wiko View sebagai pilihan.

Baca juga artikel :

Review Wiko UPulse: Desain Lebih Segar dengan Layar Besar 

Review Wiko Harry: Sudah Android Nougat dengan Memori RAM 3GB, Harga Terjangkau

Hp RAM 3GB Terbaru Wiko UPulse, Pakai Nougat dan Sudah 4G 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.