Diperbaharui pada Kamis, 27 Juli 2017 | 11:49

Evolusi iOS Apple Dari Masa ke Masa

iOS merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple, secara eksklusif diperuntukkan bagi perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Eksis dan berevolusi lebih dari 10 tahun, iOS Apple mengalami perkembangan melalui setiap update dan versi yang digulirkannya.

Nah, apa saja update penting yang terdapat pada setiap versi dari iOS Apple ini? Berikut ulasannya!

1. iPhone OS 1

Mulai debut pada ajang MacWorld pada bulan Januari 2007, seri pertama iOS Apple menggunakan nama iPhone OS 1. Pada ajang tersebut, Steve Job melakukan presentasi mengenai perilisan iPhone OS 1 yang dirancang jauh lebih baik ketimbang OS mobile lain yang beredar saat itu, seperti Symbian OS, Palm OS dan BlackBerry OS.

Di iPhone OS 1, terdapat tiga fitur utama yang bisa digunakan pengguna, yakni internet, iPod dan telepon. Selain itu, OS generasi pertama ini memiliki kompabilitas dengan layar sentuh kapasitif dengan fitur pitch dan zoom serta terintegrasi dengan aplikasi Google Maps.

2. iPhone OS 2.0

Sementara itu, iPhone OS 2.0 dirilis bersamaan dengan iPhone 3G. Di OS ini, Apple menambahkan toko aplikasi bernama AppStore, serta memiliki kemampuan sinkronisasi dengan aplikasi iTunes melalui PC.

3. iPhone OS 3.0

Di iPhone OS 3.0, Apple melakukan sejumlah perbaikan dan peningkatan. Diperkenalkan berbarengan dengan rilisnya iPhone 3Gs, OS ini memiliki fitur tambahan video dan essential yang diperoleh dari setiap sentuhan yang dilakukan, misalnya fungsi cut, copy dan paste, Spotlight dan push notifikasi untuk aplikasi pihak ketiga.

4. iOS 4

Pada tahun 2010, Apple meluncurkan iOS 4. iOS Apple generasi terbaru ini berganti nama, hadir dengan sejumlah fitur dan bisa dipakai oleh perangkat iPod Touch tanpa harus membayar seperti pada iPhone OS generasi pertama sampai ketiga.

Di iOS 4, Apple mengedepankan fungsi multitasking, Diluncurkan bersamaan dengan iPhone 4, iOS Apple ini juga memiliki dukungan layar retina display dan fitur FaceTime atau biasa dikenal dengan video call.

5. iOS 5

Launching pada tahun 2011 bersamaan dengan hadirnya iPhone 4S, iOS Apple generasi kelima ini lebih menonjolkan aspek personaliti, serta menghadirkan fitur legendaris bernama Siri, sebuah asisten virtual yang terus dikembangkan sampai sekarang.

6. iOS 6

Diperkenalkan pada ajang  Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2012, iOS Apple generasi keenam ini hadir dengan penampilan yang lebih modern, termasuk menghadirkan fitur bernama Passbook dan mengganti Google Maps dengan aplikasi peta buatannya sendiri, Apple Maps.

Sayangnya, Apple Maps yang diklaim memiliki fitur lebih lengkap ketimbang Google Maps memiliki banyak bugs yang dikeluhkan pengguna Apple, salah satunya adalah navigasi yang selalu meleset serta tampilan peta 3D yang buruk.

7. iOS 7

Rilis pada ajang Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2013, iOS Apple generasi ketujuh ini diperkenalkan bersamaan dengan rilisnya iPhone 5C dan iPhone 5S. iOS 7 menampilan user interface baru bernuansa clean dengan flat icon modern. Di iOS Apple ke-7 ini, Control Center mendapatkan penempatan baru di bagian bawah, serta tambahan fitur iTunes Radio.

8. iOS 8

iOS Apple ke delapan ini memiliki fitur basic yang disebut Continuity, yang bisa menghubungkan perangkat iDevice seperti iPhone, iPad dan iPod Touch dengan Mac dengan lebih mudah. Selain itu, ada juga tambahan fitur bernama HealthKit, HomeKit, Touch ID dan mendukung aplikasi keyboard pihak ketiga.

9. iOS 9

Diperkenalkan pada ajang Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2015, sayangnya penampilan iOS Apple generasi 9 ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Namun, iOS 9 memiliki sejumlah fungsi untuk memudahkan pengguna, seperti multitasking yang dirancang lebih simpel, serta fitur low-power mode untuk melihat penggunaan baterai.

10. iOS 10

Rilis pada tahun 2016, iOS 10 menawarkan kemudahan untuk mengakses kamera dari lockscreen, aplikasi Music yang mendapatkan pembaharuan desain, penggunaan 3D Touch yang lebih variatif, serta kemudahan dalam mengirimkan pesan baik melalui SMS ataupun iMessage.

11. iOS 11

iOS 11 merupakan OS Apple terbaru yang diluncurkan pada tahun 2017. iOS Apple generasi anyar ini memiliki fitur yang paling ditunggu oleh banyak iDevice, yakni file manager. Selain itu, iOS 11 juga memiliki fungsi multitasking yang lebih mudah, tampilan baru AppStore dan Control Center dan hanya dapat digunakan pada iDevide yang didukung oleh prosesor 64-bit, disebar bersamaan dengan dirilisnya iPhone 8 dan iPhone 7s. 

Baca juga artikel:

Update iOS 10 Terbaru Untuk iPhone dan iPad Dirilis, Cek Hapemu!

iOS 11 Resmi Meluncur dengan Banyak Ubahan Seru

Hati-hati! Bug iOS 10 Terbaru Bisa Sebabkan Perangkat iOS Hang

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts